15 Perlengkapan Memelihara Kucing Yang Harus Siap

perlengkapan memelihara kucing

Anda ingin memelihara kucing di rumah? Sebelum kucing datang ke rumah, ada baiknya Anda mempersiapkan perlengkapan memelihara kucing. Dengan menyiapkan perlengkapan sebelum kucing datang dapat mempermudah Anda dalam melakukan perawatan untuk kucing.

perlengkapan memelihara kucing
Perlengkapan Memelihara Kucing

Pada dasarnya, menyiapkan perlengkapan untuk hewan peliharaan sangat penting. Terlebih jika Anda baru pertama kali memelihara kucing dan belum memiliki cukup bekal untuk memelihara kucing. Perlengkapan yang lengkap akan menghindarkan Anda dari rasa khawatir ataupun panik ketika Anda membutuhkan perlengkapan yang dibutuhkan kucing.

Daftar Perlengkapan Memelihara Kucing yang Harus Dipersiapkan

Untuk mempermudah Anda dalam memelihara kucing, ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda persiapkan. Ada baiknya, Anda mempersiapkan aneka perlengkapan kucing berikut sebelum membeli atau mengadopsi kucing.

1. Makanan Kucing

makanan kucing
Makanan Kucing

Makanan menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum Anda memelihara kucing. Anda bisa memilih jenis dry food ataupun wet food sebagai persediaan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Meskipun Anda bisa memberikan jenis homemade food, makanan kemasan akan lebih ringkas dan mudah diberikan jika sewaktu-waktu kucing minta makan.

Pemilihan makanan untuk kucing pun harus Anda perhatikan. Anda bisa melihat komposisi makanan kucing yang ada pada kemasan. Selain itu, perhatikan pula kucing yang akan Anda rawat, apakah usia kucing tergolong kitten (kurang dari 1 tahun) atau adult (lebih dari 1 tahun).

Makanan yang diperuntukkan bagi anakan kucing dengan kucing dewasa sangatlah berbeda nutrisinya. Biasanya makanan untuk anakan kucing lebih banyak mengandung protein untuk mendukung pertumbuhan kucing. Selain itu, jika Anda sedang mengadopsi kucing yang sedang hamil ataupun menyusui membutuhkan nutrisi yang berbeda.

Ada baiknya pula Anda menyesuaikan jenis makanan yang biasa dimakan oleh kucing yang akan Anda pelihara. Hal ini untuk mempermudah proses adaptasi kucing dan juga menghindarkan kucing dari gangguan pencernaan.

2. Susu Kucing dan Dot Kucing

Susu Kucing dan Dot
Susu Kucing dan Dot Kucing

Salah satu perlengkapan memelihara kucing untuk kucing yang kehilangan atau ditelantarkan induknya adalah susu kucing. Anda bisa membeli susu kemasan yang diperuntukkan bagi kucing. Hindari memberikan susu yang diperuntukkan bagi manusia kepada kucing karena nutrisi yang diperlukan kucing sangatlah berbeda untuk manusia.

Susu kucing biasanya lebih banyak mengandung protein atau lemak dan rendah laktosa. Sedangkan susu yang diperuntukkan bagi manusia cenderung lebih banyak mengandung laktosa.

Jika kucing mengonsumsi susu yang tinggi laktosa akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan yang akan membuat kucing diare. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab kucing baru lahir meninggal setelah mengonsumsi susu khusus untuk manusia.

Selain itu, untuk mempermudah Anda memberikan susu kepada kucing baru lahir, Anda memerlukan dot yang dikhususkan untuk kucing. penggunaan dot akan mempermudah kucing mendapatkan nutrisi dan menghindarkan susu tumpah ke badan kucing.

3. Vitamin

Vitamin Untuk Kucing
Vitamin Untuk Kucing

Untuk menjaga kesehatan kucing, Anda perlu memberikan vitamin secara rutin. Di pasaran sendiri terdapat beragam jenis vitamin untuk kucing. Salah satu perlengkapan memelihara kucing ini bisa Anda dapatkan di petshop sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda memelihara kucing jenis bulu panjang, ada baiknya vitamin bulu Anda masukkan ke dalam daftar produk perawatan kucing. Selain itu, untuk memelihara kesehatan kucing secara keseluruhan, Anda juga bisa menyiapkan minyak ikan.

4. Tempat Makan dan Minum Kucing

Selain menyiapkan makanan kucing, Anda juga harus menyiapkan tempat makannya. Anda bisa membeli tempat makan untuk kucing yang terpisah dengan tempat minum. Jika Anda ingin lebih ringkas dan tidak makan tempat, Anda juga bisa membeli tempat makan double, dimana sisi yang satunya bisa digunakan untuk tempat minum.

Untuk mencegah makanan kucing dikerumuni oleh semut, ada baiknya Anda memberikan tatakan piring yang berisi air di bawah tempat makan. Jika menurut Anda terlalu ribet, Anda bisa membeli tempat makan anti semut.

5. Kandang Kucing

Kandang Kucing
Kandang Kucing

Kandang yang nyaman menjadi hal yang penting untuk pertumbuhan kucing. Ada baiknya Anda menyesuaikan ukuran kandang dengan tubuh kucing. Jika Anda memiliki ruangan kosong di rumah, Anda juga bisa menyulap ruangan tersebut untuk dijadikan sebagai ruangan kucing.

Kandang yang cukup lebar akan membantu kucing mudah beradaptasi dan melakukan aktivitas sehari. Selain itu, untuk anakan kucing, kandang yang luas dapat mempermudah gerak kucing. Keberadaan kandang sangat penting dalam perlengkapan memelihara kucing.

6. Kasur Kucing

Kasur Kucing
Kasur Kucing

Agar kucing nyaman dengan tempat barunya, perlengkapan memelihara kucing yang bisa Anda siapkan adalah kasur kucing. Dengan adanya kasur kucing akan membuat kucing lebih nyaman saat tidur, terlebih sebagian besar waktunya digunakan untuk tidur.

7. Pasir Kucing

Pasir Kucing
Pasir Kucing

Agar kandang kucing tetap terjaga kebersihannya, Anda bisa menyiapkan pasir sebagai media kucing pipis dan pup. Anda bisa membeli pasir khusus kucing yang banyak dijua di petshop. Anda bisa memilih beragam jenis pasir, seperti pasir tanpa aroma ataupun pasir beraroma.

Agar kandang kucing tidak berbau kotoran, Anda bisa menggunakan pasir beraroma. Dengan menggunakan pasir beraroma akan mengurangi pengeluaran membeli perlengkapan memelihara kucing lainnya, seperti spray penghilang bau di pasir.

8. Litter Box

Litter Box Kucing
Litter Box Kucing

Agar kucing tidak buang kotoran sembarang, Anda perlu menyiapkan litter box untuk tempat pasir. Perhatikan ukuran litter box yang Anda gunakan. Selain menyesuaikan dengan ukuran kandang, ukuran litter box yang akan Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan besarnya kucing yang Anda pelihara.

Ukuran litter box yang kurang pas akan mempersulit Anda saat membersihkan kotoran kucing. Terlebih jika kotoran kucing berada di luar litter box. Hal ini tentu saja akan banyak membuang waktu Anda karena kandang juga perlu dibersihkan dari kotoran kucing.

9. Serokan Pasir

Serokan Pasir Kucing
Serokan Pasir Kucing

Untuk mempermudah Anda dalam membuang kotoran kucing, Anda memerlukan serokan pasir sebagai salah satu perlengkapan memelihara kucing. Dengan menggunakan serokan pasir akan menghindarkan Anda dari terkena kotoran kucing yang akan membuat tangan menjadi bau.

10. Shampo Khusus Kucing

Shampo Kucing
Shampo Kucing

Shampo kucing menjadi perlengkapan memelihara kucing yang harus Anda siapkan. Anda bisa memilih shampo kucing sesuai dengan kebutuhan. Di petshop sendiri ada beragam jenis varian shampo kucing, seperti shampo untuk melembutkan bulu, shampo anti kutu, ataupun shampo anti jamur.

Selain itu, Anda juga perlu memilih varian aroma shampo yang tersedia. Biasanya shampo khusus kucing menggunakan aroma buah-buahan yang akan membuat bulu kucing menjadi wangi.

11. Parfum Kucing

Parfum Kucing
Parfum Kucing

Agar kucing tidak cepat berbau, Anda perlu menyiapkan parfum kucing. Parfum kucing bisa Anda gunakan setelah memandikan kucing ataupun setelah kucing buang kotoran. Tenang saja, perlengkapan memelihara kucing yang satu ini memiliki banyak varian aroma yang bisa dipilih sehingga bau kucing makin segar.

12. Sisir Khusus Kucing

Sisir Kucing
Sisir Kucing

Agar bulu kucing tidak mudah kusut, Anda perlu menyiapkan sisir khusus kucing. Selain membantu merawat bulu kucing, penggunaan sisir kucing setelah Anda memandikan kucing akan membantu mempercepat bulu kucing menjadi lebih kering. Tak heran kalau akhirnya sisir kucing menjadi salah satu perlengkapan memelihara kucing terpenting.

13. Gunting Kuku Kucing

Gunting Kuku Kucing
Gunting Kuku Kucing

Untuk membantu perawatan kucing, Anda juga membutuhkan gunting kuku yang khusus diperuntukkan bagi kucing. Gunting kuku untuk kucing ini dapat membantu Anda untuk memotong kuku kucing.

14. Mainan Kucing

Mainan Kucing
Mainan Kucing

Mainan kucing akan membantu kucing terhindar dari stres. Terlebih saat kucing baru datang dan ingin mengeksplorasi lingkungan barunya. Dengan adanya mainan kucing akan membantu membuatnya lebih rileks, sehingga kucing menjadi tidak stres dan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Selain itu, ada juga jenis mainan kucing yang memerlukan pemiliknya untuk bermain bersama kucing. Jenis mainan ini akan memperkuat bonding kucing dengan pemilik, sehingga cocok bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan si kucing.

15. Pet Carrier

pet carrier kucing
Pet Carrier Kucing

Jenis perlengkapan kucing menjadi sebuah pilihan bagi Anda yang ingin mengajak kucing ke luar rumah. Pet carrier dapat mempermudah Anda membawa kucing tanpa harus khawatir kucing akan kabur ketika harus berpapasan dengan kendaraan bermotor. Selain didesain dengan bahan yang cukup kuat, pet carrier juga memiliki desain yang unik.

Dengan mempersiapkan perlengkapan memelihara kucing akan membantu Anda mempermudah perawatan kucing sesuai dengan jenis kucing yang Anda pelihara. Meskipun jumlah perlengkapan untuk kucing di atas cukup banyak, ada baiknya Anda membuat daftar perlengkapan kucing yang benar-benar Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *