Jenis Kucing Bengal Asli Dan Cara Merawatnya

Jenis Kucing Bengal dan Cara Merawatnya

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat kucing ini banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. Tetapi bagaimana jika kucing yang dipelihara merupakan salah satu jenis kucing hutan? Berbahayakah atau justru lebih menarik dibandingkan dengan jenis kucing hias? Berikut ini ulasan mengenai jenis kucing bengal yang merupakan salah satu jenis kucing hutan.

Jenis Kucing Bengal dan Cara Merawatnya
Kucing Bengal Asli | Image Source : tazesirucats.com

Meskipun sifat asli kucing bengal merupakan kucing liar, jika kucing ini dirawat dan dilatih dengan baik akan menjadi kucing jinak. Perawatan kucing bengal sendiri tidak bisa disamakan dengan kucing hias lainnya karena perbedaan karakteristik dan sifatnya.

Asal-Usul Kucing Bengal

Kucing bengal merupakan ras kucing yang berasal dari campuran beberapa jenis kucing, seperti American shorthair, Burmese, Abyssinian, Egyptian mau, dan Asian leopard. Kucing jenis ini berasal dari California, Amerika Serikat dan di Indonesia sering disebut dengan nama blacan.

Di tahun 1960, California’s Jean Mills, seorang peneliti mempelajari penyakit yang sering menjangkiti kucing. Pada penelitian ini, Mrs.Mills menemukan bahwa kucing liar seperti harimau dan singa lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

Mrs.Mills kemudian mengembangbiakkan kucing Asian leopard untuk mendapatkan kesimpulan bahwa kucing jenis ini kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Kemudian, Mrs.Mills mengawinkan kucing Asian leopard betina dengan kucing hitam lokal jantan yang menghasilkan anak kucing dengan corak bintik dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Salah satu anak betina dari hasil perkawinan tersebut kemudian dikawinkan lagi pada kucing hitam lokal jantan dan inilah yang menghasilkan jenis kucing bengal. Hasil anakan dari perkawinan ini menghasilkan kucing bengal yang memiliki corak seperti kucing Asian leopard tetapi dengan tubuh kucing lokal.

Jenis Kucing Bengal di Dunia

Berdasarkan pola warna kucing bengal, kucing bengal terbagi menjadi dua jenis, yaitu rosetted spotted dan marble.

1. Kucing Bengal Rosetted Spotted

Jenis Kucing Bengal Rosetted Spotted
Kucing Bengal Rosetted Spotted | Image Source : kucingbengalmarble.blogspot.com

Kucing bengal dengan pola warna rosetted spotted memiliki bintik-bintik atau totol pada seluruh bagian tubuh kucing. Ada lima jenis kucing bengal rosetted spotted, yaitu:

  1. Arrow rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk panah.
  2. Pawprint rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk jejak kaki anjing.
  3. Donut rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk donat dengan bagian luar lebih gelap dibanding dengan bagian dalam.
  4. Donut rosetted with chaining, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk donat yang sejajar dengan tulang belakang.
  5. Cloud rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk awan.

2. Kucing Bengal Marble

Jenis kucing bengal marbel
Kucing Bengal Marbel | Image Source : jualo.com

Selain memiliki pola warna yang berbentuk totol, ada satu lagi kucing bengal yang memiliki pola warna marbel. Berdasarkan pola warna marbel, kucing bengal terbagi menjadi 5 jenis:

  1. Horizontal flowing marble
  2. Reduced pattern horizontal flowing marble
  3. Chaos pattern marble
  4. Closed pattern or sheet marble
  5. Bullseye patter

Ciri-Ciri Kucing Bengal

Ciri Ciri Kucing Bengal Asli
Ciri Ciri Kucing Bengal Asli | Image Source : maniakucing.com

Kucing bengal atau blacan merupakan kucing yang besar dan terlihat gagah. Kucing ini memiliki corak warna yang khas dan didominasi oleh warna coklat dan hitam. Pada kucing bengal jantan, berat badannya bisa mencapai 10 kg. Sedangkan pada kucing bengal betina, berat badannya sekitar 4-5 kg.

1. Kepala Kucing

Jenis kucing bengal memiliki bentuk kepala yang cukup besar dan panjang. Tetapi jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, kepala kucing terlihat lebih kecil. Leher kucing cukup besar dan terlihat berotot untuk menyeimbangkan kepalanya yang berukuran besar.

Hidung kucing berukuran besar dan lebar dengan kulit hidung berwarna merah dan memiliki garis hitam. Ciri khasnya terdapat pada telinga kucing yang meruncing ke atas dan mata lebar yang berwarna hijau atau amber.

2. Badan Kucing

Badan kucing bengal memiliki ukuran yang cukup panjang dan berotot dibanding dengan jenis kucing lain. Umumnya kucing bengal memiliki ekor yang panjang dengan berat badan yang sesuai dengan usia kucing.

3. Warna Bulu

Keunikan dari kucing bengal terlihat dari warna bulu yang khas. Biasanya kucing bengal memiliki pola warna coklat atau cinnamon dengan bintik kehitaman atau totol yang ada di seluruh tubuhnya. Biasanya warna bulu disertai dengan garis horizontal pada pundak kucing yang berwarna hitam dan lingkuran yang berbentuk cincin pada ekornya.

Cara Merawat Kucing Bengal

Meskipun sifat asli kucing bengal adalah kucing liar, kucing bengal masih bisa dilatih untuk menjadi kucing yang lebih jinak. Perawatan jenis kucing bengal bisa Anda lakukan dengan telaten agar kucing tetap sehat dan tidak bosan di rumah.

1. Memberi Makan Secara Teratur

Pemberian makan kucing bengal sama dengan pemberian makan jenis kucing lainnya. Anda bisa memberikan pakan kucing yang banyak dijual di pet shop, baik makanan kering ataupun makanan basah/makanan kaleng. Sebaiknya juga Anda membedakan pakan kucing anakan dengan kucing dewasa. Hal ini dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan kucing dewasa dengan kucing anakan beda.

Selain itu, memberikan makan kepada kucing bengal juga harus rutin Anda lakukan. Untuk kucing dewasa bisa Anda berikan makanan sebanyak 3 kali sehari, sedangkan untuk kucing anakan bisa Anda berikan sebanyak 4 kali sehari dengan takaran yang lebih sedikit.

Pemberian makanan pada kucing bengal akan berpengaruh pada nutrisi yang diserap oleh kucing. Dengan pemberian nutrisi yang seimbang akan membuat daya tahan tubuh kucing bengal dapat meningkat, sehingga kucing tida mudah terserang penyakit dan pertumbuhannya dapat maksimal.

2. Membersihkan Tubuh Kucing

Kucing bengal merupakan kucing yang aktif dan senang bermain, hal ini akan membuat tubuh kucing menjadi cepat kotor dan berbau. Agar kucing tetap bersih dan wangi, Anda bisa membersihkan tubuh kucing secara teratur. Pembersihan tubuh kucing ada baiknya menyesuaikan dengan kondisi kucing. Kucing yang sakit sebaiknya tidak perlu Anda bersihkan sebelum kucing benar-benar dalam kondisi yang sehat.

Memandikan kucing 1 atau 2 minggu sekali akan membuat tubuh kucing tetap terawat dan bersih. Terlebih kucing bengal merupakan kucing yang tidak takut air, Anda bisa dengan santai memandikan kucing sambil mengajaknya bermain. Anda bisa menggunakan shampo khusus kucing agar bulunya tetap terawat dengan baik. Dengan memandikan kucing secara teratur akan membersihkan bulu kucing dari debu dan kotoran yang menempel.

Selain memandikan, Anda juga harus menyisir bulu kucing secara teratur. Menyisir bulu kucing akan menghilangkan bulu yang sudah mati, sehingga regenerasi bulu dapat tumbuh dengan cepat dan bulu kucing tetap indah. Anda bisa menyisir bulu kucing dengan sisir khusus selama kurang lebih 5 menit. Sebaiknya Anda menyisir bulu dengan lembut agar kucing tidak merasa sakit dan kucing menjadi rileks saat Anda sisir bulunya.

3. Membersihkan Bak Kotoran Kucing

Selain membersihkan tubuh kucing, kebersihan lingkungan juga harus Anda perhatikan. Anda bisa dengan rutin membersihkan bak kotoran kucing secara teratur setiap hari. Pembersihan bak kotoran kucing dianjurkan setelah kucing buang air besar agar saat kucing kembali, kotoran tidak menempel pada bulu kucing dan kualitas udara ruangan tetap terjaga.

Membersihkan bak kotoran kucing bisa Anda lakukan dengan bantuan serokan pasir untuk mengambil kotorannya. Selain itu, pasir kotoran bisa Anda cuci ataupun Anda buang bagian yang sudah terkena air kencing dan kotoran kucing. Agar pasir tetap kering, Anda bisa menjemur pasir sebelum Anda digunakan kucing untuk buang air. Menjaga bak kotoran tetap kering akan menghindarkan kucing dari bahaya jamur pada kucing Anda.

4. Mengajak Kucing Bermain

Kucing bengal adalah kucing yang suka bermain, baik dengan pemiliknya atau dengan hewan lain. Anda bisa menggunakan bermacam-macam mainan khusus kucing untuk bermain dengan kucing bengal. Anda bisa memberikan beragam mainan yang membut kucing aktif, seperti melompat atau berlari.

Jenis kucing bengal merupakan kucing yang suka diajak bermain. Meskipun kucing sudah diberikan mainan, ada baiknya Anda juga ikut bermain agar kucing tidak cepat bosan dan kucing menjadi nyaman di dekat Anda.

5. Mengajak Kucing Jalan-Jalan

Selain mengajaknya bermain, Anda juga bisa mengajak kucing jalan-jalan ke luar rumah. Agar kucing tetap dalam kendali, Anda bisa memasangkan tali pada kalung kucing. Sebaiknya Anda membawa kucing atau berjalan-jalan di tempat yang bersih dan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kucing Anda.

6. Melatih Kucing

Kucing ini merupakan kucing yang cerdas dan mudah untuk dilatih. Anda bisa melatih perintah sederhana pada kucing Anda. Hal pertama adalah dengan mengenalkan nama kucing dan mengatakannya berulang ketika Anda panggil.

Selain itu, Anda bisa melatih kucing dengan perintah sederhana lain agar kucing mengerti apa yang Anda ucapkan. Sebaiknya Anda melatih kucing bengal dengan intonasi dan nada suara yang rendah agar kucing mampu mencerna apa yang diperintahkan untuknya.

Harga Kucing Bengal

Meskipun kucing bengal merupakan kucing hutan yang memiliki sifat liar, kucing jenis ini cukup populer dan banyak dipelihara di Indonesia. Harga kucing bengal asli pun bervariasi sesuai dengan usia dan kelengkapan vaksin yang sudah diperoleh kucing.

Untuk anakan kucing bengal asli import usia 3 bulan bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 10 juta hingga 40 juta rupiah. Meskipun cukup mahal, Anda bisa membeli hasil anakan dari kucing bengal dengan kucing ras populer lain di Indonesia. Harga yang ditawarkan biasanya kisaran di bawah 5 juta rupiah untuk anakan kucing bengal mix oriental siam usia 3 bulan.

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, jenis kucing bengal menjadi salah satu kucing peliharaan favorit bagi pecinta kucing di seluruh dunia. Bagi Anda yang ingin memiliki kucing jenis ini, ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut karakteristik kucing untuk mempermudah perawatan kucing bengal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *