Update! Daftar Harga Kucing British Shorthair Terbaru 2020

harga kucing british shorthair

Meskipun harga kucing British Shorthair alias BSH cukup mahal, faktanya bukan jadi alasan untuk tidak memeliharanya. Yap, di Indonesia sendiri bahkan peminat kucing asal Inggris Raya ini sangat tinggi sehingga tak segan-segan sampai mengimpor dari luar negeri. Penampilannya yang menggemaskan adalah salah satu alasan kenapa BSH sangat disukai.

harga kucing british shorthair
Kucing British Shorthair

Dibandingkan penggemar kucing ras Persia atau Turkish Angora, peminat BSH di Indonesia mungkin kurang terlalu banyak. Namun di tingkat dunia, BSH termasuk salah satu kucing populer dengan harga jual termahal. Memang apa sih yang membuat BSH sangat menarik? Mungkin ulasan berikut ini layak untuk kamu pahami sebelum memutuskan memelihara BSH.

Sejarah Kucing British Shorthair

Pada dasarnya, BSH merupakan versi lain dari kucing domestik tradisional Inggris yang memiliki pedigree alias garis keturunan baik. Sama seperti Persia dan Turkish Angora, BSH adalah salah satu ras kucing tertua di dunia. Diduga kuat, BSH adalah kucing Eropa yang didatangkan ke Inggris Raya saat bangsa Romawi menyerang di abad pertama Masehi.

Bicara soal invasi bangsa Romawi kuno, konon di waktu itu rupanya turut membawa kucing-kucing domestik asal Mesir ke dataran Eropa. Kucing-kucing ini kemudian kawin dengan kucing-kucing lokal di Eropa yang hidup liar. Ratusan tahun berlalu, keturunan mereka pun secara alami berkembang menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menjadi kucing domestik, termasuk BSH di Inggris.

BSH mulai diperkenalkan dalam sebuah kontes kucing pertama yang digelar di Crystal Palace, London, tahun 1871. Hanya saja popularitas BSH mulai berkurang sekitar tahun 1900-an, saat ras Persia dan kucing-kucing berbulu panjang lainnya diminati masyarakat Inggris. Bahkan BSH sempat menjadi spesies langka di masa Perang Dunia I.

Selama dan usai masa perang, muncul keturunan BSH yang dikawinkan silang dengan Persia (British Longhair) atau Russian Blue (British Blue). GCCF kemudian memutuskan untuk mempertahankan standar BSH dengan hanya menerima keturunan ketiga dari British Longhair/British Blue. Namun di masa Perang Dunia II, dilakukan berbagai upaya untuk kembali memurnikan ras BSH.

Hingga akhirnya di akhir tahun 1970-an, BSH memperoleh pengakuan resmi dari CFA (Cat Fanciers’ Association) dan TICA (The International Cat Association) secara bersamaan. Sejak itulah, BSH terus merangkak menjadi salah satu ras kucing paling digemari di dunia. Karena makin terkenal, harga kucing British Shorthair pun ikut naik.

Ciri Khas dan Kepribadian Kucing BSH

Sebelum menjadi salah satu ras kucing termahal, nenek moyang BSH diyakini merupakan kucing pekerja. Di mana saat itu tentara Romawi membawa banyak kucing entah dari dataran Eropa atau Mesir, untuk menjaga hasil-hasil pertanian supaya tidak diserang tikus.

Namun ketika bangsa Romawi terusir, kucing-kucing ini pun berdiam di Inggris selama ratusan tahun dan akhirnya berkembang biak bebas secara alami dan menjadi bentuk penampilan BSH saat ini. Seperti apa ciri khas tubuh, kepala hingga sifat dari kucing BSH? Berikut ulasannya:

  1. Ciri utama dari BSH adalah mempunyai ukuran tubuh yang sedang-besar. Postur tubuhnya padat, kuat, pendek dan berotot di bagian dada. BSH memiliki pinggul dan bahu yang cukup lebar dengan berat badan di kisaran 4-8 kilogram
  2. Bentuk kepala BSH bulat dengan pipi yang terisi penuh. Hidungnya cukup pesek tapi masih tampak lebar dan lurus, tanpa adanya lekukan di bagian dagu. Banyak yang menduga bagian kepala dan wajah BSH ini cukup dipengaruhi Persia, mengingat saat itu kucing-kucing domestik Inggris sering dikawinkan dengan Persia di masa Perang Dunia I dan II
  3. Sama seperti kebanyakan kucing, pejantan BSH bisa tumbuh lebih besar daripada betina. Di mana pejantan dewasa BSH bisa mencapai bobot 10 kg, sementara betina dewasa BSH di kisaran 5-7 kg saja
  4. BSH memiliki telinga yang berukuran sedang tapi lebar di bagian bawah dan melengkung di bagian ujung telinga. Bagian telinga yang melengkung ini memang menjadi daya tarik serta membuah BSH makin lucu
  5. Bentuk mata BSH besar dan bulat sehingga makin membuatnya menggemaskan. Beberapa warna mata BSH yang paling sering ditemukan adalah emas, perak, biru dan odd-eye. Namun semua orang setuju bahwa BSH dengan mata berwarna emas adalah yang terbaik
  6. Bukan hanya tubuhnya, ukuran kaki BSH juga pendek tapi tulangnya begitu kuat. Jemari kaki dan cakarnya juga membulat. Sementara untuk ekornya, tampak cukup tebal, padat, tidak terlalu panjang dan ujung tumpul
  7. Seperti namanya, bulu BSH memang pendek tapi begitu padat dan tebal. bahkan tekstur bulu BSH murni sangatlah halus dan terlihat menumpuk
  8. Lantaran masih membawa gen Russian Blue, abu-abu kebiruan adalah warna bulu BSH yang paling utama. Namun kini BSH hadir dengan aneka warna mulai hitam, putih, jingga kemerahan, coklat kekuningan hingga coklat kayu manis. Bahkan saat ini cukup mudah juga ditemukan BSH dengan motif warna tabby, colourpoint, bicolour atau tortoiseshell
  9. BSH adalah kucing yang suka bergaul dan sangat bermartabat. Mereka mungkin tidak terlalu aktif, pendiam, tapi sangat menyenangkan, setia dan manis. Dengan sifatnya itu, BSH sangat aman dipelihara bersama hewan lainnya dan ada di dekat anak-anak

Dengan penampilan fisik dan kepribadiannya itu, tak bisa dipungkiri kalau BSH memang bisa jadi kucing peliharaan yang sempurna. Hal ini pula yang membuat kamu harus menyiapkan dana berlebih mengingat harga kucing British Shorthair asli tidaklah murah.

Popularitas dan Masalah Kesehatan Kucing British Shorthair

Kendati mungkin di Indonesia sosok BSH masih kalah populer dengan kucing-kucing bulu panjang, tidak dengan di tingkat global. BSH bahkan sering muncul dalam budaya populer serta ikon brand. Seperti seekor British Blue jantan yang dijuluki Happycat, terdapat dalam halaman pertama situs perusahaan makanan kucing asal Rusia.

Kemudian kalau kamu sering membeli produk makanan kucing Whiskas, tentu sadar bahwa gambar kucing dalam kemasan Whiskas adalah seekor kucing BSH berwarna perak-tabby. Bahkan karakter Cheshire Cat dalam kisah Alice di Negeri Ajaib yang ditulis Lewis Carrol, dibuat oleh ilustrator Sir John Tenniel berdasarkan sosok BSH.

Lepas dari betapa menggemaskannya BSH, kamu harus tahu bahwa kucing gemuk satu ini rupanya memiliki masalah kesehatan khusus. Kendati memang usia hidup rata-rata BSH adalah 14-20 tahun lamanya, BSH rentan dengan penyakit HCM (Hypertrophic cardiomyopathy) atau penebalan dinding dan otot jantung secara abnormal, serta penyakit ginjal polikistik (PKD).

Harga Kucing British Shorthair Asli

Masuk dalam daftar ras kucing termahal, sebetulnya berapa sih harga kucing British Shorthair? Jika kamu membeli dengan cara impor melalui cattery resmi di luar negeri atau melalui breeder berkualitas di Indonesia, tentu cukup mahal. Namun biaya yang dikeluarkan itu pasti membuktikan kalau kucing BSH tersebut memiliki asal-usul jelas alias ber-pedigree.

Seperti dilansir Cat Breeds List, harga untuk BSH asli dari breeder terpercaya dan berkualitas ada pada rentang US$1.200-2.300 (sekitar Rp16,8 juta – Rp32,2 juta). Di Indonesia sendiri, berikut kisaran harga kucing British Shorthair yang bisa kamu pertimbangkan:

NOJENIS BRITISH SHORTHAIRUSIAHARGA
1British Shorthair mix Persia5 bulanRp850 ribu
2British Shorthair jantan1 tahunRp3,5 juta
3British Shorthair betina1 tahunRp7,2 juta
4British Shorthair asli6 bulanRp15 juta
5British Shorthair dua warna2 bulanRp17 juta
6British Shorthair jantan ped ICA (Indonesian Cat Association)4 bulanRp18 juta
7British Shorthair kitten2-3 bulanRp20-25 juta
8British Shorthair asli6-8 bulanRp28-30 juta

Bagaimana? Apakah butuh dana yang cukup besar untuk membeli seekor BSH? Memang. Namun jika melihat penampilan dan kepribadiannya, bukan tanpa alasan jika BSH dipatok cukup mahal. Supaya kamu tidak tertipu dan malah mendapatkan BSH abal-abal, ada baiknya kalau mencari terlebih dulu informasi sebuah cattery.

Baca Juga : Ini Alasan Kucing Belang Tiga Jantan Dimakan Induknya

Apalagi kalau kamu ingin memiliki seekor kucing BSH asli, pastikan cattery itu benar-benar profesional dan jika perlu sudah diakui oleh ICA atau CFA. BSH yang asli akan memiliki garis keturunan jelas yang bisa dibuktikan lewat pedigree. Tetapi tetap, keturunan ras asli akan membuat harga kucing British Shorthair itu melambung dan menembus puluhan juta Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *