20 Jenis Kucing Bulu Pendek Dari Seluruh Dunia

Jenis Kucing Bulu Pendek

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat karena tingkah laku maupun bulunya. Salah satu jenis kucing favorit masyarakat adalah jenis kucing bulu pendek yang cukup mudah perawatannya. Di dunia sendiri banyak ras kucing bulu pendek yang memiliki ciri khas dan penampilan yang berbeda dengan yang lain. Bagi Anda penggemar shorthair cat, berikut jenis shorthair cat yang ada di dunia.

Jenis Kucing Bulu Pendek
Ilustrasi jenis Kucing Bulu Pendek

Jenis Kucing Bulu Pendek di Dunia

Tak hanya kucing berbulu panjang dan kucing berbulu ikal saja yang menjadi primadona para penggemar kucing, kucing berbulu pendek pun tak kalah menariknya dengan jenis kucing lain. Bagi Anda yang ingin memelihara kucing berbulu pendek, Anda bisa mengamati ciri khas dan karakteristik jenis kucing bulu pendek berikut ini.

1. Abyssinian

Kucing abyssinian jenis kucing bulu pendek
Kucing Abyssinian | Image Source : www.segalahobi.com

Abyssinian merupakan kucing bulu pendek dari Amerika Serikat dan diduga kucing ini merupakan kucing ras tertua di dunia. Ciri khas dari kucing abyssinian adalah ukuran tubuhnya yang sedang dan berotot dengan corak bulu yang berbintik-bintik atau ticked. Telinga kucing ini pun cukup besar dengan mata berbentuk almond yang membuat kucing ini terlihat menggemaskan.

Kucing abyssinian merupakan kucing yang sangat cerdas dan memiliki rasa kesetiaan yang tinggi. Sehingga banyak orang yang memelihara kucing ini karena kucing jenis ini tidak suka kabur keluar rumah, karena telah nyaman bersama pemiliknya.

2. American Shorthair

Kucing american shorthair yang merupakan kucing bulu pendek
Kucing American Shorthair | Image Source : www.vetstreet.com

Seperti namanya, kucing American shorthair merupakan kucing asal Amerika Serikat yang merupakan kucing keturunan British shorthair dan European shorthair. Ciri kucing American shorthair memiliki ukuran tubuh sedang dan cakar yang kuat. Telinga kucing ini cukup lebar dengan ujung melengkung ke atas sebagai ciri khasnya.

Menariknya, kucing ini memiliki kemampuan berburu yang baik. Sehingga sebagian masyarakat memanfaatkan kucing ini untuk memburu tikus dibandingkan hanya untuk hewan peliharaan saja.

3. British Shorthair

Kucing Bulu Pendek British Shorthair
Kucing British Shorthair | Image Source : www.dictio.id

Seperti kucing abyssinian, kucing British shorthair juga merupakan salah satu kucing ras tertua di dunia. Kucing ini memiliki banyak jenis berdasarkan pada pola warna bulunya, diantaranya tabby, bicolor, smoke, tipped, tortie, colorpointed, dan solid.

Ciri kucing British shorthair memiliki ukuran tubuh sedang dan berotot. Selain itu, kaki kucing berukuran pendek dengan jari berbentuk bulat. Yang menjadi daya tariknya adalah bentuk kepala bulat, hidung yang cenderung pesek, pipi tembem, dan mata yang bulat.

4. European Shorthair

Kucing European Shorthair yang berbulu pendek
Kucing European Shorthair | Image Source : prettylittercats.com

Kucing European shorthair merupakan jenis kucing bulu pendek yang dikembangbiakkan di Swedia dengan menyilangkan berbagai jenis kucing domestik. Karena disilangkan oleh beberapa jenis kucing domestik, kucing European shorthair tidak dapat dipastikan ciri khasnya. Meskipun begitu, kucing ini suka bersosialisasi di lingkungan luar, tetapi kucing akan menghindar jika bertemu dengan orang asing yang tidak dikenalnya.

5. Russian Blue

Kucing Bulu Pendek Russian Blue
Kucing Russian Blue | Image Source : gerava.com

Sama seperti namanya, kucing Russian blue merupakan ras kucing bulu pendek yang berasal dari Rusia. Ciri khasnya ada di warna bulunya yang kebiru-biruan yang terlihat mengkilap dan sangat lembut saat disentuh. Kucing jenis ini merupakan kucing yang ramah dan sangat setia pada pemiliknya. sehingga banyak direkomendasikan sebagai kucing peliharaan terbaik di dunia.

6. Turkish Shorthair

Kucing Turkish Shorthair yang berbulu pendek
Kucing Turkish Shorthair | Image Source : thefelinefancier.com

Memiliki nama yang seperti asalnya, kucing turkish shorthair merupakan kucing berbulu pendek yang berasal dari Turki. Kucing ini juga dikenal dengan nama Anatolia, karena ditemukan di Anatolia (sebuah wilayah di Turki). Kucing ini termasu jenis kucing yang tidak takut air dan memiliki kemampuan berenang yang baik.

Ciri khas kucing Anatolia memiliki ukuran tubuh yang pendek dengan kaki yang kuat dan berotot. Selain itu, kaki bagian belakang berukuran lebih panjang dibanding dengan kaki bagian depan. Yang menjadi pembeda dengan kucing jenis lain terlihat pada bulu bagian bawahnya yang nyaris tanpa bulu. Meskipun demikian, banyak yang salah mengira antara kucing Anatolia, kucing van Turki, dan kucing Turki Anggora.

7. Siamese

Kucing Siamese salah satu jenis kucing bulu pendek
Kucing Siamese | Image Source : www.pets4homes.co.uk

Kucing siamese merupakan salah satu kucing favorit dan cukup terkenal di kalangan pecinta kucing. Kucing siamese disebut juga kucing siam karena kucing ini berasal dari Siam (Thailand).

Kucing siam memiliki tiga jenis kucing, yaitu siam tradisional, siam klasik, dan siam modern. Perbedaan dari masing-masing jenis kucing siam ini terlihat pada bentuk perawakan tubuhnya. Meskipun memiliki beberapa perbedaan, ada satu hal yang menjadi kesamaan dari ketiga jenis kucing siam, yaitu pola warna yang sama. Akan tetapi, seiring bertambahnya umur kucing, warna bulu kucing akan semakin bertambah gelap.

8. Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair
Kucing Exotic Shorthair | Iimage Source : kucingpedia.com

Kucing exotic shorthair merupakan jenis kucing bulu pendek yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing eksotis merupakan kucing hasil perkawinan antara ras kucing persia dengan ras kucing Amerika berbulu pendek. Memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan kucing persia, bulu kucing eksotis diturunkan dari kucing berbulu pendek dan sifatnya yang berbeda dengan kucing persia.

Ciri khas yang paling mudah dikenali adalah bulu pendek dan ukuran tubuh yang pendek dengan bahu besar. Selain itu, telinga kucing eksotis cenderung kecil dan berjauhan satu dengan yang lain. Kucing eksotis merupakan kucing yang aktif dan lincah. Kucing ini lebih senang berada di dekat pemiliknya dibanding jika diletakkan di kandang.

9. Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair jenis kucing bulu pendek
Kucing Oriental Shorthair | Image Source : www.thesprucepets.com

Kucing oriental shorthair merupakan kucing bulu pendek yang berasal dari Inggris. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing siam dengan kucing ras lain.

Ciri kucing oriental shorthair terlihat dari bentuk tubuh yang mirip dengan kucing siam. Bentuk tubuh kucing ini cukup panjang dan ramping dengan telinga besar dan mata berbentuk almond. Kucing oriental shorthair merupakan kucing yang cukup pendiam, tetapi senang jika berada di dekat pemiliknya.

10. Kucing Singapura

Kucing Singapura berbulu pendek
Kucing Singapura | Image Source : thegorbalsla.com

Kucing Singapura merupakan ras kucing terkecil di dunia. Kucing ini dikembangbiakkan oleh Hal Meadow dan istrinya ketika bekerja di Singapura. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang mungil, otot kucing Singapura cukup kuat dengan berat badan bisa mencapai kg. Selain itu, kucing ini memiliki pola warna ticked tabby dan memiliki ekor runcing dan telinga yang besar.

Kucing Singapura merupakan kucing yang aktif dan senang diperhatikan pemiliknya. Hanya saja populasi kucing Singapura cukup langka, sehingga sangat sedikit jumlah pemilik kucing jenis ini.

11. Kucing Bombay

Kucing Bombay
Kucing Bombay | Image Source : www.catlovers.id

Bernama seperti sebuah kota di India, ternyata kucing bombay merupakan kucing asal Amerika Serikat. Kucing ini dihasilkan dari persilangan kucing burma dan kucing America Shorthair. Ciri khas mencolok yang bisa terlihat adalah bulu kucing yang keseluruhannya berwarna solid hitam.

Kucing bombay termasuk kucing yang aktif dan senang diperhatikan. Selain itu, kucing bombay merupakan kucing yang tidak bisa ditinggal pergi. Jadi, direkomendasikan bagi Anda yang sering di rumah untuk memelihara kucing bombay.

12. Munchkin

Kucing Munchkin Berbulu Pendek
Kucing Munchkin | Image Source : infobinatang.com

Kucing munchkin merupakan salah satu jenis kucing bulu pendek yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing ini memiliki ciri khas berkaki pendek yang disebabkan adanya mutasi genetik alami. Diduga kucing munchkin merupakan nenek moyang kucing berkaki pendek dan sering disilangkan dengan kucing ras lain untuk menghasilkan jenis kucing baru.

13. Savannah

Kucing Savannah
Kucing Savannah | Image Source : qubicle.id

Savannah merupakan ras kucing hibrida yang berasal dari Amerika Serikat. Kucing savannah berasal dari persilangan antara kucing liar Afrika, siam, bengal, dan egyptian. Kucing ini merupakan kucing terpanjang di dunia dan masuk pada Guinness World Book dengan panjang 17,1 inci. Selain dinobatkan sebagai kucing terpanjang, kucing savannah merupakan kucing termahal di dunia dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Ciri khas kucing savannah terlihat dari warna bulu yang terdapat beberapa bercak, seperti hitam asap tutu, perak tabby tutul, hitam tutul, dan coklat tabby tutul. Selain itu, kucing savannah merupakan kucing berukuran besar dan tinggi dengan telinga berbentuk segitiga dan kaki yang panjang.

14. Scottish Fold

Kucing Scottish Fold jenis kucing bulu pendek
Kucing Scottish Fold | Image Source : hewany.com

Kucing scottish fold merupakan ras kucing domestik yang telah mengalami mutasi genetik dominan. Kucing ini mengalami perubahan tulang rawan di tubuhnya yang menyebabkan telinga kucing terlipat ke arah depan. Kucing scottish fold merupakan kucing berbadan sedang dengan hidung pendek dan badan yang terlihat gemuk. Sehingga kucing ini terlihat sangat menggemaskan ditambah dengan tingkah lakunya yang aktif dan lucu.

15. Mandalay

Kucing Mandalay
Kucing Mandalay | Image Source : www.kucing.biz

Mandalay merupakan ras kucing asal Selandia Baru yang dihasilkan dari persilangan kucing burma dengan kucing domestik. Ciri khas kucing mandalay terlihat dari warna bulu yang mengkilat dengan pola warna mengikuti induknya. Selain itu, mata kucing mandalay berwarna keemasan yang membuat kucing ini terlihat eksotis.

16. American Curl

Kucing American Curl
Kucing American Curl | Image Source : infobinatang.com

Jika dilihat sekilas, kucing American curl mirip dengan kucing scottish fold. Hanya saja kucing American curl memiliki telinga terlipat keluar, sedangkan kucing scottish fold memiliki telinga terlipat ke dalam. Kucing American curl merupakan jenis kucing berbulu pendek yang mengalami mutasi genetik alami yang berasal dari persilangan ras kucing lain.

Kucing ini memiliki 2 variasi bulu, yaitu kucing American curl bulu panjang dan kucing American curl bulu pendek. Kucing American curl termasuk pada kucing berukuran sedang dengan berat badan maksimal 4,5 kg.

17. Bengal

Kucing Bengal Bulu Pendek
Kucing Bengal | Image Source : meowcitizen.com

Bengal atau blacan merupakan jenis kucing hutan berbulu pendek yang dihasilkan dari persilangan kucing American shorthair dan kucing Asian Leopard. Kucing ini memiliki tubuh yang besar dan panjang dengan otot yang kuat. Ciri khasnya terlihat pada corak warna bulu yang didominasi warna hitam dan coklat.

18. Korat

Kucing Korat
Kucing Korat | Image source : www.dictio.id

Korat merupakan jenis kucing berbulu pendek asal Thailand yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Kucing korat memiliki ukuran badan sedang dengan telinga meruncing. Warna bulu kucing korat hanya polos dan tidak memiliki pola. Menariknya warna bulu korat tidak dimiliki kucing jenis lain dengan warna biru keabu-abuan.

19. Khao Manee

Kucing Khao Manee asal thailand
Kucing Khao Manee | Image Source : https://kunucats.blogspot.com

Khao Manee merupakan kucing asal Thailand yang menjadi salah satu jenis kucing langka di dunia, sehingga tidak diperbolehkan untuk dilakukan ekspor. Ciri khas kucing khao Manee adalah bulu warna putih pada sekujur tubuhnya dengan mata berwarna biru atau bermata ganjil (emas).

20. Ceylon

Kucing Ceylon Jenis Kucing Bulu Pendek
Kucing Ceylon | Image Source : gerava.com

Ceylon merupakan kucing hasil pengembangbiakkan kelompok pecinta kucing di Sri Lanka. Kucing ini memiliki pola warna mirip dengan kucing Abyssinian. Kucing ceylon merupakan kucing berukuran sedang dengan bulu bergaris-garis dengan warna keemasan dengan tanda hitam atau biasa disebut ‘manila’.

Nah, itulah beragam jenis kucing bulu pendek di dunia. Semoga informasi di atas membantu Anda sebelum membeli jenis kucing yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *