Update! Harga Kucing Bengal Semua Jenis Terbaru 2020

harga kucing bengal terbaru

Tidak semua orang menyukai kucing ras Persia atau Turkish Angora yang berbulu panjang dan sangat menggemaskan. Ada yang lebih gemar memelihara kucing berbadan besar dari ras Maine Coon, atau malah yang berbulu pendek dan sangat liar seperti Bengal. Bahkan sekalipun harga kucing Bengal cukup mahal, penggemarnya di dunia ini cukup banyak.

harga kucing bengal terbaru
Kucing Bengal

Yap, Bengal adalah salah satu ras kucing dengan harga termahal di dunia karena keunikan turunan dan penampilannya. Meskipun tidak memiliki bulu panjang dan tebal bak Persia atau Turkish Angora, harga Bengal bisa dua kali lipat daripada ras populer tersebut. Hanya saja di Indonesia, kemungkinan harga Bengal cukup berbeda karena minimnya informasi yang tepat mengenai ras kucing ini.

Bahkan ada beberapa oknum yang menjual kucing hutan secara umum, dan kemudian menyebutkannya sebagai kucing Bengal. Tentu tindakan ini tidak sah karena memperjual-belikan kucing hutan yang merupakan satwa lindung, adalah perbuatan melanggar hukum. Nah supaya kamu tidak keliru lagi mengenal Bengal, ada baiknya mengetahui informasi mengenai kucing eksotik ini.

Asal Mula Kucing Bengal

Jika kucing ras Persia berasal dari Iran dan Turkish Angora dari Turki, maka Bengal berasal dari benua lain. Kucing yang di Indonesia sering disebut sebagai Blacan ini rupanya berasal dari Amerika Serikat. Tak mengherankan karena Bengal memang merupakan keturunan ketiga dari hasil kawin silang kucing American Shorthair (ASH) dengan kucing macan tutul Asia.

Seperti halnya kucing-kucing domestik lain, sifat Bengal memang cukup jinak sekalipun dari segi tampilan begitu menyerupai kucing hutan. Bengal sendiri memang tercipta dari keinginan manusia untuk memiliki kucing rumahan yang jinak, tapi motif tubuh sangat eksotik. Tak heran kalau ide perkawinan silang kucing macan tutul Asia dan kucing domestik sudah dimulai sejak tahun 1889.

Hal ini diungkapkan seniman Inggris bernama Harrison Weir lewat buku Our Cats and All About Them. Beberapa dekade kemudian, ide perkawinan silang kucing macan tutul Asia dan kucing domestik dituliskan kembali di jurnal ilmiah Belgia pada tahun 1924. Namun tampaknya ide itu belum membuahkan hasil, hingga akhirnya seorang breeder asal California bernama Jean Mill mampu menghasilkan Bengal.

Perempuan yang bergelar sarjana psikologi dari Pomona College dan beberapa keahlian ilmu genetik dari Universitas California ini adalah orang pertama yang mencetuskan ras modern Bengal. Mill mulai melakukan penelitian serius pada 1970. Lima tahun kemudian, kucing-kucing Bengal hasil perkawinan silang itu melakukan tes genetika di Universitas Loma Linda dan memulai awal sejarah ras Bengal.

Perjalanan Bengal Menjadi Ras Kucing Resmi

Bengal akhirnya menjadi ras yang diakui TICA (The International Cat Association) pada tahun 1983. Lebih dari satu dekade kemudian, GCCF (The Governing Council of the Cat Fancy) menerima ras Bengal di tahun 1997 lalu disusul FIFe (Fédération Internationale Féline) di tahun 1999. CFA (Cat Fanciers’ Association) adalah organisasi kucing terakhir yang menerima Bengal pada tahun 2016.

Tiga generasi pertama ras Bengal yakni F1-F3 adalah generasi awal dari ras tersebut. Di mana untuk pejantan di generasi awal ini seringkali mandul. Sehingga para betina Bengal dari kelompok F1-F3 ini seringkali dikawinkan dengan Bengal domestik. Untuk memenuhi standar sertifikasi organisasi, kucing Bengal itu setidaknya harus masuk kelompok generasi keempat (F4) dari kucing macan tutul Asia.

Ciri Khas Fisik dan Sifat Kucing Bengal

Sebagai keturunan dari kucing macan tutul Asia, Bengal memang membawa karakteristik dari moyangnya. Di mana Bengal memiliki ukuran badan yang lebih panjang daripada kucing domestik biasa, serta otot-otot tubuh yang kuat. Tulang yang besar serta tebal membuat Bengal menjadi kucing yang sangat aktif dan begitu senang bermain.

Sifatnya yang cukup ramah diduga kuat sebagai hasil dari gen kucing domestik (dalam hal ini ASH), yang memang cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Bahkan Bengal sangatlah pintar dan begitu ramah dengan anak-anak. Fisik Bengal yang cukup kuat membuat daya hidup ras ini bisa mencapai 10-16 tahun. Bengal betina dewasa memiliki bobot 4-5kg, sementara jantan dewasanya sampai 10kg.

Badan Bengal yang atletis ini tampak makin menarik dengan pola warna khas, yakni coklat atau cinnamon dengan bintik kehitaman menyebar di bagian tubuh bak kucing hutan. Sementara untuk bagian kepalanya cukup besar dan agak panjang, tapi lebih kecil daripada ukuran tubuhnya. Telinga kucing Bengal berbentuk runcing ke atas dan wajahnya makin sempurna dengan sepasang mata lebar berwarna hijau.

Baca juga : 11 Cara Merawat Kucing Bengal dengan Baik dan Mudah

Keunikan terakhir yang membuat harga kucing Bengal cukup tinggi adalah sifatnya yang tidak benci air. Yap, Bengal adalah kucing yang tidak masalah kalau sekujur tubuhnya diguyur air dan doyan mandi bersama pemiliknya. Tak heran kalau untuk memelihara kucing ramah ini tidaklah menyulitkan. Kamu hanya perlu sering menggosok bulu pendeknya dengan sikat halus supaya Bengal makin tampil cantik.

Harga Kucing Ras Bengal Asli Tahun 2020

Seperti yang sudah disinggung di atas, Bengal adalah salah satu kucing ras termahal di dunia. Di mana untuk kisaran harga kucing Bengal asli adalah US$1.500 – US$3.000 (sekitar Rp21 juta – Rp42 juta). Tentunya harga ini cukup mahal jika dibandingkan dengan harga kucing-kucing yang lazim di Indonesia. Dilansir The Bengal Connection, ada beberapa hal yang membuat harga Bengal sangat variatif.

Bahkan beberapa cattery resmi di Amerika Serikat secara umum menjual Bengal dengan kisaran harga US$2.000 (sekitar Rp28 juta), yang konon katanya tidak balik modal. Seperti lazimnya pembiakkan kucing-kucing ras, garis keturunan sangat memegang peranan penting pada tinggi-rendahnya harga kucing Bengal. Supaya makin paham perbedaannya, simak ulasannya berikut ini:

NOHARGA BENGALKETERANGAN
1Di bawah US$500 (sekitar Rp7 juta)- Lebih baik tidak usah dibeli
2US$500-US$1.000
(sekitar Rp7 juta-Rp14 juta)
- Bukan ras Bengal asli
- Biasanya dijual oleh breeder tidak resmi atau aksi penipuan
3US$1.000-US$1.500
(sekitar Rp14 juta-Rp21 juta)
- Kisaran harga terendah untuk anakan (kitten) Bengal asli
4US$1.500-US$2.000 (sekitar Rp21 juta-Rp28 juta)- Harga normal rata-rata kucing Bengal asli
5US$2.000-US$2.500 (sekitar Rp28 juta-Rp35 juta)- Harga normal untuk kitten Bengal berkualitas terbaik dari cattery resmi
6Lebih dari US$2.500 (di atas Rp35 juta)- Harga tertinggi untuk Bengal asli
- Berasal dari cattery resmi dan terkenal
- Merupakan ras Bengal dengan garis keturunan champion

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa harga Bengal asli sangatlah mahal? Jawabannya sangat mudah, karena Bengal tersebut mempunyai pedigree sebagai bukti jika mereka adalah keturunan resmi. Bagi kamu yang memang tergila-gila dengan Bengal asli, ada baiknya untuk menyiapkan setidaknya Rp20 juta. Meskipun mahal, tapi kualitas yang didapat tidaklah mengecewakan.

Harga Kucing Bengal di Indonesia

Berbeda dengan harga kucing Bengal asli yang diungkapkan di atas, mayoritas harga-harga kucing ras Bengal di Indonesia cenderung lebih murah. Hal ini sama seperti ras Persia atau Turkish Angora, yang sebetulnya bukan asli, tetapi memiliki karakteristik mirip. Contohnya adalah kucing berbulu panjang tapi hidung mirip kucing lokal, banyak yang menyebutkannya sebagai Persia Medium.

Padahal jika menyesuaikan standar CFA, tidak ada yang namanya Persia Medium. Organisasi kucing global hanya mengenal ras Persia dengan ciri utama hidung pesek, badan pendek dan bulu panjang tebal. Kondisi ini juga dialami oleh kucing-kucing dengan motif bak macan tutul yang langsung diklaim sebagai Bengal. Berikut adalah kisaran harga kucing Bengal yang ada di Indonesia:

NoJENIS BENGALUSIAHARGA
1Bengal silver marble mix oriental Siam7 bulanRp2,5 juta
2Bengal kitten2-3 bulanRp5 juta
3Bengal kitten impor dengan sertifikat3 bulanRp10-15 juta
4Bengal putih7 bulanRp15 juta
5Bengal asli3-6 bulanRp10-40 juta

Baca Juga : 9 Rekomendasi Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Lantaran kisaran harga kucing Bengal di Indonesia jauh lebih murah daripada harga Bengal di cattery luar negeri, maka kamu harus cukup waspada. Pastikan jika breeder tersebut berkualitas dan bisa membuktikan pedigree resmi, kalau mereka mengklaim itu sebagai Bengal asli. Dengan tindakan waspada di awal, maka kamu tidak akan kecewa dan bisa memiliki Bengal murni yang menggemaskan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *