Jenis Kucing Maine Coon Spesies Terbesar di Dunia

Jenis Kucing Maine Coon

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia. Sifatnya yang lucu dan menggemaskan menjadi salah satu daya tarik sebagian orang untuk memeliharanya. Beragam jenis kucing peliharaan bisa Anda pelihara di rumah dan salah satunya adalah jenis kucing maine coon.

Jenis Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Kucing maine coon adalah jenis kucing ras paling tua di Amerika Serikat. Selain itu maine coon juga dianggap sebagai kucing terbesar di dunia, sehingga kucing jenis ini juga sering disebut dengan kucing raksasa atau giant cats. Kucing maine coon juga dipercaya sebagai nenek moyang kucing Norwegian Forest dan kucing anggora

Kucing Maine Coon

Dinamakan maine coon karena nama kucing ini terdiri dari dua kata yaitu maine dan coon. Dinamakan maine karena kucing ini berasal dari Maine, sebuah negara bagian di Amerika Utara. Hal ini dikarena kucing jenis ini dikembangbiakkan secara alami untuk pertama kali di Maine, sehingga kucing ini bisa juga disebut dengan kucing resmi negara Maine.

Sedangkan kata coon berasal dari kata racoon yang berarti rakun. Hal ini dikarenakan ekor kucing maine coon yang mirip dengan ekor rakun. Ada juga yang berpendapat bahwa maine coon merupakan hasil perkawinan antara kucing dan rakun.

Asal Usul Kucing Maine Coon

Asal usul kucing maine coon belum diketahui secara pasti. Ada referensi yang menyatakan bahwa orang Viking yang membawa kucing jenis ini pertama kalinya ke Amerika Utara sebelum Columbus melakukan pelayaran. Referensi lain menyatakan bahwa kucing ini merupakan kucing Maria Antoinette yang memiliki bulu panjang dan kemudian dikirim ke Amerika.

Referensi yang paling dipercaya menyatakan bahwa kucing maine coon diketahui pertama kalinya di tahun 1861. Kucing tersebut bernama Captain Jenks of The Horse Marines yang memiliki bulu berwarna hitam dan putih. Dan di tahun 1895 terdapat kucing maine coon betina yang bernama Best Cat yang diketahui ikut dalam acara kucing di Madison Square Garden.

Maine coon menjadi kucing teregistrasi kelima di organisasi Cat Fanciers Association (CFA) di tahun 1908. Hingga kemudian kucing jenis ini menjadi kucing yang cukup populer di Britania Raya sebelum munculnya kucing persia dan kucing siamase.

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Berbagai jenis kucing maine coon memiliki ciri fisik yang berbeda dengan kucing jenis lain. Selain memiliki tubuh besar dan panjang, kucing ini memiliki ciri fisik lain yang sangat khas.

1. Postur Tubuh

Jenis kucing maine coon merupakan kucing terbesar di dunia. Perawakannya yang cukup besar dengan tinggi maksimal bisa mencapai 1 meter ini bisa dilihat ketika kucing berusia 3 bulan hingga 5 tahun. Tulang kucing maine coon cukup besar dan badannya memiliki otot yang kuat, sehingga kucing ini terlihat gagah.

Panjang badan kucing bisa mencapai 121 cm yang dihitung dari ujung kepala hingga ekor. Untuk berat badan kucing jantan antara 6 hingga 9 kg, sedangkan berat badan kucing betina biasanya berkisar antara 4 hingga 6 kg.

2. Bentuk Wajah

Ciri khas kucing jenis ini terlihat dari bentuk kepalanya. Kepala kucing ini memiliki bulu yang lebat dan membuatnya mirip seperti singa. Telinga kucing ini meruncing, besar, dan ditumbuhi banyak bulu. Tulang pipi maine coon cukup lebar dan berbentuk oval dengan dahi melengkung dan mata yang terbuka lebar.

3. Bulu

Keunikan dari kucing ini adalah bulunya yang lebat. Bahkan ketika musim dingin bulu kucing maine coon bisa mencapai 7 cm. Variasi warna dari bulu kucing jenis maine coon ini juga cukup banyak dibandingkan dengan kucing jenis lain. Bulu kucing maine memiliki bulu yang sangat halus (silky coat) dan tebal, serta bulu kucing ini tidak dapat dengan mudah ditembus oleh air.

Pola warna kucing maine coon pun beraneka ragam. Salah satu sumber menyebutkan bahwa maine coon memiliki pola warna yang lebih banyak dibanding kucing jenis lain. Beberapa pola warna yang dimiliki kucing maine coon adalah tabby klasik atau makarel, merah, solid, tortoiseshell, dan silver.

4. Ekor

Selain bentuk wajah dan perawakan kucing maine coon, ciri khas lain dilihat dari bentuk ekor kucing maine coon. Kucing ini memiliki ekor yang panjang dan meruncing hingga ke ujung. Dengan bulu yang lebat, bentuk ekor kucing maine coon mirip dengan kemoceng.

Sifat Kucing Maine Coon

Selain perawakan kucing maine coon yang berbeda dari yang lain, sifat kucing jenis ini pun cukup banyak digemari oleh sebagian orang. Karakternya yang ramah dan menggemaskan menjadi salah satu daya tarik untuk memelihara kucing ini.

1. Kucing yang Mandiri

Salah satu karakter sifat yang membedakan kucing maine coon adalah kemandirian yang dimiliki oleh maine coon. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh kucing jenis lain dan dapat meringankan pemilik ketika memeliharanya.

2. Aktif

Maine coon merupakan kucing yang aktif dan lincah. Kucing ini lebih menyukai berada di luar kandang dibanding jika selalu dikurung di kandangnya. Salah satu kelebihannya, maine coon merupakan kucing yang tidak takut air dan suka bermain dengan air.

Jenis Kucing Maine Coon di Dunia

Kucing maine coon merupakan kucing yang memiliki banyak variasi warna yang membuatnya tampak eksotis. Menurut The Governing Council of The Cat Fancy (GCCF), terdapat lebih dari 60 variasi warna jenis kucing maine coon, diantaranya adalah:

1. Tabbies

Terdapat dua jenis pola tabbies, yaitu classic tabbies dan mackarel tabbies. Classic tabbies merupakan perpaduan dua warna dan berpola berputar. Sedangkan mackarel tabbies merupakan pola warna garis lurus vertikal yang terletak dari garis tulang belakang menuju perut.

2. Solid

Solid merupakan jenis kucing maine coon yang memiliki pola satu warna dominan pada kucing maine coon.

3. Tortoiseshell

Pola warna ini merupakan perpaduan warna merah dan hitam pada kucing.

4. Smoke

Pola warna ini merupakan paduan dari warna putih perak yang tertutupi bulu lebat di atasnya.

5. Shaded

Jika smoke memiliki warna putih perak yang tertutup bulu lebat, pola warna shaded memiliki warna pucat yang tertutupi bulu lebat di atasnya.

6. Bicolor

Pola warna ini terdiri dari dua warna dimana salah satu warna paling dominan di tubuh kucing. Biasanya pola warna ini dikombinasikan dengan warna putih yang terdapat di bagian kaki, perut, dada, dan kepala.

7. Parti Colour

Pola warna jenis ini memiliki dua varian warna. Misalnya bulu warna hitam dan merah.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Agar kucing maine coon Anda tetap sehat dan aktif, diperlukan beberapa cara perawatan kucing maine coon. Berikut panduan cara merawat maine coon yang bisa Anda lakukan di rumah. Berbagai jenis kucing maine coon memiliki cara perawatan yang tak jauh beda satu sama lainnya.

1. Memberi Makan Secara Teratur

Memiliki tubuh yang tinggi dan besar membuat makanan maine coon harus disesuaikan dengan kebutuhan energi yang diperlukan. Pada dasarnya, kucing maine coon membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, asam lemak, asam amino, mineral, dan vitamin. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, Anda bisa membeli makanan khusus kucing maine coon yang banyak dijual di pasaran.

Pemberian makan antara anakan maine coon dan maine coon dewasa pun berbeda. Anakan maine coon membutuhkan protein sebesar 30% hingga 45% untuk menunjang pertumbuhannya. Sedangkan maine coon dewasa membutuhkan protein sebesar 26% hingga 40%.

2. Merawat Bulu

Kucing maine coon merupakan jenis kucing bulu panjang dan lebat. Keunikan bulu yang tidak dimiliki oleh kucing jenis lain ini diperlukan perawatan bulu kucing agar tidak gampang rontok.

Anda bisa menyisir bulu kucing secara rutin setiap hari. Menyisir bulu kucing secara rutin akan membuang bulu yang sudah mati. Selain itu, tubuh kucing jadi terbebas dari kutu dan jamur. Menyisir juga dapat memperlancar peredaran darah, sehingga dapat membuat kucing menjadi lebih rileks.

Memandikan kucing juga bisa Anda lakukan secara teratur setiap minggunya. Anda bisa menggunakan shampo kucing sesuai dengan kebutuhan kucing. Dengan memandikan kucing secara rutin akan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bulu kucing. Kucing menjadi lebih bersih dan terhindar dari beberapa penyakit yang bersumber dari bulu yang kotor dan lembab.

Memberikan vitamin bulu ataupun minyak ikan juga dapat menjaga kesehatan bulu kucing. Anda bisa memberikan vitamin untuk mencegah bulu kusam dan rontok. Dosis yang diberikan bisa disesuaikan dengan jenis vitamin bulu yang tertera dalam kemasan.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain kebersihan badan, kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar kucing maine coon menjadi lebih sehat. Anda bisa membersihkan kandang satu minggu sekali. Usahakan juga untuk menempatkan kandang di tempat yang kering agar kucing terhindar dari penyakit jamur karena lingkungan yang lembab.

Kebersihan bak kotoran juga harus Anda perhatikan. Agar pasir tak mudah bau, Anda bisa membersihkan bak kotoran setelah kucing selesai buang air. Pasir juga harus sering dibersihkan dan dikeringkan di bawah sinar matahari untuk menghindari kondisi pasir yang lembab.

4. Vaksinasi

Agar kucing tak gampang terserang penyakit, Anda bisa melakukan vaksinasi yang ditujukan untuk kucing maine coon. Dengan vaksinasi, maka tubuh kucing akan mendapat kekebalan tambahan yang akan memperkuat kekebalan alami kucing sendiri. Vaksinasi kucing bisa dilakukan sejak kucing berusia 8 minggu karena di usia 8 minggu kekebalan alami kucing mulai berkurang.

5. Cek Kesehatan Berkala

Pada dasarnya jenis kucing maine coon merupakan kucing yang tahan akan serangan penyakit. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengecek kesehatan kucing secara berkala. Pada pemeriksaan bulanan, kucing akan diperiksa kondisi kesehatan secara umum. Sedangkan untuk pemeriksaan tahunan, organ kucing akan diperiksa kondisinya.

Pemeriksaan kesehatan maine coon akan membantu untuk mengetahui gangguan kesehatan pada kucing. Hal ini akan membantu pemilik mencegah beragam risiko yang akan mengganggu kesehatan kucing maine coon.

Harga Kucing Maine Coon

Perlu diketahui Kucing maine coon merupakan kucing yang cukup mahal karena karakteristik dan sifatnya yang berbeda dengan kucing jenis lain. Di Amerika sendiri kucing dewasa dijual dengan harga 1.000 dolar. Di Indonesia sendiri anakan kucing maine coon usia 3 bulan dijual dengan harga 8 hingga 10 juta rupiah.

Meskipun memiliki harga yang paling mahal, jenis kucing maine coon banyak direkomendasikan untuk dipelihara karena keunikannya yang tidak dimiliki kucing jenis lain. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda sebelum membeli kucing jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *