Mengenal Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair

Kucing british shorthair adalah jenis kucing domestik berukuran sedang berbulu pendek dan halus sebagai ciri khasnya. Sebagian orang mempercayai bahwa kucing ini memiliki hubungan erat dengan bangsa romawi yang dahulu pernah menguasai inggris. Oleh sebab itu british shorthair termasuk ras kucing Inggris tertua.

Kucing British Shorthair
Kucing British Shorthair

Sejarah Kucing British Shorthair

British shorthair dipercaya sebagai keturunan kucing roma kuno yang dibawa ke Inggris semasa invasi. Ketika bangsa Romawi menguasai Inggris, pertanian-pertanian di Inggris mulai berkembang.

Seiring berkembangnya pertanian-pertanian di Inggris dengan pesat maka dibutuhkan penangkal hama tikus. Pada saat itu tentara-tentara Romawi membawa kucing-kucing untuk menjaga hasil-hasil pertanian dari serangan tikus.

Kucing-kucing penjaga ini disebut dengan kucing pekerja, mereka harus bekerja dahulu agar memperoleh makanan. Mereka dipelihara untuk diperintah bekerja bukan sebagai binatang kesayangan. Mereka hidup bebas di gudang-gudang pertanian dan sedikit pengaruh dari manusia.

Setelah bangsa romawi pergi dan inggris terisolasi dari dunia luar selama beberapa ratus tahun, maka tidak ada lagi kucing-kucing baru yang masuk ke inggris. Kucing-kucing yang telah ada di Inggris berkembang biak dengan bebas sehingga menghasilkan jenis kucing yang kokoh berbulu tebal dan indah.

Pada akhir tahun 1800-an para penggemar kucing mulai menyadari keindahan dari British shorthair. Ketika kontes kucing pertama diadakan di Crystal Palace, London tahun 1871 kucing-kucing ini banyak mendapat banyak penghargaan.

Pada tahun 1889 British shorthair mendapat status sebagai ras kucing tersendiri. Hal tersebut membuat British shorthair menjadi semakin populer. Selanjutnya penggemar kucing di Inggris membentuk British Cat Club. Namun kepopuleran British shorthair sempat terkalahkan oleh kucing Persia dan kucing Siam.

Selam Perang Dunia II berlangsung, populasi kucing British shorthair menurun secara drastis. Setelah Perang Dunia II selesai dilakukan upaya penyelamatan kucing Bristish shorthair dengan mengawinkan dengan kucing Persia. Akibat persilangan tersebut mulai banyak muncul warna-warna lain selain warna blue pada keturunan kucing British shorthair.

Ras kucing British shorthair telah diakui oleh Cat Fanciers’ Association (CFA) pada tahun 1980. Sekarang kucing British shorthair telah banyak menjadi ikon. Diantara British shorthair menjadi model bagi Cheshire Cat yang terdapat pada film animasi Alice’s Adventures in Worderland. British shorthair dengan pola warna tabi perak juga menjadi ikon produk makanan Wiskash.

Ciri-Ciri Fisik Kucing British Shorthair

Tubuh kucing British shorthair berukuran sedang, terdapat juga yang berukuran cukup besar, beratnya kira-kira 4-8 kg. Postur tubuhnya padat, kompak, kuat berotot di dada, terlihat pendek dengan pinggul dan bahu yang besar.

Tubuh kucing British shorthair jantan lebih besar jika dibandingkan dengan betina. Kucing British shorthair jantan memiliki berat rata-rata mencapai 5-10 kg. Sedangkan untuk kelamin betina memiliki berat rata-rata mencapai 5-7 kg.

Kepala merek berbentuk bulat dengan pipi yang terlihat penuh. Hudungnya pesek namun lebar dan lurus tanpa ada tekukan. Sedangkan untuk dagu bentuknya bulat. Telinga berukuran sedang namun bagian bawahnya lebar dan bagian atas runcing. Kemudian mata mereka berbentuk bulat dan besar.

Ras kucing British shorthair hadir dengan variasi warna gold, copper, odd-eyes dan blue. Diantara variasi warna tersebut warna emas adalah warna terbaik yang pernah ada.

British shorthair memiliki ukuran kaki yang pendek namun memiliki tulang yang amat kuat dan berotot. Bentuk cakarnya sendiri membuat pada jari-jari kakinya. Panjang ekornya kira-kira seperti panjang tubuhnya, bagian pangkal tebal kemudian meruncing sampai ke ujung. Ekornya terlihat padat, tebal, tidak terlalu berbulu dengan ujung ekornya tumpul.

Sifat Kucing British Shorthair

Ras kucing British shorthair sangat menyukai kedamaian dan keheningan. Mereka tidak suka dengan suasana bising atau berisik. British shorthair tergolong kucing mandiri namun mereka tidak terlalu aktif. Karena jarang bergerak maka British shorthair rentang obesitas.

Mereka termasuk kucing yang tidak terlalu suka bersentuhan fisik terlalu laman. Oleh sebab itu mereka tidak suka digendong. Meskipun begitu mereka adalah hewan yang setia kepada pemiliknya dan suka berada di dekat pemiliknya.

Cara Merawat Kucing British Shorthair

British Shorthair
British Shorthair

Kucing British shorthair bisa berumur panjang ketika dipelihara dengan perawatan yang benar. Untuk merawat kucing British shorthair bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan bergizi.

British shorthair termasuk kucing yang malas bergerak maka untuk menghindari kelebihan berat badan kucing harus didorong untuk begerak atau berolahraga untuk membakar lemak. Anda bisa menggunakan mainan kucing untuk menggoda mereka dan mengambil perhatian mereka sehingga mereka bergerak.

Kucing British shorthair adalah kucing berukuran sedang maka Anda harus memberi ruangan yang cukup untuk mereka bermain. Jika Anda tidak memberikan fasilitas tersebut bisa menyebabkan stres pada kucing Anda.

Kucing British shorthair adalah kucing yang mandiri dan menyukai suasana sunyi, mereka dapat ditinggal sendiri. Oleh sebab itu british shorthair cocok dipelihara ditempat tertutup untuk menghindari mereka kabur.

Makanan Kucing British Shorthair

Kucing membutuhkah asupan protein lebih tinggi jika dibandingkan dengan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan asupan mereka juga harus sesuai dengan tahapan usia. Anda bisa memberikan produk makanan kucing kemasan seperti Whiskas, Royal canin, Proplan dan lain-lain. Produk makanan kucing tersebut sudah ada yang khusus untuk kucing British shorthair.

Berikut rekomendasi produk makanan kucing untuk kucing British shorthair :

  • Royal Canin British Shorthair Kitten
  • Royal Canin British Shorthair Adult
  • Royal Canin British Shorthair
  • Whiskas Pouch Junior
  • Whiskas Pouch Adult 1+
  • Proplan Cat Food Salmon

Makanan-makanan kucing tersebut diberikan sesuai dengan usia kucing yang Anda pelihara. Perhatikan jenis dari produk makanan yang mau dibeli.

Selain produk makanan tersebut Anda juga bisa memberikan makanan lain seperti ikan atau daging. Pemberian ikan dan daging tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan kucing kegemukan.

Harga Kucing British Shorthair

Untuk harga kucing British shorthair terbilang cukup mahal apalagi ras Asli bukan campuran. Jika kucing British shorthair dilengkapi dengan sertifikat maka harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Jenis KucingUmurHarga
British Shorthair Adult (Asli)1+ TahunRp 28.000.000
Kucing British Shorthair Kitten3 BulanRp 20.000.000
British Shorthair Indukan8 BulanRp 30.000.000
British Shorthair Bicolor2 BulanRp 17.000.000
British Shorthair Jantan Ped ICA (Indonesia Cat Association)4 BulanRp 18.000.000
Britsih Shorthair Mix Persia5 BulanRp 850.000
Tabel Harga Kucing British Shorthair

British shorthair tergolong kucing kalem dan bentuknya seperti boneka. Mereka cocok dijadikan peliharaan di rumah karena lucu dan ramah terhadap anak. Umur British shorthair juga terbilang panjang jadi tidak akan rugi memelihara kucing ini. Harapan hidup kucing British Shorthair mencapai 14-20 tahun.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *