Kucing American Wirehair Lahir Dari Mutasi Genetika

Kucing American Wirehair

Kucing american wirehair atau kucing bulu dawai amerika adalah ras kucing domestik yang terlahir dari mutasi genetika spontan tahun 1966. Kucing ini berasal dari daerah pertanian bagian utara New York, Amerika Serikat.

Kucing American Wirehair
Kucing American Wirehair

Salah satu ciri khas dari kucing ini adalah memiliki bulu yang berkerut. Ras kucing ini dihasilkan dari persilangan ras kucing american shorthair yang bertujuan untuk memperkuat sifat genetikanya.

Jenis kucing ini merupakan kucing yang mudah dalam perawatannya dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Dalam kesehatan kucing ini termasuk jenis kucing sehat dan tidak memiliki kelainan genetik. Umurnya bisa hidup panjang berkisar antara 12 sampai 14 tahun.

Profil Kucing American Wirehair

Terciptanya ras kucing american wirehair ini karena mutasi genetika yang membuat bulunya begitu tipis dan berkerut. Hal ini buka kelainan melainkan mutasi yang artinya jika kita mengembangkan biakan dua kucing yang berbulu tipis, maka tidak semua anak yang dilahirkan akan memiliki kondisi yang sama.

Ukuran badannya berukuran sedang dan ada pula yang besar. Untuk matanya berukuran besar berbentuk bulat dan posisinya agak terangkat keatas. Penampilan kucing ini juga menawan dengan warna bulu yang bersorak abstrak.

Bulu american wirehair ini menjadi karakter utama dengan bentuk berkerut. Tekstur bulunya kenyal dan kasar namun akan terasa lembut ketika disentuh. Bulu kucing ini menyerupai bulu domba. Ujung bulunya berbentuk ikal, begitu juga dengan bulu pada telinga dan kumisnya.

Sejarah American Wirehair

Kucing american wirehair pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Nathan Mosher tahun 1966 di Verona, New York, Amerika Serikat. Kucing tersebut ditemukan di sebuah gudang pertanian Council Rock Farm. Selanjutnya salah satu peternak kucing lain bernama Joan O’Shea tertarik pada kucing tersebut kemudian mengadopsinya.

Ras kucing tersebut memiliki penampilan bulu yang berbeda dengan ras kucing lainnya sehingga Joan tertarik untuk mengembangkannya. Bulu kucing ras ini berkerut dan nampak berantakan sehingga dinamai american wirehair.

Joan sendiri merupakan peternak ras kucing rex dan ia mengatakan bahwa kucing yang diadosinya akan mewakili ras kucing baru. Alasannya terletak pada bulunya yang terlihat berantakan serta memiliki warna merah dan putih (kucing dua warna) berbeda dengan ras kucing lain.

Pengembang biakan kucing yang dilakukan oleh Joan ini menghasilkan ras kucing yang sama. Selain itu ada juga peternak kucing tetangga Joan yang mengembangkan american wirehair dan menghasilkan dua anak kucing american wirehair. Kedua anak kucing tersebut kemudian dibeli oleh Joan dan diberi nama Abby dan Amy.

Selanjutnya Joan menjual anak kucing bernama Amy ke tetangganya yang juga peternak ras kucing rex bernama Bill dan Madeline Beck. Anak kucing yang bernama Amy tersebut kemudian dikembang biakan dan melahirkan beberapa anak kucing american wirehair.

Diantara anak kucing yang dilahirkan Amy adalah Barberyy Ellen yang merupakan ras kucing american wirehair homozigot yang pertama kali lahir.

Pada tahun 1967 Madeline mengajukan pendaftaran american wirehair kepada CFA (Cat Fanciers’ Association). Setelah diterima oleh CFA kemudian diputuskan american wirehair adalah ras terdaftar dan dalam pengembangan.

Karakteristik Fisik

Kucing american wirehair adalah kucing berbadan sedang dengan berat badan berkisar 4.5-5 Kg. Kepala kucing ini berbentuk sedikit bulat dan pipinya menonjol. Untuk kumis kucing ini keriting sama dengan bulu di tubuhnya.

Bagian punggung, bahu dan pinggul kucing ini lebar dan memiliki ekor yang berukuran sedang. Bagian pangkal ekornya tebal dan ujungnya tipis.

Bulu kucing ini tebal dan kasar sehingga berbeda dengan bulu yang dimiliki kucing kucing rex cornis. Kucing ini memiliki tiga jenis bulu yaitu down, awn dan guard.

Selain itu gen dominan yang dimiliki kucing ini tidak resesif seperti yang dimiliki ras kucing rex cornish dan rex devon. Bulunya yang berkerut dan tertekuk menjadikan bulu kucing ini tebal dan berbentuk ikal.

Kepribadian dan Temperamen

Amrican wirehair memiliki kepribadian yang perhatian dan penuh kasih sayang. Kucing ini aktif, cerdas dan memiliki ras ingin terlibat dengan pemiliknya. Jenis kucing ini sangat senang mengikuti aktivitas pemiliknya. Selain itu ia juga memiliki empati yang tinggi kepada pemilik dan anggota keluarga.

Kucing ini selalu berusaha untuk membuat pemilik dan anggota keluarga lainnya nyaman. Biasanya ia akan mendengkur dan duduk disamping pemiliknya sebagai bentuk dukungan kepada pemiliknya.

American wirehair juga memiliki rasa humor yang tinggi, suka menghibur, berusaha membuat orang ketawa dan senang jika menjadi pusat perhatian. Dalam aktivitasnya ia termasuk kucing yang tangkas, gesit dan lincah namun memiliki ketenangan yang tinggi.

Ras kucing american wirehair juga mudah bergaul dan beradaptasi dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya. Ia termasuk kucing pendiam dan jarang mengeong. Meskipun ia pendiam, namun ia juga sangat senang memanjat. Tentu hal ini harus menjadi perhatian kamu jika mengajaknya keluar.

Kesehatan

Untuk masalah kesehatan american wirehair termasuk kucing sehat dan tidak memiliki masalah genetika yang melekat. Jenis kucing ini juga termasuk kebal dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Masalah yang terkadang terjadi adalah masalah kesehatan telinganya. American wirehair memiliki bulu yang berbentuk melengkung sehingga biasanya terjadi penumpukan kotoran di telinganya. Melakukan perawatan bagian telinga sangat penting bagi kucing ini.

Beberapa kasus terjadi pada american wirehair yang memiliki bulu yang berminyak. Solusi jika terjadi masalah tersebut adalah dengan menyampo bulu kucing dengan lembut. Jangan menyikat bulu kucing ini karena dapat menimbulkan kerusakan.

Karena miliki bulu yang ikal maka dibutuhkan perlakuan khusus dalam merawatnya. Bersihkan bulu dengan sampho kemudian keramasi dengan lembut. Jangan menyikat bulu dalam keadan basah, gunakan handuk halus untuk mengeringkan bulunya.

Masalah kesehatan american wirehair sangat erat kaitannya dengan stres dan perubahan cuaca. Selalu jaga kondisi kucing jangan sampai stress sehingga kucing selalu sehat. Pada intinya kucing american wirehair merupakan jenis kucing yang mudah perawatannya dan memiliki kesehatan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *