Update! Daftar Harga Kucing Russian Blue Terbaru 2020

Harga kucing Russian Blue

Benua Eropa tidak hanya memiliki British Shorthair (BSH), Scottish Fold atau Turkish Angora saja. Ada satu jenis kucing ras asal Eropa yang juga begitu diminati yakni Russian Blue. Dari namanya saja, kamu tentu bisa menebak kalau ras ini berasal dari Rusia dan itu tepat. Lantaran kucing impor, tentunya besaran harga kucing Russian Blue tidaklah murah.

Harga kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Selain Russian Blue, ada ras-ras kucing lain asal Rusia seperti Donskoy, Bobtail Kuril, Nevksya Maskaradnaya, Peterbald, Ural Rex dan Bobtail Mekong. Hanya saja kalau boleh memilih, Russian Blue memang yang paling populer di Rusia, hingga mengalahkan Peterbald yang berharga sangat mahal itu.

Dengan penampilan yang hampir serupa BSH, banyak orang memilih memelihara Russian Blue karena terlihat tidak terlalu gemuk dan cukup lincah. Tertarik juga memelihara Russian Blue? Informasi mengenai sejarah, sifat hingga harga kucing Russian Blue berikut ini layak untuk kamu pertimbangkan.

Dari Mana Asal Kucing Russian Blue?

Tidak seperti Bengal atau Ragdoll, Russian Blue diduga kuat adalah ras kucing yang tumbuh alami. Lebih mirip kucing ras Persia dan Turkish Angora, banyak bukti yang menyebutkan kalau Russian Blue berasal dari pelabuhan Arkhangel’sk di Rusia sana. Hal inilah yang sempat membuat Russian Blue dijuluki sebagai Archangel Blues oleh sebagian masyarakat Rusia.

Banyak yang meyakini bahwa para pelaut membawa moyang Russian Blue dari pulau Archangel ke Inggris Raya dan kawasan Eropa utara sekitar tahun 1860-an. Dokumentasi sejarah pertama soal Russian Blue di luar Rusia adalah pada tahun 1875, saat kucing tersebut mengikuti kompetisi kucing dan dikenalkan dengan nama kucing Archangel.

Saat itu Russian Blue dimasukkan ke dalam kelompok kucing-kucing berbulu biru lainnya. Sampai akhirnya pada tahun 1912, Russian Blue memiliki ras tersendiri dan akhirnya mulai dikembang biakkan terutama di kawasan Inggris dan Skandinavia sampai akhir Perang Dunia II. Namun peperangan membuat populasi Russian Blue menurun drastis dan akhirnya dikawinkan silang dengan kucing ras Siam.

Para breeder di Amerika pun menggabungkan jalur keturunan Russian Blue asal Inggris dan Skandinavia. Namun sayang usaha ini tercampur dengan ciri-ciri kucing Siam yang ikut dikawinkan silang, sehingga dikhawatirkan membuat banyak peternak keliru memberikan label ras Russian Blue murni. Tak berhenti di situ, usaha pemurnian yang ketat juga masih dilakukan demi menetapkan standar Russian Blue.

Perkembangan Ras Russian Blue

Dalam perkembangannya, Russian Blue juga pernah digunakan secara terbatas untuk menciptakan ras kucing lain seperti Havana Brown, hingga mengubah ras Nebelung. Russian Blue juga diboyong ke Italia untuk membuat ras kucing Oriental Shorthair semakin sehat dan makin kuat, yang dijuluki sebagai RUS4OSH di FIFe (Fédération Internationale Féline).

Bukan hanya berwarna khas biru, usaha kawin silang Russian Blue dengan kucing-kucing domestik yang diimpor dari Rusia menghasilkan Russian White dan Russian Black. Garis keturunan pertama ini dikembangkan oleh Frances McLeod di Inggris pada tahun 1960-an, lalu untuk garis keturunan kedua dilakukan oleh Dick dan Mavis Jones di Australia pada tahun 1970-an.

Di penghujung tahun 1970 pula, Russian White dan Russian Black akhirnya diterima oleh ACF (Australian Cat Federation) dan SACC (Southern Africa Cat Council). Bahkan GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) juga mengenal dua varian ini sebagai kucing Rusia. Namun keputusan berbeda ditetapkan CFA (Cat Fanciers’ Association) dan FIFe yang tidak menerima varian lain dari Russian Blue.

Kucing Russian Blue dan Kucing Raas Asal Madura

Sebelum membahas mengenai harga kucing Russian Blue, ada satu hal yang cukup unik pada kucing ini, terutama bagi kalangan penggemar kucing di Indonesia. Apa itu? Mengenai kemiripan fisiknya dengan kucing Busok/Raas, jenis kucing domestik endemik yang berasal dari pulau Raas di Madura, Jawa Timur. Berbeda dengan kucing-kucing lokal di Tanah Air, gen kucing Raas disebut masih murni.

Dengan karakter, postur tubuh serta wajah mirip kucing hutan, kucing Raas memiliki bulu berwarna abu-abu kebiruan yang mirip Russian Blue. Hanya saja untuk bantalan kaki-cakar kucing Raas lebih gelap daripada bulunya, sementara Russian Blue memiliki paw yang berwarna merah atau ungu muda. Namun sayang, belum ada kepastian apakah ras kucing Busok ini diakui oleh organisasi kucing global.

Karakteristik Penampilan Kucing Russian Blue

Ciri khas fisik utama dari Russian Blue adalah sepasang mata berwarna hijau cerah, lalu bagian bantalan kaki-cakar berwarna pink lavender atau ungu muda. Russian Blue asli memiliki dua lapisan bulu yang tebal dan pendek dengan warna abu-abu kebiruan. Warna bulu tersebut berasal dari gen warna hitam dari kedua induknya yang bersifat resesif, sehingga menghasilkan Russian Blue seperti warnanya saat ini.

Kedua lapisan bulu pada Russian Blue jika disentuh secara langsung akan terasa lebih lembut dan halus di bagian bawah. Sementara bulu-bulu tubuh terluarnya jauh lebih kebiruan dengan ujung keperakan. Dibandingkan bulu di tubuhnya, bagian ekor kucing yang memiliki harapan hidup 10-20 tahun ini lebih kusam dan kasar. Rata-rata seekor Russian Blue dewasa bisa mencapai tinggi 25,4 cm dengan bobot 4-7 kg.

Dibandingkan BSH, bentuk tubuh Russian Blue memang lebih panjang, ramping serta elegan. Hanya saja karena bulunya yang cukup tebal, sekilas menutupi lehernya jadi lebih pendek. Terakhir, Russian Blue memiliki ciri khas struktur wajah segitiga seperti ular kobra yang memang menjadi ciri khas kucing-kucing domestik di Rusia sana. Keunikan ini yang mempengaruhi harga kucing Russian Blue di pasaran global.

Perangai dan Kepribadian Kucing Russian Blue

Russian Blue memiliki sifat yang tenang tapi cukup penasaran. Kendati cukup pendiam, Russian Blue pada dasarnya adalah kucing yang ramah, cerdas dan peka terhadap emosi manusia. Kucing ini begitu senang bermain, terutama bersama pemiliknya. Tak heran kalau akhirnya banyak Russian Blue yang dilatih supaya bisa berburu tikus, burung, kelinci, reptil dan mamalia kecil.

Lihat juga harga : Update! Daftar Harga Kucing Persia Semua Jenis 2020

Meskipun merupakan kucing berukuran kecil-sedang, tubuh Russian Blue luar biasa atletis. Kemampuan melompat dan memanjat Russian Blue bahkan menyaingi ras kucing Abisnia asal Ethiopia itu. Perangai yang aktif Russian Blue ini makin terlihat di usia remaja dan mulai melambat jelang dewasa. Biasanya saat sudah berumur di atas 4 tahun, Russian Blue akan lebih pasif kendati ingatannya masih tajam.

Informasi Harga Kucing Russian Blue

Sebagai kucing ras yang sudah diakui otoritas komunitas kucing dunia, tentu harga kucing Russian Blue tidaklah murah. Seperti dilansir Cat Breeds List, kisaran harga Russian Blue yang berkualitas adalah US$1000-1700 (sekitar Rp14,2 juta – Rp24,2 juta). Namun di pasaran, mayoritas Russian Blue dijual di rentang US$800-1200 (sekitar Rp11,4 juta – Rp17,1 juta).

Harga ini tentu akan semakin meningkat jika kamu membelinya di cattery populer yang terpercaya. Dengan garis keturunan yang jelas, memiliki pedigree resmi, sepasang mata hijau cerah yang cantik dan warna bulu abu-abu kebiruan asli, harga Russian Blue pun bisa melambung di kisaran US$1500-2500 (sekitar Rp21,4 juta – Rp35,6 juta).

Meskipun begitu, rupanya ada juga penjual yang menawarkan kucing Russian Blue dengan harga sangat terjangkau. Di mana harganya berkisar US$400-600 (sekitar Rp5,7 juta – Rp8,5 juta). Jika kamu menemukan dengan harga segini, jangan mudah tergiur tapi perbanyak informasi terlebih dulu. Karena siapa tahu Russian Blue yang ditawarkan bukanlah keturunan murni dan tidak berkualitas.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Lantas bagaimana dengan rentang harga kucing Russian Blue di Indonesia? Dilansir Farmbos dan Hewany, berikut rinciannya:

NOJENIS KUCINGUSIAHARGA
1Russian Blue x Persia3 - 4 bulanRp450-550 ribu
2Russian Blue x Anggora6 bulanRp800-900 ribu
3Russian Blue betina3 bulanRp1-2 juta
4nakan Russian Blue2 bulanRp10,7 juta
5Russian Blue kitten3 bulanRp19,5 juta
6Russian Blue asli6 bulanRp38-39 juta

Tentunya dari daftar harga kucing Russian Blue di atas, tidak semuanya sesuai dengan kisaran harga di cattery-cattery resmi luar negeri. Apalagi ada yang di bawah Rp1 juta dan merupakan keturunan campuran kucing ras lain, tampak cukup janggal. Untuk itulah supaya bisa memperoleh Russian Blue asli, pastikan membeli di cattery yang bertanggung jawab dan mampu menjamin kejelasan garis turunannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *