Kucing Siam Modern (Modern Siamese Cat)

kucing siam modern

Kucing Siam Modern (Modern Siamese Cat) atau kucing siam kepala baji adalah satu satunya jenis kucing siam yang telah direkayasa secara genetika. Ras kucing siam modern merupakan keturunan hasil persilangan antara kucing siam klasik dengan kucing siam tradisional.

kucing siam modern
Kucing Siam Modern | Image Source : https://www.cat-breeds-encyclopedia.com/

Pengembangan kucing siam modern dimulai sekitar akhir tahun 1960 an hingga 1980 an. Tujuan dari pengembangan ini untuk mendapatkan perubahan bentuk kucing siam yang bulat ke bentuk runcing.

Ciri Fisik Kucing Siam Modern

Kucing Siam Modern | Image Source : https://id.wikipedia.org

Ciri khas dari kucing siam modern adalah memiliki bentuk kepala seperti baji. Baji sendiri adalah bentuk segitiga meruncing seperti kampak. Oleh sebab itu kucing siam modern ini mudah untuk dikenali karena bentuk kepalanya.

Selain itu ciri dari kucing siam modern adalah memiliki telinga besar yang runcing, hidung panjang, dan memiliki bentuk tubuh yang ramping. Kaki mereka berukuran panjang, dan mata berbentuk seperti almond.

Tubuh kucing siam modern berukuran sedang dengan mantel bulu berukuran pendek. Bulu kucing siam modern hadir dengan pola pointed dengan warna krem dengan titik-titik cokelat yang lebih gelap, seal, red, blue, lilac chocolate, tabby, tortie and flame (warna api).

Bulunya pendek dan halus dengan lapisan bawah yang terbatas. Tidak terlalu banyak perawatan yang dibutuhkan dan menjaga bulu kucing siam modern.

Sifat Kucing Siam Modern

Kucing Siam Modern | Image Source : https://www.cat-breeds-encyclopedia.com/

Kepribadian kucing siam modern termasuk kucing yang aktif, banyak bicara, setia, banyak menuntut dan senang keluar. Karena banyak menuntut inilah yang menyebabkan ia banyak bicara dan berisik.

Kucing siam modern termasuk kucing yang sangat cerdas dan mudah untuk dilatih. Mereka akan mudah dilatih untuk melakukan perintah seperti mengambil permainan, berlari, menandai permainannya dan lain-lain.

Umumnya kucing siam modern ini mencintai anak-anak, karena yang mereka inginkan hanyalah bermain. Mereka memiliki sifat ramah dan penuh kasih sayang terhadap anak-anak. Tingkah mereka begitu menyenangkan dan terlihat sangat anggun.

Kucing siam modern sangat mirip dengan anjing yang memiliki kesetiaan tinggi terhadap pemiliknya. Mereka akan senang berbicara dengan mengeong sepanjang hari dengan melodi dengkur bervariasi. Terkadang bersuara dengan melodi manis hingga melodi melengking dan tajam.

Ketika berkeinginan memelihara kucing siam modern maka Anda harus mempersiapkan diri. Anda harus paham bahwa kucing ini sangat vokal dan sangat menuntut perhatian.

Kucing siam modern telah mendapat pengakuan dari Cat Fanciers Association (CFA), yang merupakan organisasi kucing terbesar dunia. CFA memasukan kucing siam modern kedalam jenis kucing domestik dari ras murni.

Karena merupakan hasil rekayasa genetika menyebabkan kucing siam modern hanya memiliki harapan hidup yang cukup pendek, yaitu antara 2 hingga 5 tahun. Meski demikian kucing siam modern tergolong memiliki sedikit masalah kesehatan.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *