9 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik dan Terpercaya

rekomendasi vitamin kucing

Ketika kamu memelihara kucing, sebetulnya bukanlah hanya sekadar memberi makan dan minum. Supaya si kaki empat berbulu ini senantiasa sehat dan panjang umur, kamu harus mulai memberikan vitamin. Bahkan dalam perkembangannya, saat ini ada makin banyak rekomendasi vitamin kucing sebagai bukti kalau cat lovers yang peduli pada kesehatan kucing terus bertambah.

rekomendasi vitamin kucing
Pemberian Vitamin Kucing

Dibandingkan lima atau satu dekade lalu, para pemilik kucing saat ini makin banyak memiliki pilihan atas pakan, aksesoris, obat hingga rekomendasi vitamin kucing. Tentunya supaya bisa memberikan treatment terbaik kepada anabul (anak bulu) tercinta, kamu harus tahu terlebih dulu nutrisi dan asupan gizi yang memang mereka butuhkan.

Apalagi di musim penghujan seperti saat ini dan mungkin nanti saat pancaroba, ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang kucing mulai dari parasit cacing, infeksi bakteri hingga serangan virus mematikan. Satu-satunya cara untuk membuat kucing tetap sehat dan kebal penyakit adalah pemberian vitamin tepat secara rutin sekaligus makanan bergizi tinggi.

Hanya saja tidak semua pemilik kucing cukup peduli dan paham mengenai jenis-jenis vitamin sekaligus nutrisi yang dibutuhkan kucing. Dengan manfaat vitamin yang sangat baik bagi kekebalan tubuh kucing, mempelajari deretan rekomendasi vitamin kucing harus jadi pertimbangan cat lovers.

Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing

Nutrisi untuk kucing
Ilustrasi Nutrisi & Vitamin Kucing

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai daftar rekomendasi vitamin kucing, ada baiknya kamu tahu vitamin sekaligus nutrisi yang paling dibutuhkan oleh anabul. Sama seperti manusia, suplemen vitamin bisa membuat daya tahan tubuh kucing terhadap penyakit lebih kuat sehingga usia mereka panjang. Tentu kamu ingin memiliki kucing yang bisa berumur belasan tahun, bukan?

Nah, selain makanan yang bergizi tinggi, vaksin dari dokter hewan, kebersihan lingkungan sekaligus kasih sayang dari manusia, pemberian vitamin yang tepat adalah faktor usia kucing bisa panjang. Berikut ini adalah manfaat dari vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kucing :

  1. Vitamin A : Baik untuk kesehatan mata pada kucing
  2. Vitamin B : Dengan berbagai varian mulai B1, B2, Niasin, B9, B12 hingga B kompleks memegang peranan penting pada metabolisme. Selain itu Vitamin B juga berfungsi mengubah makanan jadi energi, bekerja di sistem saraf, kesehatan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan dan sistem imun.
  3. Vitamin C : Mampu Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Vitamin D : Mencegah kelumpuhan sekaligus gangguan pada tulang kucing.
  5. Kandungan Vitamin E : Penyubur dan penumbuh bulu kucing.
  6. Vitamin K : Membantu mencegah pembekuan darah.
  7. Protein : Sebagai nutrisi utama yang paling dibutuhkan kucing karena berfungsi untuk kesehatan kulit, bulu, cakar hingga antibodi
  8. Lemak Omega-3 dan 6: Asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak, perkembangan indera penglihatan, kesehatan jantung dan sistem imun

Dengan berbagai manfaat yang diberikan, bisa dibilang kalau vitamin sekaligus nutrisi di atas sangatlah penting bagi tubuh kucing. Sebagai pemilik kucing, kamu tentu harus memilih rekomendasi vitamin kucing yang tentunya mengandung nutrisi di atas, agar kesehatan anabul benar-benar bisa diperoleh secara maksimal.

Rekomendasi 9 Merk Vitamin Kucing Terbaik

Lantaran pecinta kucing saat ini makin banyak, untuk bisa membeli suplemen bagi kucing pun tidak sulit. Kamu bisa membelinya di petshop, apotek khusus binatang hingga dokter hewan. Tentunya harga produk vitamin kucing jelas beragam, di mana semakin berkualitas tentu makin mahal. Supaya tidak keliru, berikut ini adalah 9 rekomendasi vitamin kucing yang bisa dipilih:

1. Nutri-plus Gel

Nutri plus Gel
Nutri plus Gel

Inilah produk vitamin terbaik yang paling direkomendasikan untuk kucing dan hewan peliharannya lainnya. Sebagai multivitamin suplemen gizi yang menggabungkan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya, Nutri-plus Gel bahkan dianjurkan oleh dokter hewan. Nutri-plus Gel bisa diberikan kepada kucing dalam masa pertumbuhan, menyusui atau sehabis sakit.

Biasanya dosis pemberian Nutri-plus Gel ini hanya sebesar biji jagung untuk kucing dewasa yang sakit. Dengan kandungan vitamin A, B kompleks, D, E, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, magnesium, asam folat, zat besi dan lainnya, harga Nutri-plus Gel memang cukup mahal yakni kisaran Rp100-150 ribu per tube (120 gram).

2. Dinovite

Vitamin Kucing Dinovite
Dinovite

Merk dinovite menjadi salah satu produk rekomendasi vitamin kucing terutama bagi kamu yang baru memelihara anabul. Alih-alih kapsul atau tablet, Dinovite berbentuk cair sehingga tidak ribet dan mudah ditelan. Untuk dinovite mengandung Feline Liquid yang terdiri dari vitamin, nutrisi, asam lemak, asam amino sampai seng.

Cocok untuk kucing segala usia, Selain itu dinovite juga bisa mengurangi kerontokan bulu dan bisa dicampurkan ke makanan mereka. Dengan kisaran harga Rp300-400 ribu untuk ukuran 800 gram. VItamin merk dinovite memang cocok untuk kebutuhan jangka panjang dan kucing dalam jumlah banyak.

3. NuPro

Vitamin kucing Nu Pro
Vitamin kucing Nu Pro

Kucing baru saja sakit atau mengalami operasi sehingga bobot tumbuhnya merosot? Maka NuPro bisa dipilih untuk membuat anabul gemuk lagi dan lincah lagi. NuPro mengandung gizi yang cukup kompleks mulai enzim, mineral, asam amino, asam lemak omega dan tentunya vitamin. NuPro bisa diberikan tiap hari dengan dicampur pada makanan.

Kalau kamu memelihara kucing ras bulu panjang seperti Persia atau Turkish Angora, NuPro bisa jadi pertimbangan apalagi bentuknya cream sehingga mudah dikonsumsi. Dengan harga kisaran Rp400 ribu untuk kemasan 454 gram, varian NuPro sangat banyak sehingga kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

4. Kala Health

Kala Health untuk kucing
Kala Health

Rekomendasi vitamin kucing berikutnya adalah Kala Health yang varian produknya juga bisa digunakan oleh manusia. Disebut aman dan tidak menimbulkan efek samping, Kala Health adalah salah satu vitamin terbaik untuk kucing. Produk ini bisa membantu meningkatkan nafsu makan, merangsang pertumbuhan bulu hingga meningkatkan sistem imun.

Dengan bentuk tablet kunyah, kucing tidak akan kesulitan dalam menelannya. Hanya saja untuk bisa memperoleh Kala Health cukup sulit karena mayoritas tersedia online. Harga Kala Health di e-commerce beragam mulai Rp200-400 ribu tergantung jumlah tablet per kemasan.

5. Nutri+gen

Nutri+gen untuk kucing
Nutri+gen

Kelebihan dari Nutri+gen adalah mengandung collagen sehingga bisa membantu melebatkan sekaligus menghaluskan bulu. Dengan bentuknya mirip gel, pemberian Nutri+gen pun bisa dicampur ke makanan.

Selain Omega-3, Nutri+gen juga disebut bisa mengatasi masalah pencernaan dan membasmi bakteri di dalam tubuh. Produk ini dijual dengan harga cukup mahal yakni Rp120-145 ribu untuk kemasaran lima gram saja.

6. FaVor

FaVor
FaVor

Kucing tampak lesu dan malas makan? Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan FaVor. Produk vitamin dari Pfizer ini memang cukup lengkap karena mengandung protein, serat, nutrisi hingga lemak. Biasanya pemberian FaVor ini antara 2-3 tablet per hari dan bisa membantu mengembalikan sistem imun kucing.

Meskipun tabletnya cukup besar, kucing tidak akan kesulitan dalam menelan FaVor. Namun ingat, FaVor hanya bisa diberikan untuk kucing yang berusia minimal lima bulan. Dengan harga setiap kemasan di kisaran maksimal Rp100 ribu dan berisi 60 tablet, FaVor tentu cukup terjangkau.

7. PET Ultimates

Vitamin untuk  kucing PET Ultimates
PET Ultimates

Sebagai produk luar negeri, PET Ultimates adalah salah satu rekomendasi vitamin kucing terbaik. Keunggulan utama dari PET Ultimates adalah merupakan vitamin probiotik sehingga bisa meningkatkan nafsu makan, nutrisi seklaigus mengatasi infeksi di dalam tubuh kucing. Dengan bentuknya berupa bubuk, pemberian PET Ultimates sangatlah mudah.

Dijual dengan kisaran harga Rp400-550 ribu untuk kemasaran 44 gram, kamu harus mencari PET Ultimates secara online dari luar negeri Di Indonesia sendiri kebanyakan PET Ultimates yang tersedia untuk anjing.

8. Virbac Megaderm

Virbac Megaderm untuk kucing
Virbac Megaderm

Sama seperti Nutri-plus Gel, Megaderm juga diproduksi oleh Virbac. Hanya saja produk ini merupakan rekomendasi vitamin kucing untuk kesehatan bulu. Omega-3 dan 6 berfunsgi untuk memperkuat bulu hingga ke akar-akarnya sehingga pertumbuhannya makin cerah, tebal dan lebat. Dengan kemasan 8 ml, Verbac Megaderm dijual dengan harga Rp15-20 ribu.

9. The Missing Link

The Missing Link
The Missing Link

Berbeda dengan produk lain, bentuk The Missing Link seperti pakan kucing sehingga kamu tidak perlu ribet memberikannya. Jika kamu ingin menggemukkan kucing, varian Ultimate Feline Formula sangatlah tepat karena mengandung Omega-3 dan Omega-6. Sementara untuk kucing berkulit sensitif dan bulu rontok, bisa memberikan jenis Skin Coat.

Melihat banyaknya produk vitamin untuk kucing, ada baiknya kalau kamu membeli yang paling sesuai dengan anabul. Ketahui dulu kondisi kesehatan kucing, sehingga pemberian vitamin bisa tepat. Bahkan jika perlu, lakukan konsultasi dulu dengan dokter hewan.

Lantaran harga yang ditawarkan dalam daftar rekomendasi vitamin kucing di atas sangat berbeda-beda, pastikan membeli yang sesuai kemampuan dan kebutuhan. Dengan begitu kucing bisa sehat kamupun tetap sejahtera.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *