Ras Kucing Anatolia

Kucing Anatolia

Kucing anatolia adalah satu ras kucing murni berbulu pendek yang berasal dari Anatolia, Turki. Untuk jenis kucing ini telah diekspor ke berbagai negara Eropa dan Amerika. Banyak dari ras kucing anatolia yang ketika diekspor terdaftar sebagai ras van turki dan ras anggora. Tentu hal ini sangat disayangkan mengingat kucing anatolia memiliki karakteristik yang unik sendiri.

Kucing Anatolia
Kucing Anatolia

Beberapa peternak kucing dari Belanda dan Jerman berusaha untuk menjaga mengembangkan dan melestarikan ras kucing ini. Para peternak kucing berusaha memisahkan ras anatolia dengan van turki dan anggora untuk menjaga kemurnian ras kucing masing-masing.

Sejarah Kucing Anatolia

Kucing Anatolia merupakan ras kucing murni yang mirip dengan dengan ras kucing van turki dan ras kucing anggora. Pada tahun 2001 kucing anatolia mendapatkan pengakuan dari World Cat Federation (WCF). Organisasi WCF mengakui kucing ini sebagai turkish shorthair dengan nama “Anatolian“.

Karakteristik Fisik

Tubuh kucing anatolia adalah kucing yang berotot dan kuat terlihat sedikit gempal. Kaki belakang kucing ini lebih panjang dari pada kaki depannya. Kucing Anatolia memiliki bulu pendek dan tidak memiliki bulu pada lapisan bawah.

Bentuk matanya seperti kacang almond dengan warna hijau, kuning terang, dan kucing gelap. Untuk warna matanya biasanya bisa mengimbangi dengan warna bulu. Memang jika dilihat penampilan kucing ini mirip dengan ras kucing van turki dan anggora. Polo warna pada bulunya beragam termasuk yang mirip dengan pola bulu kucing van turki.

Sifat Kucing Anatolia

Pada dasarnya kucing anatolia adaah kucing yang penyayang, lembut dan memiliki empati tinggi kepada manusia. Jenis kucing ini sangat suka memanjat dan suka dengan air. Jika kucing anatolia merasa nyaman dan mendapatkan kasih sayang dari manusia maka ia akan sangat penyayang.

Namun perlu diperhatikan bahwa kucing anatolia ini sangat suka sekali melompat. Tentu ini harus menjadi perhatian serius dan pengawasan yang ekstra karena sewaktu-waktu bisa saja ia melompat dari jendela. Selain itu ia yang sangat suka dengan air harus diberikan tempat khusus untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *