8 Makanan Kucing Kampung Agar Dan Gemuk Bagus

Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Kucing kampung tergolong hewan peliharaan yang cukup mudah dalam memeliharanya. Jika dilakukan perawatan yang benar kucing kampung bisa menjadi bagus dan lucu. Makanan menjadi salah satu faktor penting salah satunya. Makanan kucing kampung yang bisa membuat kucing menjadi gemuk dan sehat bisa Anda simak pada pembahasan kali ini.

Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk
Kucing Kampung Makan | Image Source : https://kucingpedia.com

Dalam memberi makan kucing kampung tentu tidak sesulit kucing ras. Perlu diperhatikan jika sembarang memberi makanan pada kucing kampung bisa membuatnya kurus dan tidak sehat. Karena mudah memberi makanan pada kucing kampung sering memberikannya makanan asal-asalan.

Ketika kamu memelihara kucing kampung sudah seharusnya memberikan perawatan terbaik. Jangan hanya memberikan makanan sisa kepada kucing yang kamu pelihara.

Sayangi kucing yang kamu pelihara dengan memberikan makanan yang baik untuknya.

Makanan Kucing Kampung Terbaik

Jika kamu menyayangi kucing kampung yang kamu pelihara dapat memberikan makanan kucing kampung terbaik berikut ini.

1. Daging

Daging untuk makanan kucing kampung
Daging | Image Source : www.idntimes.com

Makanan yang baik untuk kucing kampung pertama daging karena kucing termasuk hewan karnivora. Daging yang bagus untuk kucing adalah daging ayam dan sapi karena mengandung protein tinggi.

Daging yang akan diberikan ke kucing tentu harus diolah dengan baik. Jangan memberikan daging sembarangan kepada kucing. Daging yang mentah jangan diberikan kepada kucing karena tidak baik untuk kucing. Kucing bisa saja menjadi liar karena sering memakan daging mentah. Hal ini membuat kucing nakal sering mencuri persediaan makanan di rumah.

Daging mentah adakalanya mengandung bakteri salmonella yang bahaya untuk kucing. Kucing tidak terbiasa makan daging mentah biasanya ia tidak mau makan. Sedangkan kucing yang terbiasa makan kucing mentah biasanya sifat liarnya tumbuh dan tidak lagi menurut.

Kucing yang terbiasa makan daging mentah atau daging sembarangan akan membuat bulu kusut dan mudah rontok. Biasakan memberikan daging yang sudah diolah sebelum diberikan kepada kucing.

Goreng atau rebus daging sehingga menjadi makanan heigenis untuk kucing. Untuk daging sapi bisa dilakukan pencincangan sehingga mudah untuk dimakan kucing.

Setelah dilakukan pengolahan dengan baik berikan daging kepada kucing kampung beberapa kali dalam seminggu. Hal ini akan menjadi asupan gizi yang tinggi untuk kucing kampung Anda.

2. Ikan

Ikan Untuk makanan Kucing
Ikan | Image Source : https://pixabay.com

Makanan yang sangat direkomendasikan untuk diberikan kepada kucing adalah ikan karena mengandung berbagai macan vitamin dan protein yang baik untuk kucing. Vitamin E pada ikan sangat baik untuk kesehatan kucing.

Nah ikan adalah salah satu makanan kucing kampung yang bisa membuat kucing menjadi gemuk. Selain itu ikan juga bisa menghaluskan bulu kucing karena banyak vitamin dan protein.

Untuk ikan yang akan diberikan kepada kucing harus diolah terlebih dahulu seperti daging. Masak terlebih dahulu ikan seperti di goreng sehingga lebih sehat untuk kucing. Jenis ikan yang bisa diberikan kucing bisa ikan air tawar atau ikan air asin sepeti lele, nila, teri, badeng, tongkol, tuna dan lainnya.

3. Telur Matang

Telur
Telur Goreng

Dr. Colleran menyatakan telur mengandung protein tinggi terutama bagian putih telur sehingga bagus untuk kesehatan kucing. Telur yang diberikan harus dalam keadaan matang tidak boleh mentah ungkap sang dokter.

Telur mentah mengandung bakteri salmonella yang tidak baik untuk kesehatan kucing. Jika memberikan telur mentah pada kucing biasanya ia akan menolaknya. Namun, untuk kucing kampung liar ia akan lahap memakan telur mentah karena terbiasa makan sembarangan.

Jika kamu tidak ingin kucing kampung yang dipelihara seperti kucing liar jangan berikan ia telur mentah. Berikan ia telur yang dimasak dahulu seperti digoreng atau di rebus.

4. Tempe

Tempe makanan alternatif kucing kampung
Tempe | Image Source : www.goodnewsfromindonesia.id

Makanan berupa tempe bisa menjadi makanan baik untuk kucing karena protein nabatinya baik untuk kucing. Selain manusia kucing juga bisa diberikan tempe tentunya digoreng terlebih dahulu. Karena kucing hewan karnivora tempe adalah makanan tambahan bukan makanan utama.

Berikan tempe kepada kucing dengan campuran ikan asin atau teri maka ia akan lebih suka dan lahap memakannya. Biasanya kucing tidak mau makan tempe saja, namun tidak semua. Terkadang ada kucing kampung yang suka tempe karena sudah terbiasa dari kecil.

Nah tempe bisa menjadi pakan alternatif kucing kampung yang sangat baik bila kehabisan daging atau ikan. Hal ini tentu akan membuat mudah dalam memberikan makan kucing kampung Anda.

5. Nasi

Nasi Putih
Nasi Putih | Image Source : https://pixabay.com

Selain tempe nasi juga bisa menjadi pakan alternatif kucing kampung. Nasi adalah makanan tambahan makanan utama. Jangan memberikan nasi berlebihan kepada kucing kampung. Terlalu banyak memberikan nasi pada kucing tidak baik karena ia adalah hewan karnivora.

Jika terlalu banyak memberikan nasi kepada kucing bisa menimbulkan kegemukan dan bisa membuat kucing menceret. Gluokosa pada nasi yang terlalu banyak tidak baik untuk berat badan kucing.

Berikan nasi dengan takaran 25 % dan makanan utama 75 % sehingga makanan tersebut baik dan disukai kucing. Nasi bisa dicampur dengan daging atau nasi dengan ikan tentu hal ini sangat disukai kucing.

6. Makanan Khusus Kucing

Makanan Khusus Kucing
Makanan Khusus Kucing | Image Source : https://kucingpedia.com

Kucing kampung juga bagus diberikan makanan khusus kucing yang bisa didapatkan di petshop. Makanan kucing kampung yang khusus bisa kamu pilih yang belinya kiloan. Hal ini tentu bisa lebih menghemat anggaran kamu.

Selain makanan kucing yang kiloan kamu juga bisa sesekali memberikannya makanan kucing yang bermerk sepeti whiskas atau royal canin.

Dalam memberikan makan kucing kampung sebisa mungkin kamu bervariasi. Dengan memberikan makanan bervariasi kucing tidak mudah bosan dan gizinya berimbang.

Minuman Kucing Kampung Terbaik

Minuman untuk kucing kampung
Kucing Minum : Image Source : https://merekbagus.co.id

Minuman untuk kucing juga harus diperhatikan, bukan hanya makanannya saja. Antara makanan dan minuman kucing tentu harus sama-sama yang terbaik. Minuman untuk kucing kampung yang bisa membuat sehat dan gemuk adalah berikut ini :

1. Susu Kucing

Kucing Minum Susu
Kucing Minum Susu | Image Source : www.catlovers.id

Minuman yang terbaik untuk kucing adalah susu kucing karena mengandung kalsium dan protein. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kucing kampung. Selain itu susu juga bisa membuat kucing kampung gemuk dan bulunya halus.

Susu yang diberikan adalah susu khusus untuk kucing bukan susu sapi. Kucing kurang baik dalam mengolah protein susu sapi. Jika kamu ingin memperoleh susu kucing bisa membelinya di petshop yang terpercaya.

2. Air Putih

Air putih untuk minum kucing
Kucing Minum Air | Image Source : https://meowmagz.com

Air putih adalah kebutuhan pokok kucing bukan hanya untuk manusia saja. Berikan kucing kampung air yang siap untuk diminum kapan saja di wadah air minum untuk kucing.

Jika kamu tidak menyediakan air minum untuk kucing kampungmu ia akan mencari minum sembarangan. Jangan biarkan kucing kampung kesayanganmu minum sembarang.

Jaga selalu wadah dan air minum yang disediakan untuk kucing, jangan lupa mengganti air minum dan mencuci wadahnya.

Kesimpulan

Untuk bisa membuat kucing kampung gemuk dan sehat berikan makanan dan minuman yang terbaik seperti penjelasan diatas. Memberikan makanan kucing harus yang hegeinis tidak boleh sembarangan. Lakukan pengolahan terlebih dahulu untuk daging dan ikan sebelum diberikan kepada kucing.

Dengan memberikan makanan kucing kampung yang benar bisa membuat kucing menjadi sehat dan gemuk. Makanan dan minuman yang baik juga akan membuat kucing berbulu halus dan tebal lebih cantik dan lucu dari pada kucing kampung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *