Mengenal Ras Kucing Birman

Kucing Birman

Kucing birman adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Perancis yang memiliki kesan keramat karena lekat dengan legenda dengan para biksu dan surga. Namun hal tersebut hanya legenda yang hanya sebagian orang percaya kebenarannya, adapun sebagian lainnya tidak percaya dengan legenda tersebut.

Kucing Birman
Kucing Birman

Penasaran dengan legenda kucing birman?

Legenda Kucing Birman

Berabad-abad lalu terdapat sebagian orang Khmer di Birma (sekarang Myanmar) yang membuat sebuah kuil bernama Lao-Tsun. Kuil tersebut dibuat untuk tempat memuja dewi yang memiliki mata biru safir yang bernama Tsun-Kyan-Kse.

Dalam kuil tersebut terdapat seorang pendeta bernama Mun-ha yang terkenal sering bersujud di depan patung emas dewi Tsun-Kyan-Kse, bersama dengan seekor kucing putih bernama Sinh.

Pada suatu ketika terdapat sekelompok perampok yang menyerang kuil tersebut yang menyebabkan pendeta Mun-ha terbunuh. Mengetahui pendeta Mun-ha terbunuh dan meninggal maka si kucing Sinh meletakan kakinya di atas tubuh Mun-ha dan menghadap patung emas dewi Tsun-Kyan-Kse.

Selanjutnya terjadi sebuah keajaiban yakni bulu Sinh yang berwarna putih berubah menjadi keemasan dan warna mata yang kuning berubah menjadi biru seperti mata dewi Tsun-Kyan-Kse. Keempat kaki Sinh juga berubah menjadi cokelat tanah, namun bagian cakarnya yang diletakan di atas tubuh tuannya tetap berwarna putih. Hal tersebut melambangkan kesucian.

Keesokan harinya, ratusan kucing yang berada di kuil Lao-Tsun juga berubah warnanya seperti Sinh. Saat itu Sinh juga tidak pernah meninggalkan altar pemujaan sampai hari ke 7. Pada hari Ke 7 setelah pendeta Mun-ha meninggal akhirnya Sinh juga menyusul meninggal. Arwah Sinh kemudian membawa arwah tuannya Pendeta Mun-ha ke surga.

Sejak saat itu dipercaya bahwa jika ada seekor kucing meninggal maka dipercaya akan menemani arwah seorang pendeta menuju perjalanan ke surga. Itulah legenda yang beredar mengenai kucing Birman.

Sejarah Ras Kucing Birman

Pada tahun 1919 terdapat dua orang berkebangsaan Perancis bernama Auguste Pavie dan Gordon Russel. Mereka berdua datang ke kuil untuk membantu para pendeta. Sebagai bentuk terima kasih seorang pendeta kuil berkebangsaan Amerika bernama Vanderbilt memberikan sepasang ras Birma.

Ras kucing Brima betina tersebut diberi nama Sita. Ternyata Sita sedang dalam keadaan mengandung. Namun sayang kucing ras jantan mati dalam perjalanan sehingga hanya tinggal tersisa Sita saja. Di kemudian hari Sita melahirkan anak kucing yang diberi nama Poupee de Madelpour.

Pada tahun 1925 sebuah organisasi pendaftaran kucing bernama Federation Feline FranSais mengakui ras birma sebagai ras kejuaraan dengan nama Sacre de Birmanie. Namun status tersebut masih diragukan kebenarannya.

Pada tahun yang sama 1925, terdapat juga ras awal birma yang diketahui berasal dari sepasang bernama Orloff de Kaaba (birma jantan) dan Xenia de Kaabaa (birma betina).

Ras kucing birman mengalami penurunan populasi karena Perang Dunia II. Hanya tersisa beberapa ekor saja yang selamat setelah Perang Dunia II.

Selanjutnya tahun 1966, ras kucing birman untuk pertama kali diakui di Inggris. Selanjutnya di tahun 1967 ras kucing birman diakui di Amerika Serikat oleh Cat Fanciers’ Association (CFA) untuk kedua kalinya.

Ciri Ciri Kucing Birman

Ras kucing birman merupakan kucing dengan ukuran sedang memiliki berat badan berkisar antara 4-6 kg. Mata kucing birman hanya berwarna biru. Pola warna kucing birman adalah titik warna yaitu memiliki warna gelap pada telinga, wajah, ekor dan keempat kakinya kecuali keempat telapak kaki dan cakarnya yang berwarna putih. Warna yang paling umum ditemui pada kucing birman adalah seal-point dan blue-point.

Badan kucing memiliki panjang menengah dan berotot dengan kaki panjang. Bentuk kepalanya lebar dan bulat dan pada bagian hidung terdapat lekukan. Bentuk mata kucing birman bulat dan berwarna biru. Untuk telinganya berukuran sedang dengan ujung melengkung.

Bulu pada bagian leher dan ekor kucing birman sangat tebal dan halus. Sedangkan warna bulu badannya lebih pucat jika dibandingkan dengan warna point pada. telinga, muka, kaki dan ekornya.

Kucing birman memiliki warna putih pada keempat jari kakinya. Warna putih tersebut memiliki bentuk simetris dan tidak melebihi batas pergelangan kaki.

Sifat Kucing Birman

Ras kucing birman merupakan kucing yang menyenangkan, memiliki kecerdasan tinggi dan setia pada pemiliknya. Mereka adalah kucing yang senang berada disekitar manusia. Mereka juga senang bermain dengan manusia serta mudah bergaul dengan anak-anak.

Kerena termasuk kucing yang setia, biasanya kucing birman sering menunggu pemiliknya jika sang pemilik sedang keluar rumah.

Memiliki Nama Lain Bernama Kucing Kuil

Kucing Kuil

Ras kucing birman memiliki variasi bulu pendek yang sering disebut dengan kucing kuil. Ras kucing kuil diakui terpisah oleh Catz Incorporated.

Bulu kucing kuil pendek dan mudah dirawat. Tekstur bulunya sedikit kenyal dan lembut ketika disentuh. Untuk sifat kucing kuil ini juga sama dengan kucing birman yaitu ramah dan jinak.

Cara Merawat Kucing Birman

Perawatan kucing birman tergolong mudah seperti umumnya merawat kucing ras lainnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kucing birman diantaranya asupan makanan, kebersihan, vaksin dan kenyamanan lingkungan kucing.

Berikut cara merawat kucing birman :

  1. Berikan makanan yang sehat seperti produk makanan kucing berkualitas, ikan dan daging.
  2. Mandikan kucing secara teratur minimal sebulan 1 kali
  3. Rawat bulu kucing birman dengan memberikan shampo dan bersihkan pula kutu yang ada pada bulu jika ada.
  4. Rajin membersihkan gigi, mata, telinga dan kuku kucing
  5. Berikan fasilitas perlengkapan kucing birman yang nyaman
  6. Ajak jalan-jalan kucing agar mereka tidak bosan
  7. Selalu jaga kebersihan lingkungan kucing seperti kandang dan tempat bermain mereka

Perlu diperhatikan bagi Anda yang memelihara kucing birman harus sabar dan penuh kasih sayang dalam merawat mereka. Jika dirawat dengan baik kucing birman akan sehat dan berumur panjang. Selain itu penampilannya juga akan sangat menyenangkan ketika dipandang.

Harga Kucing Birman

harga kucing birman

Harga kucing birman asli terbilang cukup mahal berkisar antara 5 hingga 8 juta rupiah. Tentu hal tersebut sangat wajar mengingat kucing birma tergolong kucing yang memiliki penampilan menarik dan mudah perawatannya. Di samping itu mereka juga tergolong kucing yang setia.

Namun di Indonesia kucing birman dijual dengan harga yang relatif lebih murah berkisar antara 2 hingga 5 juta rupiah. Apalagi kucing birman yang sudah dipersilangkan dengan ras lain harganya jauh lebih murah.

Berikut harga kucing birman yang umum diperjual belikan di pasaran :

Jenis KucingUmurHarga
Kucing Birman Jantan Dewasa1 TahunRp 11.900.000
Kucing Birman Betina Dewasa1 TahunRp 9.000.000
Kucing Birman Kitten Asli2,5 BulanRp 5.400.000 – Rp 8.000.000
kucing Birman Seal Point8 BulanRp 8.000.000
Kucing Bimran Blue Point1 TahunRp 12.000.000
Kucing Birman di Indonesia3 BulanRp 5.600.000 – Rp 8.000.000
Kucing Birman di Malaysia6 BulanRp 6.200.000 – Rp 8.500.000
Kucing Birman Mix Himalaya4 BulanRp 3.800.000
Kucing Birman Pedigree Murah8 BulanRp 8.600.000
Kucing Birman Kaskus1 BulanRp 2.500.000
Daftar Harga Kucing Birman

Meskipun cukup mahal, namun memelihara kucing birman tergolong mudah dan mereka akan sangat setia kepada pemiliknya.

Selain itu kucing birman juga cerdas dan mudah bergaul dengan anak-anak. Jadi cocok dijadikan teman bermain sang buah hati.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *