9 Rekomendasi Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Kucing Persia Flatnose termasuk Kucing terpopuler di Indonesia

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak digemari masyarakat. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan menjadi salah satu alasan masyarakat banyak memelihara kucing. Meskipun banyak jenis kucing peliharaan di dunia, beberapa jenis kucing terpopuler di Indonesia akan kami rekomendasikan untuk Anda.

Kucing Terpopuler di Indonesia

Ras kucing yang ada di dunia ini sangat beragam dan jumlahnya sangat banyak. Sebagian dari ras kucing sangat populer dikalangan pecinta kucing. Selanjutnya Anda dapat menyimak beberapa jenis kucing yang paling banyak digemari di Indonesia dan biasa dijadikan peliharaan :

1. Kucing Persia

Kucing persia merupakan jenis kucing domestik yang memiliki wajah bulat dan moncong yang pendek. Nama persia berasal dari negara Iran dimana jenis kucing serupa ditemukan. Kucing ini memiliki karakteristik tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Salah satu ciri khas kucing ini adalah hidungnya yang pesek dan bulu yang panjang.

Jenis kucing peliharaan ini memiliki sifat yang manja pada pemiliknya, suka dibelai, dan ramah pada pemiliknya. Meskipun tergolong sebagai kucing priyayi, perawatan kucing persia cukup mudah. Agar tetap lucu dan bulunya tetap indah, Anda bisa memandikan kucing secara rutin dan menyisir bulunya agar tida kusut

Ada beberapa jenis kucing persia populer di Indonesia yang saat ini menjadi hewan peliharaan pilihan di antaranya adalah sebagai berikut :

a. Kucing Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose termasuk Kucing terpopuler di Indonesia
Kucing Persia Flatnose | Sumber : maniakucing.com

Jenis kucing ini merupakan kucing persia yang memiliki hidung pesek. Wajahnya bulat dengan bentuk tubuh yang gemuk. jarak antara dua telinga cukup berjauhan dan memiliki ukuran telinga yang kecil.

b. Kucing Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose Satu Kucing Populer di Indonesia
Kucing Persia Peaknose | Sumber Gambar : kucingpedia.com

Kucing ini memiliki bentuk hidung yang lebih pesek dibanding dengan kucing persia platnose. Kucing ini memiliki tubuh yang lebih gemuk dibanding dengan jenis kucing persia lainnya.

c. Kucing Persia Medium

Kucing Persia Medium Menjadi populer di Indonesia
Kucing Persia Medium | Sumber : www.hewanpeliharaan.org

Jenis kucing persia medium memiliki hidung yang panjang dan bentuk wajah segitiga dengan kepala bulat. Kaki kucing persia medium jauh lebih panjang dibanding jenis kucing persia lainnya, sehingga memiliki kemampuan yang cukup jauh dengan otot kaki yang kuat.

d. Kucing Persia Himalaya

Kucing Himalaya Persia
Kucing Himalaya Persia | Sumber : kucingpedia.com

Kucing persia himalaya merupakan jenis kucing hasil peranakan dari kucing persia dengan kucing siam. Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang gemuk, kaki pendek, dan wajah bulat seperti kucing persia jenis lain. Yang membedakan adalah warna dan tubuh kucing persia himalaya lebih menyerupai kucing siam. Kucing ini cukup aktif dan mampu melompat dari ketinggian 2 meter.

e. Kucing Persia Eksotis Shorthair

Kucing Populer Jenis Persia Eksotis Shorthair
Kucing Persia Eksotis Shorthair | Sumber Gambar : www.meongku.com

Kucing persia eksotis shorthair merupakan hasil peranakan dari kucing persia dan kucing Amerika berbulu pendek. Kartun Garfield merupakan salah satu jenis kucing yang merupakan kucing persia eksotis shorthair.

2. Kucing Anggora

Kucing Anggora sangat populer di Indonesia
Kucing Anggora | Sumber Gambar : kucingpedia.com

Kucing terpopuler di Indonesian selanjutnya adalah kucing anggora yang tentunya sudah banyak mendengarnya. Kucing anggora merupakan jenis kucing ras tertua di dunia. Ras kucing ini berasal dari Turki, sehingga sering dinamakan juga dengan kucing Ankara.

Kucing anggora memiliki ciri bulu yang indah, tubuh ramping, berotot, dengan kepala berbentuk segitiga. Ciri yang lain menunjukkan bahwa kucing anggora memiliki kaki yang panjang dan ekor yang mengembang. Sangat menarik, sehingga menjadi salah satu jenis kucing peliharaan terpopuler.

Kucing anggora termasuk kucing yang setia dan senang berinteraksi dengan manusia. Tingkahnya yang cukup aktif dan energik membuat kucing anggora tidak suka dikurung dan lebih suka berkeliaran di sekelilingnya. Kucing anggora merupakan kucing yang cerdas dan penurut, sehingga cukup mudah dilatih oleh pemiliknya.

Perawatan kucing anggora pun terbilang cukup mudah. Hampir sama dengan perawatan kucing persia yang sama-sama memiliki bulu yang panjang. Anda bisa memandikan secara rutin dan menjaga kebersihannya agar kucing Anda tetap sehat.

3. Kucing Kampung

Kucing Kampung Sangat populer di Indonesia
Kucing Kampung | Sumber Gambar : www.kucinglucu.net

Kucing kampung merupakan salah satu jenis kucing peliharaan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Populasinya yang cukup banyak membuat kucing kampung banyak ditemukan dimana saja meski tanpa pemilik. Meskipun begitu, kucing kampung bisa Anda jadikan sebagai kucing peliharaan. Bahkan beberapa kontes kucing banyak yang mengikutkan kucing kampung sebagai kontestannya.

Kucing kampung memiliki warna yang beragam. Beberapa diantaranya memiliki warna kuning, putih, putih-hitam, dan kucing tiga warna atau kembang telon. Salah satu kelebihan dari kucing kampung adalah sebagai kemampuan berburu sebagai predator hama rumah seperti tikus maupun serangga kecil lainnya.

Meskipun tidak sepopuler kucing ras lain, kucing kampung memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Hal ini membuat perawatan kucing kampung terbilang lebih mudah dibanding jenis kucing yang lain. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan makanan dan kebersihan kucing agar kucing lebih sehat.

4. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon Yang populer di Indonesia
Kucing Maine Coon | Sumber Gambar :kucingpedia.com

Rekomendasi kucing populer yang bisa kamu coba adalah kucing maine coon yang merupakan kucing bulu panjang Amerika. Jenis kucing ini yang merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Bernama maine coon karena kucing ini berasal dari Maine, Amerika Serikat dan dan kata “coon” berasal dari persilngan antara kucing setengah liar dengan rakun (racoon). Kucing jenis ini adalah salah satu yang paling populer di Indoneisa.

Kucing maine coon merupakan kucing yang memiliki badan besar dan tinggi. Kucing jantan memiliki berat antara 6-9 kg dan kucing betina memiliki berat badan sekitar 4-6 kg. Sedangkan tinggi kucing maine coon bis mencapai 1 meter.

Kucing maine coon memiliki bulu yang panjang sekitar 7 cm dan memiliki bentuk kepala sedang dengan dahi yang melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Bentuk khasnya bisa terlihat dari telinga maine coon yang besar dengan bawah yang lebar dan ujung yang lancip. Kaki kucing ini memiliki otot yang kuat dan memiliki ekor panjang dengan bulu yang mengembang.

Maine coon merupakan kucing yang aktif dan gemar bermain bersama pemiliknya. Sifatnya yang mudah beradaptasi membuat maine merupakan jenis kucing peliharaan yang direkomendasikan untuk dipelihara.

Perawatan kucing maine coon hampir sama dengan perawatan kucing bulu panjang lainnya. Agar tetap sehat, Anda bisa memberikan makanan dengan nutrisi yang cukup dan menjaga kebersihannya. Memandikan dan menyisir bulu kucing maine coon akan membantu menjaga bulu kucing ini menjadi lebih indah.

5. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue | Sumber : hewan.id

Kucing russian blue merupakan kucing ras yang berasal dari Rusia dan memiliki warna biru perak. Jenis kucing peliharaan ini memiliki bulu pendek dan biasanya bermata hijau. Meskipun memiliki bulu pendek, bulu kucing biru rusia ini sangat lembut saat disentuh.

Kucing jenis ini memiliki sifat yang cerdas dan selalu ingin tahu, sehingga sering mengekslorasi sekeliling. Tetapi, ternyata kucing biru rusia memiliki sifat pemalu terhadap orang asing. Meskipun begitu, kucing ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan senang diajak bermain oleh pemiliknya.

Rusian blue adalah Jenis kucing terpopuler di Indonesia ini menjadi peliharaan banyak orang. Usia kucing ini memiliki masa hidup yang cukup panjang. Rata-rata memiliki usia antara 15-20 tahun. Bahkan ada juga yang mencapai usia 25 tahun. Memiliki bentuk yang sedang, kucing biru rusia memiliki rata-rata berat badan antara 3,5 kg hingga 7 kg.

Kucing russian blue memiliki sifat yang menyukai kebersihan. Meskipun memiliki bulu pendek, Anda tetap harus memandikannya secara rutin. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan bak kotoran kucing agar kucing dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit.

6. Kucing Siamese

Kucing Siamese
Kucing Siamese | Sumber : meongku.com

Kucing siamese atau lebih dikenal dengan nama kucing siam merupakan ras kucing oriental dan menjadi ras kucing keturunan jalur murni. Dinamakan kucing siam karena kucing ini berasal dari Siam (Thailand) dan hingga kini kucing jenis ini banyak ditemukan di Thailand.

Yang menjadi ciri khas dari jenis kucing peliharaan ini adalah pola warna yang sama dengan bola mata bermata biru. Pola warna bulu kucing siam biasanya berwarna titik coklat gelap, titik merah, titik abu-abu, dan titik ungu. Seiring bertambahnya umur biasanya warna kucing siam akan menjadi lebih gelap.

Kucing siam merupakan kucing terpopuler di Indonesia berukuran medium dengan berat badan antara 4 hingga 7 kg dengan tinggi 60 cm. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping dengan kaki dan ekor yang panjang.

Kucing ini cocok dipelihara Anda yang sering berada di rumah. Hal ini dikarenakan sifat kucing siam yang keras kepala membuat kucing jenis ini tidak bisa ditinggal sendirian. Akan tetapi, kucing siam memiliki sifat yang ramah dan mudah beradaptasi, sehingga bisa membaur dengan hewan lain yang ada di rumah.

Perawatan kucing siam terbilang cukup mudah. Dengan usia rata-rata sekitar 13 tahun, kucing siam tetap harus diberi makanan dan dijaga kebersihan badannya dengan rutin.

7. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin | Sumber : kucingpedia.com

Kucing munchkin merupakan jenis kucing peliharaan berkaki pendek dan menjadi salah satu jenis kucing ras terpendek di dunia. Hal ini dikarenakan adanya mutasi genetik alami (mutasi gen autosom dominan). Meskipun memiliki tubuh yang pendek, kucing munchkin memiliki bulu panjang dan membuat jenis kucing ini banyak disilangkan dengan jenis kucing lain.

Kucing ini memiliki kebiasaan yang suka bermain dan mudah beradaptasi, sehingga cocok jika dijadikan sebagai kucing peliharaan. Tubuhnya yang mungil membuat kucing ini seperti kelinci dengan kaki bagian belakang lebih panjang dibanding dengan kaki bagian depan.

Perawatan kucing munchkin terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan makanan dengan protein tinggi dan selalu menjaga kebersihan badan kucing agar lebih sehat dan bulunya terjaga dengan baik.

8. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll | Sumber : Instagram.com/sweetheartragdoll

Kucing ragdoll merupakan jenis kucing peliharaan terbesar di dunia. Kucing ini ditemukan oleh Ann Baker sekaligus pencipta kucing ragdoll. Kucing jenis ini merupakan hasil persilangan antara kucing jantan berwarna hitam yang memiliki ciri seperti kucing persia dengan kucing betina berwarna putih dengan ciri mirip dengan kucing anggora.

Kucing ragdoll memiliki badan yang besar dengan berat antara 5 kg hingga 9 kg. kucing ini merupakan kucing dengan bulu sedang, tetapi memiliki tekstur seperti bulu kelinci. Biasanya kucing ragdoll memiliki 4 pola warna, yaitu van, bicolor, mitted, dan point (solid lynx dan tortie).

Cara perawatan kucing ini pun terbilang cukup mudah. Anda bisa menjaga bulu kucing gar tak mudah rontok dengan memandikan dan menyisirnya dengan rutin. Meskipun memiliki daya tahan tubuh yang baik, Anda tetap harus memperhatikan makanan dan lingkungan kandang kucing.

9. Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold | Sumber : kucingpedia.com

Kucing scottish fold merupakan jenis kucing peliharaan yang lucu dengan telinga terlipat. Kucing ini memiliki bentuk kepala yang bulat dengan mata yang terbuka lebar. Kucing ini memiliki leher yang pendek, sehingga terlihat menggemaskan dengan bentuk badan yang cukup gemuk. Biasanya kucing scottish fold memiliki berat antara 2-6 kg.

Memiliki bulu sedang dan tidak terlalu panjang membuat kucing scottish fold cukup mudah perawatannya. Anda bisa memandikan dan menjaga bulu tetap kering agar tidak bulu tidak terkena jamur dan gampang rontok. Selain itu, sifatnya yang mudah bergaul membuat kucing ini mudah beradaptasi dengan kucing lain di rumah Anda.

Nah, itulah rekomendasi jenis kucing terpopuler di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai hewan peliharaan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari kucing peliharaan.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *