Ras Kucing Abyssinian Mewah dan Aristocrats

Ras Kucing Abyssinian

Kucing abyssinian adalah ras kucing berbulu pendek tertua di dunia yang memiliki tubuh mini mirip dengan couguar ukuran kecil. Jenis kucing terlihat mewah karena warna bulunya memiliki corak kemerah merahan yang mempesona. Untuk menjaga keaslian kucing ini maka ras kucing abyssinian dipelihara dengan sangat hati-hati sehingga warna, pola dan jenisnya bisa terjaga. Organisasi kucing dunia menobatkan kucing ini sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Bukti yang ditemukan adalah lukisan dan patung yang berasal dari Mesir kuno mirip dengan kucing abyssinian.

Ras Kucing Abyssinian
Kucing Abyssinian | Source Images : catlovers.com

Bangas Mesir mempercayai bahwa abyssinian keturunan kucing suci Mesir dan sampai saat ini telah didirikan kuil khusus untuk memuja kucing ini. Bukti lain adalah mumi abyssinian banyak ditemukan pada makam-makan bangsa Mesir kuno oleh para arkeolog. Ketika Mesir dikuasai oleh bangsa Romawi, abyssinian pernah dibawa ke Inggris digunakan untuk melindungi ladang gandum di Inggris dari tikus.

Sejarah Kucing Abyssinian

Pada bulan Desember tahun 1971 seekor kucing abyssinian bernama Zula untuk pertama kalinya mengikuti kontes kucing Crystal Palace di Inggris. Pada kontes tersebut Zula mendapatkan juara 3 sekaligus menjadi abyssinian yang pertama kali terdokumentasi.

Zula Kucing Abyssinian Pertama
Zula Kucing Abyssinian Pertama | Image Source : wikipedia.com

Nama abyssinian sebenarnya mengacu pada Ethiopia namun sebagian besar cerita asal usul abyssinian merujuk ke Mesir. Banyak yang mengulang cerita bahwa abyssinian berasal dari mesir kuno yang terlihat pada lukisan kucing yang orang-orang mesir kuno.

Selain itu berdasarkan cerita lain kucing abyssinian pertama kali dibawa oleh seorang tentara Inggris setelah perang Abyssinian berakhir pada tahun 1860-an. Pada waktu itu ada dokumentasi yang jelas mengenai asal daerah kucing itu, namun beredar cerita bahwa kucing tersebut didapat dari penjual satwa liar Mesir. Dari studi genetika terbaru dinyatakan bahwa abyssinian sebagai keturanan kucing daerah teluk Benggala di negara India.

Cerita lain yang berkembang menyebutkan bahwa asal dari abyssinian adalah keturunan kucing Afrika liar yang bertubuh kecil, Felis libyca yang ditemukan di Abyssina. Felis libyca antara tahun 1882 dan 1883 selanjutnya dikirim ke museum sejarah alam di Belanda.

Ras kucing abyssinian yang sekarang ada dan kita lihat bersama adalah keturuan kucing abyssinian yang telah dikembangkan di Inggris. Mesir telah ditetapkan sebagai negara asal abyssinian dan ras kucing yang satu ini telah diakui oleh organisasi kucing dunia seperti CFA, TICA, Fife dan GCCF.

Karakter Fisik

Tubuh kucing abyssinian berotot dan panjang dengan tulang yang kokoh. Kemudian untuk ukuran tangan dan kaki abyssinian panjang dan ramping. Abyssinian memiliki bentuk kepala segitiga dengan telinga dan moncong yang runcing. Bulu yang berada dikepalanya memiliki warna yang cenderung lebih hitam dan moncongnya berwarna putih.

Mata kucing abyssinian berbentuk seperti kucing almond dengan warna emas, hijau, cokelat dan tembaga tergantung pada warna bulunya. Sebagian abyssinian memiliki ekor yang panjang dan runcing sehingga menambah keanggunan fisik abyssinian.

Warna asli abyssinian adalah Ruddy atau cokelat kemerah-merahan dengan sedikit campuran warna hitam. Abyssinian juga memiliki pola warna lain seperti blue, fawn, silver dan sorel hasil dari pengembangan kucing abyssinian. Bulu abyssinian pendek sehingga memudahkan perawatan bulu kucing ini. Dalam segi penampilan abyssinian terlihat mewah karena corak bulunya yang mengakumkan.

Sifat dan Karakter

Karakter kucing abyssinian adalah setia dan penuh kasih sayang. Kucing ini juga sangat interaktif dan memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Untuk akativitas abyssinian termasuk dalam kucing yang aktif dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, tidak heran jika kucing jenis ini selalu bergerak dan berpindah-pindah. Walaupun demikian abyssinian tetap pemalu kepada orang baru yang ia kenal atau orang asing, namun jika ia sudah mengenal maka akan senang bersama orang yang ia kenal.

Abyssinian akan merasa senang jika selalu diperhatikan oleh pemoliknya dan biasanya akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Dengan karakter yang demikian maka kucing abyssinian tidak suka jika ditinggalkan sendiran. Tingkah laku abyssinian selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa karena selain manja ia juga penurut dan tidak suka merusak barang.

Tingkah laku abyssinian ketika bermain dan melakukan kegiatan seperti harimau kumbang, selain itu kucing ini juga bisa menari dengan gemulai. Selama dirawat dengan baik abyssinian akan menjadi hewan peliharaan yang luar biasa. Kucing abyssinian tidak banyak bicara namun ia suka memanjat dan bermain jadi waspadai dalam mengawasi kucing ini ketika diajak bermain diluar.

Perawatan Kucing Abyssinian

Untuk kesehatan kucing abyssinian tidak memiliki banyak masalah karena memiliki sedikit penyakit. Hal ini tentu memudahkan dalam perawatan kucing abyssinian dan tentu tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Masalah kesehatan yang terkadang terjadi adalah sakit gusi ditandai dengan gejala bau mulut kemudian terjadi infeksi pada gusinya dan membuat gigi rontok.

Dapat disimpulkan bawah ras kucing abyssinian adalah ras kucing tertua di dunia bertubuh mini dan terlihat mewah yang memiliki karakter setia. Nah bagaimana setelah menyimak penjelasan di atas apakan Anda tertarik untuk memelihara kucing abyssinian?. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *