5 Manfaat Kuning Telur untuk Kucing Luar Biasa

Manfaat kuning telur bagi kucing

Memiliki kucing yang berusia panjang dan sehat adalah keinginan setiap cat lovers alias pecinta kucing. Untuk bisa mewujudkannya, kamu tentu harus memberikan pakan yang bergizi dan tambahan vitamin. Namun beberapa orang kadang mengganti kebutuhan vitamin kucing dengan kuning telur. Apakah itu tepat? Yap! Karena ada banyak sekali manfaat kuning telur untuk kucing.

Manfaat kuning telur bagi kucing
Kucing Makan Kuning Telur

Seperti yang diketahui, telur merupakan sumber makanan yang memang sangat bergizi tinggi dan bermanfaat tidak hanya untuk manusia tetapi juga binatang. Hanya saja memang untuk kucing, bagian telur yang terbaik adalah kuning telur. Putih telur dianggap berbahaya terutama jika diberikan pada kitten, lantaran bisa menghambat pertumbuhannya.

Kok bisa begitu? Sebab di dalam putih telur terdapat senyawa Avidin yang merupakan molekul Glikoprotein (paduan karbohidrat dan protein), dan bisa mengikat Biotin (unsur pembentuk vitamin B). Saat Biotin diikat oleh Avidin, tubuh akan kekurangan vitamin B. Padahal seperti yang diketahui, vitamin B justru sangat bermanfaat bagi tubuh kembang kucing.

Agar bisa memperoleh manfaat kuning telur untuk kucing yang terbaik, dianjurkan juga diberikan dalam kondisi mentah lantaran aromanya lebih menggoda. Hanya saja kandungan protein pada kuning telur mentah cuma 51%, sementara yang matang mencapai 91%. Dengan fakta kuning telur mentah jauh lebih aman dari bakteri, tentu kamu bisa mempertimbangkan pemberiannya secara bijak.

Kandungan Dalam Kuning Telur

Supaya bisa memahami manfaat kuning telur untuk kucing, kamu tentu harus mengetahui kandungannya terlebih dulu. Bagian dari telur yang merupakan makanan dari embrio ini ternyata terdiri dari berbagai nutrisi, berikut penjelasannya:

  1. Vitamin B12: Vitamin ini bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah dan jaringan. Lantaran mampu membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sehat, vitamin B12 bisa mencegah anemia
  2. Zat besi: Dalam tubuh, zat besi berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron dalam proses pembentukan energi pada sel. Karena itulah zat besi bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Vitamin D: Berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah, di mana kedua zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan otot


Tentunya ketiga kandungan tersebut adalah yang paling mempengaruhi betapa banyaknya manfaat kuning telur untuk kucing. Tak heran kalau akhirnya dokter-dokter hewan banyak yang menganjurkan pemberian kuning telur kepada anabul (anak bulu) kesayangan.

Sederet Manfaat Kuning Telur Bagi Kucing

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada kuning telur, kamu harus memahami juga beberapa manfaat kuning telur untuk kucing. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan pemberian kuning telur ke kaki empat kesayangan. Inilah ulasan lengkapnya:

1. Bikin Badan Gemuk

Memiliki kucing yang gemuk tentu sebuah kebanggaan. Dengan lemak yang menggelambir dan pipi chubby, tentu akan membuat penampilan kucing makin menggemaskan. Agar bisa mewujudkan keinginan itu, kamu bisa mencoba untuk memberikan kuning telur kepada kucing secara rutin. Hal ini disebabkan karena kuning telur mengandung hampir setengah jumlah protein pada telur.

Jika dalam satu butir telur ada 5,5 gram protein dan sekitar hampir tiga gram di antaranya dimiliki kuning telur, tentu sangat baik pada kucing. Seperti yang diketahui, protein adalah nutrisi yang paling dibutuhkan kucing karena merupakan sumber energi. Makin banyak protein yang dimakan kucing, jelas membuat mereka makin gemuk.

2. Bulu Makin Indah

Manfaat kuning telur untuk kucing berikutnya adalah bisa membuat bulu mereka makin indah. Banyak pemilik kucing yang mengakui kalau bulu-bulu anabul mereka yang rusak dan rontok bisa teratasi dengan pemberian kuning telur secara rutin. Hanya saja jika ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal, padukan dengan pemberian shampoo khusus untuk memperindah bulu.

3. Proses Sembuh Makin Cepat

Khasiat kuning telur berikutnya untuk kucing adalah bisa mempercepat proses penyembuuhan. Yap, ketika kucing kamu dalam kondisi sakit atau baru saja berhasil melawan virus, ada baiknya juga untuk memberikan kuning telur secara rutin. Kandungan vitamin B12 merupakan salah satu manfaat kuning telur untuk kucing yang luar biasa.

Di mana vitamin B12 ikut membantu dalam proses pembentukan sel darah dan jaringan tubuh yang bermasalah, sehingga kucing yang sakit atau terluka bisa cepat sembuh. Namun wajib diingat, kuning telur terutama yang mentah tidak direkomendasikan diberikan pada kucing yang terkena penyakit virus Panleukopenia.

Virus mematikan ini menyerang organ pencernaan kucing, sehingga kalau diberikan kuning telur mentah yang terdapat bakteri Salmonella, dikhawatirkan justru memperparah kondisinya. Untuk itulah saat kucingmu sakit, ada baiknya berkonsultasi dulu kepada dokter hewan mengenai pemberian kuning telur.

4. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Manfaat kuning telur untuk kucing berikutnya adalah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini terjadi berkat kandungan zat besi pada kuning telur. Supaya bisa memperoleh nutrisinya dengan maksimal, ada baiknya menggunakan kuning telur ayam kampung karena makanan ayam kampung cenderung lebih alami seperti biji-bijian, serangga dan cacing.

5. Kucing Makin Berstamina

Masih berkaitan dengan kandungan zat besi, kuning telur juga bisa membuat kucing makin berstamina. Hal inilah yang kadang membuat pemilik kucing memberikan kuning telur pada anabul mereka yang terlihat lemas, letih dan selalu tidur. Dengan semakin banyak zat besi yang dikonsumsi, kucing tentu makin terlihat penuh semangat.

Dengan beragam manfaat yang diberikan, kuning telur memang jadi pilihan utama bagi pemilik kucing yang jauh dari dokter hewan. Begitu pula kalau kamu tengah dalam kondisi keuangan buruk sehingga kesulitan membeli vitamin khusus untuk kucing, kuning telur bisa jadi alternatif yang baik asalkan tahu cara pemberiannya secara tepat.

Cara Pemberian Kuning Telur yang Tepat Pada Kucing

Supaya memperoleh manfaat kuning telur untuk kucing yang benar-benar sesuai kebutuhan, kamu tentu harus memberikannya secara tepat. Ketahuilah, tidak semua kucing bakal doyan diberikan kuning telur, terutama yang mentah. Agar kamu bisa memberikannya tanpa gagal, beberapa cara berikut ini bisa dicoba:

  1. Kalau memang ingin diberikan secara mentah, pastikan kamu sudah memisahkan bagian kuning dan putih telur. Di mana untuk kuning telurnya, letakkan di wadah pakan dan biarkan kucing menjilatinya sampai habis
  2. Jika kucing tak terlalu suka kuning telur mentah, kamu bisa mencampurkannya dengan wetfood alias pakan basah. Kuning telur matang atau setengah matang juga bisa diberikan menggunakan campuran wetfood juga, sehingga kucing tak akan terlalu sadar
  3. Supaya manfaat kuning telur untuk kucing yakni meningkatkan stamina makin berlipat, kamu bisa menambahkannya dengan madu. Campur saja satu spet madu dengan kuning telur mentah dan biarkan kucing menjilatinya
  4. Benar-benar ogah makan kuning telur mentah? Tenang saja, kamu bisa mencoba merebusnya hingga setengah matang. Berikan ke kucing dalam kondisi hangat alias tidak benar-benar dingin. Ingat, jangan berikan tambahan bumbu dapur apapun termasuk garam karena malah bisa bikin bulu kucing rontok
  5. Kalau ingin membuat bulu kucing makin berkilau, indah dan lebat, kamu bisa mencampurkan minyak ikan dalam kuning telur
  6. Agar pencernaan kucing makin baik terutama ketika mereka tengah diare, kamu juga bisa mencampurkan kuning telur dengan tempe kukus. Tempe kukus diyakini bisa membantu meredakan diare, bahkan jika diare disebabkan oleh parasit cacing. Namun tetap, tidak disarankan pemberian tempe kukus terus-menerus karena kandungan ragi yang terdapat di dalamnya
  7. Supaya lebih memperoleh manfaat terbaik, kamu juga bisa mencampurkan kuning telur dengan paduan madu, VCO (Virgin Coconut Oil) dan susu Bear Brand. Kombinasi ini biasanya diberikan untuk kucing yang dalam masa perawatan akibat terkena virus seperti Calicivirus
  8. Jika kucingmu benar-benar tak bisa makan atau minum dalam, kamu bisa memaksakan pemberian kuning telur menggunakan spuit atau alat suntik tanpa jarum. Masukkan kuning telur mentah ini ke dalam spuit dan suntikkan pada mulut bagian samping, supaya kucing tidak tersedak

Bagaimana? Tidak sulit bukan sebetulnya memberikan kuning telur pada kucing tercinta? Dengan berbagai manfaat kuning telur untuk kucing, kamu bisa memberikannya sesuai kebutuhan.

Ingat, jangan diberikan secara berlebihan dan terus-menerus karena bisa membuat organ pencernaan kucing bermasalah. Berikan saja secara tepat dan kondisional supaya kucing tetap sehat dan gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *