15 Obat Alami Kucing Cacingan

Obat Alami Kucing Cacingan

Idealnya kucing diberikan obat cacing 2 bulan sekali, hal tersebut dilakukan untuk membuat kucing terhindar dari cacing. Anda bisa menggunakan obat cacing seperti Pet Dam, Wormix, ALBENWORM CAT Syrup, CATYYZOLE Drop dan lain-lain. Namun Anda juga bisa mencoba memberikan obat alami kucing cacingan yang bahan dasarnya terbuat dari bahan alami.

Obat Alami Kucing Cacingan
Obat Alami Kucing Cacingan

Cacing merupakan penyebab kucing cacingan yang akan membuat kucing kurus, lesu dan kusam. Oleh sebab itu harus dilakukan pencegahan sejak dini agar kucing tidak cacingan. Bahan alami yang bisa mengobati kucing cacingan sangat baik diberikan kepada kucing sehat untuk langkah pencegahan. Namun untuk kucing sehat pemberiannya secukupnya saja.

Wortel,biji delima, kulit mangga, daun pepaya, dan bahan alami lain ternyata bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati kucing cacingan. Selengkapnya berikut adalah obat alami kucing cacingan yang bisa Anda gunakan.

1. Wortel

Wortel Obat Kucing Cacingan Alami
Wortel

Wortel Banyak mengandung vitamin A yang dapat menyehatkan mata. Selain dapat menyehatkan mata kandungan vitamin A dalam wortel juga dapat berfungsi untuk mengobati cacingan secara alami.

Tentu hal tersebut sangat aman bagi kucing karena wortel adalah bahan alami. Memberikan wortel pada kucing cacingan juga tidak menimbulkan efek samping. Selain wortel, ada bahan lain digunakan untuk membuat obat alami untuk kucing cacingan seperti garam dapur, santan kelapa, dan air. Untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Parut 5 -7 buah wortel kemudian masukan air secukupnya selanjutnya diperas.
  2. Perasan air wortel tadi kemudian ditambahkan dengan santan kelapa yang jumlahnya sama banyak.
  3. Tambahkan garam secukupnya kemudian aduk secara merata.
  4. Obat alami kucing cacingan dari wortel siap diberikan kepada kucing.

Obat alami tersebut dapat Anda berikan pada kucing pada malam hari secara rutin hingga kucing sembuh dari cacingan.

2. Biji Delima

Biji Delima
Biji Delima

Biji Delima ternyata mampu membasmi cacing pita pada kucing. Khasiat biji delima memang sangat banyak baik untuk pengobatan alami bagi manusia atau binatang.

Cara untuk membuat obat alami kucing cacingan untuk kucing dari buah delima adalah dengan menumbuk beberapa biji delima, lalu campurkan dengan air dua gelas kemudian rebus hingga mendidih. Selanjutnya tambahkan gula merah secukupnya dan ramuan siap diberikan kepada kucing.

3. Kulit Mangga

Kulit Mangga
Kulit Mangga

Kandungan Altelmintik dalam kulit mangga mampu membantu mencegah dan mengobati kucing cacingan. Selain itu antelmintik juga dapat membubuh bakteri, kuman, dan larva cacing dalam perut kucing.

Untuk membuat obat cacing untuk kucing dari kulit mangga cukup merebus kulit mangga sampai mendidih kemudian meminumkan air rebusan tersebut kepada kucing. Pemberian air rebusan kulit mangga dilakukan secara rutin 2 kali sehari sampai cacing keluar bersamaan dengan kotoran.

4. Daun Pepaya

Daun Pepaya
Daun Pepaya

Daun Pepaya berkhasiat untuk mengobati kucing cacingan. Caranya adalah dengan merebus daun pepaya dan menambahkan sedikit madu kedalam air rebusan daun pepaya tersebut. Selanjutnya berikan kepada secara rutin hingga kucing sembuh dari cacingan.

Selain membantu mengobati kucing cacingan ternyata rebusan daun pepaya juga dapat menambah nafsu makan kucing. Tentu hal tersebut dapat membuat kucing lebih sehat dan gemuk.

5. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami untuk mengobati kucing cacingan. Kandungan zat antiparsit pada bawang putih mampu membunuh cacing beserta telur dan larvanya kemudian mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran kucing.

Cara sangat mudah cukup dengan merebus 2-5 siung bawang putih kemudian diberikan kepada kucing. Berikan cukup setengah sendok 2 kali dalam sehari secara rutin hingga cacing sembuh dari cacingan.

6. Lidah Buaya

Lidah Buaya Obat Kucing Cacingan Alami
Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antiseptik yang dapat melemahkan dan membunuh cacing dalam perut kucing baik induk, telur atau larva cacing. Cara memberikan lidah buaya kepada kucing cukup dengan memberikan gel lidah buaya.

Sebelum diberikan kepada kucing gel lidah buaya diperas dan diambil airnya kemudian diminumkan kepada kucing. Dosisnys cukup setengah sendok saja dan diberikan 2 kali dalam sehari. Jangan terlalu banyak memberikan air dari gel lidah buaya karena bisa membuat perut kucing kurang nyaman.

7. Biji Labu

Biji Labu
Biji Labu

Biji labu mengandung cucurbitacins yang dapat melemahkan dan membunuh cacing dalam perut kucing, baik itu induk, telur atau larva cacing. Cucurbitacins parasit berupa cacing kemudian membuangnya bersamaan dengan kotoran kucing sehingga cacing tersebut tidak berkembang biak dalam tubuh kucing.

Cara memberikan biji labu kepada kucing adalah dengan cara menumbuk biji labu kemudian tambahkan air hangat dan ditambahkan sedikit madu. Minuman obat alami yang terbuat dari biji labu siap diberikan kepada kucing.

8. Jahe

Jahe Obat Kucing Cacingan
Jahe

Jahe mengandung senyawa gingerol dan bisa menyehatkan sistem pencernaan kucing. Selain itu senyawa gingerol juga mampu membunuh parasit jahat termasuk cacing dalam perut kucing. Jahe merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mencegah sekaligus mengobati kucing cacingan.

Cara pemberiaanya adalah dengan merebus jahe berukuran 3-5 cm sampai mendidih kemudian tunggu sampai dingin. Setelah air jahe dingin berikan kepada kucing dengan dosis 1 sendok teh kepada kucing 3 kali dalam sehari.

9. Buah Nanas

Buah Nanas
Nanas

Buah nanas kaya akan kandungan vitamin C dan juga memiliki serat yang tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk pencernaan, baik itu manusia atau binatang khususnya kucing.

Kandungan yang terdapat pada buah nanas ternyata juga mengobati kucing cacingan. Sebab dalam nanas terkandung bromelain, yaitu enzim yang sangguo membunuh cacing kremi, cacing pita dan cacing gelang pada kucing.

Cara membuat obat cacingan untuk kucing dengan buah nanas, adalah dengan membuat buah nanas menjadi jus dan ditambah madu lalu diminumkan kepada kucing. Berikan secara rutin hingga kucing sembuh dari cacingan.

10. Buah Melon

Melon
Melon

Buah melon ternyata bisa digunakan untuk alternatif mengobati kucing cacingan. Kandungan dalam buah melon mampu membunuh bakteri jahat dan cacing dalam perut kucing. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat jus buah melon dan langsung diberikan kepada kucing.

11. Buah Pisang

Pisang
Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan antiseptik yang bagus untuk pencernaan kucing. Kandungan dalam buah pisang sanggup melemahkan dan membunuh parasit jahat dalam perut kucing termasuk cacing. Tak hanya itu, cacing yang sudah mati atau lemah mampu akan dikeluarkan bersamaan dengan kotoran kucing.

Caranya sama dengan buah melon, cukup dibuat jus dan diminumkan kepada kucing. Cara pemberian juga sama dengan pemberian jus melon.

12. Minyak Jarak

Minyak Jarak
Minyak Jarak

Minyak jarak berkhasiat mengobati kucing cacing secara alami. Kandungan yang terdapat pada minyak jarak sangat efektif membersihkan saluran pencernaan kucing dari parasit jahat termasuk cacing. Induk, telur dan larva cacing akan dikeluarkan bersamaan dengan kotoran kucing.

Cara memberikannya yaitu minyak jarak di campur dengan air hangat dan ditambahkan madu secukupnya, kemudian diberikan kepada kucing.

13. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Obat Kucing Alami
Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni bisa digunakan untuk mengobati kucing cacingan. Pengobatan menggunakan minyak kelapa sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengobati orang yang cacingan. Ternyata hal tersebut bisa diterapkan pada kucing. Minyak kelapa merupakan salah satu obat alami kucing cacingan terbaik yang sangat direkomendasikan.

Minyak kelapa mengandung asam kaprilat yang bisa membunuh cacing dalam sistem pencernaan kucing. Minyak kelapa murni dikenal dengan virgin coconut oil (VCO) yang saat ini telah banyak diproduksi dalam bentuk kemasan botol.

14. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bisa membunuh cacing dalam perut kucing. Senyawa eugenol mampu membunuh induk, telur dan larva cacing dan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran kucing.

Cara adalah dengan merebus 2-3 siung cengkeh sampai mendidih. Setelah itu itu tunggu hingga dingin dan tambahkan madu. Obat kucing cacingan alami dari cengkeh siap diberikan kepada kucing. Dosis pemberiannya cukup setengah sendok teh dan diberikan 2 kali dalam sehari.

15. Air Garam

Air Garam
Air Garam

Ternyata air garam dapat digunakan untuk mengobati kucing cacingan. Anda cukup memberikan air garam kapada kucing secara teratur kepada kucing yang terjangkit cacingan. Selain bisa mengatasi kucing cacingan air garam ternyata juga bisa mengatasi kucing menceret atau diare.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *