11 Rekomendasi Shampo Kucing Bagus Kualitas Terbaik

Rekomendasi Shampo Kucing

Meski kucing tidak suka terkena air, namun sesekali ia juga perlu dimandikan. Tidak harus sering, 1-2 kali dalam satu bulan sudah cukup. Saat mandi, kucing juga membutuhkan shampo untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bulunya. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai rekomendasi shampo kucing yang bisa Anda gunakan untuk kucing kesayangan Anda.

Rekomendasi Shampo untuk Si Kucing Kesayangan

Rekomendasi Shampo Kucing
Kucing Dishampo

Berikut ini ada rekomendasi shampo kucing yang bisa Anda pilih untuk perawatan bulu kucing kesayangan Anda.

1. Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care

Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care
Bioline Cat Shampoo Especially Mild Care

Produk dari Bioline ini dibuat dengan teknologi asal Jerman dan diawasi langsung oleh dokter hewan. Formulanya lembut dan lengkap dengan ekstrak bunga kamomil. Harganya pun tidak terlalu mahal. Untuk kemasan 250 ml, dijual dengan harga Rp40.000.

2. Raid-All Medicated Cat Shampoo

Raid-All Medicated Cat Shampoo
Raid-All Medicated Cat Shampoo

Shampo kucing ini dibuat untuk kucing yang mengalami gatal, infeksi bakteri, hingga iritasi di kulitnya. Mengandung esktrak tea tree oil, asam salisilat, dan triklosan yang ampuh untuk mengatasi iritasi. Hanya saja, shampo ini bisa digunakan untuk kucing berusia lebih dari 6 minggu. Untuk kemasan 250 ml, dijual seharga Rp30.000.

3. I’m Organic Daily Care Cat Shampoo

Im Organic Daily Care Cat Shampoo
Im Organic Daily Care Cat Shampoo

Sebagai salah satu brand paling populer di Indonesia, kualitas I’m Organic memang tidak perlu diragukan. Produk shampo dari brand satu ini memang berasal dari bahan baku berupa bahan organik, seperti buah kelapa. Selain itu, shampo ini juga dilengkapi formula antikusut sehingga bulu kucing akan terasa lembut setelah pemakaian. Untuk kemasan 250 ml, shampo ini dijual seharga Rp54.000.

4. Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat

Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat
Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat

Rekomendasi shampo kucing berikutnya adalah Smooth Touch Shampoo Pro-V Cat. Produk ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai shampo sekaligus kondisioner. Dilengkapi dengan surfaktan yang tidak keras sehingga bisa membersihkan kotoran di bulu kucing dengan baik.

Selain membuat bulu kucing tampak sehat, fungsi kondisionernya bekerja dengan melembutkan bulu kucing. Produk ini juga dilengkapi dengan vitamin E, B5, dengan pelindung dari radiasi UV. Shampo ini dikemas dalam kemasan 1 L dan dijual dengan harga Rp 115.000 per kemasannya.

5. Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo
Bio-Derm Bio-Groom Kuddly Kitty Tearless Kitten Shampoo

Banyak top breeder dan professional groomer di seluruh dunia yang merekomendasikan produk satu ini. Terdapat kandungan deodorant yang aman untuk kucing, bisa mengontrol bau, dan tidak membuat iritasi.
Shampo ini bekerja tanpa merusak lapisan minyak pelindung yang ada pada kulit kucing. Cocok juga digunakan untuk kucing yang dihinggapi kutu. Jika tertarik membelinya, Anda bisa membelinya seharga Rp98.000 untuk kemasan 230 ml.

5. Bio-Derm Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo

Bio-Derm Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo
Bio-Derm Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo

Produk ini cocok digunakan apabila si kucing sangat takut dengan air. Formula Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo memang dibuat untuk bisa dibersihkan tanpa air. Terdapat juga kandungan kondisioner dan pH nya pun sesuai dengan kulit kucing. Shampo ini dijual dalam kemasan 230 ml dengan harga Rp105.000.

6. Espree Bright White Cat Shampoo

Espree Bright White Cat Shampoo

Kalau kucing Anda memiliki bulu putih, Anda bisa menggunakan rekomendasi shampo kucing satu ini. Dibuat dari esktrak lidah buaya, jojoba, dan kelapa, yang bisa membersihkan dan mengembalikan warna putih bulu kucing.

Tidak terdapat kandungan pewarna sintetis, paraben, dan zat aditif dalam produk ini. Selain itu, bahan yang digunakan juga 100% biodegradable sehingga sangat aman digunakan. Penggunaan shampo ini juga bisa mencegah kerontokan bulu kucing. Produk ini dijual dalam kemasan 355 ml dengan harga Rp114.000.

7. Pet Silk Flea & Tick Shampoo

Pet Silk Flea & Tick Shampoo

Kandungan utama dalam shampo ini adalah senyawa yang terbuat dari serat sutra alami. Kabarnya, senyawa tersebut bisa membuat bulu kucing menjadi lembut dan berkilau serta mengembalikan warna asalnya. Bukan hanya itu, dalam shampo ini juga terdapat pyrethrins yang efektif untuk mengatasi parasit di bulu kucing.

Di pasaran, produk ini dijual dalam kemasan 473 ml, 3,7 liter, dan 9,4 liter. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp150.000.

8. Dermcare-vet Malaseb Medicated Shampoo

Dermcare-vet Malaseb Medicated Shampoo

Produk ini dibuat untuk kucing yang mengalami penyakit, seperti dermatitis, hingga dapat mendukung proses pengobatan infeksi dermatophytosis. Manfaat lain dari shampo ini adalah melembutkan, mengatasi minyak berlebih dan sisik di kulit, serta menghilangkan bau tubuh kucing. Shampo ini dipasarkan dalam kemasan 1 L dengan harga Rp160.000.

9. D&C Shampoo

D&C Shampoo

Rekomendasi shampo kucing berikutnya adalah D&C Shampoo yang memang sudah dikenal luas untuk memandikan kucing. Dalam shamponya terdapat kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E. Tidak perlu diragukan lagi, bahan baku utamanya adalah lidah buaya. Bahan yang sudah sangat terkenal untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Di pasaran, shampo ini dijual seharga Rp90.000.

10. Virbac Sebazole

Virbac Sebazole

Shampo kucing asal Prancis ini sebenarnya dibuat untuk mengobati berbagai masalah kulit yang dialami oleh kucing. Beberapa masalah yang bisa diatasi, seperti infeksi jamur, bakteri, kulit berkerak, dan keratoplastic. Selain itu, Virbac Sebazole juga mengandung bahan antipruritic sehingga bisa mengurangi kebiasaan menggaruk kucing.

Virbac Sebazole dijual dalam kemasan 50 ml dengan harga Rp50.000. Namun sebaiknya berikan shampo ini ketika bulu kucing tengah mengalami masalah ya.

11. Miconazole

Miconazole

Shampo Miconazole juga diformulasikan untuk membasmi jamur serta mengurangi iritasi pada kulit kucing. Shampo ini juga memiliki khasiat lain untuk bulu kucing, yakni membuat bulunya menjadi lebih lebat. Di pasaran, Miconazole dijual dalam ukuran 200 ml dengan harga Rp50.000.
m.Armani Flea Tick & Aroma Theraphy.

Baca Juga : Cara Memandikan Kucing dan Tips dari Para Ahli

Kalau terdapat kutu, tungau, hingga bulu yang bau pada kucing Anda, Anda bisa menggunakan produk satu ini. Salah satu bahan yang digunakan adalah flo blue yang sangat tidak disukai oleh tungau dan kutu. Harganya pun terjangkau. Untuk kemasan 100-200 ml, dijual dengan harga Rp25.000-Rp32.000.

Mengapa Bulu Kucing Mudah Rontok?

Salah satu hal yang terbilang mengganggu dari kucing adalah bulunya yang mudah rontok. Rontoknya bulu tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar. Biasanya bulu kucing yang rontok merupakan bulu-bulu mati yang memang sudah seharusnya bersih dari tubuhnya. Namun selain ini, ada juga lho hal lain yang menyebabkan bulu kucing rontok. Apa saja ya?

1. Mengalami Stres

Siapa bilang hanya manusia yang bisa stres? Kucing juga bisa merasakan stres. Stres yang dialami kucung akan berakibat pada tidak lancarnya aliran darah pada tubuhnya. Jika terjadi demikian, maka bulu kucing bisa menjadi rontok. Kalau tidak segera ditangani, kucing bahkan bisa menjadi botak.

2. Tidak Cocok dengan Shampo yang Digunakan

Tidak cocok dengan shampo tertentu juga bisa membuat bulu kucing menjadi rontok. Tubuh kucing terbilang sensitif. Kalau Anda mengenakan shampo dengan banyak kandungan deterjen, itu bisa membuat kerontokan pada bulu kucing.

Baca juga : 7 Cara Melatih Kucing Buang Air Agar Tidak Sembarangan

Kadar deterjen biasanya tertulis pada wadah shampo. Sebaiknya pilih shampo dengan kadar deterjen kurang dari 20%.

3. Dihinggapi Parasit

Parasit seperti demodex, scabies, dan ektoparasit bisa menempel pada bulu kucing. Biasanya parasit-parasit tersebut akan hidup di tubuh kucing yang tidak diurus. Parasit tersebut bisa menimbulkan rasa gatal pada tubuh kucing sehingga mereka akan sering menggaruknya. Jika sudah cukup parah, parasit itu bisa saja menyebabkan bulu kucing rontok hingga botak.

4. Gizi yang tidak Seimbang

Makanan yang gizinya tidak seimbang juga seringkali menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Oleh karena itu, sebaiknya berikan makanan yang mengandung cukup vitamin A dan E sebab keduanya penting untuk pembentukan bulu baru.

Asupan gizi pada kucing memang harus dalam jumlah cukup, sebab kelebihan gizi juga tidak baik untuk bulu kucing. Terlalu banyak konsumsi vitamin A dan E bisa membuat kulit kucing menjadi kering dan bulunya menjadi rontok. Selain itu, bulu kucing juga bisa mengalami kerontokan saat menjalani pengobatan.

5. Alergi dan Suhu

Faktor lain, seperti alergi dan tidak cocok dengan suhu tertentu juga bisa membuat bulu kucing rontok. Penyebab alergi sendiri bisa banyak hal, seperti obat, vaksin, hingga salah makan. Selain itu, tempat yang terlalu panas juga bisa membuat bulu kucing rontok. Jadi, sebaiknya hindari menaruh selimut atau kasur kucing di bawah sinar matahari langsung ya.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kucing Persia Medium Asli dan Cara Merawatnya

Itu tadi beberapa rekomendasi shampo kucing yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bulu kucing kesayangan Anda. Yang penting, hindari memakai shampo manusia untuk kucing, karena bahan-bahan dan nutrisinya tentu sangat berbeda.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *