Ras Kucing American Bobtail Asal Amerika Serikat

Ras kucing american bobtail asal amerika serikat

Ras kucing american bobtail adalah ras kucing domestik asal Amerika Serikat yang dikembangkan akhir tahun 1960-an yang memiliki ekor bundel pendek sekitar sepertiga dari panjang ekor kucing normal. American bobtail memang tergolong baru namun mudah mendapatkan penggemar dan popularitas di dunia kucing karena memiliki karakter cerdas dan lucu. Ekor yang pendek mirip dengan kucing Manx yang merupakan hasil mutasi genetik.

Ras kucing american bobtail asal amerika serikat
Kucing American Bobtail | Image Source : majalahhewan.com

Dalam segi penampilan Amrican Bobtail juga mirip dengan Japanese Bobtail namun sejatinya tidak ada hubungan genetik diantara keduanya. Jenis kucing American bobtail termasuk kucing yang kuat dengan bulu panjang dan pendek. Bulu pada kucing ini terkesan kusut dengan berbagai variasi warna.

Sejarah Kucing American Bobtail

Dalam kembang biaknya ras kucing american bobtail terlahir akibat seleksi alamiah yang menempa dirinya. Bobtail diartikan sebagai ekor pendek dihasilkan dari mutasi genetik yang diklaim sebagai ras di era 1960-an di Amerika Serikat. Awal pengembangan kucing ini terjadi ketika sebuah keluarga dari pasangan muda bernama Sanders menemukan anak kucing bobtail jantan berwarna brown tabby. Kucing tersebut didapatkan dari sebuah hutan kawasan cagar budaya Indian yang letaknya disebelah setalan Arizona. Selanjutnya brown tabby dikawinkan dengan kucing lokal dengan karakteristik ekor panjang.

Setelah terjadi kembang biak dari brown tabby dan kucing lokal tersebut menghasilkan anak kucing american bobtail. Keturunan dari american bobtail tersebut selanjutnya menghasilkan keturunan kucing yang memiliki ciri khas tersendiri yang panjang ekornya yang hanya 1/3 dari ekor kucing normal. Jika diperhatikan ras kucing american bobtail mirip dengan ras kucing japanese bobtail, namun setelah dilakukan penelitian keduanya tidak memiliki hubungan genetik.

Meskipun terjadi kemiripan pada kedua kucing tersebut, namun organisasi kucing dunia mengakui bahwa kedua kucing tersebut adalah ras yang berbeda. Pada tahun 1989 organisasi International Cat Asociation (ICA) menerima kucing american bobtail dan memasukannya ke dalam kategori pengembangan biakan baru dan ditahun 2002 baru diakui penuh sebagai ras kucing.

Selain itu organisasi Cat Fanciers Association (CFA) juga menyatakan kucing amarican bobtail adalah sah sebagai ras kucing baru pada bulan februari tahun 2000. Hal ini tentu mengukuhkan bahwa american bobtail adalah ras baru yang sah dalam ras kucing di dunia.

Karakteristik Fisik

Bentuk fisik ras kucing american bobtail
Kucing American Bobtail | Image Source : www.pets4homes.co.uk

Amrican bobtail adalah ras kucing memiliki ukuran tubuh sedang dan besar. Badannya mirip dengan kucing liar bobcat yang biasa ditemukan di hutan-hutan amerika. Badan kucing ini cukup kekar dan berisi, sementara itu tulangnya terlihat kokoh dan besar pada bagian dada. Bagian kaki belakang kucing ini ukurannya lebih besar dibandingkan dengan kaki depannya. Berat badan maksimal dari american bobtail bisa mencapai 8 kg.

Bagian kepala american bobtail berbentuk segitaga yang lebar dengan rahang yang terlihat kuat. Bagian hidungya tidak pesek namun melebar dan sedikit cekung diantara bagian kening. Telinganya menjulang lebar keatas dan memiliki bulu yang cuku lebat di sekitar daun telinganya. Bentuk matanya seperti kacang almond yang biasanya memiliki warna mata yang sesuai dengan bulunya.

Terdapat dua macam tipe bulu american bobtail yaitu pendek padat dan panjang menegah. Warna bulu american bobtail biasanya kombinasi warna hitam, putih dan cokelat kemerah-merahan. Corak atau pola pada bulu american bobtail menujukan kesan liar alami.

Bentuk ekor american bobtail adalah pendek bundel yang ukurannya hanya 1/3 dari ekor kucing normal pada umumnya dan inilah yang menjadi ciri khas ras kucing ini. Pertumbuhan kucing ini tergolong lambat untuk mencapai dewasa. Umumnya american bobtail membutuhkan 2 sampai 3 tahun untuk mencapai dewasa. Ukuran badan american bobtail betina lebih kecil jika dibandingkan dengan yang jantan.

Karakteristik Sifat

Sifat kucing american bobtail ramah dan bersahabat dengan manusia meskipun dalam segi penampilan mirip kucing liar. Selain itu kucing ini juga memiliki kecerdasan yang tinggi dan aktif dalam aktivitasnya. Tidak heran jika ia suka bermain diluar rumah, oleh sebab itu ia tidak suka berlama-lama berada di kandang. Kucing ini juga pandai beradaptasi dengan lingkungan dan hewan peliharaan lainnya.

Hal lain yang membuat daya tarik tersendiri bagi kucing ini adalah melakukan hal-hal yang bisa menarik perhatian pemiliknya. Karena sifatnya yang suka bermain sebagai pemilik jangan membiarkan sendirian. Sifat american bobtail hampir sama seperti anjing yang suka berada disekitar pemiliknya dan mencari perhatian pemiliknya. Berikan ia mainan yang bisa ia gunakan untuk bermain agar ia tak mudah stress.

Hal yang perlu diwaspadai dari american bobtail adalah ahli dalam meloloskan diri dari kandang. Ia akan bosan berada di kandang dalam waktu lama sehingga dengan kecerdasannya ia mencari cara untuk keluar dari kandang. Ketika mengajak jalan-jalan gunakan tali pengikat agar ia tidak hilang berkeliaran bebas karena kebiasaannya yang suka bermain.

Perlu diperhatikan bahwa sifat unik lainnya dari american bobtail adalah suka sekali mengambil dan mengumpulkan benda-benda yang mengkilap. Jika memelihara kucing ini waspadai aksesoris atau pecah belah yang ada dirumah karena bisa jadi dibuat mainan olehnya.

Harga Kucing American Bobtail

Amrican bobtail cukup banyak memiliki penggemar dan dijadikan hewan peliharaan. Harga kucing american bobtail yang ditawarkan berkisar antara 2 – 3 juta rupiah. Harga tersebut bisa dibilang relatif murah hal ini disebabkan banyak yang mengembang biakan ras kucing ini.Harga yang terjangkau menjadikan american bobtail banyak dipelihara para pecinta kucing

Perawatan ras kucing american bobtail juga terbilang mudah karena tidak mudah sakit dan bulunya tidak terlalu panjang. Perawatan bulu dapat dilakukan dengan menyisir setiap seminggu sekali. Hal penting yang harus diperhatikan adalah ketika memasuki masa birahi harus segera dicarikan pasangan karena jika tidak ia akan stress. Masa puber kucing ini juga terbilang cepat bikirsar usia 13 bulan dan dalam usia tersebut ia sudah siap untuk dikawinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *