Kucing American Shorthair : Berumur Panjang & Sehat

Kucing American Shorthair

Kucing american shorthair adalah salah satu ras kucing berasal dari Amerika Utara. Diketahui kucing ini merupakan keturunan dari ras kucing europian shorthair dan british shorthair. Kucing ini merupakan kucing yang tenang, santai dan ceria meskipun penampilannya garang.

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair

Secara umum kucing ini termasuk kucing yang pintar dan memiliki ketertarikan dengan sesuatu di sekitarnya. Ia juga termasuk kucing yang mandiri tidak manja sehingga mudah memeliharanya. Ras kucing ini juga mudah bergaul dengan manusia bahkan hewan peliharaan lainnya seperti anjing. Nah, Ia juga sangat menikmati hari-hari bersama manusia dan sayang kepada manusia.

Sejarah American Shorhair

Sejarah dari pada kucing ini dimulai ketika american shorthair pertama kali dibawa dari benua Eropa ke benua Amerika pada tahun 1620. Saat itu kucing ini dibawa oleh kapal Mayflower oleh bangsa Eropa untuk membuat daerah koloni di benua Amerika. Kucing ini digunakan untuk melindungi bahan pangan di kapal dan serangan tikus dan mencit.

Setelah tiba di benua Amerika kucing dan banyak mendapatkan perhatian hingga pada tahun 1800-an mulai dipamerkan . Selanjutnya kucing ini mulai dikembangkan dan ini menjadi awal dari pengembangan kucing american shorthair.

Pada tahun 1896 di pemeran kucing tahunan yang diadakan di Madison Squere Garden seekor kucing american shorthair loreng cokelat ditawar dengan harga $2.500. Selanjutnya pada tahun 1906 kucing ini mendapat pengakuan resmi dari Cat Fanciers’ Association sebagai “Domestic Shorthair“.

Sebenarnya pada awal pengembangan kucing ini dikenal dengan nama “Shorthair” . kemudian pada tahun 1960-an nama tersebut dirubah menjadi “Domestic Shorthair“. Selanjutnya tahun 1966 namanya berubah lagi menjadi “American Shorthair” dan dikenal hingga sekarang.

Setelah dilakukan pengembangan kucing ini menjadi beranak pinak dan menjadi salah satu kucing populer di dunia. Kucing ini telah mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di Amerika Utara dan dilakukan kembang biak dengan ras kucing lainnya. Namun sekarang untuk pengembang biakan kucing ini di awasi lebih ketat untuk menjaga kemurnian ras kucing ini.

Karakteristik Fisik

Ras kucing ini memiliki ukuran badan sedang dan ada pula yang berbadan besar. Untuk berat badan kucing jantan sekitar 3.5 – 4.5 kg sedangkan untuk kelamin betina sekitar 3.5 – 5 kg. Tinggi badan kucing ini bisa mencapai 45 – 50 cm dan panjang badannya bisa mencapai 35 cm.

Umur kucing ini terbilang panjang karena bisa mencapai 16 samapi 18 tahun. Perlu diketahui kalau kucing ini dikatakan dewasa ketika umur 3-4 tahun. Tentu ini merupakan waktu yang lama jika dibandingkan dengan kucing lainnya.

Kucing american shorthair memiliki moncong yang bentuknya seperti kotak dan memiliki mata yang lebar dan besar. Telinga kucing ini berukuran sedang serta tubuhnya gempal berisi dan berotot.

Kaki kucing ini memiliki otot yang kuat sehingga bisa melompat tinggi. Bentuk kakinya agak gemuk dan panjangnya sedang terlihat gempal berotot.

Bulu american shorthair berukuran pendek , tebal, padat dan sedikit kaku. Pada musim dingin bulu kucing ini bisa menjadi lebih tebal dan biasanya rontok ketika musim panas tiba. Tubuh kucing ini bermotif belang dengan pola bulu tortoiseshell, bicolor, paticolor, solid, tabby dan calico.

Sifat dan Kepribadian American Shorthair

Sifat kucing american shorthair tergolong kucing yang ceria dan ramah kepada anak-anak. Kucing ini sangat senang bermain dengan anak-anak sehingga cocok dipelihara sebagai teman bermain anak. Ras kucing ini sangat populer karena memiliki sifat ramah dan penyayang serta memiliki toleransi tinggi kepada anak-anak.

Memang penampilannya mencerminkan nenek moyangnya sebagai kucing pemburu. Namun kucing berbeda, ia adalah kucing yang santai dan ceria mudah bergaul. Ia memang suka berburu namun tidak seagresif kucing pemburu sejati. Kucing american shorthair ini lebih suka hidup santai dan bermanja-manjaan dengan pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *