Jenis Kucing Anggora dan Harganya 2020

Jenis kucing anggora dan harganya

Gemas! Pasti kata ini akan langsung terlintas ketika melihat keberadaan kucing anggora. Bagaimana tidak, kucing anggora atau disebut kucing turkish anggora memiliki bulu dan wajah yang menarik. Apalagi sebagai salah satu kucing populer, kucing anggora termasuk kelompok jenis kucing yang tua di dunia. Dengan beragam keunggulannya, jenis kucing anggora selalu berhasil mencuri hati banyak orang. Terlebih kondisi fisik dan karakteristik kucing anggora sangat khas sehingga banyak membuat para pecinta kucing ingin memeliharanya di rumah.

Jenis kucing anggora dan harganya
Kucing Anggora

Cukup sedikit informasi yang menyebutkan asal mula daerah kucing anggora. Namun beberapa informasi memberikan keterangan bahwa nama kucing anggora merupakan nama sebuah kota di Turki. Tepatnya, kota tersebut bernama Angkara. Bahkan ada juga sumber informasi yang mengaitkan keberadaan kucing anggora dengan mitos legendaris asal Turki. Walaupun belum dapat dipastikan bahwa kucing anggora benar berasal dari Turki. Yang jelas, kucing anggora bukanlah jenis kucing hasil dari perkawinan silang atau sering disebut sebagai jenis kucing asli.

Si Langsing dengan Bulu Tebal

Kondisi fisik kucing anggora memang sangat khas. Jika dibandingkan dengan jenis kucing lain maka tubuh kucing anggora tergolong yang paling langsing. Namun, terlihat gemuk berkat bulu tebal yang menyelimutinya. Bahkan ciri khas pertama kali untuk mengenali kucing anggora, yaitu memiliki bulu tubuh yang tebal. Terutama pada bagian bawah perut, ekor yang panjang dan leher si kucing. Bahkan bulu di leher kucing anggora umumnya lebih panjang dari bulu di badan lain. Selain itu, bentuk kepalanya segitiga sehingga dagu kucing tampak lebih runcing.

Selain itu keunikan lain yang dimiliki kucing anggora secara fisik terletak pada bagian mata. Mata mereka mempunyai banyak warna. Mulai dari biru, hijau hingga coklat. Jenis kucing anggora dibedakan sesuai dengan ras silsilah keturunan. Hal tersebut karena berpengaruh pada kondisi bulu kucing anggora. Meskipun kondisi pertumbuhan bulu anggora juga menyesuaikan dengan intensitas cuaca. Misalnya, cuaca yang sedang panas berakibat pada kondisi pertumbuhan bulu menjadi lebih pendek. Sementara cuaca yang dingin berakibat pertumbuhan bulu lebih panjang.

Sangat Penurut, Atraktif dan Cerdas

Saat diperhatikan, kucing anggora terlihat sangat menarik dan menggemaskan. Tidak heran jika banyak pecinta kucing langsung jatuh hati pada anggora. Terlebih kucing anggora sangat cocok dipelihara bagi pemula yang masih awam dalam memelihara kucing. Pasalnya, sifat kucing anggora tergolong menjadi kucing penurut. Selain itu, mereka juga atraktif karena senang bermain dan selalu energik. Bahkan kucing anggora dikategorikan sebagai kucing sopan dan sangat lembut. Sehingga mereka tidak akan melukai anak-anak ketika sedang bermain bersama.

Umumnya kucing anggora mempunyai kelebihan pada tingkat kecerdasan. Tingkat kecerdasan jenis kucing anggora di atas rata-rata kucing lainnya. Olah karena itu, jika anggora mendapatkan pelatihan dengan benar selama dipelihara maka kucing ini mampu melakukan pekerjaan sesuai perintah. Bahkan beberapa pekerjaan manusia bisa dilakukan oleh kucing anggora. Misalnya, membuka kran air, meletakkan barang tertentu atau melakukan atraksi sesuai komando. Hal tersebutlah yang membuat kucing anggora sangat disayangi pemiliknya.

Jenis Kucing Anggora Terpopuler

Perkembangbiakan kucing anggora memang sudah semakin besar. Penyebarannya juga telah sangat pesat. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kegiatan pemeliharaan yang dilakukan oleh manusia. Mulai dari lokasi pemeliharaan sampai proses perkawinan. Maka tidak heran ada beragam macam kucing anggora yang sudah familiar di kalangan masyarakat. Beberapa di antara mereka bahkan mampu menjadi yang terpopuler. Tentu saja karena dipengaruhi oleh penampakkan kondisi bulu, corak warna bulu atau warna mata yang dimiliki kucing anggora.

Adapun beberapa jenis kucing anggora terpopuler berdasarkan silsilah keturunan sehingga mempengaruhi kondisi bulu, warna corak bulu dan warna mata, yaitu sebagai berikut.

1. Kucing anggora hasil perkawinan murni

Kucing anggora murni atau asli merupakan ras kucing anggora yang dihasilkan dari perkawinan antara kucing anggora dengan kucing anggora. Jenis ini paling banyak diminati karena kondisi bulu yang masih sempurna. Kondisi bulu tidak mengalami perubahan sama sekali baik dari segi warna maupun ketebalan. Bahkan bulu kucing anggora asli sangat halus dan lembut. Tentu saja dengan warna bulu dominan putih atau putih bersih seperti seharusnya. Kucing anggora memiliki bentuk wajah segitiga, hidung mancung dan tulang badan panjang.

Ras kucing anggora tidak mudah untuk didapatkan. Pasalnya, kucing anggora asli dijual dengan harga yang sangat mahal. Bahkan untuk kucing anggora berusia 3 bulan dibutuhkan uang sekitar Rp4 juta agar dapat memilikinya. Itupun masih dalam kondisi belum divaksin. Sementara kucing anggora yang sudah divaksin pada usia yang sama dapat dijual dengan harga sebesar Rp7 juta. Bayangkan berapa harga kucing anggora yang semakin lebih dewasa. Tentu saja bisa mencapai berkali-kali lipat dari harga pada saat usia kucing anggora 3 bulan.

2. Kucing anggora hasil perkawinan anggora dengan persia

Jenis kucing anggora berikutnya, yaitu kucing anggora campuran. Kucing anggora campuran merupakan ras anggora yang berasal dari silsilah hasil perkawinan antara anggora dan persia. Sebagai hasil dari perkawinan kombinasi, kucing anggora campuran dianugerahi penampilan yang unik. Tentu saja berbeda dari kucing anggora murni atau asli. Ciri fisik kucing anggora campuran yang paling khas, yaitu bulu dan mata tetap serupa dengan kucing anggora. Sementara itu, bentuk wajah, hidung dan badan lebih menampilkan ciri khas kucing persia.

Disamping itu ciri fisik kucing anggora campuran lainnya adalah ukuran tubuh. Umumnya anggora bertubuh langsing sedangkan kucing anggora campuran tampak bulat. Bahkan banyak yang menyebut tubuh kucing anggora campuran serupa kucing persia yang bulat dan fluffy. Berdasarkan keunikan tersebut kucing anggora campuran masih sangat diminati. Namun dengan harga yang lebih terjangkau dari kucing anggora asli. Harga kucing anggora campuran berusia 3 bulan sebesar Rp1.500.000 untuk yang belum di vaksin dan Rp2.800.000 untuk yang sudah divaksin.

3. Kucing anggora hasil perkawinan anggora dan lokal

Ras kucing anggora terpopuler yang terakhir, yaitu kucing anggora campuran lokal. Kucing anggora campuran lokal merupakan hasil perkawinan antara kucing anggora murni dengan kucing lokal atau kampung. Jenis ini mulai muncul karena banyaknya para pecinta kucing yang ingin memiliki kucing anggora tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Tentu saja tampilan kucing anggora campuran lokal kurang menarik dibandingkan jenis kucing anggora yang lain. Meskipun bentuk wajah dan mata mereka masih mirip dengan ras kucing anggora asli.

Secara umum, bentuk fisik dari kucing anggora campuran lokal terlihat seperti kucing lokal. Mulai dari struktur tulang, warna corak bulu hingga ketebalan bulunya. Namun, ketika diamati lebih cermat pada bagian kepala sangat mirip dengan kucing anggora asli. Misalnya bentuk wajah, telinga, mata dan hidung. Harga dari kucing anggora campuran lokal terbilang murah berkisar antara Rp200.000 hingga Rp400.000. Harga tersebut berlaku bagi kucing anggora campuran lokal baik sudah maupun belum divaksin. Tentu harga ini sangat terjangkau.

Memilih Kucing Anggora atau Kucing Persia?

Memang cukup sulit membedakan antara kucing aggora dengan kucing persia. Apalagi kucing hasil perkawinan di antara keduanya. Pasalnya, belum semua pecinta kucing memiliki mata yang jeli untuk melihat perbedaan di antara mereka. Bahkan justru kebingungan memilih saat ingin membeli untuk dipelihara di rumah. Akhirnya malah salah membeli. Untuk itulah ada beberapa perihal mendasar yang bisa membantu membedakan kucing anggora dan kucing persia. Terutama keturunan hasil perkawinan di antara kucing anggora dengan kucing persia.

Pertama, dapat dilihat dari kondisi bulu milik anggora lebih panjang mengingat struktur tulang pada tubuh anggora lebih panjang. Sedangkan bulu persia lebih pendek karena bentuk tubuhnya yang bulat. Kedua, bentuk wajah anggora mempunyai rahang kuat sehingga lebih menyerupai segitiga memanjang. Sedangkan betuk wajah persia lebih imut dan mungil. Dan, yang paling mudah dirasakan yaitu sifat dari anggora yang lebih aktif dan cerdas diajak melakukan pekerjaan. Sedangkan sifat persia lebih manja, diam dan kurang banyak pergerakan.

Daftar Harga Kucing Anggora Terkini

Popularitas kucing anggora memang sudah tidak bisa ditutupi. Ada banyak pecinta kucing di Indonesia yang begitu menggemari jenis kucing ini. Padahal, kucing anggora termasuk ras kucing alami tertua di dunia yang harganya cukup mempuni. Jangan heran jika banyak pelaku breeder yang berjuang untuk mengembangbiakkan jenis kucing anggora. Sehingga keberadaan kucing anggora bisa ditemukan lebih mudah. Namun, hal ini rupanya ikut memberikan dampak terhadap harga jual dari kucing aggora yang cenderung menurun.

Daftar harga kucing anggora berikut ini dipengaruhi oleh usia, status vaksin dan jenis, yaitu.

Usia

Kondisi Vaksin

Harga (Rp)

Kucing Anggora Asli

Kucing Anggora Campuran

Kucing Anggora Campuran Lokal

3 Bulan

Belum divaksin

4 – 5 juta

600.000 – 700.000

200.000 – 250.000

3 Bulan

Sudah divaksin

6 – 7 juta

900.000 – 1.000.000

300.000 – 350.000

6 Bulan

Belum divaksin

9 – 10 juta

1,5 – 1,6 juta

450.000 – 550.000

6 Bulan

Sudah divaksin

12 – 15 juta

2 – 2,8 juta

600.000 – 700.00

Tips Sebelum Membeli Kucing Anggora untuk Dipelihara

Kegiatan membeli kucing anggora sebagai hewan peliharaan di rumah tentu menjadi salah satu proses penting. Terutama dalam memahami kualitas kucing anggora yang baik untuk dipelihara. Hal tersebut karena tidak semua penjual kucing benar-benar memahami kondisi kucing yang dijualnya. Sehingga sebagai pembeli juga harus pandai memeriksa sendiri kondisi kucing yang akan dibeli, khususnya kucing anggora. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan sebelum membeli kucing anggora untuk dipelihara di rumah.

  1. Memastikan pergi ke toko hewan resmi agar penjagaan dan perawatan kucing selama di toko dalam keadaan baik
  2. Memastikan kesehatan kucing dengan menanyakan bentuk perawatan kesehatan yang sudah diberikan
  3. Memastikan kondisi kucing sudah atau belum diberikan vaksin dan menanyakan apakah kucing tidak pernah menderita penyakit terutama penyakit yang menular ke tubuh manusia
  4. Menanyakan apakah kucing anggora asli atau tidak dengan meminta bukti sertifikasi atau gunakan kemampuan Anda dalam memilih kucing anggora asli atau tidak secara akurat
  5. Mengamati bentuk fisik kucing tidak ada cacat
  6. Menyesuaikan usia kucing dengan harga yang ditawarkan penjual. Umumnya kucing dengan usia produktif mempunyai harga jual lebih tinggi daripada kucing yang sudah berusia tua atau masih anak-anak.

Itulah ulasan jenis kucing anggora dan harganya di tahun 2019. Kucing anggora memang menarik dan cerdas untuk dijadikan hewan peliharaan. Oleh sebab itu, pastikan memilih kucing anggora yang sehat dan sesuai dengan kepribadian Anda. Sehingga Anda bisa menjadikan kucing anggora yang dimiliki sebagai hewan peliharaan istimewa. Selain itu, usahakan untuk terus memberikan pemeliharaan dan perawatan yang tepat sesuai dengan jenis yang dipilih. Dan tentu saja yang sesuai dengan isi kantong Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *