10 Rekomendasi Susu untuk Anak Kucing Yang Sehat

Rekoendasi Susu Untuk Anak Kucing

Seperti halnya anak manusia, anak kucing juga membutuhkan susu/ASI untuk tumbuh kembangnya. Namun sering terjadi anak kucing terpisah dari induknya, misalnya karena diadopsi. Jika demikian, Anda sebagai pemilik sudah seharusnya menyediakan susu untuk anak kucing tersebut. Berikut rekomendasi susu untuk anak kucing dengan kandungan nutrisi yang bagus untuk peliharaan kesayangan Anda.

Hal yang Penting dalam Pertumbuhan Anak Kucing

Rekoendasi Susu Untuk Anak Kucing
Anak Kucing Minum Susu

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan merawat anak kucing adalah mengetahui berbagai hal penting dalam tumbuh kembangnya. Apa sajakah hal penting yang harus Anda perhatikan terkait hal tersebut?

1. Minggu pertama

Beberapa saat setelah lahir, anak kucing pasti akan mulai menyusu pada induknya. Dalam ASI induk kucing terdapat kolostrum untuk membantu mengembangkan kekebalan tubuh anak kucing. Namun jika anak kucing terpisah dari induknya, Anda bisa memberi dia susu untuk anak kucing agar nutrisinya tercukupi.

Memasuki usia lima hari, anak kucing akan mulai membuka mata. Begitu memasuki usia kurang lebih satu minggu, tali pusar mereka akan terlepas. Biasanya terjadi penambahan berat badan antara 10-30 g dalam satu harinya.

2. Minggu kedua

Di minggu ini, anak kucing akan menghabiskan 90% waktunya untuk tidur. Selain itu, perlahan mereka akan belajar untuk berdiri. Pada fase ini, mulai muncul 26 gigi susu pertama si kucing. Gigi tersebut akan bertahan sampai usianya kurang lebih 5-7 bulan.

3. Minggu keempat

Di usia ini, anak kucing sudah mulai aktif bermain dan bersosialisasi dengan saudaranya. Mereka mulai penasaran dengan dry food yang diberikan pada induknya. Jika demikian, Anda bisa mulai memberi mereka kibble rehidrasi yang bisa dicampurkan dalam susu untuk memudahkan pengunyahan.

4. Minggu kedelapan

Di usia ini seharusnya anak-anak kucing sudah mulai berhenti menyusu. Untuk bisa mengalihkan perhatian, Anda sudah bisa memberi makanan padat dengan nutrisi dan tekstur yang sesuai. Lakukan saja secara bertahap agar pencernaan anak kucing tidak terbebani. Jangan lupa untuk mulai membicarakan kepada dokter tentang vaksinasi anak kucing pada usia ini.

5. Minggu kedua belas

Anak kucing akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Mereka akan membutuhkan energi tiga kali lebih banyak dibandingkan kucing dewasa. Penambahan berat badan juga terjadi intensif pada usia ini, biasanya akan bertambah 100 g setiap minggunya. Waktu tidur yang dibutuhkan sekitar 13-16 jam setiap hari.

Pertumbuhan anak kucing biasanya berhenti di usia 12-15 bulan. Setelah itu, mereka akan menjalani hidupnya sebagai kucing dewasa.

Rekomendasi Susu untuk Anak Kucing

Perlu Anda ketahui bahwa pencernaan kucing tidak bisa mencerna laktosa, oleh karena itu hindari pemberian susu yang mengandung laktosa ya. Jika Anda memberikan kucing susu manusia yang umumnya mengandung laktosa, maka ia bisa mengalami kerusakan organ dalam secara perlahan.
Kalau Anda mau tahu apa saja rekomendasi susu untuk anak kucing yang aman, baca ini sampai tuntas ya.

1. PetAg KMR Powder

PetAg KMR Powder
PetAg KMR Powder

Produk bermerk PetAg KMR Powder dibuat khusus untuk kucing dan tentunya tanpa kandungan laktosa. Selain untuk anak kucing, PetAag KMR Powder juga bisa diberikan pada kucing dewasa. Bentuk susu PetAg KMR Powder adalah bubuk, dan dikemas dengan berat 160-2200 g. Susu ini dibandrol dengan harga Rp409.500.

2. Royal Canin Babycat Milk

Royal Canin Babycat Milk
Royal Canin Babycat Milk

Selanjutnya Royal Canin Babycat Milk memang dikhususkan untuk anak kucing anggora, namun tetap bisa diberikan pada kucing jenis lain kok. Susu ini juga diberi nutrisi tambahan, yakni DHA dan tentunya tidak mengandung bahan yang membahayakan pencernaan kucing. Dikemas dalam berat 300 g, harga Royal Canin Babycat Milk di pasaran adalah Rp275.000.

3. Top Growth Kitten Milk Replacer

Top Growth Kitten Milk Replacer
Top Growth Kitten Milk Replacer

Nutrisi pada susu ini disesuaikan dengan nutrisi pada air susu dari induk kucing, salah satunya adalah kolostrum untuk pembentukan antibodi. Oleh karena itu, susu ini cocok diberikan pada anak-anak kucing yang baru lahir namun tidak bisa menyusu langsung ke induknya. Produk ini dikemas dalam kemasan 250 g dengan harga Rp30.000-Rp40.000.

4. Beaphar Lactol Kitty Milk

Beaphar Lactol Kitty Milk
Beaphar Lactol Kitty Milk

Seperti Top Growth Kitten Milk Replacer, susu ini juga memiliki formula khusus untuk anak-anak kucing baru lahir yang tidak bisa menyusu ke induknya. Berbagai nutrisi, seperti vitamin dan protein juga lengkap pada susu ini. Dibuat dalam bentuk bubuk dalam kemasan 110 g dengan harga Rp110.000.

5. Hartz Precision Nutrition Milk Replacer

Hartz Precision Nutrition Milk Replacer
Hartz Precision Nutrition Milk Replacer

Susu untuk anak kucing satu ini memiliki kandungan lemak dan protein yang tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan kucing. Selain itu, ada juga kandungan kalsium untuk menguatkan tulang anak kucing dan asam linoleat untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Pengemasannya dalam bentuk bubuk dan berat 227 g dengan harga Rp273.000.

6. Just Born Highly Digestible Milk Replacer

Just Born Highly Digestible Milk Replacer
Just Born Highly Digestible Milk Replacer

Seperti beberapa susu sebelumnya, Just Born Highly Digestible Milk Replacer memang dibuat untuk anak kucing yang baru lahir. Meski begitu, Anda juga bisa memberikan susu ini kepada induk kucing yang tengah hamil maupun menyusui.

Baca Juga : 20 Jenis Kucing Bulu Pendek Dari Seluruh Dunia

Kandungan nutrisinya lengkap dan tentunya rendah laktosa. Susu ini berbentuk bubuk dan dikemas dalam berat 170 g. Harganya sekitar Rp180.000.

7. Dr. Clauder’s Kitten milk Plus

Dr. Clauder’s Kitten milk Plus
Dr. Clauder’s Kitten milk Plus

Susu ini sebenarnya bukan hanya bisa diberikan untuk anak kucing, melainkan juga bisa untuk induknya. Bahan yang digunakan pastinya aman untuk pencernaan kucing dan mengandung nutrisi tambahan, seperti Omega-3. Produk susu ini dikemas dalam bentuk bubuk seberat 200 g. Harganya sekitar Rp145.000.

8. Gimborn Cat-Milk

Gimborn Cat-Milk
Gimborn Cat-Milk

Susu ini memiliki rasa yang sangat mirip dengan ASI induk kucing, sehingga anak kucing pasti menyukainya. Produsen juga memberi nutrisi tambahan, seperti taurin dan asam arakidonat. Gimborn Cat-Milk dikemas dalam bentuk bubuk seberat 200 g. Harganya sekitar Rp160.000.

9. Perki-Lac Powder Milk Replacer

Perki-Lac Powder Milk Replacer
Perki-Lac Powder Milk Replacer

Bagi anak kucing yang tidak bisa menyusu pada induknya, bisa Anda pilihkan susu ini. Perki-lac Powder Milk Replacer dapat diberikan hingga anak kucing berusia 35 hari. Sayangnya, produk ini relatif sulit ditemukan di pet shop. Jika Anda ingin membelinya, Anda bisa membeli ke dokter hewan langsung. Dikemas dalam berat 227 g, harga susu ini adalah Rp200.000.

10. Afiliate New Zealand Growssy Milk

Afiliate New Zealand Growssy Milk
Afiliate New Zealand Growssy Milk

Kalau Anda mencari susu untuk anak kucing dengan harga ekonomis, Anda bisa mencoba produk ini. Nutrisinya pun sudah lengkap, bahkan ada nutrisi tambahan, seperti taurin, lutein, , minyak ikan, hingga vitamin. Dibuat dalam bentuk bubuk dan pengemasannya seberat 20 g dengan harga sekitar Rp4.000.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Beberapa hal berikut ini penting untuk Anda perhatikan dalam merawat anak kucing kesayangan Anda.

1. Memberikan susu khusus kucing

Kandungan susu sapi untuk manusia dan susu kucing berbeda. Susu sapi minum mengandung cukup banyak laktosa, senyawa yang sulit diterima pencernaan kucing. Biasanya jumlah laktosa tersebut hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan susu untuk anak kucing.

Selain itu, protein dalam susu yang dikonsumsi manusia juga kurang cocok untuk pertumbuhan kucing. Hal ini sangat tidak baik untuk anak kucing, ia bisa saja mengalami diare atau gangguan pencernaan lain.

2. Membuat susu yang suhunya mendekati suhu tubuh kucing

Tubuh kucing memiliki suhu sekitar 38 derajat celcius, karena itu sebaiknya air untuk membuat susu juga berkisar pada suhu tersebut. Susu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat anak kucing mengalami gangguan pencernaan. Untuk susu yang cukup dingin, Anda bisa memberikannya pada kucing dewasa.

Takaran susu yang diberikan dalam satu waktu juga bervariasi, bergantung pada bahan dan kebutuan. Untuk permulaan, Anda bisa memberikan kurang lebih 5 gram bubuk. Lalu ditambah menjadi 10 gram, 15 gram, dan seterusnya sesuai kebutuhan.

3. Tidak memberikan susu saat kucing dalam posisi berbaring

Susu kucing dapat diberikan menggunakan pipet atau botol susu sampai usia kucing kurang lebih 3 minggu. Hanya saja, jangan berikan susu itu ketika dalam posisi berbaring. Bagaimanapun, kucing memiliki anatomi tubuh yang berbeda dengan manusia. Jika Anda memberikan susu ketika kucing berbaring, dikhawatirkan susu tersebut bisa menyumbat pernapasan.

Anak kucing biasanya minum susu sekitar 4-8 kali per hari, tergantung dengan masa pertumbuhannya. Ketika gigi mulai tumbuh, Anda bisa mulai melatih anak kucing untuk makan makanan selain susu.

Baca Juga : 15 Perlengkapan Memelihara Kucing Yang Harus Siap

Ternyata ada cukup banyak merk susu untuk anak kucing sebagai pemenuhan nutrisinya ya. Selamat memilih susu terbaik untuk perawatan anak kucing kesayangan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *