Fakta Dibalik Kucing Takut Timun dari Para Pakar

Alasan kucing takut timun

Kucing adalah binatang yang sangat menggemaskan. Apapun aktivitas mereka, tentu bisa bikin siapapun tersenyum. Namun di balik sikap mereka yang aktif, kucing rupanya juga memiliki ketakutan akan sesuatu yakni timun. Yap, sudah banyak sekali video yang memperlihatkan kucing takut timun sehingga membuat siapapun tergelak.

Alasan kucing takut timun
Kucing Takut Timun

Biasanya si pemilik akan mengganggu kucing dengan meletakkan timun di belakang mereka ketika sedang makan. Nanti saat si kaki empat berbulu ini selesai makan dan menoleh melihat timun, mereka bisa sangat kaget hingga refleks melompat tinggi sampai berlari kencang. Si pemilik dan penonton video tentu akan tertawa melihat ulah kucing tersebut.

Padahal kalau diamati, video kucing takut timun itu justru tampak keji. Manusia seolah mempermainkan ketakutan si kucing tanpa menyadari kalau anabul (anak bulu) menggemaskan ini bisa saja stres. Kucing yang stres tentu akan berdampak ke kesehatan tubuhnya sampai-sampai enggan makan. Kalau dibiarkan, mereka justru bakal bisa sakit.

Untuk itulah sebagai pemilik kucing, ada baiknya kamu mengetahui apa sih yang membuat kucing sangat takut kepada sayuran ini. Dengan begitu, kamu bisa menghindarkan kucing kesayangan dari timun saat di dapur. Beberapa ulasan berikut ini diungkapkan oleh ahlinya sehingga kamu bisa mendapatkan penjelasan yang masuk akal.

Fakta dari Para Ahli Kenapa Kucing Takut Timun

Selucu dan seaneh apapun perilaku kucing, semua ternyata memiliki alasannya tersendiri. Bahkan dengan timun sekalipun yang membuat mereka melompat dan kabur, para ahli kedokteran hewan saling berdebat untuk menemukan alasannya. Hal ini dilakukan untuk lebih memahami binatang berbulu yang manja tersebut.

Nah supaya kamu tidak penasaran lagi, berikut ini adalah beberapa alasan kucing takut timun sesuai penuturan para ahli.

1. Bentuk Timun Mirip Ular

Dibandingkan sayuran pada umumnya, timun memang memiliki bentuk yang berbeda. Dengan warna hijau gelap bercorak dan mungkin beberapa tonjolan-tonjolan kecil, semakin membuat timun tampak tidak biasa. Bahkan bagi kucing, tampilan aneh timun ini mengingatkan mereka pada salah satu hewan buas yakni ular.

Dalam rantai makanan, ular adalah predator yang ditakuti kucing. Sifat ular yang sangat agresif dan bisa menyerang atau memangsa mereka membuat kucing memilih kabur. Lantaran hal tersebut, tampilan timun yang mirip ular membuat si kaki empat berbulu ini takut. Bukan cuma sekadar dugaan, teori ini bahkan juga diungkapkan beberapa pakar.

Salah satunya diungkapkan oleh Con Slobodchikoff, seorang ahli perilaku binatang sekaligus penulis Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals. Kepada ABC News, Slobodchikoff mengungkapkan bahwa kucing secara genetis memiliki insting untuk menghindari ular. Lantaran timun mirip ular, akan membuat mereka ketakutan.

Senada dengan Slobodchikoff, Jill Goldman yang juga seorang ahli perilaku hewan bersertifikat di California selatan mengatakan hal serupa. Kepada ScienceABC, Goldman memaparkan bahwa timun tampak seperti ular yang terlihat dari motif, bentuk dan warnanya. Sehingga bukan hal aneh kalau kucing akhirnya takut kepada timun.

2. Reaksi Natural Kucing

Apakah kamu sering kaget hingga serasa jantung copot saat ada teman mengagetkanmu dari belakang? Menyebalkan dan bikin degup jantung tak karuan, bukan? Hal itulah yang juga dialami kucing. Naluri manusia yang begitu kaget saat ada seserang mengendap-endap dari belakang juga terjadi pada kucing terhadap timun.

Coba lihat beberapa video kucing yang ditakuti timun, mayoritas si pemilik meletakkan timun di belakang kucing. Sehingga ketika kucing membalikkan badan dan melihat timun, mereka akan melompat lalu kabur. Teori ketakutan kucing terhadap timun sebagai reaksi natural ini juga dibenarkan oleh Mikel Delgado, selaku konsultan perilaku kucing bersertifikat.

Pria yang juga menempuh pendidikan S3 di Universitas California, Berkeley dalam bidang perilaku binatang dan hubungan manusia-hewan peliharaan ini menilai, kalau kucing takut melihat timun di belakangnya lebih karena kaget. Bukan hanya timun, benda-benda yang kamu letakkan di belakang kucing tiba-tiba juga bisa bikin mereka melompat ketakutan.

Apalagi ketika sedang makan, kucing tidak akan memperhatikan sekelilingnya karena mereka berpikir area tempat makan adalah lokasi aman. Sehingga wajar ketika ada timun tiba-tiba muncul di belakangnya, reaksi kucing adalah kaget luar biasa dan merasa terancam. Hal ini juga dibenarkan oleh Dr Roger Mugford selaku spesialis perilaku binatang.

Bahkan lebih lanjut menurut Mugford, ketika kamu meletakkan timun begitu saja di lantai, mereka juga bisa akan merasa terancam. Kucing bakal mengendap-endap dan mendekat sambil tetap waspada mengamati timun.

3. Bikin Kucing Stres

Berkaitan dengan kucing takut timun yang disebabkan oleh reaksi natural, kondisi ini justru bisa bikin si kaki empat stres. Menurut Goldman, respon kucing yang sangat mengejutkan terhadap timun akan membuat mereka berlari kabur secepat mungkin dan mengamati dari jauh. Barulah saat kondisi mulai teratasi, mereka akan perlahan mendekati timun.

Tentu saja membiarkan kucing ketakutan karena timun merupakan hal yang keliru. Sebagai binatang yang tidak berakal, kucing yang luar biasa takut bisa berlari sekencang-kencangnya tanpa peduli apa yang ada di hadapan. Beberapa sampai ada yang menabrak tembok, lemari hingga menjatuhkan aneka barang yang justru malah bikin kucing terluka dan stres.

Seperti yang sudah disinggung di atas, kucing stres bisa berdampak buruk ke kesehatan. Layaknya manusia yang stres dan jadi ogah makan, hal serupa juga bisa dialami kucing. Tak heran kalau para ahli menuding video-video yang memperlihatkan aksi menakuti kucing dengan timun merupakan tindakan keji, sehingga seharusnya tidak dilakukan oleh pecinta dan pemilik kucing.

Cara Mengatasi Kucing yang Ketakutan

Seekor kucing yang mengalami ketakutan berlebih terhadap timun jelas mempengaruhi kondisi dirinya. Kamu sebagai pemilik, tentu harus melakukan berbagai cara untuk mengatasi kondisi kucing takut timun. Seperti apa? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pahami Psikologis Kucing

Untuk bisa mengatasi kucing yang ketakutan terhadap timun, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba memahami psikologisnya. Yap, meskipun binatang rupanya kucing bisa mengekspresikan ketakutannya. Setiap kucing tentu memiliki perilaku berbeda saat takut, ada yang bersembunyi, ada yang marah hingga menggigit atau mencakar.

Untuk membuatnya tenang, kamu tentu harus tahu perilakunya terlebih dulu. Kalau kucingmu saat takut memilih bersembunyi, maka biarkan terlebih dulu sampai dia mau keluar. Kalau dia takut malah mencakar, maka hindarilah dulu dan coba pakai pelindung tangan saat mendekatinya. Jangan langsung dipeluk, tapi belai lembut dulu supaya dia tenang.

2. Lakukan Interaksi

Kucing yang was-was setelah ditakuti oleh timun memang memiliki waktu sendiri untuk meredakan rasa cemasnya. Supaya mereka tidak trauma, cobalah panggil dulu namanya secara lembut. Pahamilah bahwa kucing adalah binatang yang suka diperhatikan, sehingga coba belai bulu mereka saat tidur agar senang dan kembali jinak.

3. Diberi Makanan

Agar bisa membuatnya bersedia didekati, coba pancing kucing dengan memberikannya makanan favorit. Kucing akan bersedia mendekati wadah makan dan akhirnya tenang kembali. Namun ada beberapa kucing yang terlalu takut hingga enggan makan. Jika kucingmu begitu, maka letakkan saja makanan di tempat yang bisa dijangkau dan tinggalkan dia.

4. Biarkan Kucing Bebas

Kucing masih tampak berontak dan ketakutan saat di dalam kandang setelah melihat timun? Maka kamu bisa membiarkannya bebas terlebih dulu. Keluarkan dia dari kandang supaya tidak tertekan dan makin stres. Biarkan kucing bermain-main di luar rumah sambil terus diperhatikan supaya mereka bisa kembali ceria.

Jika dia tampak enggan bermain, cobalah pancing dengan melemparkan bola plastik atau sesuatu yang bisa menggelinding. Kucing akan tertarik dan perlahan mulai bisa mengendalikan dirinya dari ketakutan terhadap timun.

5. Jauhkan Timun dari Kucing

Nah, hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar rasa takut itu tidak kembali adalah menyingkirkan timun. Sama seperti manusia yang takut laba-laba dan berharap mereka tidak ada, kucing pun demikian. Usahakan untuk tidak meletakkan timun di sembarang tempat agar kucing tidak takut lagi. Dengan begitu mereka bisa kembali ceria.

Baca Juga : 20 Jenis Kucing Bulu Pendek Dari Seluruh Dunia

Lantaran dampak yang diperlihatkan dari perilaku kucing takut timun cukup mencemaskan, ada baiknya kalau kamu tidak pernah mengganggu kucing dengan memberikannya timun. Pahamilah kalau selucu dan mungkin seberani apapun perilaku mereka, timun bisa bikin stres. Daripada nanti kucing stres dan malah bisa sakit, lebih baik jangan lagi menakut-nakuti si kaki empat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *