Mengenal Kucing Australian Mist (Kucing Kabut Australia)

Kucing Australian Mist

Kucing Australian Mist (Kucing Kabut Australia) adalah salah satu ras kucing berasal dari Australia yang merupakan hasil dari persilangan antara ras Abyssinian, ras Burmese, dan ras kucing domestik berbulu pendek lainnya.

Kucing Australian Mist
Australian Mist Cat

Dahulu Australian Mist bernama Spotted Mist. Kucing ini memiliki tubuh sedang dan dikenal memiliki sifat yang manis dan penyayang. Australian Mist merupakan hasil eksperimen manusia dalam menciptakan dan mengembangkan ras kucing baru.

Australian Mist bisa hidup 15 hingga 18 tahun, apabila dirawat dengan baik dan selalu dijaga kesehatannya.

Nama KucingAustralian Mist Cat
Berat TubuhJantan : 3.6 kg – 6 kg
Betina : 3,5 kg – 5 kg
Warna BuluCokelat, karamel, emas, persik, ungu, biru
Pola BuluBintik, tabby, marble
Warna Matakucing emas, tembaga
Rentang Usia15 hingga 18 tahun
KarakteristikManja, setia, penyayang, tenang, sosial, adaptif, aktif, cerdas
PerawatanMudah
PengakuanTICA, WCF
HargaRp 9.000.000 hingga Rp 14.000.000
Tabel Keterangan Australian Mist Cat

Sejarah Australian Mist Cat

Australian Mist Cat
Australian Mist Cat

Pengembang biakan kucing Autralian Mist dilakukan pertama kali pada tahun 1976 oleh Dr. Trude Straede. Beliau merupakan pencipta dari kucing Autralian Mist. Saat itu beliau menyilangkan kucing Abyssinian dengan Burmese dan ras kucing domestik bulu pendek lainnya.

Tujuan awal dari pengembangan tersebut adalah untuk menciptakan ras kucing berbulu pendek dengan pola warna berbintik saja. Namun, ternyata menghasilkan pola warna lainnya seperti classic tabby dan ticked.

Awalnya kucing dari hasil eksperimen persilangan tersebut diberi nama “kabut berbintik“. Kemudian pada tahun 1988 nama tersebut dirubah menjadi “Kabut Australia” (Australian Mist Cat). Hal tersebut dikarenakan kucing tersebut tidak hanya memiliki pola berbintik saja.

Pendaftaran Kucing Australian Mist

Pada tahun 1977, Dr. Truda Straede mengajukan proposal pengajuan Australian Mist Cat ke Royal Agricultural Society of NSW Cat Control (RASCC) sebagai ras percobaan.

Kemudian pada tahun 1986, RASCC memberikan status perubahan menjadi “Grant Champion” dengan nama ras kabut berbintik.

Pada tahun 1998 kucing tersebut telah terdaftar dan diakui dengan status “Grant Championship“. Gelar tersebut diberikan oleh RASCC dan WNCA (Waratah State Cat Alliance) dengan nama ras Australian Mist.

Selanjutnya di tahun 1999, Australian Mist terdaftar dan diakui dengan status “Grant Championship“oleh asosiasi New Zealand Cat Fancy (NZCF).

Pada tahun 2004, Australian Mist terdaftar dan diakui serta mendapat status “Grant Championship” oleh Word Cat Federation (WCF) dan United Feline Organization (UFO).

Terkahir di bulan oktober 20111, Australian Mist kembali terdaftar dan diakui dengan status “Grant Championsip“oleh Governing Council og the Cat Fancy (GCCF).

Karakteristik Australian Mist

Karakteristik Australian Mist
Karakteristik Australian Mist

Australian Mist merupakan jenis kucing bertubuh sedang dan berbulu pendek dengan pola bulu berbintik, tabi klasik, dan betikak (bintik-bintik). Tubuh kelamin jantan cenderung lebih besar dibandingkan jenis kelamin betina.

Tulang dan ototnya kuat dan kokoh, namun penampilannya terlihat ramping. Bentuk kepalanya bulat dengan mata besar yang ekspresif. Warna matanya kuning, emas dan tembaga.

Australian Mist memiliki kaki yang cuku panjang dan ekornya juga panjang dengan bulu tebal. Bulu kucing ini pendek dan lembut ketika dibelai. Australian Mis memiliki pola dan warna bulu yang beragam seperti warna dasar cokelat, emas, karamel, biru, ungu dan persik.

Temperamen Australian Mist

Australian Mist memiliki sifat manja, penyayang, senang berada disekitar manusia, memiliki rasa ingin tahu terhadap apa yang dikerjakan pemiliknya, aktif, suka bermain, ramah, dan memiliki kecerdasan tinggi.

Kucing ini merupakan salah satu kucing yang setia kepada pemiliknya. Australian Mist juga mudah untuk dilatih melakukan sesuatu.

Disamping itu, kucing ini juga tidak suka mencakar, ia senang berada di dalam rumah ketika malam hari. Salah satu kesukaannya adalah tidur dipangkuan pemiliknya.

Australian Mist memiliki sifat sosial adaptif sehingga bisa dengan cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Australian Mist adalah kucing yang penuh kasih sayang. Kucing ini dapat akrab dengan hewan peliharaan lainnya, salah satunya adalah anjing. Ia juga bisa dengan mudah dengan anak-anak sehingga sangat cocok dijadikan hewan peliharaan, yang menemani sang anak.

Kesehatan Australian Mist

Meskipun Australian Mist berasal dari ras campuran, namun ia termasuk kucing yang tangguh, sehat, dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Australian Mist tidak memiliki kelainan genetik yang berasal dari nenek moyangnya.

Memang ada beberapa sedikit kasus kucing ini mengalami gangguan kesehatan dalam hidupnya. Hal tersebut sangat wajar bagi kucing ini sebagai makhluk hidup.

Salah satu penyebab masalah kesehatan Australian Mist adalah serangan virus salah satunya virus calicivirus. Virus tersebut akan membuat kucing merasa sangat kesakitan.

Yang lebih berbahaya dan bisa mengancam nyawa Australian Mist adalah virus distemper. Oleh sebab itu dianjurkan untuk selalu memberikan vaksin pada kucing ini ketika memeliharanya.

Perawatan Kucing Australian Mist

Merawat Kucing Australian Mist
Merawat Kucing Australian Mist

Dalam perawatan kucing Australian Mist tergolong mudah. Hal tersebut Australian Mist termasuk kucing yang sehat. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan vaksinasi kepada kucing ini. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kesehatan si kucing.

Untuk perawatan bulu Australian Mist dapat dilakukan dengan rutin menyisir dan menyikat bulunya. Dengan begitu bulunya tetap halus, lembut dan tidak mudah kusut.

Menyisir dan menyikat bulu dapat mengurangi bulu yang mati atau rontok alami. Pada musim panas bulunya cenderung banyak yang rontok maka Anda harus rajin menyisirnya.

Mandikan Australian Mist seminggu sekali, atau paling tidak sebulan sekali. Telinganya juga harus rajin dibersihkan. Lakukan perawatan layaknya merawat kucing berbulu pendek.

Harga Australian Mist

Harga Kucing Australian Mist
Australian Mist Kitten

Austalian Mist adalah kucing impor dari Australia. Jika Anda berniat memelihara Austalian Mist maka Anda harus mengimpornya dari Australia.

Harga kucing Australian Mist berkisar antara Rp 9.000.000 hingga Rp 14.000.000 tergantung jenis dan usia. Harga tersebut belum termasuk biaya impor kirim dari Australia.

Pastikan memilih Australian Mist dari breeder atau cattery yang memiliki sertifikat resmi. Disamping itu juga jangan lupa mengecek sertifikat keterangan sehat terhadap kucing yang mau dibeli.

Kemudian yang terpenting pastikan Australian Mist yang akan dibeli telah mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing. Hal tersebut untuk menjamin kemurnian ras kucing yang akan dibeli.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *