Update! Daftar Harga Kucing Sphynx Terbaru 2020

Harga kucing Sphynx

Kucing bulu panjang memang tak dipungkiri sejak dulu selalu jadi primadona. Ras-ras seperti Ragdoll, Persia, Maine Coon bahkan Turkish Angora diburu karena keindahan bulunya. Namun tahukah kamu, kalau salah satu ras kucing termahal di dunia ternyata dimiliki oleh kucing yang tak berbulu bernama Sphynx? Memang, berapa sih harga kucing Sphynx?

Harga kucing Sphynx
Kucing Sphynx

Jawabannya bahkan cukup mencengangkan karena untuk turunan asli dan berkualitas champion, ras Sphynx bisa dihargai hingga puluhan juta Rupiah per ekornya. Wow, apakah di Indonesia ada yang punya? Tentu saja ada. Bahkan popularitas ras Sphynx di Tanah Air semakin meningkat semenjak artis Raditya Dika mengenalkan kucingnya yang merupakan ras Sphynx bernama Ping.

Sphynx sendiri hadir seolah mendobrak konsep kecantikan pada kucing. Kalau biasanya orang-orang begitu memuja kucing berbulu panjang dan tebal, Sphynx justru terlihat tanpa bulu sehingga lapisan kulitnya yang berkeriput terlihat jelas. Kendati bulu yang sangat minim itu membuat beberapa orang menilai Sphynx adalah kucing jelek dan menjijikkan, faktanya harga kucing Sphynx justru mahal.

Awal Mula Kucing Sphynx di Dunia

Meskipun diberi nama Sphynx, ras kucing ini justru tidak berasal dari Mesir. Bahkan kalau kamu berpikir jika Sphynx merupakan kucing peliharaan bangsawan Mesir kuno, itu juga keliru. Sphynx justru merupakan ras kucing yang hadir berkat rekayasa genetik. Berasal dari Kanada, Sphynx bahkan sempat diberi nama Canadian Hairless lantaran bulu tubuhnya yang sangat minim itu.

Kelahiran Sphynx berkat rekayasa genetik ini membuatnya berbeda dengan ras-ras kucing tua seperti Persia, Turkish Angora, Siam hingga British Shorthair (BSH). Proses kemunculan Sphynx sendiri bermula pada tahun 1960 di Kanada. Saat itu ada sepasang kucing lokal berbulu pendek melahirkan anak-anak tanpa bulu, sehinggamembuat program pembiakan kucing-kucing tanpa bulu dimulai.

10 tahun kemudian, CFA (Cat Fanciers Association) memberikan status ras kucing tanpa bulu ini sebagai Canadian Hairless. Hanya saja pada 1971, status itu justru ditarik kembali oleh CFA karena munculnya masalah kesehatan dalam program tersebut. Bahkan gen yang bertanggung jawab membuat kucing-kucing itu tak berbulu dianggap mematikan, sehingga perlahan Canadian Hairless punah.

Namun pada tahun 1975, kucing domestik milik Milt dan Ethelyn yang memiliki peternakan di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat, melahirkan seekor kitten tanpa bulu bernama Jezabelle. Bahkan setahun kemudian, lahir lagi anakan kucing tak berbulu bernama Epidermis dan Dermis yang dibeli oleh Kim Mueske, seorang breeder kucing asal Oregon. Epidermis dan Dermis pun melahirkan Pearson.

Pearson yang kemudian dibeli oleh Georgiana Gattenby, breeder asal Minnesota pun terus berkembang dan melahirkan anak-anak kucing tanpa bulu pula. Agar sifat-sifat genetiknya makin kuat, Gattenby mengawinkan keturunan Pearson itu dengan ras Devon Rex. Hasilnya, terlahir anakan kucing yang terbukti sehat secara genetik tak seperti Canadian Hairless dan diberi nama ras Sphynx.

Usaha pembiakan ras Sphynx juga dilakukan lewat Bambi milik breeder asal Kanada, Shirley Smith. Bambi melahirkan Punkie dan Paloma pada tahun 1979. Empat tahun kemudian, Punkie dan Paloma dikirim ke Belanda untuk dibiakkan oleh Dr. Hernandez. Hingga akhirnya ditetapkan bahwa kucing-kucing keturunan Punkie, Paloma dan Pearson adalah dasar pembiakan serta nenek moyang ras Sphynx.

Ciri Khas dan Sifat Kucing Sphynx

Lantaran dikembangkan dengan usaha pembiakan yang sangat selektif, harga kucing Sphynx memang cukup fantastis. Apalagi para breeder melakukan aturan ketat sehingga tercipta karakteristik khusus kucing Sphynx sesuai standar TICA (The International Cat Association) seperti berikut ini:

  1. Kucing Sphynx mempunyai kepala berbentuk baji seperti kucing Siam modern, dengan tulang pipi yang menonjol
  2. Sepasang mata kucing Sphynx cukup besar berbentuk buah lemon
  3. Telinga ras Sphynx sangatlah besar dan tidak memiliki rambut di bagian dalam. Namun pada pangkal luar telinga terasa lembut
  4. Bentuk tubuh kucing Sphynx begitu berotot dengan leher yang kuat serta cukup panjang
  5. Ukuran tubuh kucing Sphynx sedang alias tidak terlalu panjang dan pendek. Mereka mempunyai dada yang bidang dan penuh, dengan perut membulat yang biasanya disebut dengan pot belly
  6. Bantalan kaki Sphynx lebih tebal dibandingkan kucing-kucing lain sehingga seolah mereka berjalan di atas bantal
  7. Bagian ekor kucing Sphynx kecil dan panjang dengan lancip di bagian ujung. Terkadang ekornya ini memiliki sedikit bulu atau hanya berbulu di bagian ujungnya seperti singa

Kendati jika dilihat dari kejauhan tampak tak berbulu sama sekali, sebetulnya kucing Sphynx masih memiliki bulu-bulu halus seperti di telinga, kaki, ekor dan dekat organ kelamin. Lapisan kulit mereka mempunyai tekstur chamois. Karena sangat minim bulu inilah, Sphynx kehilangan lebih banyak panas pada tubuhnya sehingga lebih hangat saat disentuh dan suka berada di tempat tidak terlalu dingin.

Bulu yang minim ini juga membuat permukaan kulitnya cepat berminyak seolah penuh daki, sehingga pemilik kucing Sphynx memang dianjurkan untuk sering memandikannya. Tak usah cemas, kendati wajah kucing Sphynx memang tampak galak, ras yang satu ini sangat penuh kasih sayang. Sphynx adalah kucing yang begitu aktif, berenergi, cerdas, penuh rasa ingin tahu dan bersifat ekstrovert.

Penyebab Kucing Sphynx Tak Memiliki Bulu

Ada yang bilang bahwa semakin berkerut permukaan kulit Sphynx, maka harga kucing Sphynx juga makin mahal. Hal ini seolah membuktikan bahwa Sphynx yang bulunya benar-benar minim bakal memiliki harga melambung. Memang sebetulnya apa sih penyebab kucing Sphynx ini tak punya bulu? Jawabannya terungkap pada hasil analisa DNA pada tahun 2010.

Di mana ternyata penyebab kucing Sphynx tak berbulu adalah perbedaan alel pada gen yang tidak sepenuhnya dominan. Mutasi genetik yang dialami Sphynx ini sama halnya dengan yang terjadi pada ras kucing Devon Rex dan Selkirk Rex. Namun meskipun begitu, kondisinya berbeda dengan mutasi genetik alami yang terjadi pada Don Sphynx dan Peterbald, dua ras kucing tak berbulu asal Rusia.

Berapa Sih Harga Kucing Sphynx?

Dari penjelasan di atas tentu kamu sadar bahwa proses pembiakan yang selektif dan perawatannya itulah penyebab harga kucing Sphynx cukup mahal. Apalagi selama beberapa tahun berturut-turut, Sphynx masuk dalam daftar 10 besar kucing terpopuler di dunia. Tak heran kalau akhirnya menurut Cat Breeds List, kisaran umum harga Sphynx adalah US$1.800-3.000 (sekitar Rp25,2 juta – Rp42 juta)!

Namun jika kamu membeli kucing Sphynx dari breeder yang benar-benar berkualitas dengan garis turunan murni, bukan tak mungkin kalau akhirnya bisa melambung hingga US$3.500-6.000 (sekitar Rp49 juta – Rp84 juta) per ekornya. Bahkan untuk kucing Sphynx yang amat sangat langka, harganya bisa menembus US$10.000 (sekitar Rp140 juta)!

Nah itu untuk harga standar di luar negeri dan sudah terbukti memiliki pedigree resmi. Lantas kalau di Indonesia, sampai berapa sih harga kucing Sphynx? Dilansir Hewany, berikut kisaran harga yang bisa kamu pertimbangkan:

NOKETERANGANUSIAHARGA
1Sphynx kitten2 bulanRp1,8 juta
2Sphynx anakan murah3 bulanRp3 juta
3Sphynx jantan6 bulanRp4 juta
4Sphynx jantan non-pedigree3 tahunRp6 juta
5Sphynx ras asli1 tahunRp10 juta
6Sphynx ras asli2 tahunRp20 juta
7Sphynx dewasa3 tahunRp25 juta

Melalui daftar di atas, tentu kamu bisa menyadari kalau kucing-kucing Sphynx yang dijual di Indonesia memang tidak semahal pasaran harga Sphynx di cattery resmi luar negeri. Kenapa bisa begitu? Alasannya adalah mungkin saja kucing yang dijual di Tanah Air ini bukanlah ras Sphynx asli, atau tidak memiliki kualitas terbaik selayaknya kucing-kucing breeder profesional.

Patut diketahui pula bahwa sekalipun Sphynx merupakan ras kucing yang sehat dan kuat, ketidak hadiran bulu tebal pada tubuhnya membuat mereka rentan pada masalah infeksi saluran napas, terutama untuk anakan Sphynx. Bahkan kitten Sphynx mempunyai sistem pencernaan cukup sensitif sampai diare berminggu-minggu. Untuk itu kamu wajib langsung memberikan vaksinasi lengkap padanya.

Baca juga : Update! Daftar Harga Kucing Russian Blue Terbaru 2020

Dengan penjelasan di atas dan kepastian bahwa harga kucing Sphynx tidak murah, tentunya dibutuhkan kesabaran dan kasih sayang penuh dalam memilihara ras kucing yang satu ini. Semoga beruntung dan memperoleh kucing Sphynx sesuai keinginan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *