14 Peralatan Merawat Kucing Penting, Harus Punya!

Peralatan Grooming Kucing

Jika memelihara kucing tentu membutuhkan peralatan dan perlengkapan kucing. Anda juga harus siap merawat kucing dengan maksimal. Beberapa peralatan penting merawat kucing juga harus disiapkan.

Dengan tersedia peralatan dan perlengkapan kucing, maka akan memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat kucing. selain itu kucing juga akan betah berada di sisimu.

Berikut ini adalah peralatan merawat kucing yang harus Anda siapkan.

1. Kandang Kucing

Kandang Kucing
Kandang Kucing

Untuk berlindung dan memisahkan kucing dibutuhkan kandang kucing. Kandang adalah peralatan penting merawat kucing, kamu yang memelihara kucing harus menyediakan kandang yang nyaman untuknya.

Ketika kucing sakit dan berpotensi menular ke kucing lain maka kamu butuh tempat khusus untuknya. Kandang kucing bisa menjadi tempat memisahkan kucing sehat dengan kucing sakit.

Anda bisa memilih kandang yang disesuaikan dengan jumlah dan besar kucing. Semakin besar kucing, maka kandang yang Anda gunakan juga harus makin besar agar kucing leluasa saat berada dalam kandang.

2. Tempat Makan dan Minum

Wadah makan minum kucing
Wadah makan minum kucing

Untuk keperluan makan dan minum kucing maka kamu butuh tempat makan dan tempat minum khusus untuk kucing. Saat ini ada banyak model dari keduanya yang bisa kamu pilih.

Ada juga model kesatuan yaitu tempat makan dan minum kucing jadi satu, jadi lebih menghemat biaya dan lebih mudah.

Tempat makan dan minum yang menyatu bisa menjadi pilihan Anda agar lebih efisien dan menghemat ruang.

Fungsi wadah ini untuk tempat makanan kucing dan minum kucing. Sehingga makanan dan minuman kucing tidak tercecer.

Anda bisa membeli tempat makan dan minum kucing di pet shop atau toko perlengkapan kucing. Di toko online juga banyak yang menjualnya, sehingga kamu bisa memesannya secara online.

3. Pasir Kucing

Pasir Kucing
Pasir Kucing

Untuk merawat kucing dengan baik Anda butuh pasir khusus untuk kucing, atau lebih sering disebut pasir kucing. Sekarang ini telah banyak tersedia jenis pasir kucing yang bisa kamu pilih.

Pasir yang digunakan untuk merawat kucing merupakan pasir khusus atau pasir gumpal. Bentuk pasir ini menggumpal dan memiliki dua varian, yaitu yang memiliki aroma dan tidak memiliki aroma.

Pasir gumpal beraroma bisa menjadi pilihan Anda agar pasir tak cepat bau karena kotoran ataupun pipis kucing.

4. Bak Pasir Kucing

Bak Pasir Kucing
Contoh Bak Pasir Kucing

Bak pasir adalah salah satu peratan penting merawat kucing. Fungsinya sebagai wadah pasir untuk keperluan kucing buang kotoran.

Selain itu, bak pasir juga digunakan untuk tempat pasir agar tidak tercecer. Dengan bak pasir ini akan dapat membantu Anda melatih kucing buang air kecil/buang air besar pada tempatnya.

Pilih bak pasir yang sesuai dengan ukuran kucing Anda agar kotoran atau pipis kucing tidak keluar dari bak pasir.

5. Serokan Pasir

Serokan Pasir Kucing
Contoh Serokan Pasir Kucing

Serokan pasir digunakan untuk mengambil kotoran dari bak pasir. Dengan alat ini akan membantu Anda untuk membersihkan tempat kotoran kucing, sehingga tangan Anda tetap bersih dan tidak bau ketika mengurus kotoran kucing.

7. Perlengkapan Mandi Kucing

Perlengkapan Mandi Kucing
Perlengkapan Mandi Kucing

Untuk merawat bulu dan tubuh kucing maka kucing harus rajin dimandikan, setidaknya memandikan kucing 2 minggu sekali. Perlengkapan mandi kucing seperti shampo dan handuk harus disiapkan.

Gunakan shampo khusus kucing, dan juga handuk khusus kucing. Jangan menggunakan shampo untuk manusia ke kucing. Hal tersebut sama sekali tidak dianjurkan. Bisa merusak bulu kucing.

8. Alat Grooming

Peralatan Grooming Kucing
Peralatan Grooming Kucing

Shampo, minyak wangi, dan sisir kucing menjadi alat grooming yang diperlukan dalam merawat kucing dengan baik. Sediakan peralatan grooming kucing untuk merawat tubuh dan bulu kucing.

Terlebih jika Anda ingin berhemat dengan tidak membawa kucing ke salon perawatan kucing, alat grooming akan membantu Anda untuk menjaga kucing tetap bersih dan terawat.

9. Alat Perawatan Kuku

Gunting Kucing
Gunting Kucing

Kuku kucing juga membutuhkan perawatan. Potong kuku kucing secara berkala, namun jangan keseringan memotong kuku kucing. Gunakan gunting khusus untuk memotong kuku kucing.

Alasan memotong kuku kucing agar kucing tidak merusak perabotan rumah.

Memang sebagian orang melarang memotong kucing dengan alasan menghambat kucing bergerak, memanjat, dan beberapa alasan lainnya.

Kalau pendapat saya pribadi memilih memotong kuku kucing karena faktor kesehatan dan kenyamanan.

10. Kain Lap Bersih

Kain Lap Serbaguna
Kain Lap Serbaguna

Terkadang kain bersih untuk keperluan kucing disepelekan oleh cat lover. Padahal menyediakan kain khusus untuk kucing itu sangat penting.

Kain digunakan untuk membersihkan tubuh kucing misalnya mata, hidung bahkan bulunya.

Jangan menggunakan kain sembarangan, apalagi kain kotor karena bisa bisa mengganggu kesehatan kucing.

Selain itu jangan menggunakan kain yang sudah memiliki fungsi sendiri. Misalnya lap untuk meja, piring, lantai dan lainnya. Akan lebih baik menyediakan kain khusus untuk si kucing.

11. Tempat Tidur Kucing

Tempat Tidur Kucing
Pet Bad

Kucing terkenal dengan binatang yang suka tidur, oleh sebab itu berikan ia tempat tidur yang nyaman. Hewan yang satu ini kalau sudah ngantuk bisa dimana saja dan kapan saja.

Akan lebih baik jika kamu memberikan tempat tidur khusus untuk kucingmu. Sehingga ia akan nyaman saat tidur dan lebih sehat karena tempat yang ia buat tidur bersih.

Kucing yang lagi tidur itu menggemaskan, tapi jangan ganggu ia ketika tidur. Biar ia menikmati waktu tidurnya, sehingga ketika bangun tenaganya sudah pulih.

12. Mainan Kucing

Mainan Kucing
Mainan Kucing

Bukan hanya fisik kucing yang dirawat tapi mental kucing juga perlu dijaga. Berikan mainan kucing agar kucing tidak bosan dan stress. Kucing yang stress mudah sekali terserang penyakit.

Memberikan mainan kucing juga salah satu cara merawat kucing. Selain itu mainan kucing juga akan membuat kucing betah di rumah, tidak gampang kabur.

Anda bisa simak rekomendasi mainan kucing yang paling laris dan disukai kucing pada blog ini.

13. Cat Scratcher Atau Papan Garukan Kucing

Cat Scratcher
Cat Scratcher

Perlu kamu ketahui kalau kucing suka menggaruk berbagai macam tempat dan barang. Jika kamu memelihara kucing berikan ia Cat Scracher (papan garukan kucing), agar ia punya tempat khusus mengaruk sebagai penyalur nalurinya.

Jika tidak kucing diberikan Cat Scracher, jangan salahkan kucing kalau nantinya ia mengaruk-garuk perabatan rumahmu.

Pilih Cat Scracher yang terbuat bahan aman dan tidak melukai kucing. Untuk ukurannya disesuaikan saja dengan kebutuhan kucing.

14. Pet Carrier

Pet Carrier Untuk Kucing
Pet Carrier

Untuk membawa kucing bepergian Anda membutuhkan Pet Carier. Tempat pengangkut hewan ini akan memudahkan Anda setiap membawa kucing. Misalnya ketika jalan-jalan, membawa ke dokter hewan, salon dan lainnya.

Pilih Pet Carier yang berkualitas baik serta mudah dibuka dan ditutup. Untuk ukuran Pet Carier ini menyesuaikan dengan usia kucing, ukuran tubuh kucing, bobot kucing dan jumlah kucing.

Jika Anda punya Pet Carier maka kucing tidak akan kabur ketika dibawa bepergian.

Selain perlengkapan kucing di atas, vitamin kucing akan membantu Anda untuk menjaga kucing tetap sehat. Anda bisa memilih vitamin kucing sesuai dengan kebutuhan.

Vitamin berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Anda juga bisa memberikan minyak ikan untuk kesehatan bulu kucing dan menjaga daya tahan kucing dari serangan berbagai penyakit.

Selain vitamin, obat juga harus Anda persiapkan untuk mengatasi beragam masalah penyakit pada kucing. Obat anti kutu, obat penyakit kulit, obat cacing, obat flu, ataupun obat demam sudah banyak tersedia di pasaran dan bisa Anda pilih sesuai dengan permasalahan penyakit kucing Anda.

Memperhatikan makanan kucing juga sangat penting dalam merawat kucing. Berikan pakan terbaik untuk kucing agar kucing selalu sehat dan lucu.

Anda bisa simak rekomendasi makanan kucing pabrikan atau membuat makanan kucing sendiri pada blog ini.

Kesimpulan

Dalam merawat kucing dibutuhkan alat khusus yang diperutukan untuk kucing. Peralatan merawat kucing yang telah dijelaskan di atas adalah contohnya.

Sebagai pemilik kucing kamu memiliki tanggung jawab memelihara dan merawat kucing seumur hidupnya. Rawat kucing dengan penuh kasih sayang dan peralatan yang memadahi.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *