Pembagian Ras Kucing (Domestik dan Hibrida)

Pembagian ras kucing

Ras kucing yang paling sering kita dengar adalah kucing domestik, namun apakah kamu sudah tahu selain istilah kucing domestik ada juga istilah kucing hibrida. Pembagian ras kucing dikelompokan menjadi dua bagian yaitu kucing domestik dan kucing hibrida. Penting bagi kita untuk mengetahui pembagian ini agar lebih paham semua tentang dunia kucing.

Pembagian ras kucing
Kucing Domestik dan Kucing Hibrida

Kucing Domestik

Kucing domestik adalah sebutan yang disematkan pada kucing rumahan yang telah dijinakan dan biasanya menjadi hewan peliharaan. Kucing yang sekarang ini banyak dipelihara termasuk dalam kucing domestik dengan nama Felis catus atau Felis domesticus.

Kucing Domestik Berbulu Pendek

Pengertian kucing domestik berbulu pendek adalah kucing keturunan campuran yang memiliki bulu pendek pada tubuhnya. Jenis kucing ini tidak diakui ke dalam ras kucing karena merupakan keturunan campuran dan di Britania Raya jenis kucing ini sering disebut dengan mogi.

Perlu diketahui kucing domestik berbulu pendek bukanlah ras kucing seperti British Shorthair, American Shorhait atau ras kucing lainnya yang menggunakan kata “Shorthair” pada namanya yang jenisnya diakui oleh organisasi pendaftaran kucing di dunia. Jenis kucing ini adalah kucing yang sangat populer di Amerika.

Kucing Domestik Berbulu Panjang

Pengertian kucing domestik berbulu panjang adalah keturunan campuran yang memiliki bulu panjang di tubuhnya. Sama seperti kucing berbulu pendek, jenis kucing ini juga tidak di akui sebagai ras kucing oleh oraganisai pendaftaran kucing di dunia.

Kucing Hibrida

Pengertian kucing hibirida adalah kucing domestik yang dilahirkan dari pesilangan kucing liar. Sebagai contohnya persilangan antara kucing lokal dengan kucing liar afrika. Dalam penampilannya Kucing hibirda biasanya memiliki penampilan yang unik dan eksotis, selain itu kucing ras ini memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga termasuk dalam salah satu kucing cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Jenis kucing hibrida merupakan kucing yang memiliki harga mahal, selain harganya yang mahal biaya perawatannya juga sangat mahal. Tidak heran jika hanya orang yang berkantong tebal saja yang bisa memelihara jenis kucing ini. Sampai saat ini ada 12 jenis kucing hibrida yang terbilang harganya sangat mahal yaitu :

  1. Ocicat
  2. Mine Con
  3. British Shorthair
  4. American Wirehair
  5. American Curl
  6. Russian Blue
  7. Scottish Fold
  8. Sphynx
  9. Peterbald
  10. Persian
  11. Bengal
  12. Savanah

Dapat disimpulkan bahwa ras kucing saat ini dibagi menjadi 2 yaitu ras kucing domestik dan ras kucing hibrida. Pembagian ras kucing ini telah di akui oleh organisasi pendaftaran kucing di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *