Kucing Ras American Curl Bertelinga Ikal Asal Amerika

Kucing ras american curl

Kucing american curl adalah salah satu ras kucing yang tercipta karena mutasi genetika alami berasal dari Lakewood, California, Amerika Serikat. Dinamakan american curl karena telinga kucing ini memiliki ciri khas berbentuk ikal atau melengkung. Jenis kucing ras american curl ini termasuk kucing yang lembut, mudah bergaul dan penyayang.

Kucing ras american curl
Kucing American Curl | Image Source : https://gerava.com

Selain lembut dan ramah kucing american curl juga mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ditempati. Kucing ini mudah bergaul dengan anak-anak atau hewan peliharaan lainnya. Karena memiliki telinga berbulu dan melengkung menjadikan kucing ini unik dan berparas menawan. Banyak yang jatuh cinta kepada kucing american curl karena keunikan penampilannya.

Jenis kucing american curl ini pada mulanya hanya beberapa negara saja yang mengembangkannya. Pada tahun 2012 kucing ras american curl hanya dipelihara di negara Amerika Serikat, Perancis, Spanyol, Perancis, Rusia dan Jepang. Namun dengan perjalanan waktu kucing ini mulai dipelihara di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

Karena memiliki gen alami secara kesehatan dan daya tahan tubuh jenis kucing american curl termasuk kucing yang kuat dan memiliki kesehatan yang baik. Oleh karena itu selain ramah dan penyayang american curl juga mudah untuk dipelihara.

Sejarah Kucing American Curl

Penemuan kucing ras american curl ini pertama kali ditemukan oleh sebuah keluarga bernama Ruga pada tahun 1981. Mereka menemukan 2 ekor kucing dengan bulu panjang yang berwarna hitam berkelamin betina dan yang satunya berwarna hitam putih. Keluarga Ruga memberi nama kucing berwarna hitam dengan nama Shulamith, kemudian yang satunya diberi nama Panda.

Beberapa minggu kemudian kucing yang bernama Panda hilang sehingga tinggal Shulamith. Karena hanya tersisa Shulamith maka yang menjadi nenek moyang dari kucing amarican curl adalah Shulamith.

Hanya dalam beberapa bulan sejak Shulamith ditemukan, kemudian Shulamith melahirkan anak kucing yang memiliki bentuk telinga sama yaitu berbentuk ikal. Kelahiran pertama terjadi pada tahun 1983 dan kemudian para peternak kucing bekerja keras untuk membiakan kucing tersebut. Dalam membiakan kucing american curl dilakukan secara selektif dan pengawasan ketat untuk menjaga kemurnian gen kucing tersebut.

Seorang ahli genetika bernama Robinson menemukan bahwa gen telinga berbentuk ikal adalah gen dominan. Berdasarkan gen dominan tersebut kucing american curl hanya memiliki satu salinan gen dan membuat keturunannya akan terlahir dengan telinga ikal. Beruntung sekali saat itu genetika asli berpihak pada kucing american curl.

Kucing american curl menjadi sangat populer dalam waktu yang singkat. Selanjutnya untuk pertama kali diikutkan kontes pada tahun 1983 dan mendapatkan banyak perhatian. Selanjutnya pada tahun 1987 seekor kucing american curl menjuarai kontes kucing untuk pertama kalinya yang diselenggarakan oleh The International Cat Association (TICA).

Pada kontes selanjutnya yaitu di tahun 1993 kucing ras american curl dimasukan dalam dua kategori sekaligus yaitu kelas bulu panjang dan kelas bulu pendek. Kontes tersebutn adalah Cat Fanciers’ Association Championship sebuah ajang kontes bergengsi tingkat dunia. Pada saat ini kucing american curl menduduki peringkat ke-27 diantara ras kucing Amerika Serikat yang populer.

Karakteristik Fisik Kucing American Curl

Ras kucing american curl adalah kucing yang berukuran sedang dengan berat badan berkisar 2-5 kg. Bulu kucing american curl memiliki 2 versi yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek. Jenis bulu kucing ini sangat lembut dan halus tampak menawan. Telinga american curl berbentuk ikal atau melengkung dan tulang telinganya lunak sehingga berhati-hati ketika bermain dengan telinganya.

Warna bulu kucing ras american curl
American Curl | Image Source | https://kelabkucingterengganu.wordpress.com

Bentuk telinga ikal adalah ciri khas dari jenis kucing ini. Meskipun bertelinga ikal secara genetika, kucing american curl ketika berumur kurang dari 10 hari memiliki bentuk telinga yang lurus. Pelengkungan telinga anak kucing american curl terjadi ketika berusia 10 hari sampai 4 bulan. Setelah 4 bulan telinga kucing ini akan keras dan kaku.

Dalam peraturan kontes kucing american curl yang bisa diikutkan adalah yang memiliki lengkuangan telinga dengan sudut 90-180′. Jika telinga kucing ini melengkung sampai ke kepala maka akan didiskualifikasi.

Badan kucing american curl ini berotot dan memiliki tulang berukuran sedang. Bentuk kepala kucing ini seperti baji (segitiga) dan memiliki bentuk mata seperti kacang kenari dengan beberapa variasi warna.

Warna bulu ras kucing american curl ini terdiri dari hitam, putih, krem, biru, merah, cokelat, silver dan lilac. Umur kucing ini bisa mencapai 9 sampai 16 tahun.

Sifat Kucing Amercan Curl

Jenis kucing amrican curl adalah kucing yang tidak terlalu agresif, ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Kucing ini sangat suka bermain dengan pemiliknya atau dengan hewan peliharaan lainnya. Yang unik adalah kucing ini suka sekali memperhatikan kegiatan-kegiatan tuannya lalu ikut menemani tuannya.

American curl adalah kucing yang lengket dengan pemiliknya. Ia akan sayang kepada tuannya dan suka bermanja-manjaan dengan tuannya. Walaupun lengket dengan pemiliknya ia tidak suka digendong karena ia lebih suka duduk bersebelahan atau bermain dengan pemiliknya. Jenis kucing ini mudah sekali bermain dengan hewan peliharaan lainnya seperti kelinci atau anjing karena ia mudah beradaptasi.

Yang perlu diperhatikan baik-baik adalah kucing american curl tidak suka ditinggal terlalu lama. Kucing ini akan merasa bosan dan stres ketika sendirian terlalu lama. Jika kamu memelihara kucing american curl luangkan waktumu untuk bermain dengannya.

Makanan Dan Minuman American Curl

Kucing american curl adalah jenis kucing ras asli jadi perlu diberikan makanan yang berkualitas baik. Kucing ras adalah kucing yang rentan terhadap obesitas dan penyakit jantung jika jarang gerak dan tidak diberi makanan yang berkualitas baik. Hal ini juga berlaku untuk kucing ras american curl yang membutuhkan olah raga cukup dan makanan yang berkualitas.

Makanan terbaik untuk american curl adalah makanan khusus kucing yang bisa didapatkan di petshop terpercaya. Makanan khusus kucing mengandung protein yang tinggi yang dibutuhkan oleh kucing american curl.

Sedangkan untuk minuman american curl adalah air putih bersih dan susu khusus kucing. Jangan memberikan susu sapi kepada kucing karena kucing tidak bisa mencerna susu sapi dengan baik. Susu sapi bisa membuat kucing menceret dan sakit.

Masalah Kesehatan Kucing American Curl

Jenis kucing american curl adalah ras kucing dari gen alami jadi tidak mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh kuat. Walaupun tergolong kucing sehat memeriksakan kucing ini ke dokter sangat dianjurkan. Perawatan kucing ini juga harus dilakukan secara benar demi menjaga kesehatan kucing.

Ada beberapa kasus anak kucing terlahir dengan penyempitan telinga karena bentuk telinganya ikal, namun ini sangat jarang. Penyempitan telinga ini dapat menyebabkan telinga kucing infeksi. Pastikan untuk memeriksa kesehatan telinga kucing american curl ke dokter terpercaya.

Cara Merawat Kucing American Curl

Dalam merawat american curl dapat dibedakan dari panjang bulunya. Jika kamu memiliki american curl berbulu pendek maka bisa melakukan perawatan bulunya seminggu sekali. Namun jika kamu memelihara yang berbulu panjang maka ditingkatkan menjadi seminggu dua kali. Tujuan perawatan bulu ini untuk menjaga bulu dari kusut, gimbal atau serangan kutu kucing.

Untuk perawatan telinga american curl dapat dilakukan seminggu sekali dengan membersihkan telinga kucing dengan kapas halus. Jangan menggunakan catton bud karena struktur telinga kucing ini melengkung tajam di dalamnya. Jika terindikasi telinga kucing infeksi segera periksakan ke dokter hewan terpercaya. Gejala infeksi biasanya sangat telinga kotor meskipun sering dibersihkan, berwarna merah, meradang dan berbau aneh.

Kebersihan gigi dari kucing american curl juga sangat penting untuk dijaga. Bersihkan gigi kucing secara berkala misal seminggu dua kali atau lebih sering. Perawatan gigi kucing secara rutin dapat menjaga kesehatan gigi kucing. Kamu juga bisa menambahkan snack yang bisa menghilangkan plak pada gigi kucing dengan takaran sedang jangan terlalu banyak.

Untuk mental kucing american curl agar tidak mudah stress ajak ia bermain dan jalan-jalan. Kamu bisa bermain petak umpet dengan american curl karena ia suka dengan permainan petak umpet. Selain itu memberikan teka-teki yang khusus untuk kucing juga bisa melatih mental american curl. Jangan meninggalkan kucing ini dalam waktu lama karena akan membuatnya stres. Pastikan mengalokasikan waktu bermain atau jalan-jalan bersama kucing american curl.

Dengan demikian telah selesai pembahasan kucing ras american curl yang merupakan kucing ras asli asal Amerika Serikat. Kucing yang memiliki telinga unik berbentuk ikal dan memiliki sifat ramah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *