11 Cara Mudah Merawat Anak Kucing Anggora

Cara merawat anak kucing anggora

Kucing anggora sendiri tergolong jenis kucing yang unik dari segi fisik maupun tingkah laku. Tak heran, anggora menjadi jenis kucing peliharaan yang paling favorit. Anggora juga menjadi jenis kucing populer di kalangan masyarakat khususnya di Indonesia. Adapun untuk merawat anak kucing anggora diperlukan perlakuan khusus yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Cara merawat anak kucing anggora
Anak Kucing Anggora

Dibandingkan kucing biasa dalam merawat kucing anggora memang berbeda. Banyak orang mengatakan untuk merawat anggora terbilang sulit. Apalagi kucing anggora memiliki bulu halus yang menawan.

Jika salah melakukan perawatan maka bersiaplah anggora yang Anda miliki akan kehilangan gelarnya sebagai kucing anggora. Maka, merawat anggora harus dilakukan dengan benar.

Kucing anggora merupakan jenis kucing alami. Maksudnya, bukan jenis kucing hasil perkawinan silang antara dua jenis kucing berbeda. Sebagai kucing asal pegunungan Turki, anggora paling dikenal memiliki warna putih dengan mata biru atau hijau.

Meskipun beberapa referensi menyebutkan anggora berasal dari Perancis. Kemudian banyak berkembang di wilayah Persia oleh peternak.

Kucing anggora berukuran badan kecil hingga sedang. Secara umum, kucing ini diselimuti bulu lembut, panjang dan indah. Sifat anggora juga menggemaskan. Bahkan tingkahnya selalu menghibur, manja dan lucu.

Ciri khas anggora juga terletak pada kepala dan telinga berbentuk segitiga. Badannya juga panjang dan langsing tapi lebih besar di sisi belakang.

Pada anggora bertubuh gemuk terdapat sedikit tonjolan tulang seperti pada anggora bertubuh kecil. Hal menarik lain yang dimiliki anggora berada di kakinya yang jenjang. Sehingga ketika berjalan terlihat anggun dan cantik.

Bulu leher anggora tampak lebih lebat dari bagian tubuh lainnya. Sementara itu, bulu ekor dapat mengembang bak alat kemoceng.

Cara Mudah Merawat Anak Kucing Anggora

Anakan kucing anggora
Anakan Kucing Anggora

Cara merawat kucing anggora berbeda pada setiap masa pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa anak-anak, anggora mempunyai kebutuhan nutrisi sangat besar. Sehingga anak anggora perlu diberikan perawatan lebih ekstra.

Selain itu, kondisi tubuh anak anggora belum stabil seperti pada masa dewasanya. Sehingga Anda harus ekstra memperhatikan setiap cara perawatannya dengan benar.

1. Selalu hati-hati saat melakukan perawatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anak anggora memiliki kondisi tubuh yang belum stabil sehingga cara merawat kucing anggora dan saat mereka masih anakan, jelas tak sama.

Anak anggora juga mempunyai daya tahan tubuh atau imunitas yang masih rendah. Sehingga Anda harus selalu hati-hati saat melakukan perawatan pada anak anggora. Sebaiknya, Anda juga menggunakan perlengkapan khusus anak anggora.

Hati-hati dalam melakukan perawatan dapat mencegah anak anggora dari rasa kesakitan. Bahkan mampu mencegah luka di tubuh baik luar maupun dalam.

Penggunaan perlengkapan khusus juga membantu perawatan agar terasa lebih nyaman dan aman. Maka, Anda juga perlu sekali menghindari perawatan yang justru merusak pertumbuhan dan perkembangan anak anggora secara normal.

2. Memperhatikan pemberian makanan

Salah satu cara merawat anak kucing anggora yang terpenting dalah pemberian makanan. Bagi anak anggora, pemberian makanan sangat penting karena kebutuhan nutrisi mereka sangat besar.

Nutrisi dari makanan ini akan diserap lalu dipergunakan untuk tumbuh dan berkembang menjadi anggora dewasa. Anda perlu memperhatikan pemberian makanan sesuai standar gizi untuk anak anggora.

Anda bisa mulai melatih anak anggora makan pada usia 6 minggu untuk menambah nutrisi susu dari induknya. Kemudian di usia 7 minggu, anak anggora sudah mulai mampu disapih sekaligus diberikan makanan lebih banyak dan padat dari sebelumnya.

Pemberian makanan anak anggora perlu mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitami dan mineral seimbang.

3. Memastikan kebersihan tempat tinggal

Kebersihan tempat tinggal anak anggora menjadi bagian penting dalam perawatan. Kebersihan tempat tinggal bisa mencegah penimbunan kotoran atau penyakit.

Tempat tinggal atau kandang yang bersih tentu lebih nyaman untuk ditinggali. Terlebih anak anggora belum mampu banyak bergerak apalagi beraktivitas. Sehingga setiap hari waktu yang dimiliki lebih banyak dihabiskan dalam kandang.

Cara merawat kucing anggora pada masa anak memang agak ekstra perhatian. Anda perlu memastikan kondisi kandang tidak kotor agar tidak menyebabkan hadirnya penyakit.

Anak anggora dengan imunitas lebih rendah akan mudah terserang parasit hingga penyakit. Mulai dari muntah, diare, flu, maupun jamur. Selain itu, kebersihan tubuhnya juga harus selalu dijaga.

4. Melakukan vaksinasi

Vaksinasi menjadi sangat penting dalam cara merawat kucing anggora. Vaksinasi sudah harus diberikan sejak kucing masih kecil.

Umumnya, vaksin kucing diberikan pertama kali pada usia 8 sampai 10 minggu. Pada usia ini, kucing sedang berada di fase usia sapih sehingga daya tahan tubuhnya rentan.

Vaksin sangat dibutuhkan untuk membentuk antibodi secara alami dari dalam sistem tubuh. Sehingga ketika terserang parasit hingga penyakit anak kucing akan mampu mengatasinya.

Selain itu, vaksin untuk mencegah infeksi virus dan jamur juga diberikan saat anak anggora berusia 12 hingga 14 minggu. Terakhir, pemberian vaksin rabies pada usia 16 minggu.

5. Pemberian makanan yang tepat

Pemberian makanan yang tepat akan membuat kucing sehat dengan bulunya yang tetap indah. Kucing anggora termasuk jenis yang cukup selektif terhadap makanan. Bahkan anggora juga tidak bisa sembarangan mengganti rasa makanan.

Lantaran rasa makanan berpengaruh pada kandungan dalam makanan tersebut. Anda bisa memilih makanan dengan sedikit garam dan cenderung kering.

6. Pemberian air minum

Pemberian air minum juga tidak bisa dilakukan sembarangan dalam cara merawat kucing anggora. Anda harus memberikan air minum yang sudah matang. Bahkan air minum dari galon juga harus dididihkan terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mematikan bakteri hingga kuman penyakit yang bersarang dalam air. Selain itu, air minum juga harus diletakkan pada tempat khusus untuk menjaga kebersihannya.

7. Membersihkan tubuh

Cara merawat kucing anggora juga harus memperhatikan kebersihan tubuh kucing. Perawatan tubuh anggora bisa dilakukan dengan cara memandikannya menggunakan sabun atau sampo khusus.

Setidaknya, Anda harus memandikan anggora satu kali dalam satu bulan. Sabun khusus juga akan membantu menutrisi bulu tetap lembut dari luar sekaligus menjaga kulit tubuh tetap bersih.

8. Menyisir bulu

Bulu anggora yang lembut, panjang, dan indah selalu membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya dengan menyisir bulu anggora. Tujuannya agar bulu rapi dan menghilangkan bulu yang sudah terlepas.

Anda bisa menggunakan sisir khusus agar bulu tidak rontoh. Selain itu, penggunaan sisir khusus juga membuat anggora lebih nyaman dan tidak merasa kesakitan.

9. Memotong kuku

Kuku kucing anggora termasuk bagian yang cepat tumbuh. Agar tidak membahayakan, Anda bisa memotongnya secara rutin. Jadwalkan untuk memotong kuku anggora saat kuku sudah tampak panjang.

Anda bisa menggunakan jasa potong kuku yang disediakan pet shop atau praktek dokter hewan. Namun, Anda juga bisa memotong sendiri untuk menghemat biaya perawatan.

10. Jauhkan Dari Hal Yang Berbahaya

Kucing anggora yang masih anakan harus dijauhkan dari benda berbahaya dan hewan lain yang mengancamnya. Kabel listrik merupakan benda yang sering ia gunakan untuk bermain. Hendaknya menyingkirkan kabel listrik yang rusak karena dapat membahayakan anak kucing anggora.

Benda tajam dan bahan kimia juga bisa mengancam keselamatan anak kucing, oleh sebab itu jauhkan benda-benda tersebut darinya.

11. Pemeriksaan kesehatan

Kucing anggora juga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan anggora agar terhindar dari penularan penyakit.

Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan setiap bulan untuk tetap menjaga kesehatan anggora tetap prima. Setiap pemeriksaan anggora akan diberikan vitamin atau obat lain sesuai kebutuhan jika diperlukan.

Dalam merawat anak kucing anggora memang susah-susah gampang. Anda harus meluangkan waktu untuk merawat serta bermain bersamanya. Hal ini bisa membuat anggora kesayangan Anda menjadi lebih bahagia.

Perasaan bahagia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Selain itu, perawatan yang benar juga mampu menjaga kondisi bulu. Cara-cara di atas cukup mudah, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *