11 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Bagus Mana?

Perbedaan kucing anggora dan persia

Banyak sekali kucing yang digemari dan populer dikalangan cat lover. Jenis kucing anggora dan persia merupakan jenis kucing peliharaan yang paling banyak digemari para pecinta kucing. Jika dilihat dari penampilannya, banyak yang mengira kedua jenis kucing ini memiliki jenis yang sama. Agar Anda tak salah beli, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia terlebih dahulu.

Perbedaan kucing anggora dan persia
Kucing Anggora (Kiri) dan Kucing Persia (Kanan)

Meskipun bagi para pecinta kucing sudah mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia, tetapi bagi orang awam membedakan kedua kucing tersebut tidaklah mudah. Nah, bagi Anda yang masih bingung perbedaan kedua kucing ini, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Banyak orang memelihara kucing anggora dan kucing persia karena tingkah lakunya yang menggemaskan dan bulu panjangnya. Popularitas kedua ras kucing ini banyak yang menganggap kedua jenis kucing ini tidak berbeda. Agar Anda tidak keliru saat hendak membeli atau mengadopsi kedua kucing tersebut, ada baiknya Anda memahami perbedaan kucing anggora dan persia.

Kucing anggora dengan kucing persia memang terlihat sangat mirip bisa jadi disebabkan karena asal negara kedua kucing saling berdekatan. Walaupun terlihat mirip tetap banyak perbedaan diantara kuduanya. Untuk membantu mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia bisa melihat tabel di bawah ini :

PerbedaanKucing AnggoraKucing Persia
Negara AsalAnkara (Turki)Persia (Iran)
Bentuk TubuhLangsingMembulat
Bentuk KakiPanjangPendek
Bentuk WajahSegitigaBulat
Bulu KucingLebatLebih Lebat
Ekor KucingMengembangMemanjang
Karakter KucingAktifPasif
Aktivitas KucingBanyak bergerakBanyak diam
Merawat BuluMudahLebih sulit
KesehatanJarang sakitMudah sakit
HargaSangat MahalRelatif Lebih Murah, Ada yang mahal

1. Asal Kucing

Perbedaan dasar kucing anggora dan persia terlihat dari asal daerah kucing. Kucing anggora dianggap sebagai salah satu kucing ras tertua di dunia yang sudah ditemukan sejak tahun 1600an. Kucing anggora sering disebut dengan nama kucing ankara. Hal ini dikarenakan kucing anggora pertama kali ditemukan di kota Ankara, Turki.

Sedangkan kucing persia merupakan jenis kucing berbulu panjang yang berasal dari Persia (Iran). Kucing jenis ini mulai dibawa ke dataran Eropa di tahun 1620 dan saat itulah kucing persia mulai banyak dikenal di seluruh dunia.

2. Bentuk Tubuh Kucing

Sekilas bentuk tubuh kedua jenis kucing ini terlihat sama. Tetapi jika Anda perhatikan lebih lanjut lagi, bentuk tubuh kucing anggora dan kucing persia sangatlah berbeda. Perbedaan bentuk tubuh kucing ini menjadi dasar perbedaan bagian tubuh yang lainnya.

Pada kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan kucing persia. Selain itu kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang ramping dan membuat ototnya lebih terlihat atau menonjol. Hal ini membuat perawakan kucing anggora terlihat lebih gagah.
Sedangkan pada kucing persia, bentuk tubuhnya terlihat lebih gemuk dan membulat dibandingkan dengan kucing anggora. Secara fisik, kucing persia terlihat lebih menggemaskan.

3. Bentuk Kaki Kucing

Menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya, bentuk kaki kucing anggora dan kucing persia pun sangat khas. Perbedaan kedua jenis kucing ini cukup mencolok dan bisa terlihat oleh orang awam sekalipun.

Bentuk kaki kucing anggora hampir mirip dengan bentuk kaki kucing kampung. Pada kucing anggora, bentuk kaki terlihat lebih ramping dan lebih tinggi dibandingkan dengan kucing persia. Sedangkan pada kaki kucing persia, bentuk kakinya cukup besar dan lebih pendek sesuai dengan bentuk tubuhnya.

4. Bentuk Wajah Kucing

Secara penampilan, perbedaan kucing anggora dan persia akan tampak dari bentuk wajahnya. Meskipun Anda masih awam dengan berbagai jenis kucing, Anda bisa mengenali kedua jenis kucing tersebut hanya dengan melihat bentuk wajah.

Bentuk wajah kucing anggora hampir mirip dengan bentuk wajah kucing kampung dengan rahang yang kuat. Hanya saja pada kucing anggora memiliki bulu-bulu panjang di bagian pipinya. Selain itu, wajah kucing anggora berbentuk segitiga dan sedikit lonjong. Mata kucing anggora tidak selebar mata kucing persia dan tatapannya cukup tajam.

Sedangkan untuk telinga kucing anggora cukup panjang dan runcing dengan jarak telinga yang tidak begitu jauh. Hal paling mencolok terlihat dari bentuk hidung kucing persia dan kucing anggora. Kucing anggora memiliki hidung yang cukup mancung, tetapi tidak semancung kucing kampung.

Pada kucing persia, bentuk wajahnya cukup khas. Meskipun kucing persia terdapat beragam jenis, bentuk wajah kucing persia hampir sama meskipun jenisnya berbeda. Pada umumnya, kucing persia memiliki bentuk wajah yang cukup bulat dengan bulu yang cukup banyak di bagian wajah, sehingga jika dilihat sekilas leher kucing nyaris tidak terlihat.

Kucing persia memiliki mata yang lebar dan penglihatan yang tajam. Bagian telinganya cukup pendek dan lebih lebar dibandingkan dengan telinga kucing anggora. Bentuk wajah kucing persia inilah yang membuatnya terlihat lebih gembil yang selaras dengan bentuk tubuhnya yang bulat.

Jika kucing anggora memiliki bentuk hidung yang mancung, bentuk hidung kucing persia berbeda-beda sesuai dengan jenis kucing persia. Pada kucing persia peaknose dan kucing persia flatnose memiliki bentuk hidung yang pesek, sedangkan pada kucing persia medium dan kucing persia himalaya memiliki bentuk hidung yang tidak begitu pesek.

5. Bulu Kucing

Perbedaan kucing anggora dan persia tampak juga pada bulunya. Kedua jenis kucing ini merupakan jenis kucing berbulu panjang. Meskipun sama-sama berbulu panjang, terdapat perbedaan di antaranya kedua jenis kucing tersebut. Selain melihat di bagian tubuhnya, perbedaan mencolok juga terlihat di bagian wajah kucing dan ekor kucing.

Bulu kucing anggora memang tidak selebat dan setebal bulu kucing persia. Tetapi di bagian ekornya, kucing anggora memiliki bulu yang tebal dan panjang. Bulu bagian ekor kucing anggora sering dimiripkan dengan bulu musang karena bulu ekor kucing dapat mengembang. Sedangkan di bagian wajah kucing, bulunya lebih panjang dan tebal dibandingkan dengan bulu kucing kampung.

Pada kucing persia, bulunya cukup panjang dan tebal untuk menyelimuti seluruh bagian tubuhnya. Hanya saja pada kucing persia eksotis dan kucing persia medium dari keturunan kucing bulu pendek memiliki bulu yang tidak selebat kucing persia flatnose dan kucing persia peaknose.

6. Ekor Kucing

Selain bentuk wajah dan tubuh kucing, ternyata perbedaan kucing anggora dan persia juga dapat dilihat dari bentuk ekornya. Pada umumnya, kucing anggora dan kucing persia memiliki ekor yang panjang. Perbedaannya bisa terlihat dari bulu yang menyelimuti ekor kucing.

Pada ekor kucing anggora memiliki bulu yang panjang dan lebat melebihi bulu tubuhnya. Jika kucing berjalan dan dalam keadaan senang, bulu ekor akan mengembang dan terlihat seperti ekor musang. Sedangkan pada ekor kucing persia memiliki bulu yang tidak sepanjang dan selebat kucing anggora, Meskipun ekor kucing persia memiliki bulu yang tebal dan panjang seperti bulu tubuhnya.

7. Karakter Kucing

Setiap jenis kucing memiliki karakter yang berbeda-beda. Sama seperti jenis kucing anggora dan persia yang memiliki karakter masing-masing. Selain mengenali ciri fisiknya, mengenali karakter kucing akan mempermudah Anda membedakan kucing anggora dan kucing persia. Perbedaan karakter kucing anggora dan persia terlihat jelas sehingga bisa membantu dalam membedakan kedua jenis kucing tersebut.

Kucing anggora merupakan kucing yang aktif, senang bermain, dan mudah beradaptasi. Kucing anggora akan merasa senang jika diajak bermain pemiliknya. Selain itu, jika terdapat banyak binatang peliharaan di rumah Anda, kucing anggora tidak akan segan untuk mengajaknya bermain bersama.

Kucing anggora juga termasuk salah satu kucing yang cerdas. Rasa keingintahuan kucing anggora cukup besar, sehingga perlu dilatih agar kucing memiliki perilaku yang baik.

Berbeda dengan kucing persia yang memiliki karakter lebih kalem dan lebih pendiam. Kucing persia tidak begitu aktif, bahkan cenderung bisa dikatakan sebagai kucing yang malas. Biasanya kucing persia akan menghabiskan waktunya dengan tidur dan makan dibanding untuk bermain. Meskipun begitu, kucing persia merupakan kucing yang senang bermanja-manja dengan pemiliknya.

8. Aktivitas Kucing

Jika dilihat dari karakternya, aktivitas yang dilakukan kucing anggora dan kucing persia sangatlah berbeda. Dengan mengamati aktivitas kucing, Anda akan mengetahui perbedaan kucing anggora dengan kucing persia.

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang aktif. Kucing anggora akan menghabiskan waktunya di luar kandang dengan bermain ataupun bersantai di lantai. Kucing anggora juga lebih senang bermain di luar rumah. Kucing akan bermain dengan hewan lain bahkan berburu serangga kecil untuk dimainkan ataupun dimakannya.

Kucing anggora juga lebih senang berada di tempat yang tinggi. Kucing akan memanjat dan melompat untuk mencapai tempat yang diinginkannya. Selain itu, kucing anggora senang berlari-larian dengan pemilik ataupun hewan lainnya. Ketika berjalan, kucing anggora akan terlihat luwes dan menggemaskan.

Sedangkan kucing persia memiliki aktivitas yang jauh berbeda dengan kucing anggora. Kucing persia lebih suka berdiam diri di kandangnya. Kucing ini biasanya akan melakukan aktivitas, seperti makan ataupun buang air. Selain aktivitas tersebut, kucing lebih senang tidur ataupun malas-malasan.

Cara berjalan kucing persia juga lebih pelan dan manja. Akan tetapi, terkadang kucing persia akan menjadi kucing yang hiperaktif jika menemukan sesuatu yang menarik atau ketika kucing ingin bermain.

9. Cara Merawat Bulu Kucing Anggora dan Persia

Meskipun sama-sama memiliki bulu yang panjang, perawatan jenis kucing anggora dan persia sangatlah berbeda. Terlebih dalam merawat kesehatan bulu kucing, ketelatenan dan jenis produk yang digunakan menjadi modal agar bulu kucing tetap terawat dan sehat.

Perawatan bulu kucing anggora bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan perawatan bulu kucing persia. Hal ini dikarenakan bulu kucing anggora lebih pendek dan tidak selebat bulu kucing persia.

Sedangkan bulu kucing persia lebih membutuhkan perawatan ekstra. Bulu kucing persia yang lebat dan panjang lebih rentang mengalami masalah jika tidak dirawat dengan baik.

10. Masalah Kesehatan

Daya tahan tubuh kucing anggora dan kucing persia sangatlah berbeda. Kucing anggora memiliki daya tahan tubuh yang baik dan jarang sakit. Meskipun begitu, Anda tetap harus menjaga kesehatan kucing anggora agar terhindar dari penyakit yang dapat membahayakan jiwa kucing Anda.

Berbeda dengan kucing persia yang memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibandingkan kucing anggora. Kucing persia sangat rentan terkena berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatannya.

11. Harga Kucing

Pada dasarnya harga kucing tergantung pada kualitas kucing. Kucing yang sudah divaksin lengkap akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan kucing yang sama sekali belum pernah divaksin. Kucing yang sering memenangkan kontes pun memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan kucing yang hanya di rumah saja.

Selain itu, umur kucing juga mempengaruhi harga jual kucing. Semakin tua umur kucing, maka akan semakin mahal harganya. Umumnya, kucing anggora memiliki harga lebih mahal dibandingkan harga kucing persia. Tetapi, hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan sebelum Anda membeli jenis kucing ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang membuat harga kucing menjadi lebih tinggi.

Bagi Anda yang tertarik memelihara kucing anggora atau kucing persia, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu perbedaan kucing anggora dan persia tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *