7 Rekomendasi Makanan Kucing Basah yang Bagus

rekomendasi makanan kucing basah

Untuk membuat kucing peliharaan Anda tumbuh dan berkembang dengan baik, kebutuhan asupan nutrisi serta gizinya harus terpenuhi. Ada berbagai jenis makanan kucing, pilihlah asupan makanan yang dapat membantu pertumbuhan serta perkembangannya. Secara umum, makanan kucing dibedakan menjadi dua jenis, yaitu makanan kucing basah dan makanan kucing kering.

rekomendasi makanan kucing basah
Makanan Kucing Basah

Baik makanan kucing basah (wet food) atau kering (dry food) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagian orang memilih makanan kucing kering karena praktis bisa diletakkan begitu saja di mangkuk, mudah disimpan, dan harganya murah.

Namun, makanan kucing basah juga dipilih banyak orang karena memiliki beberapa kelebihan untuk kucing. Nah, untuk membahas secara lebih detail mengenai makanan kucing basah, kelebihan dan kekurangan. Kami rekomendasikan brand makanan kucing serta kandungan yang ada di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Basah

Makanan kucing yang jenisnya basah memiliki tekstur lembut, sehingga kucing dengan mudah dapat memakan dan mencernanya. Namun, jika kucing Anda sudah terbiasa diberi makanan kucing yang jenisnya basah maka akan membuatnya lebih susah saat menu makan diganti ke jenis yang kering.

Kelebihan lain dari makanan kucing basah adalah aromanya sangat kuat sehingga membuat kucing tertarik dan melahapnya habis. Namun, makanan kucing basah juga memiliki kekurangan karena ketika sudah dibuka dalam kurun waktu yang lama akan membuat aromanya menjadi hilang.

Selain itu, makanan kucing jenis basah dapat memengaruhi kesehatan gigi dan gusi kucing dimana dapat menyebabkan karang gigi dan plak. Harga makanan kucing basah juga jauh lebih mahal daripada makanan kucing jenis kering. Sehingga untuk yang memiliki kucing banyak dengan budget pas-pasan akan lebih menguras isi kantong.

Rekomendasi Makanan Kucing Basah

Bahan yang digunakan untuk membuat wet food kucing adalah bahan berkualitas dan grain free. Tekstur yang lembut, mudah dimakan, mengandung potongan daging, dan berair ini lebih disukai oleh sebagian besar kucing.

Berikut ini beberapa pilihan merk makanan kucing basah beserta kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain:

1. Hill’s Science Diet Adult Liver & Chicken Entree Cat Food

Hill’s Science Diet Adult Liver & Chicken Entree Cat Food

Rekomendasi makanan kucing basah yang pertama datang dari brand asal Amerika yang diperuntukan untuk kucing hamil, menyusui, dan dalam masa pertumbuhan. Wet food ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu kucing yang membutuhkan banyak nutrisi dan kehilangan kalori selama menyusui.

Selain itu, kucing yang kecil juga bisa memakannya sedikit demi sedikit karena makanan kucing basah ini mudah diserap dan dicerna oleh tubuhnya. Hill’s Science Diet Adult Liver & Chicken Entree Cat Food dapat digabung dengan susu kucing atau makanan lain.

Makanan kucing asal Amerika ini terdiri dari air, produk sampingan babi, hati babi, ayam, tepung jagung utuh, kalsium sulfat, guar gum, minyak ikan, beta karoten, dan banyak lainnya.

Harga Hill’s Science Diet Adult Liver & Chicken Entree Cat Food sekitar Rp28.000, berat 156 gr, dan dianjurkan untuk kucing usia 1 – 6 tahun.

2. Whiskas Pouch Junior Tuna

Whiskas Pouch Junior Tuna

Salah satu wet food favorit para kitten, Whiskas Pouch Junior Tuna hadir dalam bentuk potongan daging segar dengan aroma yang sangat menggugah. Kitten Anda mungkin akan ketagihan dan tidak ingin berhenti makan sejkan merasakan jilatan yang pertama.

Selain itu, tektur dagingnya pun sangat lembut sehingga dapat dikonsumsi kitten yang masih dalam tahap belajar makan. Whiskas Pouch Junior Tuna ditujukan untuk kucing berusia 2 bulan hingga 12 bulan, dan ibu kucing yang sedang hamil atau menyusui juga bisa mengonsumsinya.

Komposisi dari Whiskas Pouch Junior Tuna, diantaranya adalah tuna, mineral, asam amino, minyak kedelai, vitamin, agen pembentuk gel, zat pewarna, dan EDTA.

Kelebihan dari produk makanan Whiskas adalah memiliki banyak varian rasa tidak hanya tuna, melainkan ada ikan makarel derta ocean fish juga. Selain harganya terjangkau, Whiskas juga terdiri dari baha-bahan berkualitas, dan mudah didapat.

Kekurangan Whiskas adalah mengandung gluten, gandum dan jagung sehigga untuk kucing yang memiliki masalah pada sistem pencernaan sebaiknya menghindari konsumsi merk ini.

3. Kit Cat Deboned Tuna & Salmon Toppers

Kit Cat Deboned Tuna & Salmon Toppers

Untuk Anda khawatir jika hewan kesayangan Anda terserang alergi, Kit Cat Deboned Tuna & Salmon Toppers bisa menjadi salah satu alternative karena grain free. Selain bebas gandum, produk wet food asal Singapura ini bisa dikonsumsi oleh semua tahapan usia kucing.

Komposisi bahan dari Kit Cat Deboned Tuna & Salmon Toppers adalah ikan tuna segar, Alpha-Tocopherol, daging salmon, ekstrak tuna, serpihan tuna asap, taurin, fructooligosaccharides, dan agen pembentuk gel.

4. Royal Canin Mother and Babycat

Royal Canin Mother and Babycat

Kelebihan dari produk ini adalah dapat dikonsumsi baik untuk kitten usia 1 bulan maupun ibu kucing yang sedang hamil atau menyususi. Memiliki tekstur yang mudah dicerna, produk wet foot satu ini memang bisa dikonsumsi kitten yang baru belajar makan karena sebelumnya hanya mengonsumsi susu.

Memiliki berat 195gr, harga untuk Royal Canin Mother and Babycat sekitar Rp30.000an. Komposisi bahan baku dalam Royal Canin Mother and Babycat, meliputi ayam, hati ayam, gluten gandum, plasma babi, rasa alami, minyak ikan, taurine, dan lainnya.

Produk makanan kucing asal Perancis ini memiliki kekurangan tidak dapat dikonsumsi untuk kucing yang memiliki alergi karena mengandung gluten.

5. Snappy Tom Whole Fish

Snappy Tom Whole Fish

Produk makanan kucing basah berikutnya adalah produksi Thailand yang diperuntukkan untuk kucing usia di atas 12 bulan. Komposisi bahan dari Snappy Tom Whole Fish adalah vitamin, mineral, sarden utuh berkualitas tinggi, warna makanan yang diizinkan, agen pembentuk gel, dan taurin.

Kelebihan dari Snappy Tom Whole Fish adalah grain-free dan tidak mengandung zat aditif artifisial, bebas pengawet. Sehingga kucing lebih sehat dan bugar. Kekurangannya adalah berbahan utama ikan sehingga untuk kucing yang alergi ikan sebaiknya tidak konsumsi produk satu ini.

Purina Fancy Feast Gourmet Wet Kitten Food with Tender Ocean Whitefish
Produk makanan kucing satu ini dikhususkan untuk kitten supaya mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan jika nutrisi kitten tercukupi dnegan baik, ia akan tumbuh dengan maksimal dan sempurna.

Kelebihan dari produk wet food dari Purina ini mempunyai cita rasa daging ayam. Sehingga jika kitten Anda tidak menyukai daging bisa mencobanya.

Kompisisi Purina Fancy Feast Gourmet Wet Kitten Food with Tender Ocean Whitefish terdiri dari ocean whitefish, ayam, trikalsium fosfat, vitamin, mineral, rasa buatan dan alami, niasin, dan lainnya.

6. Friskies Deep Sea Delight

Friskies Deep Sea Delight

Frieskies Deep Sea Delight menggunakan bahan utama real fish sehingga aromanya sangat kuat dan membuat kucing tergoda ingin memakannya. Jika kucing Anda pecinta ikan daripada daging, maka produk wet food satu ini bisa jadi rekomendasi terbaik.

Selain itu, kadar air Friskies Deep Sea Delight cukup tinggi sehingga kucing tidak merasa kehausan setelah memakannya. Friskies Deep Sea Delight khusus untuk kucing dewasa usia 1-7 tahun.

Kelebihan dari produk Frieskies Deep Sea Delight adalah kaya nutrisi dan baik untuk sistem pencernaanya. Sedangkan kekurangannya adalah tidak disarankan untuk kucing yang alergi ikan khususnya tuna. Anda harus mengontrol pemberian Frieskies Deep Sea Delight untuk kucing yang sedang diet.

7. Profeline Cat Food Tuna in Jelly

Profeline Cat Food Tuna in Jelly

Wet food satu ini dari brand Profeline yang ditujukan untuk kucing usia 2 bulan ke atas. Profeline Cat Food Tuna in Jelly dikemas dalam kaleng dengan harga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp13.000 untuk 400gr. Merk makanan kucing dari Thailand ini sebaikanya disimpan dalam kulkas setelah dibuka.

Profeline Cat Food Tuna in Jelly mengandung Crude Protein 10%, Crude Fat 1.5 %, Crude Fiber 1%, Moisture 84% vitamin A, B, D, E, dan banyak lainnya. Vitamin-vitamin ini sangat baik untuk nutrisi kesehatan kucing, contohnya vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit serta bulu kucing.

Kelebihan dari Profeline Cat Food Tuna in Jelly adalah mengandung berbagai vitamin dan nutrisi baik. Hal ini dapat mencukupi kebutuhan DHA kucing, dan mudah dicerna. Kekurangan dari produk ini adalah tidak disarankan bagi kucing yang alergi tehadapat ikan tuna.

Baca juga : 15 Perlengkapan Memelihara Kucing Yang Harus Siap

Adakah dari 8 brand makanan kucing basah di atas yang menjadi favorit hewan kesayangan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *