Kucing American Ringtail (Ekor Cincin)

Kucing American Ringtail

Kucing american ringtail adalah salah satu ras kucing yang memiliki ciri yang khas pada ekornya yaitu berbentuk melengkung seperti cincin. Bentuk ekor yang melengkung ini adalah alami bukan cacat gen.

Kucing American Ringtail
Kucing American Ringtail | Image Source : www.dogbreedinfo.com

American ringtail adalah kucing generasi terbaru yang mulai dikembang biakan pada tahun 2000-an. Dinamakan ringtail karena bentuk ekornya mirip dengan cincin.

Sejarah American Ringtail

Pada tahun 1998 seorang anak yang merupakan keponakan Sue Manley menemukan anak kucing jantan di ruang kelas Washington High di Fremont, California. Kemudian sang anak memungut anak kucing tersebut dan memberikan kepada Manley yang kemudian diberi nama Solomon.

Solomon yang ditemukan ini memiliki keunikan pada ekornya yaitu berbentuk melengkung menyerupai cincin. Ekor kucing ini meringkuk di punggungnya. Selanjutnya pada tahun 1999 Manley mulai mengembang biakan solomon untuk menghasilkan kucing ras kucing berekor melengkung.

Setelah melakukan beberapa penelitian Manley menemukan fakta bahwa tidak ada ras kucing murni yang atau campuran yang memiliki ekor melengkung seperti Solomon. Di daerah California tempat Solomon ditemukan juga tidak ditemukan ras kucing yang memiliki ekor melengkung.

Selanjutnya Manley berkonsultasi dengan Dr. Leslie seorang dokter ahli genetika di UC Davis dan Dr. Solveig Pflueger yang bertugas di devisi genetika TICA. Kedua ahli genetika tersebut menyatakan bahwa ekor solomon adalah gen asli bukan dari cacat gen.

Setelah berkonsultasi Manley memutuskan untuk mengembang biakan Solomon dengan menyilangkannya dengan seekor kucing betina bernama Audrey Catburn. Dari persilangan tersebut Audrey melahirkan 8 ekor anak kucing yang semuanya memiliki ekor melengkung.

Kelahiran anak kucing yang berasal dari kawin silang Solomon dan Audrey terjadi pada tahun 1999. Namun, anak kucing yang dilahirkan tidak memiliki ekor semelengkung Solomon.

Baru di tahun 2000 anak kucing yang lain dari Solomonn terlahir dengan bentuk ekor yang benar-benar melengkung seperti Solomon. Anak kucing tersebut diberi nama ras Ringtail Sing-a-Ling, namun nama tersebut selanjutnya diganti dengan Ras American Ringtail.

Pada tahun 2005 Manley bekerjasama dengan peternak kucing lainnya untuk terus mengembang biakan kucing ini. Persilangan yang dilakukan adalah dengan mengawinkan kucing american ringtail dengan ras kucing domestik berbulu pendek dan beberapa keturunan ras murni. Pada tahun 2005 juga american ringtail resmi mendapat pengakuan dari The International Cat Association (TICA) dengan status “Kucing Terdaftar”.

Karakteristik Fisik

Dalam segi fisik kucing american ringtail memiliki postur tubuh sedang dan ada pula yang berpostur pendek. Untuk kucing berkelamin jantan bisa berbobot antara 3-7 kg sedangkan untuk kelamin betina bisa mencapai lebih dari 5 kg. Kucing ini memiliki penampilan yang atletis dan anggun dengan ekor meringkuk di punggungnya. Kucing ini memiliki beberapa pola dan memiliki beberapa jenis warna bulu.

Sifat American Ringtail

Kucing american ringtail adalah kucing yang ramah dan sayang kepada pemiliknya. Kucing ini tergolong penakut dan tidak agresif lebih cenderung menghindari orang ketika belum kenal. Ketika sudah mengenal seseorang ia akan sayang kepada orang tersebut. Selain itu ia juga aktif, senang bermain diluar rumah dan suka memanjat pohon.

Kucing ini mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi kepada tamu atau orang asing yang datang ke rumah, namun ia merasa tidak aman. Ia sangat suka ketika dibelai-belai sehingga mengeluarkan suara mendengkur bertanda kalau ia merasa nyaman.

Dalam ikatan dengan pemilik kucing ini cenderung setia hanya kepada anggota keluarga saja biasanya yang sering merawatnya, bermain dan sayang kepadanya. Ia suka berkomunikasi dengan suara yang khusus dengan pemiliknya. Oleh karena memberikan nama panggilan sangat penting bagi kucing ini.

Walaupun cenderung menyayangi salah satu anggota keluarga saja namun ia juga bisa sayang kepada semua anggota keluarga. Jika ia merasa nyaman dan dipenuhi dengan kasih sayang oleh keluarga lain maka ia juga bisa sayang kepada semua anggota keluarga bahkan hewan peliharaan lain.

American ringtail termasuk kucing jinak namun perlu diawasi karena ia sangat suka bermain dan memanjat pohon. Ia suka kepada air dan sering mencari air yang mengalir untuk dijadikan tempat bermain. Selain air ia juga senang kepada bau permen oleh hati-hati jangan berikan ia permen karet karena dapat berbahaya baginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *