Update! Daftar Harga Kucing Munchkin Terbaru 2020

Harga kucing Munchkin

Kucing adalah binatang yang menggemaskan. Keempat kakinya yang mungil dan tubuh berbulu serta sifat manjanya, adalah daya tariknya. Namun meskipun secara tampilan sudah lucu, masih ada saja orang yang menggemari kucing-kucing berkaki sangat pendek seperti Munchkin. Termasuk yang demikian? Maka informasi harga kucing Munchkin berikut ini bisa kamu pertimbangkan.

Harga kucing Munchkin
Kucing Munchkin

Memang tidak semua orang menyukai kaki-kaki pendek Munchkin yang membuatnya tampak seperti kucing kerdil. Namun tak bisa dipungkiri, penggemar kucing asal Amerika Serikat ini cukup banyak secara global, termasuk Indonesia. Hanya saja karena penampilan kakinya yang tidak seperti kucing normal, memelihara Munchkin memang membutuhkan perilaku khusus.

Sebelum membahas soal harga kucing Munchkin jika kamu ingin memeliharanya, maka ada baiknya kamu tahu terlebih dulu soal sejarah hingga asal-usul kucing unik ini.

Yuk, Mengenal Kucing Munchkin

Jika kebanyakan ras-ras kucing di dunia ini berasal dari perkawinan silang secara disengaja atau alami, maka kondisi berbeda dialami kucing Munchkin. Munchkin diduga kuat merupakan ras kucing berkaki pendek yang kehadirannya disebabkan oleh mutasi genetik secara alami.

Lantaran bentuk kakinya yang sangat pendek itulah, Munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Adalah H.E.Williams, seorang dokter hewan yang mendeskripsikan empat generasi kucing liar berkaki pendek di Inggris, pada tahun 1944.

Menurut Williams, kucing-kucing berkaki pendek yang sehat ini sempat berkurang saat Perang Dunia II. Lalu di tahun 1953, pria Jerman bernama Max Von Egon Thiel melihat kucing berkaki pendek di Stalingrad (sekarang Volgograd), Rusia. 30 tahun berselang, Sandra Hochenedel yang adalah guru musik menemukan dua kucing betina berkaki pendek di Louisiana, Amerika Serikat.

Hochenedel kemudian merawat kedua ekor kucing kaki pendek yang diberi nama Blueberry dan Blackberry, sampai akhirnya beranak pinak. Salah satu anak Blackberry yang juga berkaki pendek diberikan kepada temannya dan diberi nama Toulouse. Toulouse yang tidak dikebiri pun kawin dan berkembang biak sehingga membuat populasi kucing jalanan berkaki pendek makin tersebar.

Keturunan Hasil Kawin Silang Ras Munchkin

Banyak yang menyebutkan jika Blackberry dan Toulouse adalah asal-mula berkembangnya ras Munchkin. Nama Munchkin sendiri diambil dari karakter di novel dan film THE WIZARD OF OZ bernama Munchkins, yang merupakan orang kerdil. Dalam perkembangannya, Munchkin pun dikawinkan dengan ras lain supaya menghasilkan keturunan lucu seperti:

  1. Skookum: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras Laperm (kucing yang terlahir dengan bulu keriting karena mutasi genetik alami)
  2. Minskin dan Bambino: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras Sphynx
  3. Lambkin: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras Rex Selkirk (kucing yang terlahir dengan bulu super keriting karena mutasi genetik alami)
  4. Genetta: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras Bengal
  5. Napoleon: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras Persia (termasuk Himalaya dan Exotic Shorthair)
  6. Kinkalow: Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras American Curl (kucing domestik Amerika dengan bentuk telinga menggulung di bagian atas)
  7. Scottish Kilts: Perkawinan silang Munchkin dengan ras Scottish Fold

Ciri-Ciri Penampilan dan Kepribadian Kucing Munchkin

Memelihara Munchkin sebagai kucing di rumah memang pilihan tepat. Karena kucing pendek yang satu ini memiliki sifat sangat suka bermain dan mudah beradaptasi. Mungkin karena bentuk kakinya, Munchkin begitu gemar duduk dengan posisi seperti kelinci yang sedang duduk. Kenapa begitu? Karena kaki bagian belakang Munchkin lebih panjang daripada kaki bagian depan.

Namun meskipun demikian, kaki-kaki yang pendek tidak menghalangi Munchkin untuk berlari atau melompat secara aktif. Tak heran kalau akhirnya kepribadian Munchkin tidak jauh berbeda dengan kucing-kucing domestik pada umumnya, termasuk kucing lokal di Indonesia. Lantaran kaki kecilnya itu, Munchkin jantan dewasa berbobot sekitar 6-9 kg sementara betina dewasa sekitar 2-4 kg saja.

Kontroversi Kucing Munchkin

Lepas dari betapa menggemaskannya kucing kaki pendek ini sehingga membuat harga kucing Munchkin melambung, ras yang satu ini rupanya tidak lepas dari kontroversi. Bahkan meskipun sudah diakui TICA (The International Cat Association) pada tahun 1995, GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) hingga sekarang belum mengakui Munchkin sebagai kucing ras.

Kontroversi sendiri tak lepas dari masalah kesehatan dan pergerakan Munchkin karena kaki pendeknya. Para kritikus banyak yang memperkirakan kalau Munchkin akan mengalami banyak masalah punggung, pinggul dan kaki seperti ras anjing Dachshund. Karena itu pengembang biakan Munchkin selalu menuai kritikan tajam lantaran dianggap sebagai aksi penganiayaan hewan.

Pro-kontra ini pula yang sampai membuat seorang juri pertunjukkan kucing veteran, Katherine Crawford mengajukan protes. Di mana menurut Crawford, pembiakan Munchkin adalah sebuah hal tercela sekaligus pelanggaran etika seorang peternak kucing. Namun meskipun begitu, Munchkin berhasil meraih status champion di TICA pada bulan Mei 2003 kemarin.

Berbeda dengan TICA, beberapa organisasi kucing dunia juga menolak mengakui Munchkin sebagai ras kucing karena dianggap sebagai kucing cacat, sehingga tak dianjurkan untuk dikembang biakkan. Selain GCCF, organisasi itu adalah FIFE ( Fédération Internationale Féline) dan CFA (Cat Fanciers’ Association).

Mutasi Genetik Penyebab Kaki Pendek Munchkin

Kendati kaki-kaki pendek Munchkin disebabkan oleh mutasi genetik yang disebut sebagai Achondroplasia, hingga saat ini, kecemasan atas masalah kesehatan jangka panjang belum terbukti. Di mana pada tahun 1995, para breeder melakukan rontgen kepada Munchkin tertua dan tidak menemukan tanda-tanda masalah tulang dan sendi apapun.

Baca Juga : Daftar Harga Kucing Himalaya Semua Jenis Terbaru 2020

Hanya saja jika kelainan kerdil pada Munchkin ini disamakan dengan kondisi pada manusia, ada kemungkinan kalau ras Munchkin mengalami lordosis dan pectus excavatum. Sekadar informasi, lordosis sendiri merupakan kondisi di mana tulang belakang melengkung berlebihan sementara pectus excavatum adalah rongga dada yang berlubang.

Harga Kucing Munchkin Tahun 2020

Lepas dari berbagai kontroversi yang ada, faktanya peminat Munchkin tetaplah tinggi. Apalagi jika dipelihara dengan perawatan terbaik, seekor kucing Munchkin bisa hidup selama 12-15 tahun. Lalu, berapa sih harga kucing Munchkin? Dilansir Munchkin Cat Guide, harga kucing pendek ini rupanya cukup variatif dan dipengaruhi beberapa faktor.

Untuk kucing Munchkin yang tidak memiliki asal-usul turunan ras jelas alias Munchkin liar, biasanya dipatok cukup murah mulai dari US$50 (sekitar Rp700 ribu), bahkan gratis. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, Munchkin saat ini sudah banyak yang dikawin silangkan dengan ras-ras kucing lain seperti Persia, Bengal atau Sphynx yang membuat harganya melambung.

Di mana untuk harga kucing Munchkin berkualitas yang dipengaruhi jenis kelamin, warna dan motif bulu, lokasi pembiakkan hingga garis turunan resmi, bisa dijual di kisaran US$500 – US$3.000 (sekitar Rp7 juta – Rp42 juta). Bahkan jika kamu membeli Munchkin di cattery berkualitas, bukan tak mungkin kalau harganya makin mahal.

Sekadar informasi, Munchkin betina juga memiliki harga lebih mahal daripada pejantan karena mereka bisa menghasilkan keturunan. Kemudian jika kucing Munchkin itu sudah memperoleh vaksinasi lengkap, harganya juga akan ikut merangkak naik. Sebagai pertimbangan, berikut ini daftar harga kucing Munchkin pada umumnya:

NoJenis KucingUmurHarga
1Kucing british indukan8 bulanRp30.000.000
2Kucing british ras asli6 bulanRp28.000.000
3Kucing british kitten2,5 bulanRp25.000.000
4Anakan kucing british shorthair3 bulanRp20.000.000
5Kucing british shorthair jantan ped ica4 bulanRp18.000.000
6Kucing british shorthair bicolor2 bulanRp17.000.000
7Kucing british shorthair asli6 bulanRp15.000.000
8Kucing british shorthair betina1 tahunRp7.200.000
9Kucing british shorthair jantan1 tahunRp3.500.000
10Kucing british shorthair mix persia5 bulanRp850.000

Bagaimana? Apakah menurutmu harga kucing Munchkin cukup mahal? Memang iya, apalagi jika diperoleh dari breeder resmi yang mampu membuktikan silsilah dari Munchkin tersebut. Untuk di Indonesia sendiri, harga Munchkin mungkin bisa lebih variatif. Namun kembali jika ingin memperoleh yang harganya terjangkau, cari saja informasi di komunitas-komunitas kucing terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *