4 Jenis Kucing Persia : Cara Merawat dan Harganya 2020

Jenis atau ras kucing persia

Kehadiran hewan peliharaan di rumah tentu sangat menyenangkan. Apalagi ketika melihat perilaku mereka yang lucu dan menggemaskan. Salah satu hewan peliharaan populer di tengah masyarakat, yaitu kucing terutama dari kalangan jenis kucing persia. Kucing persia sangat khas dengan hidung datar atau pesek. Semua pecinta kucing persia pasti sepakat bahwa kucing tersebut memiliki bulu yang lebat dan panjang. Selain itu, kucing persia juga terkenal senang bermanja-manja dengan pemiliknya.

Jenis atau ras kucing persia
Kucing Persia

Kucing persia sendiri ditemukan di kawasan Persia atau yang sekarang bernama negara Iran. Berbeda dari jenis kucing lainnya, kucing persia mudah sekali dikategorikan. Bahkan kucing jenis ini cepat mendapat tempat di hati pecinta kucing pada berbagai belahan dunia. Mulai dari Italia, Inggris, Amerika, Timur Tengah hingga Indonesia. Maka tidak heran jika terdapat perkumpulan kucing persia dalam skala Internasional seperti National Cat Club. Terlebih kucing persia juga termasuk ras kucing tertua di dunia.

Tempat Asal Dan Penyebaran

Kucing persia pertama kali dibawa oleh Pietro Della Valle dari Persia ke Italia sekitar tahun 1620. Kemudian menyebar ke wilayah Britania Raya. Harrison Weir memulai dengan pagelaran kontes kucing persia di Crystal Palace, London, Inggris pada tahun 1871. Selanjutnya, kucing persia mulai diperkenalkan oleh Nicholas Cluda fabri de Peiresc dari Turki ke Perancis. Pada tahun 1900-an kucing persia telah didatangkan ke Kanada dan Amerika Serikat. Kucing persia juga semakin meluas di kawasan Eropa, Afrika dan Asia termasuk Indonesia.

Terdapat sumber sejarah yang menyatakan bahwa jenis kucing persia pada awalnya tidak berbulu panjang. Namun, kucing persia yang dibesarkan di Turki hidup bersama dengan jenis angora Turki. Alhasil, generasi kucing persia berikutnya berkembang biak memiliki bulu panjang. Sumber lain juga menyebutkan, kucing persia di Afrika berkembang biak dengan kucing liar Afrika sehingga memiliki keturunan berbulu panjang. Kucing persia berbulu panjang inilah yang sekarang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Bentuk Wajah Dan Tubuh

Ketika dilihat, kucing persia tampak menarik dan imut. Pasalnya, kucing persia memiliki bentuk penampilan tubuh yang gemuk dan tambun. Sedangkan bentuk wajahnya bulat sedikit moncong dengan hidung pesek identik sehingga sangat mudah dikenali. Jika diteliti lebih lanjut, bentuk dahi, hidung dan dagu dari kucing persia tergolong cukup datar atau sering disebut rata. Di seluruh bagian tubuh kucing persia tertutup oleh bulu yang tebal dan lebat. Inilah yang membuat kucing persia lebih imut dari jenis kucing lain.

Umumnya lebar kepala kucing persia lebih besar dari kucing jenis lain. Bahkan jenis kucing persia memiliki senyuman manis dengan mata lebar dan pipi tembem. Lalu ukuran cakarnya juga berbeda pada lima jari di kedua kaki depan dan empat jari di kedua kaki belakang. Ukuran cakar kucing persia dapat digunakan sebagai cara untuk mengetahui kucing persia asli atau bukan. Hal tersebut karena hanya kucing persia yang memiliki ukuran cakar besar agak bulat dan kokoh. Selain itu, ekornya juga sangat proporsional dengan ukuran badan.

Jenis-Jenis Kucing Persia

Seiring dengan perkembangbiakan dan penyebaran kucing persia yang semakin besar, ras kucing persia juga semakin beragam. Pada masing-masing jenis memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik. Misalnya, ada yang memiliki hidung pesek atau agak mancung. Ada juga yang memiliki bulu panjang lebat atau sangat lebat. Tidak sedikit orang yang juga jatuh cinta karena bentuk wajah kucing persia bulat atau agak bulat. Bahkan beberapa memilih menyukai kucing persia berdasarkan warna bulunya.

Berikut ini adalah 4 jenis kucing persia yang ada berdasarkan bentuk wajah hingga warna bulu, yaitu sebagai berikut :

1. Kucing persia Peaknose

Peaknose merupakan salah satu primadona dari seluruh ras kucing persia. Peaknose menjadi idaman para cat lovers. Tentu saja berkat bentuk tubuh gemuk dan hidung paling pesek yang sangat imut. Selain itu, kucing persia Peaknose mempunyai kelebihan lebih menggemaskan. Apalagi bentuk wajah Peaknose bulat dengan mata besar dan pipi tembem. Bayangkan cara kucing tersebut berjalan tentu sangat lucu karena tubuhnya yang gembul dan padat. Meskipun tampak sekilas Peaknose cukup mirip dengan Flatnose.

Ras kucing persia, mempunyai aturan dasar bahwa semakin pesek hidung kucing persia maka harga kucing tersebut semakin mahal. Tidak heran jika Peaknose bisa dijual dengan harga mencapai Rp12 juta. Bahkan sering diadakan kontes kucing persia Peaknose untuk mempertunjukkan kelucuan mereka. Selain itu, Peaknose masih terbagi menjadi dua jenis, yaitu Peaknose ekstrim dan Peaknose biasa. Peaknose ekstrim memiliki wajah lebih rata dengan hidung sangat pesek. Sedangkan peaknose biasa masih ada sedikit bagian hidung yang menonjol.

2. Kucing Persia Flatnose

Jenis kucing persia berikutnya, yaitu Flatnose. Flatnose sendiri sangat populer di Amerika Serikat. Sepertinya namanya, ras kucing persia tersebut memiliki hidung yang pesek. Meskipun tidak lebih datar dari hidung milik ras Peaknose. Flatnose dikenal paling chubby di antara ras kucing persia lainnya. Hal tersebut karena hidung Flatnose yang berukuran kecil umumnya sejajar dengan mata. Terlebih bentuk kepala Flatnose juga sedikit kotak. Alhasil, pipi Flatnose menjadi tampak gemuk alias chubby menggemaskan.

Ciri fisik yang lebih spesifik dari ras Flatnose, yaitu ukuran kucing yang kecil dan meruncing. Selain itu, bentuk tubuh Flatnose yang bantet dan pendek dipenuhi oleh bulu panjang. Ukuran kaki tidak panjang dan tidak juga pendek atau disebut sedang. Dan yang paling mengasikan, ras Flatnose sangat aktif dan suka sekali bermain. Jadi, bagi para cat lovers yang mendambakan ras kucing persia atraktif bisa memilih ras Flatnose ini. Harga ras kucing persia Flatnose cukup menguras isi kantong karena bisa mencapai Rp11 juta pada usia minimal 6 bulan.

3. Kucing Persia Medium

Ras kucing persia Medium menjadi kucing persia biasa dipelihara di Indonesia. Pasalnya, kucing persia Medium memiliki beragam warna bulu. Mulai dari putih bersih, abu-abu, cokelat, hitam hingga belang. Berkat wajah imut dan lucu, Medium sangat digemari. Meskipun tidak sedikit yang beranggapan bahwa Medium mempunyai tampilan yang kurang imut dan lucu dari ras kucing persia pada umumnya. Namun, ras kucing persia ini tetap saja populer di kalangan cat lovers Indonesia.

Secara fisik, Medium mempunyai ukuran tubuh standar dengan bulu tidak cukup panjang tetapi menjadi paling lebat di antara lainnya. Hidung Medium juga tidak terlalu pesek dan tidak mancung. Ras kucing persia Medium masih terdiri dari dua macam, yaitu shorthair dan longhair. Longhair memiliki bulu panjang dan tebal sedangkan shorthair memiliki bulu pendek dan tebal. Dari segi perawatan, Medium longhair lebih sulit karena bulunya lebih panjang. Harga ras kucing persia Medium relatif lebih murah dari jenis lain, yaitu mencapai Rp8 juta.

4. Kucing Persia Himalaya

Jenis kucing persia Himalaya merupakan ras kucing persia berdasarkan hasil persilangan kucing persia dengan kucing siam asal Thailand. Sebagai ras kucing persia hasil persilangan, Himalaya cukup berbeda di antara ras kucing persia lain. Seperti ukuran hidung yang mancung dan warna bulu yang lebih cenderung mengikuti kucing siam. Bahkan beberapa Himalaya juga mengikuti bentuk tubuh kucing siam yang langsing dan ramping. Alhasil, dengan tubuh tersebut Himalaya mampu melompat hingga ketinggian 2 meter.

Himalaya mempunyai ciri fisik, yaitu hidung mancung, bulu lebat dan sangat panjang serta warna bulu berpola pada bagian tertentu. Misalnya, warna coklat tua atau hitam pada wajah, telinga, hidung, ekor atau ujung kaki. Sementara warna pada bagian tubuh seperti coklat muda dan putih. Postur tubuh Himalaya cukup besar hingga mencapai 6 kilogram. Bahkan dengan perawatan yang baik, Himalaya mampu bertahan hidup sampai 15 tahun lamanya. Selain itu, harga Himalaya sekitar Rp9 juta untuk usia minimal 6 bulan.

Warna Bulu

Di dunia terdapat banyak sekali ras kucing persia. Beberapa ras lainnya yang menjadi favorit cat lovers, yaitu kucing persia putih, kucing persia hitam dan kucing persia eksotis. Ras kucing persia putih memiliki keunggulan bulu putih yang cantik. Sehingga memancarkan karakter kucing persia yang manja. Kucing persia putih membutuhkan perawatan dan pemeliharaan khusus agar warna bulunya yang putih bersih tetap indah. Selain itu, kucing persia berwarna putih terlihat lebih imut. Terutama saat si kucing sedang tertidur pulas, pasti sangat menggemaskan.

Ras kucing persia berikutnya yang tidak kalah menggemaskan, yaitu kucing persia hitam. Ras kucing persia hitam memiliki karakter yang kekar dan garang. Terlebih kucing persia berbulu hitam sempurna ini sangat mudah dirawat dan dipelihara karena tidak mudah kotor. Bahkan ras kucing persia hitam juga tetap tampak lucu. Sedangkan ras kucing persia eksotis terkenal berkat perannya sebagai tokoh kartun garfield yang berasal dari Amerika Serikat. Namun, asosiasi kucing CFA tidak memasukkan kucing persia eksotis dalam kategori jenis kucing persia.

Daftar Harga Kucing Persia

Harga kucing persia memang beraneka ragam sesuai dengan usia, ras dan kondisi vaksinasi kucing persia. Biasanya, ras kucing persia dengan fisik semakin pesek akan semakin mahal. Kemudian untuk kategori usia, ras kucing persia yang semakin produktif akan semakin mahal harganya. Sedangkan kucing persia yang sudah divaksinasi akan lebih mahal dari yang belum dilakukan vaksin. Pasalnya, vaksin kucing berguna untuk melemahkan virus atau penyakit sehingga imunitas tubuh kucing persia jadi lebih kebal. Berikut ini daftar harganya.

UsiaHarga
PeaknoseFlatnoseMediumHimalaya
3 bulan (Sudah Vaksin)6 – 7 juta5 – 6 juta2 – 3 juta3 – 4 juta
3 bulan (Belum Vaksin)8 – 9 juta7 – 8 juta4 – 5 juta5 – 6 juta
6 bulan Sudah Vaksin)10 – 11 juta10 juta6- 7 juta7 – 8 juta
6 bulan Sudah Vaksin)12 – 13 juta11 – 12 juta8 – 9 juta9 – 10 juta

Itulah ulasan jenis kucing persia dan harganya di tahun 2019. Ras kucing persia memang unik dan istimewa sehingga membuat para cat lovers berani merogoh kantong lebih dalam untuk memeliharanya. Selain itu, harga jual kucing persia juga patut dipertimbangkan bagi para pebisnis hewan peliharaan. Bahkan harga tersebut bisa berubah lebih mahal jika terjadi kelangkaan. Bagi cat lovers sebaiknya pilih ras kucing persia yang sesuai dengan kemampuan dalam merawat dan memelihara.

Selain informasi mengenai kucing persia Anda juga menyimak artikel lainnya yang membahas mengenai kucing maine coon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *