Mengenal Kucing Aphrodite Siprus (Cyprus Mountain)

Kucing Aphrodite

Kucing Aphrodite adalah salah ras kucing domestik murni berasal daerah Siprus (Republik Siprus) yang pertama kali dikembang biakan pada tahun 2005. Kucing ini juga dikenal dengan sebutan kucing Cyprus Mountain.

Kucing Aphrodite
Kucing Aphrodite

Siprus adalah sendiri adalah sebuah negara pulau berbentuk Republik terletak di Laut Mediterania bagian timur. Pulau ini terletak di sebelah selatan Turki dan Sebelah barat Suriah.

Kucing Aphrodite (Cyprus Mountain) termasuk jenis ras kucing bulu pendek (shorthair) dan semilonghair (berbulu medium). Bulunya akan terasa lembut ketika disentuh.

Hal yang unik dari kucing ini adalah memiliki bulu lapisan bawah yang berguna untuk menghangatkan tubuhnya ketika musim dingin. Sedangkan pada saat musim panas bulunya akan terlihat pendek dan tanpa bulu lapisan bawah.

Kucing ini hadir dalam berbagai macam pola dan warna kecuali cokelat, lilac, cinnamon, cokelat kekuningan, ponted colour, dan mink. Ada juga yang memiliki satu warna dominan tanpa ada corak bulu, biasanya jenis ini berwarna putih polos seperti kucing Anggora.

Sebagian para ahli mengklaim kucing ini tahan terhadap air. Jika Anda memelihara kucing ini maka tidak perlu khawatir ketika memandikannya.

Sayangnya kucing ini cenderung lambat memasuki masa dewasa. Mereka baru dikatakan dewasa ketika memasuki usia genap 3 tahun.

Nama lain yang sering disematkan pada kucing Aphrodite diantaranya adalah Cyprus Mountain, Cyprus Mountain Giant, dan Afrodit Siprus.

Karakteristik Kucing Aphrodite

Ciri Ciri Kucing Aphrodite
Kucing Aphrodite

Secara umum kucing Aprhodite memiliki bentuk tubuh besar, panjang, dengan kaki depan lebih panjang dari pada kaki belakang. Uraian lengkapnya dapat Anda simak keterangan di bawah ini.

Ciri Khas Kucing Aphrodite :

  1. Memiliki tubuh besar, panjang dengan kaki-kaki kuat.
  2. Kepalanya berbentuk segitiga.
  3. Bentuk hidungnya lurus dan panjang.
  4. Matanya lebar berbentuk oval seperti kacang almond.
  5. Telinganya lurus dan runcing.
  6. Memiliki kaki belakang yang lebih panjang dibandingkan kaki depan
  7. Memiliki dada panjang, kuat dan berotot.
  8. Ekornya ada yang panjang, ada juga yang sedang.
  9. Bulu pada ekornya lebat.

Sifat Kucing Aphrodite

Aphrodite adalah kucing yang memiliki sifat penuh kasih sayang dan cinta kepada pemiliknya. Selain itu kucing ini juga senang bersosial, santai dan tenang.

Karena senang bersosial maka tidak boleh mengurung atau meninggalkan kucing ini sendirian dalam waktu yang lama. Hal tersebut bisa membuatnya stress.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *