Update! Harga Kucing Burmese Terbaru 2020

harga kucing burmese

Kucing telah menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari oleh setiap manusia. Dikarenakan memiliki sifat yang lucu dan pastinya menggemaskan membuatnya banyak orang tertarik untuk memilikinya. Dari banyaknya ras kucing, Burmese menjadi salah satu incaran. Yap, ras kucing asal Myanmar ini memang menggemaskan sehingga tak ada salahnya jika mencari info harga kucing Burmese.

harga kucing burmese
kucing Burmese

Yang cukup menarik dari Burmese ini adalah ras kucing ini merupakan campuran dari kucing domestik Myanmar dan Amerika Serikat ini. Memiliki dua ras yang berbeda yakni British Burmese dan American Burmese. Kucing yang terkenal agresif namun mudah beradaptasi ini memiliki ciri fisik yang khas.

Mempunyai bentuk wajah yang tegas dan garang membuatnya menjadi sebuah incaran bagi para pecinta kucing. Lantas seperti apa kucing ini dan apa istimewanya serta berapakah kisaran harga kucing Burmese. Simak pembahasannya berikut ini secara lengkap, supaya kamu bisa menjadikannya pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan beli kucing Abyssinian.

Awal Mula Adanya Kucing Burmese

Pada sekitar tahun 1930-an, seorang dokter bernama Joseph Thompson yang berasal dari daerah San Francisco. Telah melakukan pengimporan seekor kucing betina berwarna coklat tua bernama Wong Mau yang berasal dari Burma, untuk saat ini lebih sering disebut dengan Myanmar.

Di waktu yang bersamaan Amerika Serikat tidak memiliki ras kucing yang sama dengan jenis Wong Mau. Dan akhirnya, kucing betina dari Myanmar tersebut dilakukan sebuah persilangan dengan ras kucing Siamese.

Persilangan yang dilakukan tersebut telah berhasil dan kemudian lahirlah anak-anak kucing dengan ras baru. Yang mana memiliki karakteristik seperti kucing Siamese dan ras kucing Tonkinese.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya banyak orang mengira bahwa Wong Mau adalah tipe ras kucing Burmese. Namun tak perlu cemas, kucing Burmese punya ciri khas jelas yakni warna yang sama dengan ras kucing Siamese.

Dan diketahui bahwa nyatanya Wong Mau adalah sebuah kucing dengan tipe ras Tonkinese pertama di dunia. Seiring berjalannya waktu, ras kucing dengan pola warna mink tersebut dipersilangkan dengan pola mink lainnya juga. Setelah beberapa keturunan yang dihasilkan, akhirnya mulai menghasilkan sebuah keturunan anak-anak kucing dengan 3 pola warna berbeda-beda dan sangat stabil.

Seperti yang diketahui, kucing Burmese telah dikenal pada berbagai daerah di Amerika Serikat sejak sekitar tahun 1936. Kemudian pada tahun 1947, tipe ras kucing ini diakui oleh CFA atau sebuah organisasi yang bernama Cat Fanciers Association. Waktu diakui oleh CFA, tipe kucing ini hanya memiliki warna sable saja dan tidak memiliki warna yang bermacam-macam.

Kemudian pada awal tahun 1960-an, ras Burmese telah mampu menghasilkan sebuah keturunan dengan warna bulu-bulu lainnya yang pastinya unik dan indah. Dengan mempunyai warna yang sangat unik ini, tentunya membuat setiap orang tertarik untuk memilikinya. Setelah itu, mulailah dilakukan sebuah impor ke Inggris dari Amerika Serikat.

Ciri Fisik Kucing Burmese

Identik dengan fisiknya yang kecil kurus, namun ketika akan kamu gendong pastinya akan merasakan keberatan. Tak heran apabila jenis hewan peliharaan ini, memiliki harga yang lumayan fantastis. Dengan harga jutaan tentunya akan sedikit merogoh kocek kamu. Belum lagi akan adanya sebuah perawatan kecantikannya bahkan vaksinasi guna menjaga kesehatan si Burmese.

Untuk karakteristik wajah, kucing Burmese ini memiliki bentuk mata yang bulat lebar dengan garis mata bagian atas mencirikan khas oriental. Pada warna mata kuning keemasan dengan bayangan kuning kehijauan, warna mata emas lebih banyak disukai oleh para pecinta kucing. Dan memiliki bentuk badan berukuran sedang atau bahkan terlihat kurus, namun nyatanya memiliki beban yang berat pada badannya.

Sedangkan untuk garis punggungnya lebih rata dan dada melengkung serta memperlihatkan perototan yang cukup baik. Tak hanya itu, jenis kucing ini memiliki bentuk kaki proporsional dengan ukuran badan, ekor lurus dan juga panjangnya sedang serta pada bagian pangkal tidak terlalu besar.

Mempunyai bulu-bulu yang pendek dan lebih halus serta mengkilap dengan tekstur layaknya satin. Tak ayal membuat banyak orang menyukai ras kucing ini, meskipun dengan harga kucing Burmese yang lumayan merogoh kantong.

Sifat dan Kepribadian Kucing Burmese

Kucing Burmese umumnya memiliki sikap yang tidak terlalu agresif, baik, ramah, dan mudah untuk beradaptasi. Kucing Burmese sangat mudah untuk dilatih dan dapat tinggal dengan hewan peliharaan lain dan hidup berdampingan dengan damai.

Perlu Anda ketahui bahawa kucing Burmese berbeda dengan kucing Birman, namun meskipun kedua ras kucing ini sama-sama dari Birma (sebutan lawas untuk Myanmar).

Dikenal sebagai kucing yang punya penampilan wajah menarik, Burmese pada dasarnya adalah ras kucing langka. Kucing ini terkenal sangat cerdas, lincah dan sangat penyayang. Hewan peliharaan jenis ini mempunyai daya tarik kuat dan sangat cocok dengan anak-anak dan hewan lainnya serta juga sangat menyukai manusia. Sangat mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada.

Burmese merupakan kucing yang mudah disisir, mudah disayangi, dan lebih pintar jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Jika ingin memelihara ras ini, tetapi waktu untuknya terbatas, peliharalah minimal dua ekor sesuai dengan saran dari para ahli. Bertujuan agar jenis ini memiliki teman bermain saat ditinggalkan bepergian. Hal tersebut terlihat sangat menyenangkan karena memang akan lebih menghibur saat tidak sedang sendirian.

Kucing ini sangat ramah dan baik kepada para pengunjung atau tamu-tamu yang berdatangan ke rumah dan memiliki kebiasaan lucu, yakni sangat suka untuk tidur di tempat tidur manusia. Jika kita lihat dari depan, bentuk kepala bulat serta melengkung kearah tengkorak. Di Inggris sana, Burmese telah dimodifikasi sampai tidak mirip dengan Siamese, dengan jarak kedua telinganya yang cukup jauh.

Satu hal yang menarik dari Burmese adalah ukuran kepala ras satu ini cukup bervariasi. Sementara ukuran telinga sedang, melebar pada bagian bawah dan ujungnya lancip. Untuk suaranya sendiri, kucing Burmese lebih lembut dan manis. Membuat ras kucing satu ini selalu ingin dibawapada berbagai aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia atau pemilik hewan peliharaan tersebut.

Kisaran Harga Kucing Burmese di Pasaran

Dari uraian tersebut, dengan melihat beberapa keunggulan dari kucing dengan ras jenis ini. Mulai dari karakteristik dan ciri fisiknya yang khas serta memiliki sifat kepribadian yang menyenangkan dan menggemaskan. Tak heran membuat banyak pecinta kucing menyukai ras kucing ini, meskipun harus merogoh kocek dengan kisaran harga kucing Burmese yang mencapai angka jutaan.

Nah, bila kamu tertarik untuk memiliki ras kucing asal Myanmar ini maka perlu menyiapkan sebuah budget terlebih dahulu. Harga kucing Burmese dibandrol dengan kisaran harga Rp6.648.500 – Rp7.978.200. Tentu bukan sebuah harga yang terjangkau bagi mayoritas penduduk Indonesia. Sehingga pastikan kalau kamu memiliki perlengkapan memelihara kucing, dan merawat kesehatannya.

Namun jika mengacu pada Catbreedslist, harga ras kucing yang mampu mencapai usia hidup 15-16 tahun ini berada pada kisaran $1000-1500 (sekitar Rp14,8 juta – Rp22,3 juta). Bahkan untuk Burmese ukuran kitten, kamu bisa menyiapkan dana sekitar $600-1000 (sekitar Rp8,9 juta – Rp14,8 juta) per ekor. Disebutkan pula kalau harga kucing Burmese bisa makin mahal jika kamu menginginkan warna spesifik.

Contohnya seperti kitten Blue Burmese yang sangat populer, tentunya harganya akan menyesuaikan dengan selera pasar. Tapi satu hal yang wajib kamu tahu, semakin si Burmese memiliki sertifikat keturunan lengkap, kemampuan fisik istimewa dan berasal dari cattery berkualitas, kamu tentu tak perlu menyediakan dana yang tidak sedikit pula.

Bagi kamu yang ingin memelihara ras kucing Burmese, wajib tahu kalau kucing satu ini bersifat hypoallergenic. Untuk itulah jika kamu memang sangat ingin memelihara kucing Burmese, pastikan juga memiliki budget khusus dalam urusan kesehatannya. Karena siapapun yang menderita hypoallergenic baik manusia atau binatang, harus diarahkan pada treatment khusus, supaya di kucing makin sejahtera.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Ampuh Menangani Kucing Kurus

Harga kucing Burmese ini pastinya telah disesuaikan dengan ras yang langka serta kualifikasi keindahan pada kucing tersebut. Hadir dengan berbagai keindahan pada fisiknya dan mempunyai sifat yang sangat menyenangkan, tak heran apabila kucing ini sangat menjadi sebuah incaran bagi para pecinta kucing. Perlahan tapi pasti, peminat Burmese pun makin banyak menunjukkan popularitasnya.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *