Update! Daftar Harga Kucing Persia Medium Terbaru 2020

harga kucing persia medium terbaru

Sudah sejak lama jika kucing berbulu panjang memiliki penggemar yang sangat besar di Indonesia. Kucing dengan bulu panjang dan tebal dianggap berkelas dan jauh lebih menarik daripada kucing lokal oleh sebagian orang. Tak heran kalau akhirnya informasi harga kucing Persia medium banyak dibutuhkan oleh masyarakat awam di Indonesia.

harga kucing persia medium terbaru
Kucing Persia Medium

Kucing Persia medium sendiri di Tanah Air dianggap sebagai anggota dari kucing ras Persia karena mempunyai bulu yang panjang. Jika kamu berkeliling ke pasar hewan, pet-shop atau bahkan komunitas pecinta kucing online, akan ada banyak yang menjual anakan alias kitten hingga induk atau kucing Persia medium dewasa.

Biasanya kucing Persia medium ini dijuluki sebagai Persimed dan memiliki harga jual kisaran ratusan ribu Rupiah. Namun tahukah kamu, kalau ternyata masih banyak sekali kesalahpahaman mengenai kucing Persimed ini. Kekeliruan itu mengenai penyebutan, hingga penggolongan ras yang ada baiknya kini harus kamu ketahui kebenarannya.

Kesalahpahaman Soal Kucing Persia Medium

Tidak banyak yang tahu kalau istilah kucing Persia medium ini hanya ada di Indonesia saja. Istilah ini muncul lantaran makin banyaknya kucing-kucing berbulu panjang di Indonesia, tetapi tidak memiliki bentuk hidung serata kucing Persia. Seperti yang diketahui, kucing ras Persia memang mempunyai ciri khas utama pada bentuk hidung yang pesek, selain bulu panjang nan tebal.

Lantaran di Indonesia ada cukup banyak kucing berbulu panjang tapi tidak memiliki hidung pesek seperti Persia, kemudian muncul istilah baru yakni Persia medium (hidung normal) dan Persia flatnose (hidung tidak terlalu pesek). Dengan adanya istilah baru ini, harga jual dan kesan kepemilikan Persia medium serta Persia flatnose pun meningkat, seolah-olah masih satu golongan ras Persia.

Padahal kalau melihat informasi yang tertera di CFA (Cat Fanciers’ Association), kucing bisa masuk ke kelompok ras Persia haruslah memiliki hidung pesek sesuai standar yang ada. Sehingga sekalipun kucing itu berbulu panjang dan lebat tapi hidungnya normal atau tidak terlalu pesek seperti flatnose, secara standar internasional kucing itu tidak bisa disebut sebagai Persia.

Hal inilah yang akhirnya membuat kucing Persimed atau Persia flatnose kurang dikenal oleh publik luar negeri. Bahkan beberapa breeder resmi atau pecinta kucing yang paham standar CFA lebih memilih menyebut kedua jenis ’Persia’ itu sebagai kucing mix-breed bulu panjang. Kenapa begitu? Karena tidak ada yang tahu pasti garis keturunan asli kucing-kucing Persia medium.

Ciri-Ciri Kucing Persia Medium

Meskipun keberadaan Persia medium kerap kali menimbulkan kontroversi terutama di kalangan praktisi kucing, faktanya penggemar kucing ini sangatlah besar di Indonesia. Bahkan harga kucing Persia medium anakan yang mencapai ratusan ribu Rupiah pun bukan masalah, asalkan bisa memilikinya. Bukan tanpa alasan, karena Persia medium memang menarik hati berkat bulu panjangnya.

Bahkan kadang kala, Persia medium menjadi kucing pilihan bagi mereka yang ingin mempunyai kucing bulu panjang, tapi hidung tidak pesek. Seperti yang diketahui, bentuk hidung pesek pada kucing Persia memang membuatnya rentan terkena penyakit pernapasan. Sehingga beberapa orang memilih Persia medium yang juga mempunyai bulu indah, tapi bentuk hidung lebih bagus.

Supaya tidak keliru, berikut inilah ciri-ciri kucing Persia medium yang lazim ditemukan di Indonesia:

1. Jenis Bulu

Bulu kucing Persia medium jauh lebih panjang dan lebat daripada kucing lokal, tetapi tidak sepanjang atau selebat kucing Persia asli

2. Bentuk Tubuh

Jika bentuk tubuh Persia cenderung bulat, gemuk dan pendek, biasanya Persia medium lebih ramping hampir seperti kucing lokal. Namun jika dibandingkan kucing lokal, tubuh mereka cenderung lebih besar karena bulu panjangnya

3. Bentuk wajah

Seperti yang disebutkan, Persia medium mempunyai bentuk wajah dan hidung serupa kucing lokal. Berbeda dengan ras Persia yang hidungnya sangatlah pesek dan wajah membulat. Hanya saja Persia medium memiliki tambahan bulu-bulu cukup panjang di beberapa bagian wajah dan leher

4. Bentuk Hidung

Persia medium kerap kali dijuluki sebagai kucing lokal yang berbulu panjang. Dibandingkan Persia medium, Persia flatnose lebih memiliki kemiripan dengan Persia seperti hidung yang lumayan pesek dan wajah membulat

5. Sifat Kucing

Lantaran membawa gen kucing lokal, biasanya sifat Persia medium jauh lebih aktif daripada Persia pada umumnya. Mereka juga tidak terlalu suka bermanja di dalam rumah dan cenderung sangat suka ada di luar ruangan.

Dengan bentuk tubuh mirip kucing lokal tapi bulu serupa Persia. Perawatan Persia medium memang lebih mudah dan murah dibandingkan Persia. Bahkan karena masih merupakan turunan kucing lokal, daya tahan tubuh Persimed cukup kuat selayaknya kucing-kucing lokal di Indonesia. Alasan ini pula yang akhirnya membuat banyak orang tertarik membeli Persimed.

Tips Membeli Kucing Persia Medium

Dibandingkan Persia flatnose atau ras Persia asli sekalipun, harga kucing Persia medium memang jauh lebih terjangkau. Namun tetap, ada banyak oknum yang mematok harga Persimed cukup tinggi apalagi jika calon pembeli adalah orang yang tidak paham kucing ras. Supaya tidak menjadi korban salah beli terlalu mahal, berikut beberapa tips membeli Persimed dengan tepat:

1. Sediakan Kandang

Tips pertama yang harus kamu lakukan jika hendak membeli kucing Persia medium adalah pastikan memiliki kandang. Kenapa begitu? Karena kucing Persimed ini memiliki tampilan yang berbeda dari kucing lokal biasa. Bulunya yang panjang bahkan membuat masyarakat umum kerap menyebutnya sebagai Anggora.

Hal inilah yang membuat banyak kucing Persimed menjadi sasaran pencurian karena memiliki harga jual. Untuk itulah jika kamu tak ingin kucing berkeliaran di luar rumah tapi tak siap mereka hidup di dalam rumah, ada baiknya menyiapkan kandang terlebih dulu. Karena ukuran Persimed biasanya lebih besar daripada kucing lokal, beli kandang cukup besar.

2. Selektif Pilih Penjual

Supaya bisa memperoleh harga kucing Persia medium sesuai dengan pasaran, kamu harus memilih penjual yang tepat. Ada banyak sekali penjual Persimed entah secara online atau di pasar hewan dan pet-shop. Jika kamu membeli dengan jalur online, pastikan keamanan dan kenyamanan kucing hingga sampai ke rumahmu.

Pembelian online juga harus membuatmu waspada, apakah si penjual benar-benar bisa dipercaya atau tidak. Ada juga beberapa penjual yang mengklaim kucing bulu panjang sebagai Persia sehingga harga jualnya lebih tinggi, padahal ternyata hidungnya normal karena merupakan Persimed. Karena itu, periksa dulu rekam jejak transaksi penjual, apakah trusted seller atau tidak.

3. Pilih Bulu, Jenis Kelamin dan Usia yang Tepat

Tinggi-rendahnya harga kucing Persia medium rupanya dipengaruhi oleh usia. Biasanya kitten Persimed memiliki harga lebih mahal daripada yang sudah dewasa. Begitu pula pejantan Persimed yang harganya lebih murah daripada betina, karena kalau betina masih memiliki kemungkinan untuk bisa dikembang biakkan.

Tak hanya usia dan jenis kelamin, motif dan warna bulu juga turut berpengaruh. Beberapa kucing Persia medium yang memiliki motif marble atau calico jantan, bukan tak mungkin mempunyai harga jual lebih mahal daripada yang bermotif satu atau dua warna, hingga tabby pada umumnya.

4. Cari Tahu Kualitas Kucing

Nah terakhir yang mempengaruhi harga kucing Persia medium adalah kualitas kucing. Kalau kucing tersebut sudah memperoleh vaksin lengkap seperti tricat, tetracat hingga rabies, sudah pasti punya harga jual lebih mahal. Jangan tertipu, pastikan si penjual memberikan buku vaksin sebagai bukti kalau kucing tersebut memang benar-benar sudah divaksin.

Kisaran Harga Kucing Persia Medium di Indonesia

Jika kamu memahami beberapa tips di atas, tentu tak akan tertipu lagi dalam menentukan harga kucing Persia medium. Sekadar informasi sekaligus menjadi referensi, berikut ini adalah daftar harga Persimed yang lazim ada di Indonesia:

NOUSIAKETERANGANHARGA
11-6 bulanBelum divaksinRp800 ribu - Rp1 juta
21-6 bulanSudah divaksinRp1 juta - Rp2 juta
36 bulan - di atas 1 tahunBelum divaksinRp500 ribu - Rp1 juta
46 bulan - di atas 1 tahunSudah divaksinRp800 ribu - Rp1,5 juta

Dibandingkan kucing-kucing Persia murni, harga kucing Persia medium memang jauh lebih murah. Kenapa bisa begitu? Karena memang pada dasarnya, Persia medium bukanlah kelompok Persia. Harga jual Persimed ini menjadi ’naik’ karena mereka mempunyai bulu panjang. Untuk itulah bagi kamu yang ingin punya kucing bulu panjang dengan harga terjangkau, Persia medium bisa jadi pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *