Update! Daftar Harga Kucing Maine Coon Terbaru 2020

harga kucing maine coon

Suka dengan kucing berbulu lebat tapi punya bodi tubuh sangat besar? Maka ras Maine Coon sangat cocok untuk kamu miliki. Hanya saja dengan ciri khas seperti itu, harga kucing Maine Coon jelas cukup mahal. Bukan hanya harga yang mahal saja, memelihara Maine Coon juga tidak murah sehingga membutuhkan ketahanan finansial yang mumpuni.

Sebagai kucing domestik yang tidak berasal dari Indonesia, membeli Maine Coon asli harus melalui jalan impor. Hal inilah yang membuat banyak orang harus mengeluarkan biaya lebih untuk memboyong si kucing raksasa ini ke Tanah Air. Salah satu selebritas Indonesia yang diketahui memiliki Maine Coon adalah pesinetron Lucky Hakim.

Asal Usul Kucing Maine Coon

Berstatus sebagai kucing domestik terbesar di dunia, Maine Coon adalah salah satu ras kucing alami tertua di benua Amerika bagian utara. Seperti namanya, ras Maine Coon berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Meskipun begitu, tidak ada catatan sejarah yang mampu membuktikan kapan awal mula Maine Coon muncul di Amerika.

Melihat penampilannya yang begitu besar dan bulu panjang lebat, banyak yang menduga kalau Maine Coon memiliki hubungan kekerabatan dengan kucing-kucing di kawasan utara benua Eropa seperti ras Norwegian Forest dan Siberian. Popularitas Maine Coon sendiri bermula di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, saat makin banyak orang tergila-gila dengan kucing bulu panjang.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri, penggila Maine Coon sangatlah banyak. Terlepas dari harga kucing Maine Coon yang cukup fantastis, memiliki kucing raksasa yang begitu menggemaskan ini memang menyenangkan. Tampilannya yang begitu besar membuat ras Maine Coon memegang banyak rekor dunia. Seperti Stewie, seekor Maine Coon jantan yang menjadi kucing terpanjang di dunia pada tahun 2010 lalu.

Menurut catatan Guinness World Records, Stewie memiliki panjang 123 cm dengan bobot 15,9 kilogram. Jika menilik sejarah, kehadiran pertama kali Maine Coon adalah sekitar tahun 1861 dalam buku The Book of the Cat yang ditulis Frances Simpson. Saat itu F.R.Pierce yang memiliki beberapa ekor Maine Coon turut menulis beberapa hal mengenai ras kucing raksasa ini.

Baru pada tahun 1895, sejumlah Maine Coon ikut dalam kontes kucing di Boston dan menyusul di New York. Seekor Maine Coon betina berwarna brown-tabby bernama Cosey milik Fred Brown, berhasil keluar sebagai yang terbaik dan meraih silver collar serta medali. Kucing Maine Coon sendiri baru diakui sebagai ras oleh CFA (Cat Fanciers’ Association) pada 1 Mei 1975.

Seperti Ini Sifat dan Karakteristik Kucing Maine Coon

Menyandang status sebagai ras kucing terpopuler ketiga di dunia, penggemar Maine Coon secara global memang begitu banyak. Ada banyak sekali alasan untuk memelihara Maine Coon selain karena ukuran tubuhnya jauh lebih besar daripada kucing domestik pada umumnya. Agar makin terpikat, berikut beberapa karakteristik sekaligus sifat khas dari Maine Coon yang bisa kamu ketahui:

1. Ukuran Tubuh

Dijuluki sebagai ’raksasa yang lembut’, ciri paling utama dari Maine Coon adalah bentuk tubuhnya jauh lebih besar daripada kucing domestik apapun. Bobot rata-rata Maine Coon jantan dewasa adalah 6-9 kg, sementara Maine Coon betina dewasa 4-6 kg. Untuk panjang tubuhnya sangat bervariasi mulai dari 25-41 cm. Namun Maine Coon dewasa bisa tumbuh hingga lebih dari 97 cm.

Tubuhnya yang begitu solid berotot dengan dada luas, memang berfungsi untuk menopang berat badan yang bisa lebih dari dua kali kucing normal. Hanya saja jika dibandingkan kucing pada umumnya, pertumbuhan fisik Maine Coon lebih lama. Jika kucing-kucing akan mencapai fisik maksimal di usia setahun, Maine Coon butuh waktu antara 3-5 tahun lamanya.

2. Tekstur Bulu

Bulu lebat yang panjang dan lembut adalah ciri utama Maine Coon selain tubuh yang berotot. Bulu-bulu ini bahkan lebih panjang di bagian perut dan lengan, serta lebih pendek di sekitar kepala dan bahu. Hanya saja karena bulu yang lebat ini, Maine Coon tampak memiliki surai bak singa. Yang unik, bulu Maine Coon akan tumbuh lebih tebal ketika musim dingin tiba.

Lantaran tinggal di bagian Amerika dengan suhu ekstrim, bulu Maine Coon memang beradaptasi sesuai lingkungannya. Bahkan sekalipun tebal, bulu Maine Coon rupanya cukup anti air. Di bagian bantalan kaki dan ekor, bulunya mempunyai tekstur lebih panjang serta tebal karena berfungsi untuk melindungi Maine Coon dari udara sangat dingin ketika musim salju.

3. Kepala, Mata, Telinga dan Cakar

Diduga kuat sebagai turunan ras kucing hutan Norwegia, bisa dipastikan kalau cakar Maine Coon memang sangatlah besar, sehingga memudahkan mereka berjalan di jalanan bersalju tebal. Beralih di bagian kepala, kepala Maine Coon memang cukup besar dan lebar dengan dahi sedikit melengkung dan tulang pipi menonjol.

Sepasang telinga Maine Coon berukuran lumayan besar dengan lancip tinggi di bagian ujung, serta memiliki jumbai bulu yang halus. Terakhir untuk bagian mata. Maine Coon mempunyai sepasang mata yang lebar sedikit oval dan indah.

4. Sifat dan Kepribadian

Layaknya serigala, Maine Coon adalah salah satu ras kucing tercerdas dan relatif mudah dilatih. Ras kucing ini sangatlah setia dan cukup waspada, tetapi tidak jahat di sekitar orang asing. Secara naluri hidup di alam bebas, membuat Maine Coon senang bermain, jarang mengeluarkan suara dan suka air. Berbeda dengan kebanyakan kucing yang manja, Maine Coon adalah kucing mandiri.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, tak bisa dipungkiri kalau harga kucing Maine Coon memang cukup fantastis. Sebagai kucing ras besar, Maine Coon harus diberi asupan makanan tinggi protein yakni daging segar. Dari data yang ada, Maine Coon bisa hidup hingga usia 13 tahun.

Harga Resmi Kucing Maine Coon Asli

Melihat penampilannya yang sangat besar, bisa ditebak kalau harga kucing Maine Coon bisa menembus belasan juta Rupiah per ekor. Seperti dilansir Cat Breeds List, anakan alias kitten Maine Coon dari breeder resmi dijual pada kisaran US$1.000-2.000 (sekitar Rp14-28 juta). Bahkan Maine Coon jantan yang baru berusia 10 bulan, bisa dipatok dengan harga US$1.500 (sekitar Rp21 juta).

Kalau kamu menginginkan Maine Coon asli, pastikan untuk membeli di cattery berkualitas dan terdaftar CFA. Dengan membeli di cattery resmi, tentu tak perlu cemas karena sudah jelas garis keturunannya. Hal ini sangat penting karena ada banyak oknum yang menjual kucing mix-breed dan mengatakannya sebagai Maine Coon, cuma karena memiliki bulu panjang nan lebat serta tubuh cukup besar.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Kucing Maine Coon Mudah & Praktis

Untuk harga kitten Maine Coon termurah, disebutkan ada pada kisaran US$400 (sekitar Rp5,6 juta). Hanya saja kamu harus waspada karena biasanya harga murah itu memiliki kekurangan seperti tidak ber-pedigree, sehingga bukan murni Maine Coon. Sekadar informasi pula, mayoritas cattery biasanya menjual Maine Coon yang sudah dimandulkan supaya tidak menghasilkan keturunan dan merusak silsilah.

Kisaran Harga Maine Coon di Indonesia

Tidak berbeda jauh dengan ras Persia, Turkish Angora hingga Bengal yang bisa dibeli dengan kisaran kurang dari Rp2 juta, nasib Maine Coon di Indonesia pun begitu. Namun kamu tentu harus benar-benar waspada, karena seperti yang disinggung sebelumnya, banyak penjual yang tidak memiliki pemahaman soal karakteristik kucing raksasa ini.

Sehingga mereka mengklaim sepihak bahwa kucing dengan tubuh lebih besar, bulu panjang dan telinga runcing sebagai Maine Coon. Berikut beberapa harga kucing Maine Coon di Indonesia yang bisa ditemukan:

NoUSIAKETERANGANHARGA
11-10 bulanMemiliki sertifikatRp12-15 juta
21-3 tahunMemiliki sertifikatRp10-20 juta
3Di atas 4 tahunMemiliki sertifikatRp7-12 juta
41-10 bulanTidak memiliki sertifikatRp2-5 juta
51-3 tahunTidak memiliki sertifikatRp3-6 juta
6Di atas 4 tahunTidak memiliki sertifikatRp1-3 juta

Agar bisa memperoleh harga kucing Maine Coon terbaik dan sudah jelas asal-usulnya, pastikan untuk membelinya hanya di cattery resmi. Ketahui pula bahwa biaya perawatan Maine Coon jelas lebih besar karena berkaitan dengan asupan makanan dan kesehatan bulunya. Sehingga pastikan kalau kamu benar-benar memiliki kemampuan finansial mumpuni untuk memiliki seekor Maine Coon asli.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *