Ciri-Ciri dan Cara Merawat Kucing Himalaya Persia

Kucing Himalaya Persia Sedang Duduk

Kucing Himalaya Persia adalah satu dari sekian banyak jenis kucing yang banyak digemari para pecinta kucing di dunia. Keindahan warna bulu yang menghiasai seluruh tubuhnya merupakan daya tarik tersendiri, yang membedakan jenis kucing ini dengan kucing lainnya. Tak hanya itu, kucing ini juga dikenal sebagai kucing yang sangat penurut serta menggemaskan. Tak heran jika banyak orang yang sangat berminat untuk memiliki kucing lucu yang satu ini.

Kucing Himalaya Persia Sedang Duduk
Kucing Himlaya persia | Sumber : kucingpedia.com

Kucing Persia Himalaya

Kucing yang menurut para peneliti hewan di dunia telah dikenal sangat lama ini merupakan jenis kucing yang sangat unik. Kucing ini adalah jenis kucing yang dihasilakan dari persilangan antara kucing yang berjenis Persia dengan kucing yang berjenis siam.

Dan dari persilangan yang dilakukan para ahli genetik inilah, kemudian didapatkan jenis kucing ras domestik yang memiliki bentuk tubuh seperti kucing Persia, namun dengan warna dan pola bulu yang sama dengan kucing siam.

Ciri-Ciri Dari Kucing Himalaya Persia

Kucing ras ini memiliki ciri-ciri fisik yang cukup unik. Sehingga sangat mudah dikenali dan tentunya sangat mudah pula menarik perhatian siapapun, yang melihat si kucing cantik satu ini. Secara garis besar, ciri fisiknya yang dimiiki kucing ras ini banyak diwarisi dari kucing Persia. Namun tak jarang ciri fisik kucing siam juga bisa mendominasi jenis kucing ini. Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki kucing Himalaya Persia.

1. Bentuk Tubuh

Dilihat dari bentuk tubuhnya, kucing ini merupakan kucing yang memiliki bentuk tubuh cukup besar, dengan ukuran berat tubuh berkisar antara 4-6 kg. Tak hanya itu, tulang kucing ini pun terlihat sangat kuat, yang dapat dilihat dari bentuk kaki berlapis bulu leba,t dan ditopang oleh bentuk cakar yang kuat dan juga besar.

Secara umum, fisik tubuhnya berbentuk bulat berisi dengan bentuk kaki-kaki yang pendek menyerupai kucing Persia. Hal inilah yang terkadang membuat mereka agak sulit untuk melompat. Tetapi tak jarang pula ada yang bentuk tubuhnya langsing, kuat, serta gerakannya lincah seperti kucing siam.

2. Bentuk wajah

Bentuk wajah kucing ras ini umumnya berbentuk bulat dengan bentuk hidung yang pesek. Berdasarkan bentuk hidungnya, kucing ini terbagi dalam dua jenis, yaitu Himalayan ultra face dan Himalayan doll face. Himalayan ultra face biasanya memiliki bentuk hidung yang sangat pesek atau terlihat datar, jika dilihat dari samping. Sedangkan untuk jenis Himalayan doll face, bentuk hidungnya terlihat tidak terlalu pesek jika dilihat dari samping.

3. Bentuk Daun Telinga

Kucing lucu ini memiliki telinga yang unik. Bentuk telinganya pendek sebagaimana telinga yang dimiliki kucing Persia. Sedangkan untuk warnanya, telinga kucing ini mewarisi warna telinga kucing siam, yaitu berwarna gelap atau colour point.

4. Warna

Warna yang dimiliki kucing Himalaya Persia ini memiliki corak dan ciri khas khusus, yaitu adanya warna colour point di beberapa bagian tubuhnya. Warna ini adalah warna corak gelap, yang terdapat pada tubuh bagian tengah wajah, telinga, ekor, dan kaki bagian bawahnya. Jenis colour point pada kucing ini bervariasi, ada yang berwarna coklat kehitaman, abu-abu kecoklatan, krem kemerahan, coklat, abu-abu, dan krem.

5. Bulu

Sebagaimana kucing Persia pada umumnya, kucing persilangan Persia Himalaya ini juga memiliki bulu yang sangat lebat, halus, serta terlihat mengkilap. Panjang bulunya berkisar antar 2-3 cm.

6. Ekor

Bentuk ekor pada kucing ras ini terlihat sangat proporsional menyesuaikan ukuran tubuhnya. Ekornya dilapisi bulu lebat sebagaimana ekor pada kucing Persia. Warna yang mendominasi ekornya biasanya warna putih kecoklatan.

7. Bola Mata

Warna pada bola mata kucing ini umumnya kebanyakan berwarna biru. Meski tak jarang ada yang berwarna putih bersih. Untuk kucing jenis Himalaya doll face yang memiliki wajah lucu mirip boneka, biasanya bola matanya berwarna putih kebiruan dengan tatapan mata yang sayu. Sedangkan untuk jenis Himalaya ultra face, warna pada pupil matanya adalah hitam dengan tatapan mata yang tajam.

8. Kepribadian

Kepribadian kucing ini merupakan salah satu daya tarik pecinta kucing untuk memiliki mereka. kucing Himalaya Persia ini memiliki kepribadian yang tenang, cerdas, pandai berinteraksi, lembut, dan suka dibelai. Meskipun demikian, kucing ini juga sangat suka bermain dan aktif sekali. Terutama jika ada benda-benda di sekitarnya yang menarik perhatiannya.

Tak hanya itu, sebagaimana kucing yang nyaman dijadikan teman, kucing Persia Himalaya ini juga merupakan kucing yang pas untuk dijadikan hewan peliharaan kesayangan di rumah. Karena kucing ini sifatnya sangat baik dan bersahabat. Terlebih dia juga bisa jadi teman bermain di kala rasa jenuh datang.

9. Umur

Secara umum, kucing ras ini dapat bertahan hidup hingga usia 9-15 tahun sebagaimana kucing Persia. Namun hal ini juga tergantung dari cara Anda merawat dan memperlakukannya. Jika dirawat dengan maksimal dan dipantau secara intensif kesehatannya, maka kucing ini mampu bertahan hidup lebih lama dari umur umumnya.

10. Kesehatan

Untuk urusan kesehatan, kucing ini termasuk yang sangat bagus.dia tidak mudah terserang penyakit. karena daya tahan tubuhnya memang kuat. Namun, perlu diketahui pula bahwa kucing hasil persilangan antara kucing Persia dan Himalaya ini juga mempunyai penyakit turunan, yang diturunkan dari kucing Persia. Penyakit itu disebut dengan Polycystic Kidney Disease (PKD).

PKD disebut juga sebagai penyakit kista pada ginjal. Ini artinya, penyakit ini akan mengganggu kinerja ginjal di dalam tubuh si kucing. Biasanya kucing Himalaya Persia baru akan mengalami masalah atau hal buruk setelah 1-2 tahun penyakit PKD bersemayam di tubuhnya. Hal ini karena proses pertumbuhan penyakit PKD berjalan cukup lambat.

Penyakit PKD pada kucing ini biasanya dialami atau menyerang bayi kucing Persia. Penyakit ini secara perlahan-lahan akan menggerogoti dan merusak fungsi ginjal pada kucing. Hal ini membuat kucing tak mampu bertahan. Karena ginjal yang berfungsi menyerap racun telah rusak dan tidak bisa menjalani fungsinya dengan baik.

Biasanya kucing yang terkena PKD akan sulit selamat. Terlebih sampai saat ini para peneliti belum menemukan obatnya. Untuk itu sangat perlu menjaga dan memerhatikan kondisi kucing. Umumnya gejala kucing yang terkena PKD meliputi hal-hal seperti: nafsu makan berkurang, selalu merasa haus, depresi berkepanjangan, sering buang air kecil, dan berat tubuhnya menurun drastis.

Cara Merawat Kucing Himalaya Persia

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing ras jenis ini, haruslah bersiap juga untuk merawatnya dengan baik agar si kucing kesayangan dapat tumbuh sehat dan aktif. Nah, pada dasarnya cara merawat kucing ini tidak terlalu memerlukan perlakuan yang spesial. Merawatnya tidak ada beda dengan merawat kucing pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut cara merawat kucing Himalaya Persia.

1. Makanan dan Nutrisi

Kucing ini tidak terlalu sulit menerima makanan jenis apapun, baik basah atau pun kering. Yang terpenting dan sangat perlu diperhatikan dalam pemberian makanan adalah, kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing. Jadi usahakan makanan yang Anda berikan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk nutrisi ini terdiri atas 3 jenis, yaitu 45% protein, 35% lemak, dan 20% karbohidrat.

Pemberian makanan paling tidak sebanyak 5 kali dengan ukuran makanan seberat 5 gram tiap sajiannya. Namun tetap sesuaikan dengan usia dan bobot tubuh sang kucing. Hal ini untuk menghindari kucing dari terkena penyakit obesitas.

2. Kandang

Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran tubuh kucing. Yang penting jangan terlalu kecil, atau lebih baik lebih besar agar kucing lebih nyaman. Selain itu jagalah selalu kebersihan kandangnya. Bersihkan secara berkala. Dan letakkanlah kandang ini di tempat yang aman, nyaman, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

3. Pasir Kucing

Pastikan selalu memeriksa kondisi pasir tempat buang kotorannya. Jika sudah kotor, segera bersihkan dan segera ganti. Letakkan pasir ini di dalam kandangnya. Namun jika Anda bisa melatihnya untuk buang kotoran ke kamar mandi, pasir ini tidak terlalu dibutuhkan.

4. Kebersihan dan Kesehatan Kucing

Kebersihan dan kesehatan merupakan dua hal penting yang tak boleh diabaikan. Kucing yang bersih tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kebersihan tubuh kucing Himalaya Persia ini, Anda bisa memandikannya sekali seminggu atau jika memang si kucing sudah terlihat kotor, maka mandikan saja. Gunakanlah shampo khusus untuk kucing saat memandikannya. Jangan lupa untuk mengeringkan bulunya dengan baik.

Jika pada tubuh kucing ditemukan luka atau gangguan kulit lainnya, segeralah diobati atau bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin kucing, pemberian vaksin, dan rutin periksakan kesehatan kucing Anda ke dokter.

5. Kuku

Kuku kucing dapat merusak perabot rumah. Karena mereka suka menggoreskan cakarnya dimanapun. Untuk itu periksalah kond
Isi kukunya. Jika sudah panjang, segera potong. Atau Anda bisa pergi ke pet shop untuk melakukan hal ini.

6. Bulu

Rutinlah menyisir bulu mereka agar bulu panjangnya tetap terlihat indah. selain itu, menyisir bulunya juga akan membantu menghilangkan bulu rontok dan menggantinya dengan bulu yang baru.

7. Jangan Biarkan Stres

Agar kucing Anda tidak mudah stress, luangkanlah sedikit waktu untuk menemaninya bermain. Usap-usaplah tubuhnya dan manjakan ia agar si kucing merasa nyaman dan tenang. Dan bangunlah komunikasi yang baik dengannya melalui interaksi Anda saat bersama kucing.

Daftar Harga Kucing Himalaya Persia

Harga kucing Persia Himalaya ini tidaklah terlalu mahal jika dibandingkan dengan jenis kucing ras Persia lainnya. Harga yang ditawarkan untuk kucing ini rata-rata masih sangat terjangkau. Berikut table daftar lengkap harga kucing Himalaya Persia

Umur Kucing

Vaksin

Harga Kucing

3 Bulan

Belum divaksin

Rp800.000

3 Bulan

Sudah divaksin

Rp1.200.000

6 Bulan

Belum divaksin

Rp1000.000

6 Bulan

Sudah divaksin

Rp1.600.000

Breed quality

Wajib divaksin

Rp7000.000-Rp10.000.000

Top quality

Wajib divaksin

Rp15.000.000-Rp25.000.000

Harga tersebut di atas merupakan harga rata-rata terbaru di tahun 2019. Namun harganya bisa saja lebih mahal dari harga itu jika kucing ras ini memang memiliki kualitas lebih dibandingkan lainnya.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai kucing Himalaya Persia mulai dari jenis, ciri-ciri, perawatan, hingga harga terbarunya. Semoga ulasan ini bisa menjadi bahan rujukan bagi Anda para pecinta kucing yang sangat ingin memelihara kucing menggemaskan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *