Ras Kucing Aegean Asal Yunani Yang Unik

Kucing aegean asal yunani

Ras kucing aegean adalah adalah ras kucing domestik berasal dari Kepulauan Kyklades di Yunani. Aegean adalah salah satu ras kucing tertua di dunia yang memiliki badan medium, berbulu sedang dengan pola dua atau tiga warna. Pengembangan biakan aegean secara formal dilakukan tahun 1990-an oleh para peternak kucing Yunani. Dalam perkembangannya hasil dari kembang biak aegean belum diakui oleh organisasi kucing dunia karena masih ras asli dan belum ada ras baru.

Kucing aegean asal yunani
Kucing aegean | Image source : wikipedia.com

Pengembang biakan kucing aegean secara sistematis memang dilakukan baru-baru ini, namun penjinakan aegean sudah terjadi sejak berabad-abad yang lalu. Karena telah dijinakan sejak lama maka aegean mudah beradaptasi dengan manusia dan menjadi hewan peliharaan yang penurut.

Sejarah Kucing Aegean

Kepulauan Cycladic atau Kyklades di Laut Aegea negara Yunani adalah asal kucing aegean. Nama ras kucing ini diambil dari laut kepulauan tersebut yang bisa ditemukan disekitaran pelabuhan ikan. Di negara Yunani sendiri aegean dianggap sebagai hari nasional. Yunani sendiri merupakan negara yang terletak di sisi timur laut Mediterania yang berbatasan dengan 3 benua yaitu Eropa, Asia dan Afrika. Sampai saat ini telah banyak sekali ditemukan binatang yang beragam di Yunani termasuk kucing aegean.

Sebagian besar aegean berkeliaran di sekitaran pelabuhan atau perahu nelayan, namun sebagian kecil lainnya dipelihara oleh penduduk setempat. Kembang biak yang dilakukan terhadap kucing aegean terjadi belum lama ini baru dilakukan tahun 1990-an oleh peternak kucing Yunani. Sampai saat ini belum ada perkembangan ras baru dari kucing ini sehingga yang diakui oleh organisasi kucing dunia hanya aegean saja.

Karakteristik Fisik

Ukuran tubuh kucing aegean berukuran sedang dengan tulang kokoh dan berotot. Untuk warna bulu kucing ini berukuran sedang dan memiliki pola dua warna atau tiga warna. Jika mendapati aegean yang tiga warna maka sekilas penampilannya mirip dengan kucing kembang telon yang ada di Indonesia. Baik pola dua warna atau tiga warna semuanya memiliki warna putih dan biasanya menutupi 1/3 hinga 2/3 dari tubuhnya.Selain warna putih warna lainya adalah hitam, merah, biru, krem kemudian ada yang belang ada yang tidak.

Bentuk telinga aegean luas dan tipis, bentuknya bulat dan tertutup pleh bulu. Mata aegean berbentuk seperti kacang almond yang biasanya berwarna hijau. Untuk cakar aegean memiliki ukuran sedang dan memiliki bentuk bulat.

Sifat dan Kepribadian

Sifat kucing aegean sabar dan penyanyang hampir sama dengan kucing peliharaan umumnya. Sifat sabar dari kucing terlihat ketika ia begitu sabar duduk menanti para nelayan datang ke pelabuhan membawa ikan. Selain itu aegean juga termasuk kucing pintar dan memiliki kecerdasan yang cukup tinggi.

Dalam aktivitasnya aegean suka sekali bermain dengan aktif dan komunikatif. Di negara asalnya aegean juga suka berburu tikus karena sifatnya yang aktif. Terkadang kucing aegean suka menarik perhatian orang sekitarnya agar ia diberikan makan, tentu hal ini menjadi daya tarik tersendir bagi kucing ini.

Perawatan dan Harga Kucing Aegean

Dalam segi perawatan kucing aegean tidak terlalu membutuhkan perawatan yang berlebihan mengingat kucing ini berasal dari Yunani dan biasa hidup liar. Aegean tidak banyak memiliki penyakit seperti kucing peliharaan lainnya karena ketahanan fisiknya yang luar biasa. Hal ini bisa disebabkan aegean mirip dengan kucing kampung yang merupakan kucing asli dan berkembang biak secara alami tidak ada campur tangan manusia.

Meski di Indonesia jarang yang memiliki kucing aegean tidak ada salahnya mengetahui harga yang ditawarkan untuk memiliki kucing ini. Pada umumnya harga kucing aegean berkisar antara $ 300 – $ 400 USD atau jika dikonversi ke rupiah berkisar antara 3 sampai 4 juta lebih. Ternyata harganya cukup lumayan jika ingin memiliki kucing aegean, bagaimana apakah Anda tertarik?.

Itulah tadi cat lover pembahasan kita tentang kucing aegean yang bisa menambah wawasan Anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *