Penyebab Kucing Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

penyebab kucing susah tidur

Normalnya, kucing dewasa memiliki waktu tidur sekitar 15-18 jam, tergantung aktivitasnya. Semakin aktif, waktu tidur juga akan semakin panjang. Sedangkan untuk anak kucing dan kucing tua, waktu tidurnya bisa mencapai 20 jam dalam sehari. Akan tetapi, terkadang juga terjadi momen saat kucing susah tidur. Apakah yang sebenarnya menyebabkan hal itu, dan bagaimana mengatasinya?

Mengapa Waktu Tidur Kucing Begitu Panjang?

penyebab kucing susah tidur
Kucing Tidur

Dalam ulasan kali ini, yang dibahas memang mengenai kucing yang susah tidur. Akan tetapi, mari bahas dulu terkait alasan dibalik waktu tidur kucing yang begitu panjang, bahkan hingga lebih dari 12 jam.

Begini fisiologi kucing

Kucing yang baru lahir biasanya akan memiliki naluri yang serupa dengan kerabatnya yang lebih besar. Naluri tersebut termasuk naluri berburu untuk memenuhi kebutuhan. Kucing akan memulai perburuannya saat hari memasuki senja. Itu akan memberi kucing kesempatan terbaik untuk menemukan mangsa sekaligus bersembunyi dari pemangsa lain.

Untuk kucing rumahan, meski dipelihara dan diberi makan dengan baik, naluri berburunya akan tetap ada. Anda mungkin pernah menemui kekacauan, seperti benda jatuh, pada dini hari yang disebabkan oleh kucing Anda. Jika itu terjadi, mungkin saja kucing Anda tengah berkeliaran untuk mencari mangsa.

Kucing dibekali oleh penglihatan, pendengaran, dan penciuman yang tajam. Dalam matanya terdapat begitu sel batang, bahkan lebih banyak dibanding jumlah sel batang pada mata manusia. Hal ini memungkinkan kucing bisa tetap melihat jelas meski hanya terdapat sedikit cahaya. Ditambah lagi dengan penciuman dan pendengaran yang tajam, itu juga akan membantu kucing untuk menangkap mangsa.

Ketika siang hari, kucing tidak memiliki kegiatan lain lagi. Oleh karena itu, kucing akan memanfaatkan waktunya untuk tidur sebagai salah satu bentuk penghematan energi. Aktivitasnya pada malam hari akan membuat kucing tertidur pulas ketika pagi atau siang hari, terutama setelah sarapan.

Mengenali Penyebab Kucing Susah Tidur

Kucing mengalami susah tidur tentu bukan tanpa alasan. Setidaknya ada beberapa hal berikut yang mungkin menjadi penyebab kucing susah tidur.

1. Tengah merasa lapar

Kucing bisa saja merasa lapar pada malam hari. Akan tetapi karena pemiliknya tidur, kucing tentu akan kesulitan membangunkan Anda. Ketika merasa lapar inilah kucing bisa mengalami susah tidur dan berusaha membangunkan Anda. Kalau Anda sudah memberikan makan, ia bisa dengan mudah tidur pulas.

2. Merasa bosan

Selain banyak tidur, kucing juga bisa menjadi susah tidur ketika merasa bosan, terutama pada siang hari. Sebenarnya kucing bisa bermain kemudian tidur, akan tetapi ketika Anda tinggal bekerja, kucing mungkin merasa bosan dan ingin bermain. Karena ingin bermain itulah kucing menjadi susah tidur.

Ketika malam hari dan Anda pulang, kucing biasanya akan mengajak Anda bermain. Karena mungkin Anda merasa lelah, Anda hanya bisa menemaninya sebentar lalu beristirahat. Hal ini juga bisa membuat kucing menjadi susah tidur. Selain itu, malam hari adalah saat kucing untuk berburu, sehingga kucing bisa tidak tidur saat malam.

3. Tidak banyak bergerak

Kalau kucing jarang diajak bermain, kucing akan lebih banyak bermalas-malasan sehingga tidak banyak bergerak aktif. Jika terjadi demikian, maka kucing bisa menjadi susah tidur karena energinya tidak banyak terkuras.

Mengatasi Kucing yang Susah Tidur

Apakah ada cara untuk mengatasi kucing susah tidur? Tentu saja ada. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Menjadwalkan waktu tidur yang rutin

Kalau kucing Anda mengalami susah tidur, maka hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuatkannya jadwal untuk tidur. Agar kucing bisa mematuhi dengan baik, sebaiknya Anda buatkan jadwal sejak kucing masih anak-anak.

Dalam membuat jadwal tidur kucing pun sebaiknya disesuaikan dengan jam tidur alami kucing. Pilihlah jadwal tidur kucing pada pagi/siang hingga sore hari. Pada malam harinya, biarkan kucing bermain atau memburu mangsa.

2. Mengubah jadwal makan

Apakah Anda memberi makan pada kucing waktu tertentu, atau sewaktu-waktu ketika kucing merasa lapar? Kalau Anda ingin coba mengatasi kucing susah tidur, Anda bisa coba juga mengubah jadwal makannya. Waktu makan kucing juga memiliki pengaruh pada waktu tidurnya lho.

Ketika merasa lapar, kucing bisa saja menjadi sulit tidur. Dengan demikian, Anda bisa mencoba memberikan makanan pada kucing ketika mendekati jam tidurnya. Kalau Anda ingin kucing tidur pada malam hari, Anda bisa memberinya makan sebanyak setengah cangkir agar kucing merasa kenyang sampai pagi.

Anda juga bisa menyiapkan alat pemberi makan otomatis. Alat tersebut bisa diatur untuk mengeluarkan makanan kucing di saat tertentu. Ketika malam hari saat kucing lapar, alat itu bisa otomatis mengeluarkan makanan, sehingga laparnya kucing tidak akan mengganggu tidur Anda.

3. Sering mengajak kucing bermain

Selain lebih banyak tidur, kucing yang merasa bosan juga bisa menjadi sulit tidur. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menemani kucing bermain ketika pagi atau siang hari. Dengan banyak bermain, kucing akan menghabiskan banyak energi. Saat energinya terkuras dan ia merasa lelah, maka kucing akan lebih mudah untuk tidur.

4. Menyediakan banyak hiburan untuk kucing

Ketika Anda tengah tidak ada di rumah, terutama saat siang hari, si kucing bisa saja merasa bosan. Rasa bosan di siang hari itu biasanya membuat kucing lebih banyak tidur, sehingga malam harinya ia akan meminta perhatian Anda untuk bermain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyediakan berbagai mainan agar ia mainkan Anda tidak di rumah. Beberapa mainan yang bisa Anda sediakan, seperti boneka tikus kecil berisi catnip, atau bola kecil.

Mainan lain yang bisa Anda berikan adalah alat pemberi makan burung, kalau Anda juga memelihara burung. Biasanya kucing senang duduk di dekat jendela untuk menikmati pemandangan. Memasang alat pemberi makan burung bisa memberikan pemandangan menarik pada kucing sehingga ia merasa memiliki hiburan.

5.Memberikan tempat tidur tetap

Berikan kucing ruangan tersendiri untuk tidur, yang terpisah dari ruangan Anda. Hal ini untuk mencegah kucing mengganggu istirahat Anda, terutama ketika malam hari. Selain itu, siapkan tempat tidurnya dengan baik agar kucing merasa nyaman.

Anda bisa memberikan mainan hingga mendekatkan tempat makan dari tempat tidurnya. Kalau bisa, letakkan tempat tidurnya di tempat yang tinggi. Hal ini dikarenakan secara alami, kucing merupakan hewan pengawas dan senang melihat pemandangan yang luas.

Baca Juga : 17 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bagus Sehat

Karena kucing seringkali berpindah tempat, maka Anda bisa menyediakan lebih dari satu tempat untuk tidur. Tidak perlu tempat tidur yang mahal, cukup sediakan bantal dan selimut yang nyaman untuknya. Selain di tempat tinggi, Anda juga bisa meletakkan di beberapa sudut rumah yang sekiranya dirasa aman untuk kucing.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam mengani kucing susah tidur, ada beberapa hal berikut yang tidak boleh luput dari perhatian Anda.

  1. Meski bermain merupakan cara yang tepat yang membantu kucing kesulitan tidur, Anda harus mengerti bahwa kucing juga mudah bosan. Jadi sediakan mainan yang bervariasi agar mereka tetap suka bermain.
  2. Sebelum Anda tidur, sebaiknya simpan dulu mainan dan makanan dengan bau yang kuat. Kucing memiliki penciuman yang kuat, sehingga ia akan tertantang mencari jika mencium bau makanan tersebut.
  3. Meski banyak yang memilih catnip untuk menarik perhatian kucing sebelum tidur, tetapi ini sebenarnya itu bukanlah pilihan yang terbaik. Beberapa kucing seringkali lebih bersemangat bahkan lebih agresif setelah bermain dengan catnip.
  4. Kucing menyukai tempat hangat. Oleh karena itu untuk menunjang kenyamanannya, Anda bisa sediakan bahan-bahan lembut dan empuk untuk tempat tidurnya.
  5. Pastikan telah tersedia tempat yang bersih untuk toilet kucing. Kucing Anda tidak akan menyukai toilet yang kotor. Oleh karena itu, sebelum Anda tidur, sebaiknya siapkan dulu toilet yang bersih untuk kucing. Ini bertujuan agar kucing tidak menganggu Anda ketika ia ingin buang air besar pada malam hari.
  6. Hindari memberi makan kucing dengan makanan yang mengandung susu atau krim untuk manusia. Makanan atau minuman yang menganduung susu untuk manusia tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing karena mengandung laktosa. Hal itu bisa saja membuatnya sakit perut sehingga tidak nyaman dan menjadi sulit tidur.

Baca Juga : 20 Fakta dan Mitos Kucing Kembang Telon

Jadi sekarang tidak perlu bingung lagi ya untuk mengatasi kucing susah tidur. Selamat mencoba.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *