Mengenal Ras Kucing Asia (Kucing Malaya)

Ras Kucing Asia

Kucing Asia atau kucing Malaya adalah ras kucing yang mirip dengan ras kucing burma. Namun memiliki perbedaan dalam warna dan pola bulu. Ras kucing Asia pertama kali dikembang biakan di Inggris. Dimulai dari anak kucing yang dibesarkan tahun 1981 oleh Baroness Miranda von Kirchberg.

Ras Kucing Asia
Ras Kucing Asia

Jenis kucing ini sangat suka bermain, penuh kasih sayang, memiliki rasa ingin tahu tinggi, dan selalu ingin menjadi bagian dari semua aspek pemiliknya.

Nama RasKucing Asia (Kucing Malaya)
NegaraInggris
Standar RasWCF (Word Cat Federation)
RambutKucing bulu pendek
Kategori UkurangSedang
Harapan Hidup Rata-Rata14-15 tahun
TemperamenLincah, sosial, senang, bersuara. pinta, percaya diri, baik kepada orang-orang, dan penuh kasih sayang
LingkunganCocok hidup di dalam rumah atau apartemen
PerawatanMembutuhkan perawatan sedang
Ras Kucing Asia

Penampilan Fisik dan Bulu

Ras Kucing Asia
Penampilan Kucing Asia

Variasi ras kucing Asia terdiri dari lima varietas yang berbeda yaitu Self, Asian Smoke, Asian Shaded, Asian Tabby, dan Tiffanie (jenis dengan bulu agak panjang).

Kucing Asia merupakan kucing yang berukuran sedang dengan tubuh berotot tanpa lemak. Kepalanya berbentuk oval dengan mata lebar dan berwarna kuning.

Dada kucing ini sedikit terlihat bulat dan kakinya terlihat ramping. Jika diperhatikan ekor kucing ini cukup panjang.

Temperamen Kucing Asia

Kucing Asia Atau Malaya
Kucing Asia Atau Malaya

Ras kucing Asia memiliki karakter lincah, ramah, luwes dan energik. Secara umum kucing Asia adalah kucing yang penyayang dan penuh cinta terhadap pemiliknya. Hal tersebut hampir sama seperti saudaranya kucing Burma yang berasal dari Burma (Myanmar).

Kucing ini sangat mudah bergaul dengan anak-anak atau hewan peliharaan laiinya. Tetapi, terkadang di saat tertentu ia keras kepala. Walapun begitu kucing ini tidak terlalu berisik dan senang bersuara ketika diajak berbicara.

Disamping itu, kucing ini juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka berjelajah di lingkungan sekitarnya. Ia akan senang dan merasa menikmati perjalanan ketika dibawa keluar rumah.

Suara kucing Asia cukup keras, hampir sama seperti kucing Burma. Ia sangat senang bergaul kepada manusia, bahkan terkadang ramah terhadap orang asing.

Kesehatan Dan Perawatan Kucing Asia

Kucing Malaya
Kucing Asia (Kucing Malaya)

Lingkungan yang baik untuk ras kucing Asia adalah daerah rumah tertutup dan memiliki jendela kebar. Jenis kucing ini tidak suka tinggal di kota yang besar dan ramai.

Selain itu kucing Asia juga tidak menyukai suara keras dan berisik seperti suara mobil, bus, kereta api, dan lain-lain. Pada intinya ia tidak menyukai tempat ramai dan berisik.

Apartemen merupakan tempat yang cocok untuk memelihara kucing Asia. Terlebih jika pada apartemen tersebut diberikan tanaman rumah di dekat jendela. Ia akan suka duduk disamping jendela melihat pemandangan luar.

Untuk perawatan kucing Asia terbilang cukup mudah karena memiliki bulu pendek dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Perawatan dapat dilakukan seperti merawat kucing bulu pendek pada umumnya.

Untuk membuat bulunya mengkilap Anda bisa menyikat bulunya seminggu sekali. Selain itu Anda juga harus rajin mengelus dan membelai bulunya dengan lembut.

Kucing Asia sangat sedikit mengalami masalah kesehatan. Selain itu kucing ini juga bisa hidup dengan sehat dan bisa berumur panjang.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *