5 Penyebab Kucing Flu, Kenali Sejak Dini

Penyebab kucing Flu

Secara umum penyebab kucing flu adalah infeksi saluran pernapasan kucing yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Selain itu bisa juga tertular kucing lain yang terkena flu.

Penyebab kucing Flu
Ilustrasi Kucing Flue

Salah satu jenis virus penyebab flu pada kucing adalah virus influenza. Jenis virus ini dapat menginfeksi kucing melalui udara, permukaan kandang, wadah pakan, tertular kucing lain, dan percikan air hujan.

Penyakit flu pada kucing mempunyai gejala yang bisa diamati. Gejala ini menjadi tahapan infeksi virus dalam tubuh kucing. Anda perlu melakukan isolasi ketika menemukan gejala ini terjadi pada kucing peliharaan di rumah karena sangat menular.

Gejala awal penyakit flu pada kucing yakni bersin berlebihan. Di samping itu, muncul kotoran di hidung dan mata secara terus menerus. Gejala lainnya seperti demam, batuk dan napas terengah-engah akibat saluran pernapasan tersumbat.

Kucing kehilangan nafsu makan dan minum hingga dehidrasi. Kondisi kucing semakin parah sehingga mengobati kucing flu perlu segera dilakukan.

Gejala flu kucing akan terjadi selama hampir sepekan. Kemudian kucing akan menderita penyakit flu sekitar 2-3 pekan hingga membaik. Sebelum gejala flu terjadi, kucing telah mengalami infeksi dari penyebab flu.

Untuk pembahasan lebih detail berikut adalah ulasan penyebab kucing flu :

1. Kucing Flu Disebabkan Virus

Infeksi virus bisa menyebabkan penyakit flu pada kucing. Umumnya, virus penyebab flu kucing yakni Feline Herpesvirus (herpes) dan Cacilivirus (FCV). Bahkan berdasarkan riset sekitar 80% flu kucing dikarenakan infeksi dari salah satu virus tersebut.

Virus ini bisa menular dari air liur, bersin, makanan dan minuman serta peralatan yang digunakan kucing pengidap flu.

2. Kucing Flu Karena Terserang Bakteri

Selain virus, bakteri juga menyebabkan kucing terkena flu. Bakteri tersebut di antaranya bernama Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica.

Meskipun kedua bakteri ini juga bisa menginfeksi hewan lain seperti anjing. Jadi, saat anjing di rumah terjangkit flu kemungkinan besar kucing ikut terjangkit. Anda harus menangani kucing flu agar tidak semakin parah.

3. Kucing Flu Karena Jamur

Jamur tidak hanya menyerang kulit kucing, bisa juga menyerang saluran pernapasan.

Infeksi jamur Aspergillosis dan Polip pada kucing bisa menyebabkan demam disertai flu.

4. Daya Tahan Tubuh Kucing Lemah

Segala bentuk penularan hingga infeksi virus atau bakteri tidak terlepas dari daya tahan tubuh kucing. Daya tahan tubuh kucing yang lemah mampu mempermudah penularan dan infeksi.

Akibatnya, kucing akan terserang flu lebih cepat. Bahkan gejalanya bisa berlangsung lebih lama. Flu akan semakin parah ketika daya tahan tubuh kucing semakin lemah.

Jika daya tahan tubuh kucing lemah maka akan sangat mudah kucing terjangkit flu. Sebaliknya jika daya tahan tubuh kucing kuat maka akan bisa terhindar dari serangan penyakit flu.

5. Flu Karena Penularan Kucing Lain

Mengobati kucing flu memang menjadi solusi menghentikan penyebaran virus atau bakteri penyebab flu. Pasalnya, kucing bisa terserang flu melalui proses penularan antar kucing.

Otomatis, virus atau bakteri flu tidak akan hilang jika masih ada interaksi antar kucing dengan salah satu kucing terserang flu. Berikut cara penularan yang terjadi antar kucing.

1. Kucing sehat melakukan interaksi langsung dengan kucing sakit

Tiba-tiba kucing Anda menunjukkan gejala flu. Padahal, lingkungan di sekitar kucing sudah dijaga tetap bersih oleh Anda. Maka, Anda harus memeriksa apakah kucing pernah berinteraksi dengan kucing lain sebelumnya.

Jika iya maka periksa juga apakah kucing lain tersebut sedang menderita flu. Sebaiknya pengobatan flu dilakukan untuk mengatasi gejala yang terjadi.

2. Kucing sehat melakukan interaksi langsung pada media yang ada virus

Virus flu bisa menempel pada berbagai media dalam waktu cukup lama. Beberapa media yang umum terpapar oleh kucing flu. Misalnya pakaian Anda, tempat makan dan minum, kandang, dan objek lain yang terkait aktivitas kucing flu.

Meski demikian virus lebih banyak berada di air mata, hidung, dan air liur kucing penderita.

3. Kucing sehat melakukan interaksi langsung dengan kucing carrier flu

Kucing carrier flu merupakan kucing yang membawa virus atau bakteri flu tetapi tidak menunjukkan gejalanya. Bahkan tidak menderita flu. Hal ini bisa terjadi karena daya tahan tubuh kucing tinggi.

Namun, kucing sehat yang melakukan interaksi langsung dengannya bisa terjangkit flu. Kucing sehat ini bisa langsung mengalami gejala bahkan menderita flu.

Bahaya Penyakit Flu Kucing Pada Manusia

Kucing Terserang Flu
Kucing Terserang Flu

Penyakit flu pada kucing bisa menyerang kucing dewasa ataupun anak kucing. Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, flu kucing juga memberikan dampak negatif pada manusia.

Kendati virus flu pada kucing sulit menembus antibodi manusia, kewaspadaan sangat perlu.

Selain itu, jaringan tubuh manusia juga tidak bisa ditembus oleh virus penyebab flu. Pasalnya, jaringan manusia berbeda dengan jaringan kucing.

Seperti yang diterbitkan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention) bahwa risiko penularan virus tergantung karakter dan jenis virus. Sehingga Anda harus rutin mencuci tangan ketika menjaga kucing flu.

Kesimpulan

Penyebab kucing flu bisa dikarenakan virus, bakteri, jamur dan tertular kucing lain. Flu memang bukan penyakit mamatikan namun jika flu pada kucing sudah terlalu parah segera bawa ke dokter hewan.

Bisa jadi kucing tersebut terjangkit penyakit lain , karena disaat kucing flu daya tahan tubuhnya menjadi lemah. Kondisi tersebut menyebabkan kucing mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi kucing flu kamu bisa simak cara mengobati kucing flu pada kucingklik.com.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *