Mengenal Kucing Asian Semi-Longhair

Kucing Asian Semi-Longhair

Kucing Asian Semi-Longhair adalah salah satu ras kucing yang berasal dari persilangan antara ras Burma dengan ras Persia Chinchilla. Penampilan kucing ini mirip dengan kucing Asian Shorthair, hanya saja memiliki bulu yang agak panjang.

Kucing Asian Semi-Longhair
Kucing Asian Semi-Longhair

Bisa dikatakan kucing Asian Semi-Longhair merupakan versi bulu sedang dari ras Burmilla. Sehingga kucing ini sering disebut dengan kucing Bumilla Semi-Longhair.

Sebagian kalangan juga menamakan kucing inidengan ras Tiffanie atau Tiffany. Kucing Tiffanie merupakan kucing yang berukuran medium dengan bulu halus dan lembut.

Kucing ini dikembangkan di Inggris dan saat ini telah mendapat pengakuan penuh dari GCCF (Govering Council of The Cat Fancy. Namun, kucing ini saat tidak di akui oleh Registri AS.

Sejarah Kucing Asian Semi-Longhair

Asian Semi-Longhair
Asian Semi-Longhair

Di Inggris Pada pertengahan tahun 1980-an ada sebuah program pembiakan (breeding) penyilangkan ras Burma dengan ras Persia Chinchilla.

Dari hasil persilangan tersebut melahirkan anak-anak kucing ras Burmilla berbulu panjang. Anak-anak kucing tersebut diberi nama Asian Semi-Longhair.

Sejak awal terbentuk ras Asian Semi-Longhair membawa gen bulu panjang resesif yang berasal dari ras Persia Chinchillia. Oleh sebab itu dari waktu ke waktu keturunan dari ras Asian Semi-Longhair membawa gen resesif tersebut.

Pada mulanya ras Asian Semi-Longhair tidak dianggap penting oleh para peternak. Hal tersebut dikarenakan tidak mempunyai karakteristik yang diinginkan dari ras Burmilla.

Namun, sebagian sekelompok kecil peternak kucing berusaha untuk mengembang biakan ras ini Usah tersebut di kemudian hari membuahkan hasil dan membuat ras ini menjadi populer.

Pada tahun 1991, ras Asian Semi-Longhair mendapat pengakuan dari Govering Council of the Cat Fancy (GCCF) dengan status pendahuluan. Selanjutnya pada tahun 1999 status tersebut meningkat berubah menjadi dalam pengawasan. Pada akhirnya status tersebut meningkat lagi menjadi “Championship“.

Karekteristik Kucing Asian Semi-Longhair

Ras Asian Semi-Longhair
Ras Asian Semi-Longhair

Ras Asian Semi-Longhair berbadan sedang dengan bulu halus dan lembut. pada bagian bagian leher bulu-bulu tersebut membentuk surai seperti singa. Kemudian bulu-bulu pada bagian ekor tebal, mengembang, dan lembut.

Jika dilihat bentuk tubuh ras Asian Semi-Longhair mirip dengan ras Burma dan Persia Chinchilla. Salah satu ciri khas yang unik dari kucing Chinchilla adalah “mata maskara” yaitu memiliki daerah warna gelap/ hitam di sekeling mata.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *