Mitos Kucing Hitam Dari Berbagai Dunia

Mitos kucing hitam

Sebagai pecinta kucing, tentu memiliki si kaki empat berbulu ini dalam warna dan ras apapun bukanlah sebuah masalah. Hanya saja ada satu warna kucing yang kerap kali dihindari oleh sebagian orang dan bahkan masyarakat umum, yakni kucing berwarna hitam. Bahkan sejak dulu hingga saat ini, mitos kucing hitam yang identik dengan hal negatif selalu ramai dibicarakan.

Mitos kucing hitam
Kucing Hitam

Yap, kucing yang berwarna hitam di sekujur tubuhnya sehingga sulit dikenali ketika malam hari ini kerap kali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Lantaran pandangan yang cukup negatif inilah, beberapa orang memang memilih enggan untuk mempunyai kucing berwarna hitam. Padahal menurut riset Universitas California Davis, kucing hitam justru dianggap paling ramah.

Di mana kucing dengan sekujur bulunya berwarna hitam, cenderung memiliki sifat yang tenang, misterius dan penyayang. Sekadar informasi, menurut organisasi pendaftaran kucing alias CFA (Cat Fanciers’ Association), setidaknya ada 22 ras kucing di seluruh dunia yang memiliki warna hitam pada sekujur tubuhnya. Yang unik, ras kucing Bombay dari Amerika Serikat justru hanya memiliki bulu berwarna hitam yang indah.

Kembali lagi kepada pembahasan mitos kucing hitam, rupanya ada banyak sekali cerita turun-menurun di seluruh penjuru dunia. Mayoritas mitos-mitos tersebut memang mengaitkan kucing hitam dengan peristiwa supranatural yang tentunya tidak masuk logika. Supaya kamu makin mengenal si kucing hitam, yuk kenali mitos-mitosnya dari berbagai negara di bumi ini!

1. Jerman

Negara yang berbentuk federasi ini justru mempunyai pandangan lain lagi soal kucing hitam. Kalau di China dianggap pembawa sial dan di Inggris adalah simbol keberuntungan, kucing hitam justru dikaitkan dengan hal-hal gaib oleh masyarakat Jerman. Mitos yang sudah turun-menurun itu bahkan membuat kucing hitam dihindari.

Bagaimana tidak, masyarakat Jerman percaya kalau ada kucing hitam yang melompat ke ranjang orang sakit, maka itu merupakan sebuah pertanda bahwa orang yang sakit akan segera meninggal dunia. Cukup menyeramkan juga, bukan?

2. China

Sebagai negara yang sudah memiliki sejarah peradaban ribuan tahun lalu dan dianggap sebagai salah satu yang tertua di bumi, China rupanya memiliki mitos kucing hitam sendiri. Dalam mitos itu disebutkan bahwa kucing hitam merupakan pertanda kesialan. Hal inilah yang membuat kucing hitam cukup dihindari.

Banyak yang percaya bahwa ketika kucing hitam muncul, itu merupakan pertanda datangnya penyakit atau kemiskinan. Mitos ini kemudian disebarkan turun-menurun kepada generasi muda sekalipun mungkin belum terbukti kebenarannya,

3. Inggris

Beda negara, beda pula mitos yang diyakini. Hal itulah yang terjadi di Inggris, di mana negara monarki konstitusional ini justru tidak membenci kucing. Karena mitos kucing hitam yang beredar di Inggris diyakini sebagai pembawa keberuntungan. Pasangan pengantin baru yang memperoleh hadiah kucing hitam justru diyakini bakal mendapatkan banyak keberuntungan dalam hidup.

4. India

Mitos kucing hitam di India dikaitkan dengan proses reinkarnasi manusia. Di mana ketika ada yang membakar kucing hitam sebagai persembahan kepada para dewa, jiwa yang bereinkarnasi akan dibebaskan. Usut punya usut, mitos yang berkembang di masyarakat India ini diyakini merupakan pengaruh dari kebudayaan masa Babilonia Kuno.

Di mana masyarakat Babilonia Kuno memiliki ritual pembakaran kucing hitam, sebagai sarana pelepasan nasib buruk seseorang yang meninggal. Ritual ini diyakni menjadi cikal bakal dari mitos mengenai kucing hitam yang selama ini selalu identik dengan hal-hal negatif.

5. Latvia

Salah satu negara di kawasan Baltik, Eropa Utara ini rupanya juga memiliki mitos tersendiri mengenai kucing hitam. Bahkan bisa dibilang mereka sangat mencari-cari kucing hitam karena kucing hitam dianggap sebagai pembawa keberuntungan, terutama kalau kamu berprofesi sebagai seorang petani di sawah atau ladang.

Bagi petani-petani Latvia, kehadiran kucing hitam di kebun atau ladang adalah tanda keberuntungan hasil panen. Bukan tanpa alasan, masyarakat Latvia meyakini bahwa kucing hitam merupakan titisan dari para dewa panen yang oleh penduduk Latvia disebut sebagai Rungis. Lantaran mitos kucing hitam inilah, kucing hitam tak pernah diperlakukan semena-mena oleh warga Latvia.

6. Mesir

Sudah sejak dulu kala kucing dianggap sebagai hewan keramat di Mesir. Semua tak lepas dari sejarah di mana ribuan tahun lalu, masyarakat di sekitar sungai Nil termasuk Firaun begitu mecintai kucing, sehingga hal ini menjadi kebiasaan bagi masyarakat Mesir. Bagi penduduk Mesir sendiri, kucing lebih dari sekadar binatang karena mereka percaya kalau kucing merupakan hewan paling suci.

Bahkan khusus untuk kucing hitam, mitos yang beredar di kalangan warga Mesir adalah merupakan perwujudan dari Dewi Bast. Dewi yang diyakini sebagai putri dari Ra (Dewa Matahari) ini disimbolkan sebagai seorang perempuan dengan kepala kucing berwarna hitam. Seperti halnya kucing yang mempunyai dua kepribadian, Bast juga demikian yakni jinak sekaligus agresif.

7. Rusia

Bergeser ke kawasan Eropa Timur, Rusia juga memiliki mitos mengenai kucing hitam yang bisa dibilang cukup aneh. Kok bisa? Karena masyarakat Rusia percaya kalau ada kucing hitam melintas di depan mereka, maka harus berbalik arah sambil memegang salah satu kancing baju. Kebiasaan ini diyakini bisa menolak kesialan yang bakal dialami.

8. Normandia

Pernahkah kamu mendengar mengenai Normandia? Jika tidak, Normandia adalah sebuah wilayah geografis yang ada di bagian utara Prancis dan berbatasan dengan selat Inggris. Ada dua bagian Normandia yakni Haute-Normandie dengan wilayah administratif (setingkat kabupaten) Seine-Maritime dan Eure, serta Basse-Normandie yang terdiri dari Orne, Manche dan Calvados.

Kendati mungkin tidak cukup populer dibandingkan negara-negara lain di benua Eropa, masyarakat Normandia rupanya memiliki mitos kucing hitam sendiri. Di mana masyarakat Normandia percaya bahwa kucing hitam merupakan pembawa penyakit. Apalagi saat mereka menyebrang jalan waktu bulan purnama, sehingga harus benar-benar waspada.

9. Bengali

Masyarakat suku Bengali ternyata juga memiliki mitos kucing hitam yang diyakini secara turun-temurun. Sekadar informasi, Bengali adalah sebuah komunitas etnis yang mendiami wilayah Benggala. Benggala sendiri terbagi menjadi dua area yakni Benggala Barat (masuk negara bagian India) dan Benggala Timur (masuk negara Bangladesh).

Menurut masyarakat Bengali, kucing hitam merupakan jelmaan seorang perempuan yang menguasai ilmu sihir. Sehingga ketika ada kucing hitam yang disakiti, maka perempuan itu juga akan merasakannya sehingga orang-orang harus cukup waspada pada keberadaan kucing hitam.

10. Amerika Serikat

Kendati merupakan negara adikuasa yang suah pasti memiliki peradaban cukup maju, Amerika Serikat rupanya masih mempercayai hal-hal seperti mitos kucing hitam. Sebuah survei pernah dilakukan dan hasilnya adalah, sekitar 13% masyarakat Negeri Paman Sam meyakini kalau kucing hitam sebagai pembawa sial atau pembawa nasib buruk.

Mereka yang menemui kucing hitam di persimpangan jalan diyakini akan memperoleh situasi buruk. Hal inilah yang membuat banyak warga Amerika Serikat enggan memelihara kucing hitam. Kondisi ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Applied Animal Welrafe Science pada tahun 2013. Tak heran kalau kucing-kucing hitam di shelter selalu minim peminat.

11. Indonesia

Di negara kita tercinta rupanya juga banyak sekali mitos-mitos kucing hitam yang diyakini masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Menabrak kucing hitam hingga mati merupakan pertanda sial, sehingga si penabrak harus segera menguburkan kucing tersebut supaya tidak mengalami nasib buruk
  2. Rumah yang didatangi oleh kucing hitam liar dan kemudian dipelihara, maka diyakini sang pemilik akan memperoleh keberuntungan tiada tara
  3. Saat kamu dalam perjalanan dan melihat kucing hitam melintas, diyakini usaha yang tengah dilakukan pada hari tersebut bakal gagal terwujud
  4. Jika ada kucing hitam yang melangkahi jenazah, konon jenazah tersebut bakal bangkit karena dirasuki roh jahat yang dibawa kucing hitam
  5. Mereka yang memukul kucing hitam hingga terluka akan bernasib buruk dalam hal rezeki selama dua tahun berturut-turut
  6. Kalau ada kucing hitam liar yang kemudian melahirkan tujuh ekor anak kucing alias kitten di sekitar rumahmu, konon katanya bisa membuat pemilik rumah memperoleh rezeki nomplok alias kaya mendadak

Kendati jika melihat berbagai mitos kucing hitam yang ada di dunia ini tampak tidak masuk akal, ternyata banyak juga pihak yang mempercayainya. Namun lepas dari benar atau tidak, sebagai pecinta kucing, harusnya mencintai apapun jenis dan warna kucing. Kucing hitam yang dirawat penuh kasih sayang bisa terlihat lucu dengan bulu berkilau dan menggemaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *