15 Jenis Kucing Hias di Indonesia Yang Banyak Dipelihara

Kucing Persia salah satu kucing hias di Indonesia

Setidaknya sejak 6.000 tahun SM kucing sudah akrab dengan manusia. Hal ini didasarkan pada penemuan kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno bahkan sejak 3.500 SM sudah memanfaatkan kucing sebagai hewan pelindung hasil panen mereka dari hewan pengerat. Saat ini, kucing menjadi jenis peliharaan terfavorit, selain anjing. Kucing tersebut bisa disebut juga kucing hias. Ingin tahu lebih banyak jenis kucing hias di Indonesia? Simak ulasannya yuk.

Jenis Kucing Hias Di Indonesia Untuk Peliharaan

Beragam ras kucing memiliki daya tarik tersendiri sehingga membuat beberapa diantaranya populer. Hal ini juga terjadi di Indonesia di yang saat ini muncul beberapa pencinta kucing hias tertentu. Berikut ini adalah jenis kucing hias yang ada di Indonesia :

1. Persia

Kucing Persia salah satu kucing hias di Indonesia
Kucing Persia | Source Images : pasberita.com

Kucing persia termasuk kucing peliharaan yang paling digemari oleh para pecinta kucing di Indonesia. Dari sekian jenis kucing ras untuk peliharaan, kucing inilah yang paling sering dicari.

Ciri fisik kucing ini adalah memiliki tubuh yang gemuk dengan bulu yang lebat dan panjang. Wajahnya berbentuk bulat dan tampak flat serta memiliki kaki yang pendek. Terdapat dua tipe kucing persia, yaitu doll-face dan peke-face. Perbedaan keduanya, jenis doll-face memiliki hidung yang tidak pesek sedangkan jenis peke-face memiliki hidung pesek.

Kucing ini memiliki karakteristik yang manja dan sayang kepada pemiliknya. Kucing persia senang bermain. Jika Anda sudah memutuskan untuk mengadopsinya, maka Anda juga harus siap menyediakan waktu untuk si kucing.

2. Anggora

Kucing Anggora salah satu kucing hias di Indonesia
Kucing Anggora | Source Images : www.dictio.id

Selain kucing persia, jenis kucing hias di Indonesia yang populer sebagai peliharaan adalah kucing anggora. Kucing persia dan anggora sangat sering disangkutpautkan, sehingga menjadi cukup sulit untuk membedakan keduanya.

Daerah asal kedua kucing tersebut memang sama, yakni dari dataran Timur Tengah. Kucing persia berasal dari Iran, sedangkan anggora dari Turki. Keduanya pun sama-sama berbulu tebal dan lebat. Perbedaan yang sangat terlihat dari bentuk wajahnya.

Wajah kucing persia berbentuk bulat, sedangkan anggora memiliki wajah yang berbentuk segitiga dan lebih tirus. Dibandingkan dengan kucing persia, kucing anggora memiliki hidung yang lebih mancung.

Kucing anggora memiliki karakter yang pintar, ramah, lincah dan suka menaiki tempat yang tinggi. Meski begitu, kucing ini terbilang penurut dan mudah dekat dengan manusia.

3. Maine Coon

Kucing Maine Cone
Kucing Maine Cone | Image Source : kompasiana.com

Meski tidak sepopuler dua kucing sebelumnya, kucing maine coon tetap memiliki banyak peminat di kalangan para pecinta kucing. Maine coon sendiri merupakan salah satu kucing ras tertua di dunia. Asalnya dari Kota Maine, Amerika Serikat. Kata “coon” pada namanya berasal dari kata “raccoon”.

Konon, asal mula kucing ini dari persilangan kucing anggora Ratu Maria Antoinnete dengan kucing norwegian wood pada tahun 1700-an. Sejak memenangkan kontes di tahun 1895, kucing ini menjadi begitu terkenal di Amerika Serikat.

Maine Coon memiliki tubuh yang besar dan bentuknya persegi panjang. Untuk yang jantan, beratnya rata-rata sekitar 12-18 kilogram dan betina 10-14 kilogram. Karakternya mandiri dan mudah beradaptasi. Kucing ini juga dikenal cerdik, lincah, dan merupakan pemburu tikus yang baik.

4. Himalaya

kucing himalaya
Kucing Himalaya | Image Source : hewan.id

Himalaya merupakan jenis kucing hias hasil dari persilangan antara kucing persia dan siam. Tubuhnya mewarisi kucing persia, yakni gemuk dan besar, sedangkan dengan warna bulu dan matanya seperti kucing Siam. Kucing ini memiliki bulu yang lebat dan kaki pendek.

Jenis kucing himalaya ada dua, yakni yang bentuk wajahnya seperti boneka dan yang memiliki wajah flat dengan hidung sangat pesek. Pada wajahnya, terdapat warna cokelat yang khas dan memiliki mata biru yang ia warisi dari kucing siam.

Karena memiliki kaki yang pendek, maka kucing ini sulit untuk naik ke tempat yang tinggi. Meski kucing himalaya memiliki ketahanan yang baik terhadap penyakit, usahakan untuk tetap rutin memberinya vaksin ya.

5. Munchkin

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin : Image Source : farmbos.com

Kucing yang berasal dari Inggris ini tampak begitu unik karena ukuran kakinya yang lebih pendek dari kucing kebanyakan. Penyebab hal itu adalah mutasi genetik yang dialami oleh kucing munchkin di tahun 1944 lalu. Kucing munchkin semakin menggemaskan dengan ukuran yang kecil namun tubuhnya gemuk dan wajah yang bulat.

Kucing munchkin memiliki karakter yang energik, lincah, dan cerdas. Meski kakinya pendek, ia dapat berlari dengan cepat. Bukan hanya itu, munchkin juga bisa duduk dengan tegak. Kucing ini juga mudah akrab dengan anak-anak maupun hewan lain, seperti kucing lain dan anjing.

6. Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold | Image Source : harga.info

Arti nama scottish fold pada kucing scottish fold adalah kucing yang berasal dari Skotlandia dengan telinga terlipat ke dalam. Telinga yang terlipat itu disebabkan oleh mutasi genetik di masa lalu. Sebelum dinamai scottish fold, kucing ini bernama flop. Karena telinga yang terlipat itu, kucing ini sering diberi julukan kucing berwajah burung hantu atau kucing caupari. Meski begitu, ada juga anggota ras scottish fold yang telinganya tidak terlipat.

Kucing ini memiliki badan berukuran sedang dengan bentuk badan dan wajah bulat. Matanya bulat dan besar, hidung pesek, serta kaki dan lehernya pendek. Terdapat dua jenis kucing scottish fold, yakni long hair dan short hair.

Tempramen kucing scottish fold cukup baik, karenanya mereka dikenal ramah, tenang, dan mudah akrab dengan manusia. Suaranya terdengar lembut dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

7. American Curl

Kucing American Curl salah satu kucing hias di Indonesia
Kucing American Curl | Image Source : www.idothemovie.com

Bukan hanya scottish fold yang memiliki telinga dengan bentuk unik, kucing american curl juga demikian. Telinganya terlipat ke depan dan melengkung/bengkok sehingga menyerupai sebuah busur akibat mutasi genetik. Asal kucing american curl dari Lakewood, California, Amerika Serikat.

Karakter kucing ini adalah mudah beradaptasi, suka bermain meski bukan dengan sesama kucing, namun tidak terlalu agresif. Kucing ini cocok untuk dipelihara oleh orang introvert, karena suara mengeongnya begitu lembut.

8. Ragdoll

Kucing Ragdoll salah satu kucing hias di Indonesia
K ucing Ragdoll | Image Source : www.dictio.id

Ukuran jenis kucing hias satu ini cukup besar untuk kucing peliharaan. Bobotnya pun terbilang berat, bisa mencapai 8 kg. Kucing ini memiliki bulu yang sangat lebat dan warnanya coklat.

Dengan tubuh sebesar itu, orang banyak yang menyebut ragdoll ini sebagai kucing yang mirip anjing. Selain itu, karakter pintar dan setia yang dimilikinya semakin membuat kucing ragdoll mirip dengan anjing.

9. Birman

Kucing Birman Kucing Hias Indonesia
Kucing Birman : Image Source : emancipationusa.com

Kucing Birman berasal dari negara tetangga Indonesia, yakni Myanmar. Bulunya tebal dan memiliki warna yang unik. Kucing ini memiliki ciri khas seolah mengenakan kaus kaki. Hal itu disebabkan bulu pada kaki kucing birman berwarna putih, sedangkan bulu pada tubuhnya berwarna cokelat. Tentu saja bulu putih tersebut membuat si birman sepert mengenakan kaus kaki.

Mata kucing birman berwarna biru, bentuknya bulat namun tidak sempurna, dan sedikit menonjol. Bulunya yang tebal itu terasa sangat halus lengkap dengan ekor yang memesona. Beberapa warna kucing birman, antara lain chocolate point, seal point, lilac point, dan blue point.

Birman memiliki karakter yang aktif, setia, senang bermain, namun kesal ketika tidak diperhatikan. Bila sudah kesal, birman tidak akan melakukan apapun sehingga cenderung mudah menjadi obesitas. Jadi jika Anda ingin memelihara kucing birman, pastikan Anda memiliki waktu untuknya ya.

10. Russian Blue

Kucing Russian Blue Kucing Hias Indonesia
Kucing Russian Blue | Image Source : pixabay.com

Kucing russian blue memiliki ciri berbadan ramping, bulunya pendek dan berwarna abu-abu kebiruan. Kucing ini memiliki mata berwarna hijau cerah. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Rusia, tepatnya dari Pelabuhan Arkhangelsk, Rusia.

Russian blue memiliki karakter yang cerdas, ramah, penuh rasa ingin tahu, namun pemalu. Kucing ini akan bersikap pemalu pada orang yang belum dia kenal, tetapi akan sangat dekat dengan pemiliknya. Karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, Anda bisa sering mengajaknya jalan-jalan agar dia semakin merasa senang.

11. Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest
Kucing Norwegian Forest | Image Source : www.honestdocs.id

Kucing norwegian forest/norsk skogkatt memiliki ciri tubuh tinggi dan besar serta ekornya panjang. Bulu yang ia miliki panjang, tebal, dan tampak mengkilat. Terdapat keunikan pada bulu tersebut, yakni ketebalannya tidak merata. Ketika musim dingin, bulu tersebut akan menjadi panjang dan tebal, namun ketika musim semi, bulunya akan menipis.

Pada bagian kepala, leher, dada, dan kaki bulunya sangat tebal, namun tidak dengan bagian tubuh lainnya. Terdapat bulu yang ukurannya lebih panjang dari yang lain, dan itu hanya terdapat pada leher. Keunikan lain yang terdapat pada bulunya adalah bulu yang pendek berwarna gelap, sedangkan bulu yang panjang berwarna terang.

Kucing ini memiliki karakter ramah, aktif, lincah, dan suka diperhatikan. Mereka juga sangat suka bermain di luar ruangan. Namun jika tidak diperhatikan oleh pemiliknya, dia bisa pergi ke manapun sesuka hatinya.

12. Savannah

Kucing Savannah
Kucing Savannah | Image Source : kucingpedia.com

Kucing savannah memiliki kemiripan dengan cheetah namun dalam ukuran yang lebih kecil. Badannya ramping dan kakinya panjang. Pada bulunya terdapat totol berwarna coklat yang tampak eksotis. Ciri khas lainnya adalah kucing ini memiliki telinga lebih lebar dibandingkan telinga kucing pada umumnya.

Savannah memiliki karakter enerjik, setia, ramah, dan pintar. Seperti cheetah, dia juga pandai melompat dan gemar berlarian.

13. Bengal

Kucing Bengal Kucing Hias Indonesia
Kucing Bengal | Image Source ; www.dictio.id

Jenis kucing hias di Indonesia berikutnya yang cocok dijadikan peliharaan adalah kucing bengal. Asal kucing ini dari California dan merupakan keturunan ketiga dari hasil persilangan kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing ini memiliki kemiripan dengan kucing savannah, terutama pada corak bulunya. Perbedaannya terdapat pada ukuran telinga dan badannya. Telinga kucing bengal tidak sebesar telinga savannah, begitu juga badannya.

Meski identik dengan kucing hutan, banyak orang yang menggemari kucing bengal untuk dijadikan hewan peliharaan. Kucing ini memiliki karakter yang ramah, aktif, dan cerewet. Ia juga sangat menyukai air, dan kabarnya termasuk salah satu kucing paling cerdas di dunia.

14. British shorthair

Kucing British shorthair
Kucing British shorthair | Image Source : hewan.id

Kucing british shorthair menjadi salah satu ras kucing tertua di dunia. Konon nenek moyangnya memiliki hubungan dekat dengan kucing ras kepunyaan bangsa Romawi yang pernah menjajah Inggris. Sesuai dengan namanya, british shorthair memiliki bulu yang cukup pendek.

Kucing ini memiliki badan yang pendek namun padat berisi dan tampak berotot. Bentuk kepalanya bulat dengan pipi yang penuh. Mereka mempunyai karakter yang penyayang dan mudah akrab dengan manusia.

Kabarnya, british shorthair mengalami penurunan populasi yang drastis selama PD II. Maka agar populasinya tetap terjaga, british shorthair banyak dikawin silangkan dengan kucing persia. Akibatnya terdapat keturunan british shorthair yang memiliki warna selain abu-abu kebiruan di mana warna tersebut merupakan warna asli british shorthair.

15. Kucing Lokal/Kampung

Kucing Kampung Kucing Hias di Indonesia
Kucing Kampung | Image Source : catlovers.id

Meski fisiknya tidak semenggemaskan kucing ras, kucing lokal tetap bagus dijadikan peliharaan. Kucing ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan bulunya tidak tebal. Hal itu tentu memudahkan Anda sebagai pemilik dalam hal perawatannya.

Kucing lokal memiliki ketahanan terhadap penyakit dan merupakan pemburu yang baik. Bukan hanya sebagai hewan peliharaan, Anda juga bisa memanfaatkan kucing ini sebagai penjaga rumah dari para tikus. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui bukan?

Nah sekarang sudah tahu jenis kucing hias di Indonesia yang akan Anda pilih sebagai teman di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *