Jenis Kucing Scottish Fold Harga Terbaru & Cara Merawat

Jenis Kucing Scottish Fold

Scottish fold merupakan salah satu jenis kucing domestik yang telah mengalami mutasi genetik. Mutasi genetik pada jenis kucing scottish fold ini mempengaruhi seluruh tulang rawan di tubuhnya. Meskipun begitu jenis kucing scottish fold ini cukup populer dan banyak digemari karena kelucuannya.

Jenis Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold : Image Source : https://hewany.com

Nama scottish fold diambil karena untuk menggambarkan kucing ini. Kata scottish diambil karen asal kucing dari Skotlandia, sebuah kota di Britania Raya. Sedangkan kata fold dipakai karena telinga kucing jenis ini yang terlipat.

Kucing scottish fold memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh kucing jenis lain, yaitu telinga kucing ini terlipat seperti burung hantu karena adanya mutasi genetik. Kucing ini memiliki tampilan yang sama dengan kucing american curl. Bedanya kucing scottish fold memiliki telinga yang tertutup ke depan, sedangkan kucing american curl memiliki telinga yang terlipat ke belakang.

Sejarah Penemuan Kucing Scottish Fold

Di tahun 1961, ditemukan kucing berwarna putih dengan telinga terlipat yang bernama Susie di pertanian Perthshire Skotlandia. Ketika ditemukan, Susie sedang hamil dan kemudian melahirkan anak yang memiliki telinga terlipat.

Pada awalnya kucing jenis in dinamakan dengan floopy ears dan berubah nama menjadi scottish fold di tahun 1966. Salah satu anak Susie diadopsi oleh tetangga pemilik pertanian bernama Mary dan mulai dikembangbiakkan dengan bantuan salah satu ahli genetik. Pengembangbiakkan kucing ini melahirkan 76 ekor kucing ras dengan 42 ekor kucing yang memiliki telinga terlipat.

Adanya kucing ras jenis baru ini didaftarkan ke Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di tahun 1966. Akan tetapi GGCF kemudian menghapus kucing ras ini karena belum memiliki gen yang stabil. Untuk mendapatkan gen yang stabil, kucing scottish fold diekspor ke Amerika dan dikawinkan dengan kucing berbulu pendek.

Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold

Bentuk Tubuh atau ciri fisik
Ilustrasi Kucing Scottish Fold : Image Source : https://hewany.com

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kucing scottish fold, Anda harus mengenali ciri-cirinya agar tidak tertipu saat membeli kucing ini. Berikut ciri-ciri fisik kucing scottish fold yang perlu Anda perhatikan:

1. Postur Tubuh

Salah satu ciri yang bisa Anda lihat adalah postur tubuhnya. Kucing scottish fold memiliki tubuh yang medium dan cenderung bulat. Sehingga terihat lebih gempal. Pada umumnya, kucing jantan memiliki berat hingga 6 kg, sedangkan kucing betina memiliki berat hingga 4 kg.

2. Kepala

Kepala kucing scottish fold berbentuk bulat dengan telinga terlipat ke depan. Dengan bentuk kepala yang bulat membuat kucing jenis ini terlihat lebih gemuk dengan tulang pipi yang cukup kokoh. Matanya yang terbuka lebar dan besar membuat kucing ini terlihat lucu dan menggemaskan.

3. Leher

Tubuhnya yang terlihat gempal dan bentuk wajah yang menggemaskan didukung oleh leher yang pendek. Postur tubuh kucing scottish fold ini membuat kucing ini terlihat sangat lucu.

4. Ekor

Kucing scottish fold memiliki bentuk ekor yang menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya. Ekor scottish fold biasanya memiliki bulu yang sedang ataupun panjang.

5. Bulu

Pada umumnya, kucing scottish fold memiliki bulu sedang dan tidak terlalu panjang. Kucing scottish fold memiliki pola warna tricolor, bicolor, tabby, smoke, shaded, solid, dan spots. Pola warna kucing ini didukung aneka warna bulunya, seperti hitam, putih, coklat, cameo, krem, dan biru.

Jenis Kucing Scottish Fold di Dunia

Perlu kamu ketahui bahwa ada dua jenis kucing scottish yang bisa Anda jadikan sebagai kucing peliharaan, yaitu:

1. Folded Ear

Jenis Folded Ear
Kucing Scottish Fold Folded Ear | Image Source : https://hewany.com

Kucing scottish fold jenis ini memiliki telinga yang terlipat ke depan dan menghadap ke bawah. Kucing jenis merupakan hasil akibat dari mutasi gen spontan.

2. Straight Ear

Jenis Fold Straight Ear
Kucing Scottish Fold Straight Ear : Image Source : https://hewany.com

Kucing scottish fold ini memiliki telinga yang sama dengan telinga jenis kucing lainnya. Telinga kucing jenis straight ear tidak terlipat dan biasanya kurang diminati karena telah kehilangan salah satu ciri khasnya.

Sifat Kucing Scottish Fold

Selain memiliki bentuk yang gempal dan menggemaskan, kucing scottish fold memiliki sifat yang lucu dan membuat dapat meningkatkan mood Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut sifat kucing scottish fold yang perlu Anda ketahui:

1. Mudah Bergaul dan Ramah

Bagi Anda yang khawatir kucing akan menggigit, kucing scottish fold cukup ramah dan tenang saat dipelihara di rumah. Kucing ini mudah bergaul dengan kucing jenis lain dalam satu rumah serta tidak memiliki sifat cemburu kepada hewan lainnya. Selain itu, scottish fold mudah beradaptasi sehingga Anda tidak perlu khawatir kucing akan melarikan diri ke luar rumah.

2. Aktif

Scottish fold merupakan kucing yang aktif dan tidak suka berada di dalam kandang terus-menerus. Supaya tidak bosan, Anda bisa mengajak bermain dan melepasnya dari kandang agar kucing bisa bergerak bebas.

3. Penyayang

Salah satu ciri yang paling menonjol dari kucing scottish fold adalah sifatnya yang penyayang pada pemilik ataupun hewan lain di sekitarnya. Kucing ini cukup bersahabat dan perhatian pada pemiliknya. Anda bisa memberikan perhatian pada kucing ini dan perhatian Anda akan dibalas olehnya lebih dari dua kali lipat dari perhatian Anda.

Cara Merawat Kucing Scottish Fold

Pada dasarnya merawat kucing scottish fold bukanlah hal yang sulit. Hanya saja karena harga jenis kucing ini yang lebih mahal dibanding kucing jenis lain, cukup sayang jika kucing scottish fold tidak dirawat dengan baik. Agar kucing tetap sehat dan aktif, cara merawat kucing scottish fold membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dari pemilik.

1. Pemilihan Pakan

Memilih pakan kucing menjadi salah satu faktor penting untuk memelihara kesehatan kucing Anda. Pemilihan pakan kucing bisa disesuaikan dengan usia kucing. Untuk kucing di bawah usia 1 tahun bisa menggunakan pakan jenis kitten, sedangkan untuk usia di atas 1 tahun menggunakan jenis adult.

Selain itu, Anda juga harus melihat kandungan nutrisi yang terkandung pada pakan kucing. Agar kucing terlihat lebih gemuk dan sehat, Anda bisa memberikan pakan yang memiliki komposisi protein lebih tinggi. Pakan kucing juga biasanya dilengkapi dengan beragam mikronutrien lain yang berfungsi untuk menjaga kesehatan bulu dan mata kucing.

Memberi pakan sebaiknya dilakukan di jam makan kucing dengan takaran yang tepat. Hal ini untuk melatih kedisiplinan kucing dan mencegah kucing mencari makanan lain di sekitar rumah. Untuk anak kucing, Anda bisa memberikan makan hingga 4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk kucing dewasa, pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu hari.

2. Menjaga Kebersihan Badan

Selain memberi pakan yang tepat, kebersihan badan kucing harus tetap dijaga. Meskipun jenis kucing scottish fold bukanlah kucing yang memiliki bulu panjang, Anda harus menjaga kesehatan bulunya agar tetap indah dan bersih.

Anda bisa menyisir bulu kucing secara teratur agar bulu kucing tak gampang kusut, mencegah kutu berkembang, dan menghilangkan bulu yang sudah mati. Selain itu menyisir bulu kucing juga dapat memperlancar peredaran darah kucing, sehingga kucing lebih rileks dan terhindar stres.

Memandikan kucing juga harus dilakukan secara rutin untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Memandikan kucing sebaiknya dilakukan ketika cuaca terik dan usahakan untuk mengeringkan bulu kucing agar tidak lembab dan menimbulkan jamur pada tubuh kucing.

3. Membersihkan Kandang

Kebersihan kandang perlu dijaga agar kucing tidak gampang tertular beragam penyakit. Anda bisa membersihkan kandang seminggu sekali atau setiap kucing selesai buang air. Membersihkan kandang kucing bisa dilakukan dengan cara menyemprot kandang dengan air mengalir. Selain itu, perlu diperhatikan untuk mengeringkan kandang agar tidak lembab dan dapat memicu pertumbuhan jamur pada tubuh kucing.

Selain kandang, bak kotoran kucing juga harus dibersihkan secara rutin. Hal ini untuk mencegah bau kotoran menyebar, sekaligus untuk mencegah penularan penyakit menular pada kucing. Anda bisa mengambil kotoran dengan menggunakan serokan kucing agar tangan Anda tidak kotor. Untuk membersihkan pasir agar tidak berbau, Anda bisa mencuci dan mengeringkan pasir hingga benar-benar kering dan tidak lembab.

4. Vaksinasi Kucing Scottish Fold

Agar daya tahan tubuh kucing scottish fold tetap terjaga, Anda bisa memberikan vaksinasi untuk mencegah penyakit yang masuk ke tubuh kucing. Vaksinasi bisa dilakukan ketika kucing sudah berusia 8 hingga 9 minggu. Vaksinasi pada kucing dilakukan karena kekebalan pada tubuh kucing mulai berkurang dan kucing memerlukan kekebalan tambahan agar kucing tidak gampang terserang penyakit.

Beragam vaksinasi bisa diberikan kepada kucing yang disesuaikan dengan usia kucing. Pada dasarnya ada tiga jenis vaksin yang bisa diberikan pada kucing, yaitu tricat, tetracat, dan vaksin rabies. Anda bisa menghubungi dokter hewan terdekat untuk berkonsultasi jenis vaksin yang akan diberikan pada kucing Anda.

5. Memberikan Obat Cacing

Selain memberikan vaksin, obat cacing juga harus diberikan secara rutin 4 bulan sekali. Anda bisa membeli obat cacing di pasaran dan menyampurkannya pada makanan kucing. Selain itu, ada pula obat cacing dalam bentuk drop yang akan mempermudah Anda dalam memberikan obat cacing.

Dengan memberikan obat cacing akan mencegah kucing terinfeksi cacing. Pencegahan cacingan akan menghindarkan kucing agar tidak menjadi semakin kurus dan menjadi lebih rentan terkena beragam penyakit.

Harga Kucing Scottish Fold

Harga Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold : Image Source : www.idntimes.com

Kucing scottish fold merupakan kucing yang memiliki ciri khas dan tidak dimiliki oleh kucing jenis lain. Harga yang ditawarkannya pun cukup fantastis untuk satu ekor kucing scottish fold. Bagi Anda yang ingin memelihara kucing jenis ini, Anda harus merogoh kocek yang lebih besar dibanding ketika .Anda memutuskan memelihara kucing jenis lain.

Untuk kucing dengan usia 3 bulan dan belum divaksin, 1 ekor kucing scottish fold bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang sebesar 1,5 juta hingga 2,5 juta rupiah. Sedangkan untuk kucing usia 3 bulan dan sudah divaksin, biaya yang dikeluarkan antara 2 juta hingga 3 juta rupiah.

Seiring bertambahnya umur, kucing scottish fold dijual dengan harga yang cukup tinggi. Untuk usia 6 bulan dan belum divaksin, kucing dijual dengan harga 5 juta hingga 7 juta rupiah. Sedangkan untuk yang sudah diaksin bisa dibeli dengan harga 5,5 juta hingga 7,5 juta rupiah.

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal dibanding kucing jenis lain, jenis kucing scottish fold ini cukup direkomendasikan bagi Anda pecinta kucing. Cara perawatan kucing yang tidak terlalu sulit bisa Anda lakukan di waktu senggang Anda. Selain itu, kucing ini memiliki sifat yang ramah, keunikan telinga dan tubuh kucing menjadi salah satu daya tarik yang dapat meningkatkan mood Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *