14 Tips Memilih Kucing Yang Bagus Dan Tepat

Tips Memilih Kucing

Memelihara kucing memang sangat menyenangkan. Namun saat Anda membeli atau mengadopsi kucing berarti harus tips memilih kucing yang benar. Tujuannya agar Anda mendapatkan kucing yang bagus dan sesuai dengan keadaan lingkungan Anda.

Tips Memilih Kucing
4 Ekor Kucing

Meskipun Anda adalah seorang pemula tetapi Anda wajib merawat kucing dengan benar. Hal ini karena kucing termasuk makhluk hidup sehingga harus dijaga kelangsungan hidupnya.

Jika Anda tidak melakukannya dengan baik dan benar maka Anda sudah melanggar hak makhluk hidup lain.

Sebelum memelihara kucing, Anda harus melalui proses membeli atau mengadopsi kucing terlebih dahulu.

Pada proses membeli atau mengadopsi, Anda akan dihadapkan dengan pilihan jenis kucing yang akan dipelihara. Mulai dari jenis kucing anggora, peaknose, bengal hingga norwegian.

Setiap jenis kucing tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang harus disesuaikan dengan keinginan Anda.

Mungkin banyak di antara Anda masih bingung setelah memilih kucing peliharaan. Anda kesulitan menentukan langkah selanjutnya sebelum terjun memelihara kucing. Terlebih Anda sangat awam dengan informasi seputar kucing.

Namun, jangan hentikan langkah Anda sebelum mencobanya.

Berikut ini adalah tips memilih kucing peliharaan yang bagus dan tepat :

  1. Memilih jenis kucing yang sesuai sesuai dengan gaya hidup Anda. Ada sekitar 40 sampai 80 ras kucing yang memiliki perilaku yang berbeda-beda. Sebagian orang memilih kucing mixbreed karena lebih banyak variasi dan harganya yang cukup terjangkau.
  2. Memilih usia kucing sesuai tujuan pemeliharaan dari kucing anak hingga kucing dewasa.
  3. Tentukan apakah kucing bulu panjang atau kucing bulu pendek. Untuk Anda yang memiliki sedikit waktu kucing bulu pendek bisa menjadi pilihan. Kucing bulu panjang memerlukan banyak waktu untuk merawatnya.
  4. Menentukan jenis kelamin kucing betina atau jantan. Kucing jantan yang tidak dikebiri biasanya dia sering keluar dan berkelahi dengan kucing lainnya. Kucing betina mudah gaduh ketika ia birahi karena ia ingin menarik menarik perhatian kucing jantan.
  5. Tentukan umur kucing yang akan dibeli. Memelihara kucing dari kecil atau kitten tentu akan terasa menggemaskan dan menyenangkan. Jika memilih kitten setidaknya sudah berumur 3 bulan karena sudah bisa hidup mandiri.
  6. Tanyakan apakah kucing sudah divaksin atau belum. Untuk kucing ras pilihlah kucing yang sudah divaksin untuk menjamin kesehatan kucing.
  7. Belilah kucing dari tempat yang terpercaya dan bersih.
  8. Jika diperlukan cek indukan kucing sehingga Anda bisa mengetahui perilaku dan kesehatan sang induk kucing.
  9. Membuat komitmen pada rencana merawat kucing sepanjang usianya.
    Memastikan kembali seluruh penghuni rumah memperbolehkan kucing sebagai peliharaan.
  10. Meluangkan waktu Anda untuk melakukan perawatan.
  11. Menyisihkan uang untuk biaya perawatan.
  12. Menyesuaikan lingkungan rumah dengan kehadiran kucing.
  13. Mempertimbangkan kemungkinan kondisi kesehatan dengan segala peluang penyakit kucing selama dipelihara.
  14. Membaca referensi sebanyak-banyaknya terkait kucing yang akan dipelihara.

Selain tahu tips memilih kucing di atas Anda juga harus memperhatikan peringatan dalam memilih kucing di bawah ini.

Pertama Anda harus waspada terhadap toko hewan yang memaksa Anda untuk membeli kucing namun mencegah Anda untuk melakukan pengecekan intens terhadap kucing.

Sudah jelas mereka lebih mengutamakan keuntungan dibandingkan dengan kepentingan Anda dan kucing yang dijual. Toko hewan yang baik tidak akan keberatan jika Anda ingin menggendong kucing sesuka Anda.

Mereka, toko yang baik biasanya akan menyediakan ruangan privat yang dilengkapi kursi dan menara bermain kucing sehingga Anda dapat bertemu dengan para kucing secara langsung.

Kedua berhati-hatilah saat membawa kucing yang terlantar ke rumah. Bisa jadi kucing tersebut menderita penyakit leukemia, meningitis atau penyakit lainnya yang dapat berefek mematikan ke kucing Anda yang ada di rumah.

Bawalah kucing tersebut langsung ke dokter hewan untuk diperiksa jika Anda mau membawa dan merawatnya di rumah.

Dapat diambil kesimpulan bahwa memilih kucing tidak boleh sembarang harus jeli dan sesuai dengan keadaan lingkungan Anda. Dengan menerapkan tips memilih kucing di atas diharapkan Anda bisa memperoleh kucing yang tepat.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *