Update! Daftar Harga Kucing Persia Semua Jenis 2020

harga kucing persia terbaru

Selain Anggora (yang sebetulnya adalah Turkish Angora), ras kucing berikutnya yang sangat populer di Indonesia adalah Persia. Yap, kucing berbulu panjang dan lebat dengan hidung pesek ini memang sangat menggemaskan dan punya banyak penggemar. Tak heran kalau harga kucing persia terbaru di Indonesia sangatlah beragam dan memiliki jenis yang banyak pula.

harga kucing persia terbaru
Kucing Persia

Hanya saja sama seperti Angora, gambaran kucing Persia di Indonesia memiliki banyak kekeliruan. Yang paling jelas adalah mayoritas masyarakat awam dengan enteng menyebut kucing bulu panjang lebat dan bertubuh gemuk sebagai Persia. Padahal jika melihat karakteristik Persia asli sesuai CFA (Cat Fanciers’ Association), kucing yang kerap disebut Persia di Indonesia tidaklah sama.

Kekeliruan yang sudah berlangsung lama ini diperparah dengan ulah para pedagang kucing di pasar-pasar hewan. Mereka kerap memperjual belikan kucing bulu panjang dengan Persia, tanpa memperhatikan sertifikat resmi sekaligus ciri khas utamanya yakni hidung pesek. Nah, supaya tidak salah kaprah pula, ada baiknya kamu mempelajari seluk-beluk kucing Persia sebelum membahas harga kucing Persia terbaru.

Daftar Harga Kucing Persia Asli Terbaru

Seperti namanya, kucing Persia yang asli jelas membawa karakteristik yang sudah diakui oleh CFA. Di mana Persia asli, pastinya memiliki bulu yang panjang dan tebal, kaki yang cenderung pendek serta gemuk, bentuk kepala bulat, telinga pendek, dan tentunya hidung yang pesek. Karena itu jika mengikuti aturan CFA, tidak ada yang namanya Persia medium, Persia flatnose atau peaknose.

Untuk bisa memperoleh Persia asli, ada baiknya membeli di cattery resmi karena kamu akan mendapatkan pedigree atau sertifikat penjelasan asal-usul si kucing. Hal inilah yang akhirnya membuat Persia-Persia asli yang mayoritas kucing impor, mempunyai harga cukup mahal. Bahkan menurut Cat Owner Club, kucing Persia dengan harga di bawah US$200 (sekitar Rp2,8 juta), bukanlah asli.

Kenapa begitu? Karena harga kucing Persia asli yang masih anakan atau kitten berkisar US$500 (sekitar Rp7 juta). Sementara untuk di Indonesia, kisaran harga untuk kucing Persia asli biasanya dipengaruhi oleh kondisi vaksinasi. Seperti yang diketahui, kucing haruslah memperoleh tiga jenis vaksin utama seumur hidupnya yakni tricat, tetracat dan rabies.

Hal inilah yang akhirnya membuat harga kucing Persia asli di Indonesia yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, lebih mahal. Supaya lebih jelas, berikut informasinya:

UsiaKeteranganHarga
2-3 bulanBelum divaksinRp5-6 juta
2-3 bulanSudah divaksinRp7-8 juta
6 bulanBelum divaksinRp10-11 juta
6 bulanSudah divaksinRp13-16 juta

Tabel Harga kucing Persia Asli

Daftar Harga Kucing Persia Medium, Flatnose dan Peaknose

Ketiga istilah kucing Persia di atas tentunya seringkali kamu dengar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di Indonesia lumrah menyebut kucing berbulu panjang dengan istilah Persia yang akhirnya meningkatkan harga jual. Padahal lagi-lagi jika menyesuaikan dengan aturan resmi CFA, tidak ada yang namanya Persia medium (Persimed), Persia peaknose atau Persia flatnose.

Baca juga : Ciri-Ciri Kucing Persia Medium Asli dan Cara Merawatnya

Namun karena memang sudah lumrah terjadi, ketiga istilah itu akhirnya juga normal digunakan oleh pecinta kucing di Tanah Air. Agar kamu tidak keliru dalam membedakan atau membeli, berikut penjelasan sekaligus daftar harga kucing Persia terbaru medium, flatnose dan peaknose:

Daftar Harga Kucing Persia Medium

Memiliki hidung layaknya kucing lokal Indonesia. Bulu lebih panjang dan tebal daripada kucing lokal Indonesia, tapi lebih pendek daripada Persia. Biasanya tubuhnya pun sedikit lebih besar daripada kucing lokal Indonesia. Jenis ini paling banyak ditemukan di Tanah Air, bahkan hidup bebas di jalanan.

USIAKETERANGANHARGA
3 bulanBelum divaksinRp5-6 juta
3 bulanSudah divaksinRp7-8 juta
6 bulanBelum divaksinRp9-10 juta
5 bulanSudah divaksinRp11-12 juta

Tabel Harga Kucing Persia Medium

Daftar Harga Kucing Persia Flatnose

Memiliki hidung yang lebih datar daripada Persia medium, tapi lebih menonjol daripada Persia peaknose. Bulu di tubuhnya lebih panjang dan tebal daripada Persia medium. Kucing Persia flatnose biasanya jadi alternatif bagi mereka yang ingin punya kucing ala-ala Persia, tapi hidung tidak serata Persia asli, cuma sedikit lebih pesek daripada Persia medium. Berikut harganya:

USIAKETERANGANHARGA
3 bulanBelum divaksinRp5-6 juta
3 bulanSudah divaksinRp7-8 juta
6 bulanBelum divaksinRp9-10 juta
6 bulanSudah divaksinRp11-12 juta

Tabel Harga Kucing Persia Flatnose

Daftar Harga Kucing Persia Peaknose

Memiliki hidung pesek bak Persia asli. Begitu pula bulu setebal dan sepanjang Persia pada umumnya. Persia peaknose kerap dianggap Persia asli oleh sebagian kalangan di Tanah Air, sehingga harga jualnya paling mahal dibandingkan Persia medium atau Persia flatnose. Bahkan normal kalau seekor Persia peaknose memiliki harga menembus belasan juta Rupiah, seperti Persia asli.

USIAKETERANGANHARGA
3 bulanBelum divaksinRp6-7 juta
3 bulanSudah divaksinRp8-9 juta
6 bulanBelum divaksinRp10-11 juta
6 bulanSudah divaksinRp12-13 juta

Tabel Harga Kucing Persia Peaknose

Ras-Ras Kucing yang Masuk Dalam Keluarga Besar Persia

Sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia, Persia sudah mengalami banyak perkawinan silang dan akhirnya menciptakan beberapa ras tersendiri. Ras-ras tersebut bahkan juga tidak kalah populer dari Persia yang asli. Berikut ketiga jenis ras kucing yang masih bagian dari Persia:

1. Himalaya

Himalaya adalah ras kucing hasil perkawinan silang Persia dengan Siam pada tahun 1950. Hal ini yang membuat Himalaya memiliki karakteristik tubuh dan penampilan bak Persia, tapi pola warna milik Siam. CFA memasukkan Himalaya sebagai bagian dari ras Persia pada 1984

2. Exotic Shorhair (Exo)

Exo adalah ras kucing hasil kawin silang Persia dengan ASH (American Shorthair) pada tahun 1950. Exo hanya membawa hidung pesek dari moyangnya, karena bulu tubuh Exo begitu pendek seperti ASH

3. Chinchilla

Chinchilla diduga kuat sebagai kucing turunan Persia yang khusus dikembangkan di Inggris. Ciri khas ras ini adalah bulu panjang berwarna abu-abu mengkilat. Namun dari penampilan, Chinchilla tak berbeda dengan Persia asli karena hidung pesek dan bulu tebal panjangnya

Di Indonesia sendiri, Himalaya dan Exo memiliki cukup banyak penggemar. Bahkan khusus untuk Exo, harga jualnya bisa dibilang lebih mahal daripada Persia medium, Persia flatnose atau Persia peaknose.

Sementara itu untuk penggemar ras Himalaya, berikut adalah daftar harga kucing Persia jenis Himalaya yang bisa ditemukan di Tanah Air:

USIAKETERANGANHARGA
3 bulanBelum divaksinRp3-4 juta
3 bulanSudah divaksinRp5-6 juta
6 bulanBelum divaksinRp7-8 juta
6 bulanSudah divaksinRp9-10 juta

Tabel harga kucing persia himalaya

Harga Kucing Persia Peranakan di Indonesia

Bisa dibilang kalau Persia memang menjadi salah satu ras kucing paling populer di Tanah Air. Tampilan hidung yang pesek, tubuh gemuk dan sifat manjanya, membuat Persia sangat disukai.

Hal inilah yang menjadikan banyak orang mengembang biakkan Persia dengan jenis kucing lain. Kendati kadang tidak sesuai aturan dan tidak punya sertifikat bukti ras murni, Persia-Persia peranakan ini tetap disukai.

Peranakan Kucing Persia dengan Kucing Lokal

Berbeda dengan Persia medium yang masih membawa ciri khas bulu panjang dan tebal, peranakan Persia dengan kucing lokal biasanya memiliki bulu yang tidak terlalu panjang dan tebal. Bahkan biasanya, cuma memiliki bulu panjang di bagian ekor saja. Karena peranakan kucing lokal, sudah pasti bentuk wajah hingga hidung akan tetap setia pada karakteristik tampilan kucing lokal.

Hal inilah yang membuat harga Persia peranakan lokal lebih murah dibandingkan Persia medium sekalipun. Berikut daftar harganya:

USIAKETERANGANHARGA
3 bulan Belum divaksinRp250-300 ribu
3 bulanSudah divaksinRp350-400 ribu
6 bulanBelum divaksinRp500-600 ribu
6 bulanSudah divaksinRp600-700 ribu

Tabel Harga Persia Peranakan Lokal

Peranakan Kucing Persia dengan Anggora

Tentu saja Anggora yang dimaksud di sini kebanyakan adalah kucing berbulu panjang menyerupai Persia medium. Karena kalau yang asli yakni Turkish Angora, memiliki harga sangat mahal serta tidak boleh dikawin silangkan dengan ras kucing apapun, termasuk Persia. Berikut adalah daftar harga kucing Persia peranakan Anggora di Indonesia:

USIAKETERANGANHARGA
3 bulanBelum divaksinRp650-750 ribu
3 bulanSudah divaksinRp950 ribu - Rp1,1 juta
6 bulanBelum divaksinRp1-1,7 juta
6 bulanSudah divaksinRp2,1-2,2 juta

Tabel harga kucing Persia peranakan Anggora

Baca juga : 11 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia, Bagus Mana?

Bagaimana? Ternyata sangat variatif sekali bukan harga kucing Persia di Indonesia? Kalau kamu memang ingin Persia asli, pastikan membeli di cattery resmi karena bisa memperoleh sertifikat bukti ras murni. Namun jika sekadar ingin memelihara yang berbulu panjang tapi harga lebih terjangkau, mungkin bisa mempertimbangkan Persia medium hingga Persia peranakan lokal.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *